Mengobati Pincang Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Kecuali saat musang masih bayi, pincang pada musang biasanya terjadi karena terkilir dan trauma fisik lainnya seperti terjepit jeruji kandang, terjepit pintu kandang, dan lain sebagainya.

Mengobati kaki pincang pada musang dewasa

berbeda dengan mengobati kaki pincang pada bayi musang. Cara mengobati kaki bayi musang yang pincang bisa dibaca di artikel mengobati kaki pincang pada anak musang.
Mengobati Pincang Pada Musang
Image taken from blueplanetbiomes.org

Adapun cara mengobati kaki pincang pada musang dewasa bisa dibaca di cara mengobati musang yang pincang kakinya berikut ini:
  1. Tekan perlahan bagian kaki yang pincang. Apakah musang terlihat kesakitan atau tidak.
  2. Cara mengobati kaki pincang pada musang dewasa yang pertama adalah mengetahui secara pasti penyebab pincang pada musang. Caranya, dengan menekan bagian kaki yang pincang. Jika si musang tidak terlihat kesakitan, maka kemungkinannya adalah si musang kekurangan kalsium.
  3. Cara mengobati kaki musang yang pincang akibat kurang kalsium.
  4. Cara mengobati kaki musang yang pincang akibat kekurangan kalsium adalah dengan memberikan asupan kalsium dan vitamin kepada musang anda berupa pemberian bubur bayi setiap pagi dan sore. Kaki pincang pada musang akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika musang terlihat kesakitan saat anda menekan bagian kakinya yang pincang, maka besar kemungkinan penyebab pincang musang adalah karena trauma fisik, entah itu terkilir, terjepit, dan lain sebagainya.
  5. Cara mengobati kaki musang yang pincang akibat trauma fisik.
  6. Cara menyembuhkan kaki musang yang pincang karena trauma fisik adalah dengan menggosokkan minyak urut atau minyak tawon ke bagian kaki musang yang pincang sebanyak 2 kali sehari selama 2 minggu sambil terus diobservasi. Jika tidak ada perubahan, akan lebih baik jika anda membawa musang anda ke dokter hewan terdekat.
Demikian adalah

cara mengobati kaki musang dewasa yang pincang

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam mengobati musang yang pincang kakinya. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. (FS)

159 Responses to "Mengobati Pincang Pada Musang"

  1. Kalau musangnya ga bisa diem atau malah ngamuk gmn dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas ditekan bagian yang sakit si musang malah berontak, silakan lanjutkan ke treatment nomor 2 sambil diobservasi selama dua minggu. saya tunggu kabarnya mas...

      emang sebelumnya dia kenapa? pernah jatuh atau gmn?

      Delete
  2. Kurang tau dok
    Saya pas baru beli ga nyadar musangnya jalannya pincang. ;(

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sip... saya tunggu kabar selanjutnya ya mas... salam... :)

      Delete
  4. Dok..muspan sya pincang tanpa sebab..suda sya pencet tp ga ad reaksi skt..suda sya coba bubur sun tp dia ga maw.. Tp mlm saya gosokin minyak tawon ga ad prubahan..ad penangan yg lain kah dok...sya mohon bantuan.a dok:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih bubur sun campur RepCal (bubuk kalsum)....
      bisa juga kasih bubur sun aja. kasih pakai pipet atau suntikan kalau dia memang tidak mau. paksa sedikit gak apa2.... kalau dalam dua minggu tidak baikan, lebih baik dibawa ke drh segera... :)

      Delete
  5. kaki musang saya pincang dok, kmungkinan terjepit pas di kandang, kalau di oles minyak tawon apa gak bahaya untuk si musang ny sendiri dok, karna kn biasa nya musang sering jilatin tangan nya sndiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak, gak bahaya kok. sedikit2 saja, jangan terlalu basah....
      moga sehat lagi musangnya mas... :)

      Delete
    2. maaf dok mau tanya,,,,,muspan sy kira"" umur 4-5 bln !! pas lg motong kuku sy paksa pegang berdua, dn pas di lepas setelah bers malh jaln ny pincang dok ,,, dh 3 hr ini blm smbh jg dok !!

      Delete
    3. sekarang gimana keadaannya?
      observasi aja dlu selama 4 hari ke depan. kalau masih belum baikan juga, saran saya sih bawa ke dokter hewan terdekat, mas....

      oh ya. coba kasih sari kurma, campur ke makanannya... :)

      Delete
    4. mksh dok,,,,skrg dh mau jaln"" walau msh terliht pincang,,,,tp sy msh khawtr dok krna msh blm terliht norml muspan sy jaln ny !! tp ada kemungkinan path ataw terkilir dok wktu motng kuku krna d paksa pegang ny,,,,,mksh info ny dok ??

      Delete
    5. mas pegang aja kakinya, kalau dia kesakitan, kemungkinan patah ada aja. kalau cuma terkilir, biasanya bisa sembuh sendiri dengan treatment di atas... :)

      Delete
    6. mksh banyk untk info ny dok,,,

      Delete
    7. dok mau tanya, tulang paha muspan baru sy kayk ny beks patah dl ny,,,,,krna pas sy pegang bagian tulang paha muspan sy agak sedikt miring dr pd tulng paha satu ny,,,,,kemungkinan tulang paha ny dh nyambung dok cm agak miring, ada pengaruh tidk buat pertumbuhn fisik ny nnti !! jd jaln ny pincang skrg

      Delete
    8. klu feses ny sih kering dok,,,,,klu tulang paha beks dl path dn dh nyambung tulang ny, ada kemungkinan bs norml lg ga dok atau kemungkinan akan patah lg klu muspan ny terlalu aktif/licah bergerak, mksh bnyk untk info dn konsultasi sblm ny dok,,

      Delete
    9. kalau memang bekas patahnya dulu dan udah nyambung lagi, kayaknya susah mas buat normal lagi kayak dlu. bisa, namun harus dioperasi. biayanya lumayan.

      yang terpenting adalah dia sehat. itu aja dlu. kalo soal fisik, menurut saya sih gak masalah selama dia sehat dan bonding sama mas.

      kalau patah lagi, kemungkinan sih ada aja. kecil kemungkinannya selama gak ada insiden berat (misalnya jatuh dari tempat yang tinggi banget).

      kalau dari fesesnya, coba mas kasih pepaya ke dia. biar lebih bagus lagi sistem pencernaannya. bisa kasih sari kurma juga ke dia... :)

      hati2 karena lagi pancaroba, banyak hewan sakit sekarang ini...

      kabari saya lagi ya mas...

      Delete
    10. hr ini sy mulai gnti k pepaya dok, untk aktifits s musng sy mulai kontrol biar ga terjdi trauma fisik lg,,,,,dn untk aktifits lari dn manjat serta kelincahn ny norml"" aja dok, sprti tidk prnh terjdi path tulng paha !! tpi sy tetp pantau biar ga path lg untk kedua kli ny dok

      Delete
    11. good. sementara observasi aja terus.
      saran saya lainnya, kasih asupan kalsium. mas bisa tanya ke toko makanan kucing, ada asupan suplemen untuk asupan kalsium untuk kucing nggak...

      bisa juga sih kasih repcal. bubuk kalsium yang digunakan untuk reptil. namun sebaiknya tanya dlu aja ke toko makanan kucing terdekat

      Delete
  6. Dok musang saya ko tiba2 pincang ya? Padahal sebelumnya lincah. Sudah saya pencet2 kakinya g ada yg sakit. Apa cukup klo pengobatanyya cma pake susu non laktosa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih anakan ya mas? pernah jatuh sebelumnya?
      iya pake susu non laktosa juga bisa. kasih asupan kalsium dan buah pisang... kalau dalam 7 hari belum ada perubahan, lebih baik bawa ke dokter. oh, untuk asupan kalsiumnya, mas bisa kasih bubuk tulang ikan sotong. ditumbuk sampai halus, lalu campur ke makanannya... lebih bagus sih pake repcal, bubuk kalsium khusus reptil. bisa kok untuk musang juga... :)

      Delete
    2. Pernah dok tp waktu jatuh gpp masih sehat masih bisa jalan. Iya dok umur 2,5 blanan. Ini musang saya masih bisa jalan n lincah klo bru kluar dri kandang trus klo uda beberapa meter jalan atau uda agak lama jalan, jalannya pincang dok. Itu kenapa ya?

      Delete
    3. saya rasa sih ada disposisi tulang akibat jatuh dulu. tapi gak tahu juga.
      saran saya mending konsultasikan ke dokter hewan atau kasih asupan kalsium seperti saya contohkan di komentar sebelumnya... semoga bukan disposisi ya mas.. )

      Delete
  7. mau tanya dok,RepCal apaan dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. suplemen kalsium bubuk, biasanya digunakan untuk reptil namun bisa juga untuk musang dan sugar glider.... untuk gambarnya, silakan cari di google... :)

      Delete
  8. Permisi embak/buk dokter...
    Saya mau tanya 2hari ini kx musang saya mendadak pincang ya embak...
    Padahal belakangan ini musang saya jarang saya ajak main.
    Selain pincang belakangan ini nafsu mkn nya berkurang mbak rada kurusan.
    Setiap ane pegang kaki nya dia triak² terkilir pun engak. Dulu pernah punya pengalaman dia umur2 bulan jatoh dari lemari emang pincang sih mbak tp pd saat ane pegang dia gx teriak² seperti saat ini.jangka kesembuhan ny pun kg cepet mbak paling lama 2 jam jg udh pulih.kembali.
    Yg jd permasalahan nya mbak kira² apa penyebab nya..??
    Apakah kekurangan nutrisi..??
    Dan apa mbak makanan yg kaya nutrisi buat musang...

    Buat sebelum nya saya ucapkan trimakasih dok..
    Di tunggu respon nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya yang pertama, mas bisa kasih asupan kalsium untuk musangnya. selama ini kasih makan apa? sebenernya bubur bayi sudah cukup mengandung kalsium. kalau musangnya musang dewasa, coba mas beli repcal (suplemen kalsium berbentuk bubuk) di toko perlengkapan hewan atau bisa juga beli di pasar hewan terdekat. campur satu sendok teh ke makanannya....

      kalau dalam 2 minggu setelah diberi repcal belum ada perbaikan juga, sebaiknya bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  9. Buat sehari² musang saya kasih makn buah² han aja mbak pisang buat sehari² nya.
    Musang saya umur 4± lah mbak.
    Saya pernah nyoba kasih bu²r sun mbak tp gx di mkn..
    Selain repcal buat yg alami bisa di ganti kan apa ya mbak soal nya.di daerah saya susah nyari.petsob..

    Buat sebelum nya terimakasih atas reapon.nya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih susu yang high calcium juga bisa. tambah madu aja biar terasa manis. :)
      cara agar musang mau makan apa saja sudah saya buatkan artikelnya...

      si musang keliatan kesakitan gak kalau kakinya mas pegang/tekan pelan? kalau kesakitan, mending bawa ke dokter hewan aja... kalau gak, kemungkinan kurang kalsium. cuma dikasih pisang aja selama ini? coba kasih ati ayam rebus mas.... selang seling aja ama pisang...

      sama2, seneng bisa bantu. :)

      Delete
  10. Makasih mbak di bls lg ckckckckkkk...
    Gini mbak stelah aku inget² lg musang ku ini kan masih suka takut sama orang lain selain ane mbak trus kemaren ane ajakin jalan² trus dia glisah/ketakutan..
    Sempet pup di pundak mbak mungkin itu salah satu tanda dia sters mbak...
    Kejadian nya sebelum pincang mbak..
    Apa mungkin dia mengalami sters trus mogok mkn yg berdampak buruk dengan nutrisi nya mbak..
    Mohon masukan nya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. stress karena lingkungan yang terlalu ramai tidak terjadi pada musang. tidak seperti burung hantu yang kalau lingkungannya terlalu hiruk pikuk, dia akan stress.
      musang beda. musang biasanya akan beradaptasi dengan lingkungannya. yang paling cepar beradaptasi adalah biul, yang paling lambat adalah musang rase....

      saran saya agar musang mas tidak takut orang adalah coba taruh kandangnya di lokasi yang sering dilewati orang. kalau di depan rumah mas jalan besar, mas bisa taruh kandangnya di situ. biarkan si musang mengenali kebiasaan manusia. kasih air madu selama treatment itu, dan lakukan selama seminggu. kalau emang gak ada waktu, bisa dilakukan pas mas libur kerja (sabtu minggu)

      kalau mau liat musang sehat atau nggak, mas bisa cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya... :)

      Delete
  11. Oke mbak maksih banyak atas bantuan dan solusi nya...
    Selamat saur mbak...

    ReplyDelete
  12. Mbak help me lg donk...
    Musang ane alhamdulilah udh sembuh tp kx jd takut sama ane ya apa karna troma..
    Kembali gabas lg mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas?
      ada masalah kesehatan lagi? :)

      Delete
  13. bu dokter musang saya bulan pincang, apa karna faktor pengaruh makanan ya dok..
    kemarin sempat nafsu mkananya turun, hanya susu dan telur saja yg masuk..
    tapi tiba" pincang dok, saya coba urut tapi tetap tidak ada perubahan,,
    saya coba freeroom, tapi tetap jalannya begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas. sekarang gimana keadaannya?
      umur musangnya berapa? banyak kemungkinan sih. kalau masih anakan, kemungkinan kekurangan kalsium...

      Delete
  14. alhamdulilah.. sudah sembuh dok.. sekarang masuk 5 bulan dok..tapi kalau kekurangan kalsium dia minum susu setiap hari.. mkannya juga lahap.. mungkin keseleo dok.. baru sembuh setelah 2 minggu kurang dok

    ReplyDelete
  15. dok dosis pemberian repcal untuk musang gmn??
    apa aman bila diberikan setiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. lupa. dosis resminya sih 1gram per-kilogram berat badan musang. tapi coba aja kasih setengah sendok teh per minggu...

      jangan tiap hari mas... :)

      Delete
  16. Dok garangan sy baru umur 2,5 bln, kynya kurang kalsium, supaya cepat pulih apa bisa disuntik kalsium di dr.hewan? Kalau pake repcal dosisnya gmn? Karena br umur2,5 bln dgn berat kurleb 2 ons

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan aja biar disuntik kalsium, mas.
      maaf baru balas, saya sibuk sekali akhir2 ini. :(

      Delete
  17. Dok aku mau tanya musang ku si cimut udah 2 bulanan. Dia sering jatuh dan terbentur kepalanya karena sedang senang loncat2an dok, aku harus gimana ya dok? Terus ciri2 musang scabies itu kayak gmana ya dok? Musang saya sedang hairloss dok apakah normal? Makasi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak dijaga? maksudnya, mbak tau dia sering jatoh dan gak bisa diem, kenapa gak dijagain agar nggak jatuh? soalnya bahaya juga kalau sering.... musang juga bisa gegar otak...

      silakan baca artikel artikel saya cara mengobati musang hairloss.. :D

      Delete
  18. Musang rase saya pincang tapi di teken gak sakit kira kira pake cara nomer satu berapa lama ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih asupan kalsium aja dlu mas. selama ini dikasih makan apa? dan dia pincang karena apa?

      kalau dalam waktu seminggu atau 2 minggu belum mendingan juga, saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat aja...

      Delete
  19. Dok kedua kaki belakang musang saya pincang/ lemas tidak bisa di gerakan , gara2 tulang punggung , cara mengatasi nya gimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau karena digigit di bagian punggung, saya takut kena syarafnya, mas. tapi semoga ja nggak. saran saya, bawa aja ke dokter hewan sesegera mungkin, mas...

      Delete
  20. kedua kaki belakang musang saya pincang/ lemas tidak bisa di gerakan , gara2 tulang punggung di gigit sama yang birahi , cara mengatasi nya gimana ya ? Ga tega ngeliat nya

    ReplyDelete
  21. kedua kaki belakang musang saya pincang/ lemas tidak bisa di gerakan , gara2 tulang punggung di gigit sama yang birahi , cara mengatasi nya gimana ya ? Ga tega ngeliat nya

    ReplyDelete
  22. Musang saya trauma fisik akibat jatuh dari meja , tp di tekan tidak sakit , tp jalannya terpincang2 dok , kemungkinan patah atau terkilir ? Dan cara mengobatinya gmana dok ?

    ReplyDelete
  23. Musang saya trauma fisik akibat jatuh dari meja , tp di tekan tidak sakit , tp jalannya terpincang2 dok , kemungkinan patah atau terkilir ? Dan cara mengobatinya gmana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. observasi aja selama 1 hingga 7 hari. jaga pola makannya.
      kalau masih sama aja, saran saya bawa ke dokter hewan aja....

      Delete
  24. saya mau tanya dok, muspan saya umur 7bulan jantan biasa dilepas dirumah, jatoh kemarin terus pincang, udah coba diurut saya malah digigit tiap urut dia, sepertinya dia kesakitan. napsu makan masih bagus. baiknya ditaro dikandang dulu untuk sementara atau gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara taruh di kandang aja dlu. kasih makan makanan yang mengandung kalsium tinggi, bisa juga kasih repcal (suplemen kalsium berbentuk bubuk). campur dengan makanannya...

      kalau dalam seminggu belum baikan juga, mending checkup ke dokter hewan terdekat aja mbak... :)

      Delete
  25. dok,muspan sy usia 2 bln setiap habis makan dia langsung kejang2 dan menunduk sprti mrasakan sakit di kepala dan leher nya..ga tega liat nya :( kira2 knapa ya dok,sdh seminggu sy kasih gula aren pagi dan sore tp blm ada perubahan.di daerah sy tdk ada dktr hewan,mohon solusinya

    ReplyDelete
  26. dok muspan saya umur 7blnan skrg kakinya pincang gak tau knp udh 3 hri diobatin pke minyak tawon tp gk aada perubahan yg ada muspannya diem aja lemes gak lincah bobo mulu pagi siang malem knp ya dok pliss bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih mbak...
      kalau kakinya dipegang dia kesakitan gak? kalau kesakitan mending bawa ke dokter hewan aja sekalian dicek....

      kalau gak kesakitan, tebakan saya kurang kalsium. itu tebakan saya aja loh ya. coba beli asupan kalsium buat hewan atau bisa juga buat kucing, beli aja di toko perlengkapan hewan atau petshop...

      mau lebih tepat, sebenernya periksa ke dokter hewan... :)

      Delete
  27. makasih ya dok,sampai saat ini saya gk nemu dokter,dok muspan sy tambah parah klo di samperin bunyi teriak2 gtu sambil napasnya mengendus dok ini pertanda apa ya...saya sampe nangis liatnya dia dipojokan aja dok ngeringkuk...gk mw di samperin 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kota tempat domisili mbak gak ada dokter hewan? samasekali?
      coba gabung ke komunitas pecinta musang kota mbak di facebook, terus tanya dokter hewan yang bisa nanganin...

      Delete
  28. makasih ya dok,sampai saat ini saya gk nemu dokter,dok muspan sy tambah parah klo di samperin bunyi teriak2 gtu sambil napasnya mengendus dok ini pertanda apa ya...saya sampe nangis liatnya dia dipojokan aja dok ngeringkuk...gk mw di samperin 😭😭

    ReplyDelete
  29. Dok mau tanya musang saya kmrin pincang sebelah kiri trus pindah ke sebelah kanan tp skrng aneh nya setiap jalan kakinya kaya lemes gitu dikira kekilir tp kalau dipikir2 kok pindah2 gitu ya dok? Tp makannya bagus dok gak ada masalah apa2 cmn kakinya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa? masih anakan ya? bener?
      coba kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya. tinggal bikin aja... kasih 2x sehari...

      dikasih makan apa? coba kasih makan bubur bayi promina...

      kabari saya lagi ya mbak... :)

      Delete
    2. Dia sekitar umur 4 bulanan lebih dok. Dia kan dulu hiperaktif banget skrng juga masih sih tp meski pincang tetep gakmau diem, udah diurut2 tetep aja pincang dok. Kaki nya sempet udah agak gk pncang tp besok nya pincang lg. Apa kurang kalsium ya dok ? Aku coba cari tempat sakit kalah dia ajak main dok kan bingung sendiri :( dikasih bubur bayi malah diinjek2 gk mau dimakan padahal udah dipuasain dulu. Musangku ini kurang suka makan sembarang makanan jadi aku kasih susu beberapavhari sekali dok. Memang sih gk keliatan sakit tp kan kalau musangku itu suka ngikutin aku kemana aja tp kan ngeliat kadang pincang itu agak mengkhawatirkan dok :'(

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Dok. Musang saya jalannya kok di seret ya kaki belakang. Udah pake tips susu sgm non lakosa 1minggu lebih masih sama aja. Kalau tak angkat aneh jalanya. Dia kecil pernah jatoh dr ketinggian tdnya hyper aktif skrg sukanya tidur . Kadang pintu kandang k buka gak mau main keluar. Cm di gendongan yg aku buat d kandang. Turun kl cm makan. Aku mikirnya apa kurang gerak. Aneh juga pas mau bersihin kandangnya . Aku tarik bwh plastik t4 kotoranya dia mesti kek ketakutan . Kenapa ya dok? Ad saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musang saya dewasa : 1than. Dl pernah operasi ambien. Apakah itu pengaruh sama kaki jalannya di seret? Kl ekor aku angkat dikit syarafnya jalan kadang masih respon tp kl tak taruh lg dia nyeret. Knapa ya dok?

      Delete
    2. ada kemungkinan kurang kalsium? biasa mas kasih makan apa? coba kasih ramuan kesehatan musang, ada kok artikelnya. buat makanannya, kasih kepala ayam rebus yang dicacah halus beserta tulangnya. biar ada asupan kalsiumnya.

      buah kasih pepaya. jangan pisang. buah minimal kasih seminggu sekali.

      langsung praktekkan.
      kabari saya lagi ya mas

      Delete
  32. Dok alhamdulillah musangku udah gak begitu pincang meski kadang sih dok tp seengga nya udah gak kaya kemarin2 dok 😄

    ReplyDelete
  33. Maaf dok saya mau nanya nih.. Tadi kan si bobon(nama muspan sya) ..saya lg hendel di pundak langsung dia loncat., terus terjun payung dah. Eh habis itu jalanya langsung pincang, kaki kananya di angkat kaya keseleo atw patah.,sya kadi khawatir dok, muspan sya umur 3 blan.. Cara mengatasinya gmn dok.? Dan mudah mudahan aja gak perkepanjanhan sakit kakinya... Saya takut kakinya patah..

    ReplyDelete
  34. Maaf dok saya mau nanya nih.. Tadi kan si bobon(nama muspan sya) ..saya lg hendel di pundak langsung dia loncat., terus terjun payung dah. Eh habis itu jalanya langsung pincang, kaki kananya di angkat kaya keseleo atw patah.,sya kadi khawatir dok, muspan sya umur 3 blan.. Cara mengatasinya gmn dok.? Dan mudah mudahan aja gak perkepanjanhan sakit kakinya... Saya takut kakinya patah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana? masih pincang? kalau masih, coba tekan aja kakinya perlahan. nanti kalau di satu titik penekanan dia jadi kayak kesakitan gitu, nah mas oles minyak urut di situ... kalau dalam 3 hari masih belum baikan juga, saran saya bawa ke dokter hewan... :)

      Delete
  35. Dok musang saya baru" ini jalan nya pincang, dan udah di bawa ke drh terdekat di kasih obat cara spet obat ke musang gimana ya? Terus abis saya spet berbusa gitu apa karna obat nya pait apa gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan musangnya?

      kalau emang udah dihandle sama dokter hewan, ya udah ikutin aja apa kata dokter hewannya, mas. jujur saya kurang tahu obat tetesnya apa. bisa saya tahu apa merknya?

      Delete
    2. Udah sehat ko alhmdulillah, obat nya racikan dok. Kalo dokter buka praktek dimana ya kalo saya boleh tau?

      Delete
    3. Udah sehat ko alhmdulillah, obat nya racikan dok. Kalo dokter buka praktek dimana ya kalo saya boleh tau?

      Delete
    4. di sini, di blog ini. :D
      awalnya, galau karena kliniknya harus tutup karena terlalu sibuk kerja di instansi pemerintahan. akhirnya, untuk mengurangi rasa bersalah, saya buat blog ini. tadinya blog ini milik kakak saya, saya ambil alih buat share artikel... :)

      kabari terus ya mas

      Delete
    5. Sukses terus ya dok buat karir nya, ia dok udah baikan beberapa hari ini,tapi tadi setelah saya mandiin dan potong kuku jalan nya jadi seperti itu lagi dok. Namun saya rasa sih kali ini akibat trauma fisik soal nya pas saya pegang kaki yang pincang nya dia kesakitan dan mencoba menggigit saya. Apakah pemberian minyak tawon ama dok? Untuk saat ini sih saya cuman melakukan pemberian minyak tawon dan sisa obat dari drh saya haha doain aja ya dok biar cepet sehat haha

      Delete
    6. iya, boleh pake minyak tawon, mas.
      pincangnya berapa lama biasanya?

      fesesnya normal?

      coba kirimin foto musangnya, mas. saya tunggu ya. upload aja di postimage.org, terus linknya taro kemari. :)

      Delete
    7. Ya kemaren sih poko nya sempet sembuh seminggu dok, nah setelah saya mandiin+potong kuku pincang lagi. Sekarang sih udah 4 hari dok pincang nya. Ini dok foto musang saya+feses nya juga ada terimakasih ya dok sebelum nya

      https://s12.postimg.org/o4wxptpbh/P_20161114_194653_HDR.jpg

      https://s17.postimg.org/m0lku93zz/P_20161114_194325_HDR.jpg

      https://s17.postimg.org/7ae6ozxkv/P_20161114_194042.jpg

      https://s11.postimg.org/r0h6wtgfn/P_20161114_194214_HDR.jpg

      Delete
    8. dari fesesnya sih normal. dikasih makan pisang?
      kalau boleh saya saran, coba kasih bubur bayi campur sari kurma. takutnya dia pincang karena kurang kalsium. bubur bayi promina, campur sari kurma.
      tebakan lain, gak kenapa2. mungkin pas motong kuku, megangnya kekencengan... :)
      lakukan. dan kabari terus.

      Delete
    9. Ok dok sekarang makanan nya juga udah saya ganti" ko dok kalo pagi pepaya/pisang mlm nya baru sun. Makan buah pun harus di spet dok suka ga mau kalo makan nya di sediain dikandang. Sebelum nya terimaksih ya dok buat saran nya. Nanti saya info lagi bagaimana perkembangan nya

      Delete
    10. Ok dok sekarang makanan nya juga udah saya ganti" ko dok kalo pagi pepaya/pisang mlm nya baru sun. Makan buah pun harus di spet dok suka ga mau kalo makan nya di sediain dikandang. Sebelum nya terimaksih ya dok buat saran nya. Nanti saya info lagi bagaimana perkembangan nya

      Delete
    11. oke. kabari terus ya mas. maaf karena baru balas. :)

      Delete
    12. Karna takut makin parah akhir nya ane bawa aja ke dr h dan benar kata dr h nya kurang kalsium, thx banget dok buat saran dari dokter. Oia kalo penyebab kurang kalsium pada musang apa ya dok penasaaran aja karna kaya nya banyak banget kasus seperti ini haha thx dok

      Delete
    13. Karna takut makin parah akhir nya ane bawa aja ke dr h dan benar kata dr h nya kurang kalsium, thx banget dok buat saran dari dokter. Oia kalo penyebab kurang kalsium pada musang apa ya dok penasaaran aja karna kaya nya banyak banget kasus seperti ini haha thx dok

      Delete
    14. nggak dikasih obat penambah kalsium sama dokternya?
      sebenernya sih asupan kalsium dari bubur bayi udah cukup. coba aja kasih bubur bayi promina, campur sari kurma dikit.

      sekarang gimana keadaannya, mbak?

      Delete
    15. Alhamdulilah keadaan nya sudah jauh lebih membaik dok, saya sih biasa nya kasih sun aja lalu kalo pagi nasi+ikan,udang atau ayam. Di kasih kok dok obat kurang kalsium nya,obat racikan, sama obat manusia nama obat osteocare dok. Kalo menurut dokter kalo musang saya sudah mendingan obat nya di terusin apa jangan ya? Obat nya masih bisa u/6 hari lagi soal nya dok

      Delete
  36. Dok...musang saya umur 1 tahun lebih, saya perhatiin tulang belakang (hampir deket ekornya) kayak yg patah dok. Jadi pertumbuhannya kehambat alias jadi musang mini. Sekarang kondiainya memprohatinkan dok, nafasnya kayak batuk2 gitu dok. Di kasih makan di muntahin lagi. Mesti gmna ya dok? 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas?
      setau saya sih gangguan pada tulang nggak menyebabkan sakit seperti yang mas sebutkan, terutama kalo yang terganggu adalah tulang bagian sekitaran ekor.

      tapi karena saya juga gak bisa liat musangnya langsung, saran saya mending bawa ke dokter hewan aja biar sekalian dicek, mas.... :)

      Delete
  37. Dok...musang saya umur 1 tahun lebih, saya perhatiin tulang belakang (hampir deket ekornya) kayak yg patah dok. Jadi pertumbuhannya kehambat alias jadi musang mini. Sekarang kondiainya memprohatinkan dok, nafasnya kayak batuk2 gitu dok. Di kasih makan di muntahin lagi. Mesti gmna ya dok? 😥

    ReplyDelete
  38. Feses terakhir normal dok. Sekarang musang saya ga bisa ngeluarin feses, makan aja di muntahin lagi, padahal di kasih bubur bayi rasa pisang yg di bikin encer.
    Nafasnya kayak batuk2 gitu dok, apa paru2 nya kejepit? Karena badan nya yang semakin tumbuh sedangkan tulang punggung(dekat dngan ekor) yg ga tumbuh dan berkembang karena patah.
    Kelihatan sangat jelas antara tulang punggung musang yg normal dan yg tidak, soalnya saya bandingin sama musang saya yg 1 lg.
    Sekarang mulutnya ngebuka-nutup, sambil kayak batuk gitu dok. 😫😫😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya emang kenapa bisa sampe tulangnya patah gitu mas?
      kalau boleh saya saran, mending bawa ke dokter hewan atau rumah sakit hewan terdekat. mas di kota mana? kalau di jakarta, ada deket ragunan. kalau di bogor, di IPB. kalau di surabaya, ada di fakultas kedokteran hewan unair.

      Delete
  39. Saya kurang tau penyebabnya dok, tau2 udah gitu 😫 ga tega liatnya juga 😥
    Saya di sukabumi dok.
    Kalo dokter hewan bogor yg di ipb, itu sebelah mana dok maksudnya? Di ipb nya apa deket ipb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, rumah sakit hewan daerah bogor. :)

      Delete
  40. Dok mo nanya...
    Semalem kaki muspan saya si empus kejepit kandangnya dok?
    Smalem saya liat pincang pas td sore sya liat lgi dah normal jalanya tp benkakny gede bgt dok cra ngatasinya gmn dok?
    Mohon pencerahan...
    Salam wangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. oles minyak urut aja mas. :)

      ada kemungkinan patah tulang nggak? tunggu aja sampe bengkaknya sembuh, terus cek. dia kesakitan gak kalau bagian yang dulu bengkak ditekan pelan2? :)

      saya tunggu terus kabarnya...

      Delete
  41. Dok , musang saya kok dia nekuk pergelangan tangannya kebelakang terus ya , jadi dia susah buat jalan , dia ga mau ngedepanin pergelangan tangannya selalu kebelakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pincang atau lumpuh, mas?
      coba mas baca artikel saya cara Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh Musang. kasih obat yang saya tulis di artikel itu...

      infokan saya mengenai fesesnya ya mas...

      Delete
  42. Assalamualaikum, dokter saya mau tanya musang saya ketembak senapan angin bagian ketiak kaki kiri depan, kejadian 4 hari yg lalu, sekarang lukanya sdh kering tetapi kaki bagian yg luka msh agak pincang, kalo dipegang kakinya biasa aja gak sakit, kondisi sehat dan lincah. Kira-kira berapa lama proses sembuh pincang pada kakinya dok? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelurunya gimana? udah berhasil keambil?
      sejujurnya saya gak tahu karena saya gak bisa liat langsung musangnya. tapi kalau emang pelurunya gak sampe mengenai tulangnya, kemungkinan bisa sembuh seperti sediakala dalam waktu 2 atau 3 minggu ke depan...

      yang saya takutkan sih dia kena tulangnya, mas... tapi semoga aja nggak...

      Delete
    2. Waktu saya periksa gak ada peluru yg nyangkut dok, kalo liat kondisi lukanya kayaknya pelurunya tembus. Tulangnya kayaknya gak kena dok, berarti emang agak lama proses pulihnya ya dok, saya khawatir aja karena blm sembuh2 sdh 5 hari. Terima kasih banyak dok atas tanggapannya.

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      syukurlah kalau gak kena tulangnya. let wait and see aja, mas. kabari terus...

      kalau boleh dan gak merepotkan masnya, saya minta fotonya. upload aja di postimage.org, kemudian linknya taro di sini.... :)

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. dok musang saya udah lumayan besar sekitar 6-7 bln....fesesnya akhir" ini mencret tapi ga bau....makananya kadang" saya kasih pisang..pala ayam...nasi kecap...airnya sari madu...kadang air biasa...seminggu sekali saya kasih scoot...tapi saya baru sadar kalo kakinya pincah...kaya bengkok gtu dok....saya pencet" gada respon...jadinya gmn dok...apa musang saya masih bs disembuhkan...jika d kasih bubur bayi sun...rasanya rasa apa dok bubur sunnya...???tolong d jawab ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubur bayi yang cocok sebenernya merk promina. rasanya terserah, bisa pakai rasa kacang hijau kalau ada... :)

      coba cek asupan kalsiumnya. dan stop asupan pisangnya. ganti pake pepaya aja. karena pisang bisa menghambat asupan kalsium buat hewan. mas bisa kasih juga kurma tahniq tetes. coba baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
    2. tapi dok di kasih pepaya dy gamo dok...kyana musang lebih suka ke pisang drpd paya deh dok...sama kaya musang sya yg satunya lagi...klo d ksih paya pasti mknny dkit....pdhal ane udah puasain dan cuma ksih mkn mlm aja...tpi ya itu dok...dkit bgt mknnya...bubur bayi pun dlo saya bliin promina rasa pisang ga d mkn sm sekali...gmn dok...??

      oya nasi kecap n pala ayam apa masih d bolehin dok buat jdi mkanan utamanya saat dlm masa penyembuhan...??

      Delete
    3. hmm, gak apa2 kasih pisang, tapi mas harus kasih kurma tahniq juga ya.
      nasi kecap masih boleh.

      sekarang gimana keadaannya? :)

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Bu dokter, kaki musang sy bagian kiri dpn kan pincang, wkt ditekan jg sakit, sy sdh lakukan treatment ke 2 Alhamdulillah sembuh, tapi agak lama sembuhnya. Sy biarin di kandang dulu sampe bener2 sembuh, nah stlh terlihat bener2 sembuh kan saya biarkan keluar lg, nah nggak tau knpa kluar dari kamar saya pincang lg, skrg pincangnya depan sm blkang, badannya jg keliatan lebih kurus skrg, mohon saran dan masukan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah untuk pincang yang sekarang, kalau ditekan dia kesakitan nggak?
      saya tebak sih kemungkinan dia kurang kalsium itu mas. mending perbaiki asupan kalsiumnya. musangnya masih anakan ya? bener?

      coba kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.

      Delete
  47. Dok musang saya jatuh dari tangga langsung lemes gitu langsung tduran aja.. Bahaya ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas?
      coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. kasih itu aja dulu selama seminggu ke depan.

      Delete
  48. Dok musang saya jatuh dri tangga.. Langsung lemes tiduran terus.. Gimana ya dok

    ReplyDelete
  49. Saya mau sharing bu dokter...saya baru adopt musang bulan umur -+3bulan,kata owner prtama dia jatuh sehingga jlan ny merangkak,stiap hri saya urut" pelan dngan minyak tawon,tpi mkin ksni kogg musang ny malah hising sma saya bu dokter..udh gtu pup ny jg mncret,saya ksih mkan pisang jg g mau mkan bnyak apa yg hrus saya lakukan lgi bu dokter.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang umur musangnya berapa? dia masih berjalan merangkak?

      saran saya, coba kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. kasih sehari 2x, masing2 2 tetes...

      Delete
  50. Ass dok,saya punya anakan musang umurnya sekitar 1bulan lebih , bawakan nya mau gerak terus/aktif. Sudah dua kali dia jatuh dari genggamam tangan saya dok,Tapi tidak pincang/tengkak,makannya tetap lancar/lahap.saya takutnya hari hari besok dia pincang atau terasa sakitnya.menurut dokter gimana solusi nya ? Saya khawatir dok untuk hari kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending dihindari dulu, jangan dipegang pas masnya lagi berdiri. pun kalau masnya mau pegang sambil berdiri, mas bisa pastikan dulu pegangan mas mantap dan sekira dia gak meloloskan diri kalau dipegang....

      bagusnya sih mas ajak main saat masnya sedang duduk aja... jadi meski jatuh juga kan gak terlalu tinggi...

      gak usah risau, mas. :)

      kabari terus ya. oh ya, silakan baca2 artikel2 saya mengenai musang di blog ini

      Delete
  51. Ass dok,saya punya anakan musang umurnya sekitar 1bulan lebih , bawakan nya mau gerak terus/aktif. Sudah dua kali dia jatuh dari genggamam tangan saya dok,Tapi tidak pincang/tengkak,makannya tetap lancar/lahap.saya takutnya hari hari besok dia pincang atau terasa sakitnya.menurut dokter gimana solusi nya ? Saya khawatir dok untuk hari kedepannya

    ReplyDelete
  52. Oke dok makasih banyak atas saran nya dok,semua artikel dokter tentang musang udah saya baca semuanya😁kemarin dokter suruh saya ngasih minum sari kurma dan sudah saya kasih 3 hari kedepannya badan musang saya gemuk,sampai sampai lari nya lambat karna udah ndut 👍👏 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya seneng dengernya... :D
      gemuk juga jangan sampe gemuk banget ya mas. nanti malah gagal jantung... :(
      cek aja artikel saya CARA AGAR MUSANG OBES TETAP SEHAT
      kabari terus

      Delete
  53. Misi dok saya mau numpang tanya. Saya punya muspan umur 3-4 bulanan. Jadi ceritanya musang saya awalnya dikandang,abis itu saya keluarin cuma digendong doang sekitar 15 menitan. Eh pas saya taro kandang lagi kenapa tiba" pincang ya? Padahal sebelumnya engga. Saya sudah coba pencet kakinya dia kaya ngeberontak kesakitan,tpi padahal musang saya blm pernah jatuh dok. Itu kira" kenapa ya? Kalo masalah kurang kalsium,saya sudah beri makan yg mengandung kalsium

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau sebabnya, jujur saya juga gak ada bayangan. mas yakin dia gak kegencet pintu kandangnya, mungkin? atau nabrak2 kandangnya?

      saran saya, sementara kasih minyak urut aja di bagian kakinya yang sakit. bagusnya sih langsung bawa ke dokter hewan aja kalo emang bisa... kalo belum bisa, minimal kasih minyak urut...

      setelah itu, coba observasi selama 3 hingga 7 hari sambil terus kasih minyak urut di kakinya....

      Delete
    2. Kalo dikandang sih gapernah kegencet,ya paling dia cuma muter" doang dipinggiran kandangnya,itu juga kalo misalkan dia laper doang

      Nah yg masalah musang saya juga tiba" berubah drastis jadi galak banget semenjak pincang,saya blm nyentuh aja udh diserang. Pas itu saya pernah elus kakinya,eh tangan saya digigit kenceng bngt sampe ditahan sama dia sambil digoyangin kepalanya.
      Kalo saya pake pelindung tangan dianya malah mundar mandir.
      Tpi anehnya dia kalo lari bisa dok kenceng kaya lagi ga pincang,klo jalan doang pincangnya

      Delete
    3. ada kemungkinan kurang kalsium?
      sementara kasih bubur bayi promina + sari kurma aja dulu. lakukan selama 2 minggu penuh. biar asupan kalsiumnya bagus....


      lakukan ya mas. dan kabari lagi. :)

      Delete
  54. Dok saya mau tanya, musang saya dari kemarin pagi itu kaya susah buat jalan dua kaki belakangnya. sepertinya sakit dong, saya amatin dia kesusahan ngegerakin kakinya itu. saya udab coba pegang/tekan pelan di kedua kaki belakangnya dia gerak gerak gitu dok. sementara dari kemarin saya kasih arak, soalnya saya takut dia keseleo. sebelumnya dia tidak ada riwayat jatuh atau tersangkut kakinya tapi ditelapak kakinya seperti ada kapalan hitam gitu dok, sebelumnya itu gaada. saya perhatikan lagi barusan dia sering mengeluarkan suara kaya tikus gitu, entah itu merintih atau apa dok. kirakira dikasih obat apa ya dok? pakan selama ini pisang, ati ayam, daging ayam, ikan, telur di ganti ganti. buat minum air putih tapi dua hari sekali ganti campur madu. makasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya masih anakan atau masih bayi ya mbak?
      ada 2 kemungkinan. pertama, hind leg paralysis alias penyakit lumpuh akibat kurang kalsium. kedua, gejala distemper. tapi biasanya kecil kemungkinan.

      kasih makan bubur bayi promina aja. makanan lain di stop dulu. bubur bayi prominanya kasih air dikit aja, asal basah aja. jadi masih bisa dibentuk pake tangan alias gak encer banget...

      terus untuk obatnya, mbak bisa kasih obat yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG.

      terus observasi selama 3 sampe 5 hari. kabari terus ya mbak.

      Delete
  55. Musang saya usia sekitar 4bln, saya gatau pasti usianya dok.
    Kemarin sore saya ngecek kakinya lagi dok, dia ada kek bengkak gitu di kaki kiri belakangnya pas saya pegang dia kesakitan dok sampe ada suara kek tikus ngerintih gitu, tapi untuk yg kanan saya pegang dia biasa aja cuma gerak gerak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia pernah jatuh?
      bengkaknya ada kayak cairannya gitu nggak, kayak nanah?

      kalau gak ada nanahnya, mbak bisa olesin minyak GPU. kalo ada nanahnya, mbak bisa kasih amoxicillin, ikutin dosisnya di artikel DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN. harus dengan dosis ya mbak, jangan sembarangan. :)

      lakukan, dan kabari terus

      Delete
  56. dokter, saya mau tanya. Td malam musang saya tbtb tuh hampir setengah badannya gabisa digerakin. Kaki belakang dua duanya sama ekornya itu ga ada respon gerak. dia gabisa berdiri, aku pegang dan pencet gaada respon sakit atau apa apa :( yaallah sedih dok, itu gimana bisa sembuhinnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      ada 2 kemungkinan: distemper, atau hind leg paralysis. keduanya udah saya bahas di blog ini...

      coba baca aja dulu artikelnya...

      penanganan pertama dari saya: silakan baca artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
  57. Klo pincangnya sdah berbulan bulan apa masih bsa smbuh dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karena apa penyebabnya, mas...

      apa pernah jatuh dan kakinya patah?
      atau kurang kalsium?

      kalau kurang kalsium, selama belum terlalu parah, masih bisa sembuh....

      Delete
  58. Klo Jatuh g pernah dok.. tp stiap habis jalan" atau lari dya lgzung g bisa jalan.. stiap tk kasih minyak urut kliatan dya ksakitan...
    . Kasihan dok dya jadi ksulitan braktifitas...
    Sdah dua bulan ini kyk gtu truss

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo gak abis lari, dia gak kayak gitu? kalo abis lari atau abis jalan2 aja?

      coba perhatikan asupan kalsiumnya, mas. kasih makanan yang mengandung kalsium tinggi. saya sarankan, kasih bubur bayi promina buat 2 minggu ke depan. sama buah pepaya matang.

      kalau dalam 2 minggu masih sama, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan biar dicek... bilang aja checkup aja.... :)

      Delete
  59. Iyaw dok tiap hbis lari sma jlan" sja...
    . Ok dok saya coba sarannya...

    ReplyDelete
  60. Setelah sya raba" dgn teliti ternyata ada kelainan dok...
    . sendi kaki yg d paha agak kengkok g sma dgn kaki satunya...
    . Kemungkinan bisa sembuh g dok.?
    Apa mungkin dlu kesleo yaw dok soal,nya mulai kecil badan musang,e jg gemuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas... :(
      agak susah sih kalau nggak liat musangnya langsung. tapi kalau dari penjelasan mas, kayaknya waktu kecil kemungkinan pernah jatuh atau semacamnya.... bisa jadi juga karena kurang kalsium waktu masih kecil, makanya pertumbuhan tulangnya kurang normal....

      Delete
  61. Skrang sih Sdah bisa jlan dok cma masih pincang... Dan terlihat juga waktu jalan posisi kaki yg satunya g normal dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana mas?
      kasih asupan kalsium aja ke makanannya. mas bisa beli suplemen kalsium untuk reptil, namanya exoterra... ditabur aja di makanannya....

      Delete
  62. selamat malam dok , saya Mao nanya musang saya umur 3 bulan , kok kaki depan keduanya susah buat tegak berdirinya yaaa kalo yg belakang keduanya normal , jadi kalo jalan susah , kepalanya nyentuh lantai ,, tapi bukan pincang ..
    itu kenapa ya dok ,, mohon solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalannya mundur2 juga nggak, mas?
      coba mas praktekkin aja artikel MENGOBATI MUSANG YANG BERJALAN MUNDUR, karena secara prinsip sama....

      untuk treatment dari saya, mas bisa stop pemberian susu. pokoknya jangan dikasih susu. buat makanannya, kasih bubur bayi promina aja campur sari kurma. lakukan selama seminggu.

      Delete
  63. Selamat sore dok
    Dokter saya punya musang umur kurleb 1,5 bulan, dari leher sampai perutnya tidak berbulu/botak,itu belum tumbuh atau gmana memang ada kelainan ya dok, musang tersebut saya dapat dari teman dua Minggu yang lalu, ada obatnya ga dok biar tumbuh bulunya
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok.
      bisa ditumbuhkan lagi bulunya.
      jaga kebersihan musang dan kandangnya.
      terus seminggu sekali kasih minyak kemiri di badan musangnya. jangan terlalu basah. jadi abis dioles, dilap lagi pakai kain....

      Delete
  64. Dok muspanku kayaknya kejepit..
    Pa cuma di dipijit biasa kembali ke semula..??
    Atw emang harus pakek minyak tawon..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung seberapa parah kejepitnya, mbak. apakah sampe tulangnya patah, atau cuma memar aja? kalau cuma memar aja, bisa sembuh pake minyak tawon...

      Delete
  65. dok saya mau tanya musang saya umurnya 4bln nah 2 hari ini (28 des 17) kedua kaki belakang dan ekor sama sekali gak bisa gerak atau lemes dan nafsu makannya menurun derastis. Sudah saya kasih bubur sun dan madu 2 hari ini masih lemes dan fasesnya cair. Kira2 penanganan apa lagi ya dok biar cepet sembuhnya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mas kasih susu ya? jangan dikasih susu.

      coba ganti bubur bayinya pake bubur bayi promina, campur sari kurma. pokoknya, jangan dikasih makanan lain selain bubur bayi promin, seduh kayak biasa pake air, terus tambah sari kurma.

      lakukan selama seminggu. terus lapor lagi.

      Delete
  66. Musangku pincang kaki yang satu tapi fia lari lari dan aktif dok?malo begitu musang lumpuh/cuma pincang biasa ya? penyebabnya pincang saya kurang tau juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa mas? masih anakan ya?
      mas kasih makan apa?

      pastikan asupan kalsiumnya mencukupi. coba kasih bubur bayi promina aja sebagai makanannya, biar ada asupan kalsium dari situ...

      Delete
  67. Assalamualaikum dok.
    Saya mau tanya ko musang pandan saya siblek udah hampir empat bulan masih pincang ya padahal udah saya kasih bubur bayi vitamin dan makanan yang bergizi tp masih pincang dan gk sembuh2, kejadian awal nya di usia 4 bln siblak jatuh dari pagar saya, dan sempat galak banget, padahal awalnya jinak,siblak galak hampir 1bln, dan sama sekali gk bisa jln,setelah itu siblak mulai bisa jln tp kepalnya diseret, semenjak kejadian itu sampai skrg masih pincang

    ReplyDelete
    Replies
    1. siblek apaan mas?
      mas kasih makan apa?

      kayaknya kurang kalsium. waktu jatuh dari pagar, dia langsung pincang?

      ada beberapa kemungkinan. awalnya pas jatuh mungkin ada tulangnya yang geser, tapi gak segera diobati, makanya jadi tambah parah. mending mas bawa ke dokter hewan aja biar dicek

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Dok mau tanya, musang saya umur 5bulanan kayanya kejepit kandang jadi agak pincang gitu dok, udah 4hari saya olesin minyak tawon alhamdulillah mendingan. Nah masalahnya minyak tawonnya abis dok, mau nyari disini jauh apa gpp pake GPU/minyak kayu putih dok? Makasih:)

    ReplyDelete
  70. dok musang saya 2 hari lalu saya mandikan di kandang dan ga sengaja kaki kanan belakangnya masuk ke rongga kandang trs jd pincang dan bengkak gede banget pas hari pertama. trs akhirnya di urut pake minyak alhamdulillah agak kempes bengkaknya fesesnya mencret pas hari pertama. terus hari kedua dan ketiga makannya jd dikit mungkin masih nahan sakit di kakinya. bengkak dan memarnya juga udah lumayan berkurang fesesnya juga udh kembali normal. tapi makan masih susah (saya biasa kasih pisang) dan setiap hari di minumnya saya kasih madu dan sun yang rasa pisang dan selalu habis. hari kedua dan ketiga telapak kaki nya masih blm sempurna pijakannya mungkin karena nahan sakit tapi saya khawatir kakinya gabisa balik kyk semula dok. tolong sarannya ya dok terimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.