Cara Memelihara Mono Pohon | Drh. Fira Sovica

Memelihara mono pohon

bisa menjadi ide memelihara ular untuk pemula karena mono pohon yang memiliki nama latin candoia carinata ini termasuk ular yang mudah dipelihara. Ular mono pohon berasal dari papua dan berasal dari keluarga boa. Di habitat asli ular mono pohon, mereka hidup di pepohonan. Ular mono pohon tidak memiliki bisa / racun, jadi sangat aman dipelihara oleh pemula dalam memelihara ular. Ular mono pohon juga tidak menggigit.
Cara Memelihara Ular Mono Pohon
Image taken from petsgallery.info

  • Sifat dan karakter ular mono pohon.
  • Seperti namanya, ular mono pohon hidup di pepohonan dengan cara melingkarkan tubuhnya membelit pepohonan. Di alam, ular mono pohon memakan cicak, kadal kecil, anakan hewan pengerat, serta bayi hewan lain. Ular mono pohon memiliki corak dan warna yang bervariasai antara coklat tua, kuning, hijau, kemerahan, bahkan ada juga yang berwarna hitam. Variasi corak warna inilah yang membuat mono pohon populer dipelihara sebagai ular peliharaan. Memelihara mono pohon juga relatif lebih gampang dibanding memelihara ular retic atau memelihara ballphyton. Ular mono pohon dewasa bisa mencapai panjang hingg 65 sentimeter. Ular mono pohon adalah ular nocturnal atau ular yang aktif pada malam hari. Seperti halnya ular dari keluarga Boa yang lain, ular mono pohon termasuk ular yang kalem. Mereka membunuh mangsanya dengan melilitkan tubuh di tubuh mangsanya.
  • Cara memelihara ular mono pohon.
  • Cara memelihara mono pohon sangat gampang. Berikut adalah beberapa tips cara

    memelihara mono pohon

    .
    1. Sebagai kandang, anda bisa menggunakan terarium berukuran standart dengan aksesoris ranting pohon di dalamnya karena mono pohon suka membelit di ranting pohon tersebut.
    2. Jika tidak memiliki terarium, anda bisa menggunakan akuarium berukuran standart atau container box. Gunakan kertas koran bersih sebagai bedding kandang. Pastikan bahwa kandang mono pohon yang digunakan bersuhu ruangan, memiliki sirkulasi udara yang bagus (tidak pengap), dan selalu terjaga kebersihannya. Kandang terbaik untuk ular mono pohon adalah kandang atau terarium dengan dinding terbuat dari bahan jaring kawat berdiameter lubang kecil sehingga udara bisa bebas keluar masuk ke dalam kandang dan ular tidak bisa melepaskan diri. Oh ya, anda juga bisa menempatkan hiding box atau tempat bersembunyi bagi mono pohon anda di dalam kandang.
    3. Suhu udara di dalam terarium hendaknya bersuhu ruangan, tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas.
    4. Untuk keperluan basking atau menjemur ular mono pohon, anda bisa menjemur ular mono pohon anda setiap hari selama 5 hingga 10 menit dibawah sinar matahari pagi (dibawah jam 9 pagi).
    5. Menjemur ular mono pohon berguna agar si ular bisa mendapatkan asupan kalsium dan sinar UVB dari sinar matahari serta bisa membunuh kuman dan bakteri yang penempel pada tubuh ular.
    6. Sediakan air minum di dalam kandang agar ular bisa sesekali minum atau berendam di dalamnya, ganti air minum tersebut setiap hari.
    7. cara memberi makan mono pohon adalah dengan memasukkan langsung pakan hidup ke dalam kandang. masukkan makanan mono pohon berupa cicak hidup ke dalam terarium, lalu tutup kandangnya dengan kain hitam dan buat lingkungan sekeliling kandang sepi agar mono pohon bisa berburu makanannya. Anda juga bisa memindahkan terarium ke tempat yang lebih tenang agar ular mono pohon anda bebas berburu.
    8. Biasanya, ular mono pohon diberi makan setiap seminggu sekali atau sesuai dengan usia dan pola makannya.
Demikian adalah cara

memelihara ular monop

atau mono pohon yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara mono pohon. Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan anda dalam memelihara mono pohon. Saran dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

48 Responses to "Cara Memelihara Mono Pohon"

  1. Sore dok. Mw tanya utk ular apakah jika sering dihandle akan malah lebih galak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti halnya hewan lain, ular sangat mudah membaca pikiran manusia. mas mungkin pernah mendengar kalau kuda bisa tau emosi penunggangnya hanya lewat sentuhan tangan. :)
      begitu juga dengan ular. reptil yang satu itu sangat unik. sama seperti ikan yang bisa tahu berapa jumlah manusia di pinggir danau dan bagaimana emosi masing2, ular bisa membaca pikirkan kita hanya lewat sentuhan kulitnya ke kulit kita. jika kita takut, biasanya mereka akan agresif dan nyerang. jadi usahakan jangan takut saat memegang ular, biasa saja. ular yang dihandle dengan rasa takut ditutup2i oleh orang yang menghandlenya biasanya malah akan membuat ular itu makin agresif. jadi silakan handle lagi, tapi ubah cara pandang kita terhadap ular. jangan takut, biasa saja. meski ditutup-tutupi atau pura2 berani, ular akan selalu tahu... :)

      Delete
  2. dok sebaiknya kalo mengajak ular bermain pagi apa malam baiknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tidak ada waktu khusus untuk mengajak ular bermain (handling)....

      pagi juga bagus.. :)

      Delete
  3. Artikel yg bgs.. blh saya menambahkan n ingin bertanya kepada dokter...

    1.,Monopohon bknnya tdk menggigit tapi di saat waktu dia terdesak, monopohon bs saja menggigit.

    2. Setau saya monopohon di alamnya tdk memakan anakan hewan pengerat. ini bs dibuktikan hanya beberapa saja yg mau makan anak tikus. kalo di keluarga candoia lainnya memang memakannya. Tapi ini khan kita berbicara ttg monopohon alias candoia carinata carinata.

    3.,Sejak saya memelihara monopoho dr thn 90 an, saya blm pernah liat monopohon berwarna hijau.

    4. Saya ingin bertanya apakah seekor monopohon atau ular membutuhkan basking utk mendptkan kalsium?apakah seekor ular membutuhkan kalsium?

    5. Dr thn 90 an saya memelihara monopohon tdk ada 1 ekor pun sewaktu makan di tutup pake kain hitam. apakah cara pemeliharan saya salah?

    6. kalo artikel ini khusus membahas monopohon sebaiknya dokter tdk memasang foto diatas krn itu bkn monopohon atau candoia carinata carinata melainkan foto candoia bibroni australis.

    terima kasih

    hormat saya,
    Totty "Pensil Reptile"

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk bapak/ibu totty dari pensil reptile atas koreksiannya. saya amat terbantu jika ada yang lebh ahli di bidang reptil komentar di blog saya. sekali lagi saya ucapkan terima kasih.
      untuk poin 1, 2, dan 6 saya anggap sebagai masukkan berharga. terima kasih banyak atas koreksinya dan staff saya akan meperbaiki. dan untuk pertanyaan nomor 3, secara pribadi saya pernah melihar monopohon berwarna hijau. tapi tentu saja saya bisa saja salah. bisa saja ular milik salahsatu sepupu saya itu bukan monopohon meskipun dia (sepupu saya) mengatakan kalau ularnya adalah jenis monopohon... :)
      dan untuk poin nomor 5, hal ini didasarkan pada pengalaman sepupu saya tadi. mungkin balik lagi ke cara memelihara monopohon atas style masing-masing ya pak/bu, namun cara memelihara ular monopohon berdasarkan riset saya langsung kepada yang berpengalaman (yaiytu sepupu saya) dia memakai cara itu... :)

      saya akan sangat terbantu jika bapak/ibu darii pencil reptile bisa berbagi ilmu di sini. saya tunggu koreksi lainnya mengenai artikel2 saya... :) sekali lagi saya ucapkan terima akasih atas komentarnya.....

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending jangan. Kurang cocok buat sistem pencernaannya

      Delete
  6. Saya mau tanya, monopohon lebih baik di pelihara di terrarium ukuran berapa ya?saya saat ini baru mau pelihara namun masih bingung tentang kandangnya. Apa aquarium gex bisa di gunakan untuk kandang dia? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ukurannya sebenernya disesuaikan dengan ukuran ular monopohon nya mas. akuarium gex bisa digunakan, asalkan itu tadi, ukurannya disesuaikan... CMIIW... :)

      Delete
  7. Saya mau tanya, monopohon lebih baik di pelihara di terrarium ukuran berapa ya?saya saat ini baru mau pelihara namun masih bingung tentang kandangnya. Apa aquarium gex bisa di gunakan untuk kandang dia? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  8. Dok, mau tanya.. monopohon saya matanya berubah abu2 terus sekarang udah normal lagi (ky tanda2 mau shedding) tapi sejak normal lagi sekarang udah hari ke 4. Belum nunjukin tanda2 kulit terkelupas.. pdahal kandang suka d semprot buat jaga kelembapan nya. Kenapa ya dok? Trims

    ReplyDelete
  9. Dok, mau tanya.. monopohon saya matanya berubah abu2 terus sekarang udah normal lagi (ky tanda2 mau shedding) tapi sejak normal lagi sekarang udah hari ke 4. Belum nunjukin tanda2 kulit terkelupas.. pdahal kandang suka d semprot buat jaga kelembapan nya. Kenapa ya dok? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan?
      coba tunggu aja beberapa hari lagi, sambil terus diobservasi.

      Delete
    2. Terakhir makan sekitar 4 hari sebelum mata nya abu2 dok.
      Belum d coba d kasih makan lg.

      Apakah sy coba kasih makan dlu skrg?

      Delete
    3. Terakhir makan sekitar 4 hari sebelum mata nya abu2 dok.
      Belum d coba d kasih makan lg.

      Apakah sy coba kasih makan dlu skrg?

      Delete
    4. kalau emang jadwalnya makan, ya kasih makan aja.
      tetep semprot agar kelembabannya terjaga.

      fesesnya gimana? gak mencret kan? :)

      Delete
    5. Oh gitu, oke.

      Fesesny gak mencret, dok.
      Tadi malem dia baru ganti kulit, lumayan lama y ternyata dari proses mata abu2.
      Soalny ular pertama sih jd masih newbie hehe

      Makasih dok :)

      Delete
    6. sip, kabari terus. jangan lupa buat jaga kelembaban kandangnya terus...

      Delete
  10. Selamat malam dok.
    Begini dokter saya dapat muspan usia kira2 3 bulanan, kondisinya sangat prihatin saya liat dokter,kaki belakangnya patah keduanya dok, soalnya sudah saya tekan kaki belakang,ngak ada respon dari musang dok, trus ada luka di dekat lehernya, saat hari pertama saya rawat musang tu masih mau makan dok, tapi 4 hari selanjutnya musang tu ngak mau makan dok, trus perutnya makin lama makin membesar dok dan bau nya makin amis dok. Perawatan apa yg harus saya lakukan dok terhadap musang itu.
    Dikasi makan ngak mau, klo di pegang ngak bisa karena liar dok.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas buat ramuan kesehatan musang. ada kok cara bikinnya di artikel ramuan kesehatan musang. kasih sehari 2x.

      untuk kakinya, kayaknya dia kurang kalsium. coba kasih makan bubur bayi promina aja. sama seminggu sekali kasih pepaya matang (jus dulu, gak pake air atau airnya dikit aja). biar sistem pencernannya bagus....

      langsung lakukan yang saya sarankan ya mas. kabari terus

      Delete
  11. Dok. Ular monop saya, saya jemur. Lalu saya tinggal merokok, pas saya lihat monopnya sudah tergeletak, mulutnya mangap, dan diam saja. Apa itu artinya mati ? Jika bukan. Bagaimana penangannya ? Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa lama jemurnya?
      dia lagi gak fit, terus mas malah jemur dia. saya tebak sih gitu, mas...

      mas gak tahu dia sedang sakit? selama ini nafsu makannya gimana? monopohon sebenernya gak usah lama2 dijemur, mas... :)

      kabari lagi

      Delete
  12. Dok. Ular mono pohon saya ini baru beli seminggu yg lalu dan sekarang saya kasih makan cicak kok tdk di makan ya? Apakah lg sakit? Klo umpama lg sakit atau gk nafsu mkn gmn ya cara agar si ular nafsu mkn lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas beru pelihara ular? maksudnya, ini pertama kali pelihara ular?
      terlalu banyak sebabnya, mas. kemungkinan, dia masih stress karena perjalanan atau sama tempat barunya. bisa jadi juga karena ini belum jadwalnya makan. mas gak nanya ke orangnya, monopohonnya dikasih makan berapa kali sehari?

      mending cek, apakah ruangannya terlalu panas atau tidak, banyak suara berisik atau tidak, dan sebagainya? karena dua hal itu yang biasanya bikin ular stress...

      pastikan ruangannya tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas (suhu ruangan aja) dan pastikan ruangannya tidak berisik

      Delete
  13. assalamu'alaikum dok,sy sudah hampir satu bulan gmau makan. 4 hari yang lalu baru shading. sekarang malah lebih sering ngumpet. owya retic saya baru sembuh dari sariawan juga.. menyiasati agar mau makan bgmana ya dok.. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...
      saya kira dia masih kesakitan karena sariawannya belum sembuh 100%. coba cek lagi, mas...

      Delete
  14. ralat dok mksd sya, REtic saya he..h.e.....he...

    ReplyDelete
  15. Mbak Dokter monop ku ngak mau makan pinkies alternatif selain cicak apa ya yg mudah katak kecil bisa ya mabk Dokter ?
    mohon pencerahan juga rekanrekan pecinta monop pakan nya apa selain cicak kadang rada sulit cari cicak nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain cicak, bisa kasih ulet hongkong sih mas. tapi jangan keseringan. coba gabung aja ke grup facebook pecinta monopohon, mas.... :)

      Delete
  16. Doc , monop saya kok 2 Minggu GK makan ya , trus boleh GK mandiin monop ? , Mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan.
      mending gabung ke grup monop, mas. sering nanya, sering baca juga di blog ini atau di internet. :)

      Delete
  17. Untuk baby monop selain cicak makannya apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake pingkies juga, mas. bayi tikus putih yang masih merah. yang ukuran kecil aja.

      Delete
    2. gak apa2... :)
      emang kenapa nggak pake cicak aja mas? :)

      Delete
    3. oh, hihihihi.... waktu kecil ditakut-takutin sama cicak ya mas... :D

      ya udah, pake pingkies aja... yang ukuran kecil..

      Delete
  18. Kalau kandang ular sunbeam itu baiknya alasnya pake substrat apa ya? Atau mendingan tdk pake alas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk sunbeam, pake substrat yang menyerupai tanah, mas. campuran sabut kelapa dan cocopeat yang dihancurkan misalnya...

      Delete
  19. Dok,Monop Saya Kok Ga Mau Makan Pinkies Ya,Owner Sebelumnya Kasinya Cicak Trus. Gamau Pinkies

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sambil diliatin, mas. tinggal aja sampe agak lama.
      kalau tetep gak dimakan juga, coba pingkiesnya agak dilukai dulu. sampe agak keluar darahnya.

      emang kudu dibiasakan sih kalau terbiasa makan cicak... :(

      Delete
  20. Dok, kira ukuran yang cocok buat monop dikasih pinkis brp cm ?

    ReplyDelete
  21. klo ngasih makan ular monopohon setiap hari itu gimana dok ?

    ReplyDelete
  22. Dok,kalo dikasih katak kecil mau gak dan kalo mau boleh setiap hari

    ReplyDelete
  23. Dok monopohon di ksi burung emprit kyk gereja di makan ga ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.