Cara Membawa Sugar Glider Bepergian | Drh. Fira Sovica

Bepergian membawa sugar glider

memang menyenangkan. Namun, sugar glider yang diajak bepergian akan membuat si sugar glider menjadi stress. Ada beberapa cara aman membawa sugar glider jalan-jalan atau travelling. Artikel cara membawa sugar glider bepergian ini ditulis karena sugar glider yang diajak jalan-jalan kerap mengalami stress seperti disinggung dalam artikel penyebab sugar glider stress.
Cara Membawa Sugar Glider Bepergian

Nah, bagaimana cara aman membawa sugar glider jalan-jalan? Berikut adalah beberapa tips membawa sugar glider travelling agar terhindar dari stress pada sugar glider.
  1. Usia sugar glider diatas 5 bulan.
  2. Cara pertama menghindari stress pada sugar glider saat dibawa jalan-jalan adalah usia sugar glider hendaknya diatas 5 bulan. Hal ini karena joey sugar glider masih sangat rentan akan stress.
  3. Sugar glider dibawa menggunakan pouch.
  4. Sugar glider yang dibawa jalan-jalan hendaknya ditempatkan dalam pouch. Jangan membawa sugar glider dengan menempatkannya di saku baju anda kecuali jika si sugar glider sudah sangat bonding terhadap anda. Tempatkan pula pouch sugar glider di tempat yang aman, dan minimalisir pouch sugar glider dari guncangan dan tekanan.
  5. Jangan terlalu lama dalam perjalanan.
  6. Sugar glider mengenali sekelilingnya dari aroma udara dan tekanan udara. Makin sering berubah aroma udara suatu tempat, maka makin tertekan juga si sugar glider. Maka dari itu, owner sugar glider hendaknya tidak membawa sugar glider bepergian menggunakan mobil atau motor lebih dari 2 jam.
Demikian adalah cara

membawa sugar glider jalan-jalan

yang penulis tulis dalam tag artikel sugar glider. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam memelihara sugar glider. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

127 Responses to "Cara Membawa Sugar Glider Bepergian"

  1. siang dok. Maksimal meninggalkan Sugar Glider berapa lama? karna perkerjaan saya mempunyai mobilitas yang tinggi, bahkan saya bisa 7 hari meninggakan rumah. Bagaimana cara menaganinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau seperti itu, coba minta org rumah untuk memberinya makanan 2 kali sehari dan mengganti minumnya tiap dua hari sekali... :)

      silakan baca artikel saya mengenai resiko memelihara sugar glider...

      Delete
  2. Dok, kalau saya membawa sugar glider mudik aman ngga?
    kampung saya di palembang...
    Apakah harus dibawa pake kandang"nya, dan bagaimana menanganinya diperjalanan yg cukup jauh ini ... Thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ditaruh di bagasi. lebih aman mas taruh di pangkuan saja. pakai kandang kecil gak apa2.... :)
      cukup sediain madu. kasih minum madu di perjalanan... 3x sehari... makanan cukup diberi setelah pemberian madu... :)

      Delete
  3. Dok, saya baru dikasih sg sama temen. Mau saya bawa dari Semarang ke Jogja naik motor, kira-kira perjalanan 3 jam. Gimana cara bawa yang aman supaya sg gak terlalu stress dan gak kabur?
    Makasih, dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pouch atau di kandang kecil. kasih kaus bekas pakai mas di dalam kandangnya agar dia bisa menyusup ke dalamnya...

      Delete
  4. Dok
    Saya punya sg 2, inshaa allah lebaran tahun ini mau saya bawa mudik, kampung saya di jogja, kira" perjalanan 2hari.. solusinya biar sg saya gak setres di perjalan apa ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai pouch aja mas. kalau pakai kandang kecil. kasih kaus bekas pakai mas di dalemnya....
      makan harus tetep dikasih. praktisnya sih kasih buah, pepaya atauu pisang selama perjalanan...
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren... :)

      Delete
  5. kalo di bawa naik kereta untuk pulang kampung gmn dok? kan perjalanannya cukup lama kampung saya di purwokerto

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dimasukkin kandang kecil, dan mas taruh kaus bekas pakai mas ke dalam kandang biar dia bisa menyusup ke dalamnya.... cukup sediakan makanan yang cukup selama perjalanan dan jaga agar suhu tidak terlalu panas. :)

      Delete
  6. dok saya mau bepergian ke luar kota menempuh waktu 3,5jam menggunakan bus
    Saya bawa sg nya menggunakan travel poch
    lumayan gede

    Apakah itu aman?
    dan Selama perjalanan saya kasih UH ,gpp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh2 aja. asalkan jangan ditaruh di bagasi ya mas. taruh dipangkuan mas aja.. :)

      Delete
  7. Dok
    Saya punya sg usia sekitar 2-3 bln.rencana mau saya bawa mudik.perjalanan kira2 14 jam.aman ngga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman.
      bawa pake tas travel pouch khusus sg aja mas. kasih tissu di dalamnya. usahakan jangan sampai kepanasan. taruh di pangkuan aja selama perjalanan. jangan lupa kasih makan... :)

      Delete
    2. Di kasih makan apa dok bagusnya? Perlu di kasih minum juga ngga?

      Delete
    3. biasanya dikasih makan apa mas? :)
      iya dikasih minum. beli aja aqua buat minumnya dia... atau bisa mas kasih juga dari air minum mas ke dia... :)

      Delete
    4. Kalo di kaish makan bubur sun aja gimana dok? Soalnya takut minumnya tumpah

      Delete
    5. boleh. kasih buah2an kayak kelengkeng juga bisa... biar lebih praktis... jadi sg ama yang punya bisa sama2 makan lengkeng, hehehe... :D

      Delete
    6. Kalo apel or pisang gimana dok?

      Delete
    7. Oh ya dok..... kalo sg tu meleknya brapa bulan? Soalnya saya pas beli sg kata sellernya baru melek 2 minggu

      Delete
    8. untuk mengetahui joey mulai terbuka matanya bisa mas lihat di artikel saya siklus hidup sugar glider...
      lebih baik kalau beli sg yang usianya diatas 3 bulan mas. soalnya kalau dibawah 3 bulan, si sg masih sangat tergantung pada gizi dari susu induknya.... kan kasian kalau sampe malnutrisi

      Delete
  8. dok saya mau nanya lagi nih, gimana caranya ngurangin bau poop/pee sugar glider ketika di bawa pulang kampung,

    ReplyDelete
  9. dok saya mau nanya lagi nih, gimana caranya ngurangin bau poop/pee sugar glider ketika di bawa pulang kampung,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa.
      yang bisa itu mencegah agar urine sg cepat terserap (tidak terlalu bau) caranya kasih tisu aja banyak2 di bonding pouchnya... :)

      Delete
  10. Dok,sg saya masih 4 bulan terus juga belum nurut/bonding sama saya,terus saya mau mudik,saya bingung ini mau dibawa apa gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai bonding pouch aja. atau kalo gak, pakai kandang kecil yang untuk hamster.... kasih kain/kaus bekas pakai mbak biar dia bisa menyusup ke dalamnya....

      Delete
    2. Emang gapapa dok?kan masih 4 bulan belum diatas 5 bulan,terus pas udah sampe jangan dikeluar keluarin ya?soalnya dia belum nurut sama saya takut kabur

      Delete
    3. untuk menghindari kabur, selama perjalanan gak usah dikeluarin dulu dr pouchnya. cukup taruh aja makanan di bonding pouchnya, kasih aja buah. kalau udah sampe tujuan, mungkin bisa dipindahkan ke kandangnya yang lain (bukan bonding pouch lagi) :)

      kalau udah 4 bulan, saya kira udah boleh.

      Delete
    4. Oh ya dok saya mau nanya lagi,saya takut nanti sg saya stres dalam perjalanan. Soalnya perjalanannya lebih dari 6 jam. Cara menangani (menghilangkan) stresnya gimana ya?dan apa yang harus saya lakukan saat itu juga ketika sg saya stres dalam perjalanan?terimakasih

      Delete
    5. si sg sudah mengenal mas/mbak?
      kalau sudah, saran saya sih taruh kaus bekas pakai mas/mbak di dalam kandang, agar dia bisa menyusup ke dalamnya dan dia bisa mencium aroma tubuh mbak/mas. namun itu juga kalau mbak/mas gak ngerokok. soalnya residu rokok kadang suka masuk ke paru2 sg karena menempel di kaus bekas pakai....

      kasih makan dan minum secara rutin selama perjalanan... :)

      Delete
    6. Dok,maaf mau nanya lagi.. ini sg saya dibawa mudik jadi suka crabbing dijalan kalo saya pegang padahal sehari hari gapernah crabbing terus juga kayaknya ga nafsu makan. Saya harus gimana yah?

      Delete
    7. Dok,maaf mau nanya lagi.. ini sg saya dibawa mudik jadi suka crabbing dijalan kalo saya pegang padahal sehari hari gapernah crabbing terus juga kayaknya ga nafsu makan. Saya harus gimana yah?

      Delete
    8. gak apa2. biasanya setelah mbak kembali lagi ke rumah, beberapa hari kemudian dia akan kembali seperti biasa.... :)
      soal nafsu makannya, coba kasih air madu... :)

      Delete
  11. Dok kalau sg 2 bulanan mau di bawa mudik pakai pesawat jenis hercules kan bising suaranya,perjalannan kira kira 1 jam aman gak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja kain di dalam kandang/bonding pouchnya agar dia bisa menyusup. taruh saja kaus bekas pakai mbak, jadi dia lebih tenang kalau menyusup ke dalam situ soalnya dia masih mencium bau tubuh ownernya... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Atau boleh pakai travel pouch saja

      Delete
    4. boleh pakai travel pouch tapi harus tetap pakai kain di dalamnya... :)

      Delete
  12. Tapi harus tetap bawa kandang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak bepergiannya dalam rangka apa? pulang kampung atau sekedar vacation aja?
      kalau sekedar vacation aja, cukup ditaruh di dalam bonding pouch dan bawa kemanapun di tempat wisatanya. hati2 karena tak jarang sg gak sengaja terduduki atau terhimpit.
      jika mbak bepergiannya dalam rangka pulang kampung atau semacamnya, cukup sediakan kandang sesampainya di tempat tujuan nanti.

      Delete
  13. mau tanya dok
    apa cara membawa tupai terbang untuk bepergian sama dengan sugar glider ? saya membawanya dalam rangka mudik dengan lama perjalanan 12 jam
    bagaimana caranya supaya tupai terbang yang dibawa tidak stress ?
    oiya jumlah tupainya ada sepasang
    terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, relatif sama. yang penting hindari dari guncangan keras dan jaga agar tupainya tidak kepanasan.... pakai saja bonding pouch atau kandang kecil yang ditaruh kain di dalamnya agar dia bisa menyusup ke dalam kain selama perjalanan....

      Delete
    2. 1 lagi dok
      kalau sugar glider ataupun tupai terbang diberi makan kurma boleh tidak ya ?

      Delete
    3. terimakasih infonya dok...

      Delete
  14. Permisi dok saya mau bawa SG ke luar kota naik mobil kurang lebih perjalanan nya 4 jam bagaimana agar tidak stress ya dok? Dan harus dikasih makan dan minum apa selama di perjalanan? Dan harus bawa perlengkapan apa aja? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapkan kandang kecil, taruh kaus bekas pakai mbak di dalam kandang tersebut, masukkan sgnya, biarkan dia menyusup. aroma tubuh ownernya yang tercium dari kaus bekas pakai akan membuat si sg tenang selama perjalanan.

      namun ini juga kalau mbak gak merokok. kalau merokok, lebih baik jangan. takutnya residu rokok yang menempel di kaus malah akan terhirup oleh si sg dan dapat menyebabkan kematian...

      siapkan makanan berupa buah2an ya mbak... perjalanannya siang? kalau siang hari, kasih aja sedikit makanannya. soalnya sg kebanyakan tidur kalau siang hari... :)

      Delete
  15. Dok. Saya punya sg umur 8 bln, rencana mau saya bawa mudik ke jawa timur yg menempuh jarak 24 jam, apa sg aman dok? Trus dlam perjalanan di taruh di poch aja bisa ga? Dan sesampai di sana saya taruh kanda burung yg terbuat dari bambu aman ga dok? Nanti lepas ga? Terima kasih, mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake pouch aja. asalkan hati2, jangan sampe terduduki. :D
      rutin juga kasih makan ya mas....

      kalau bisa, jangan pakai kandang burung, mas. rentan kabur. :)
      kandang hamster kecil aja.

      Delete
    2. Kalau di mobilnya ada ac nya di bus gitu gimana dok? Boleh ga? Trus misalkan kalau naik motor aman jg ga?
      Kemarin sih akirnya saya tinggal dik, saya titipin ke tetangga, dan alhasil, SG saya jadi ga ngenalin saya, galak gitu, tp setelah seminggu kemudian saya ajak main, udh jinak lg dok.

      Delete
    3. lebih baik di dalam sangkarnya ditaruh kain agar dia bisa menyusup ke dalam. :)
      mungkin waktu mas tinggalin dia masih belum terlalu kenal mas, maka pas mas tinggal, dia jadi lupa.... wajar aja sih... tinggal sekarang mas sering2 ajak main dia... :)

      Delete
  16. Kalau di kasih sayuran harus di rebus dulu atau di kasih mentah langsung dok?

    ReplyDelete
  17. Dok mau tanya saya mau pergi dr bgor ke solo selama 3 hari disana dan bawa sg di travel pouch.yg jd prtnyaan sesampainya disana dalam 3 hri tidurnya di pouch bisa ga ya & bakal stres jg ga ya ? Soalnya saya naik bis & ga bawa kandang hamster kecil..makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. selama perjalanan, gak apa2 taruh di pouch asalkan hati2 jangan sampai terduduki/terinjak.... :)

      jangan lupa kasih makan. buah2an aja. kayak lengkeng... :)

      Delete
  18. ass.wr.wrb dok...saya ada rencana mau bawa sg dari indo ke jerman.gimana yaa baiknya bawanya?prosedurnya juga saya kurang mengerti,bisa tolong dijelaskan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending telepon ke maskapainya. biasanya mereka bisa bantu kok... :)

      Delete
  19. dok klo sg di ajak naik pesawat dlm bonding pouch. apakah nanti kena denda ? atau bisa lolos ya ? kan bisa aja dia sembunyi di baju2 kita sementara, apakah aman ya klo selundupkan gitu ? kan tuh di sana pasti cek tas jg.. gimana ya ? takut nya nanti klo mau pergi naik pesawat, saya mau bawa sg saya.

    thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending lapor dlu via telp ke maskapai yang akan digunakan. minimal sehari atau 2 hari sebelum keberangkatan.

      setiap maskapai biasanya punya regulasi sendiri sendiri...

      Delete
  20. Maf mohon pencerahan'y,sy beli SG umur 1,5 tahun yg sudah jinak,tpi stelah seminggu smbsy ko jadi galak klw sya bawa jalan",selalu gigit sampe berdarah,terus selalu becicilan klw di luar kandang,,, mohon bimbingan'y

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masnya takut saat digigit, dia malah makin jadi, dan makin sering gigit, mas. kalau digigit sg, bersikap biasa aja. jangan kaget, dan hilangkan rasa takut....

      coba baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider....

      Delete
  21. maaf dok saya mau tanya, klo bawa landak mini naik pesawat penerbangan jkt-mlg bs g ya dok? trus biar g stress gmn ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk landak mini sendiri, sebenernya saya belum pernah coba. mungkin mbak bisa hubungi pihak maskapai yang akan mbak gunakan.

      opsi lain, menggunakan jasa pengiriman hewan. gak ribet dan simple... :)

      Delete
  22. maaf dok saya mau tanya, klo bawa landak mini naik pesawat penerbangan jkt-mlg bs g ya dok? trus biar g stress gmn ya dok

    ReplyDelete
  23. Salam dok.. saya mau tanya, apakah SG bisa dibawa kedalam pesawat? & kena cas juga gak dok? Trims.. :)

    ReplyDelete
  24. Salam dok.. saya mau tanya, apakah SG bisa dibawa kedalam pesawat? & kena cas juga gak dok?
    Mohon solusinya ya dok, soalnya saya bingung, ntar pas mudik gak mungkin kan SGnya ditinggal sendirian.. Trims.. :)

    ReplyDelete
  25. Salam dok.. saya mau tanya, apakah SG bisa dibawa kedalam pesawat? & kena cas juga gak dok?
    Mohon solusinya ya dok, soalnya saya bingung, ntar pas mudik gak mungkin kan SGnya ditinggal sendirian.. Trims.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih kena, dan agak ribet prosedurnya karena harus ada surat dari dinas peternakan. saya udah beberapa kali bawa hewan.

      kalau mau praktis, lebih baik pake jasa pengiriman hewan, mas... :)

      Delete
  26. Donk. Kalo bawa SG dengan psawat selama 30 menit aman ga ya donk buat SG nya? Tekanan nya terlalu tinggi gak dok? Ga menyebabkan kematian kan?

    ReplyDelete
  27. Dok mau tanya, sya kan masih newbie nih nah skrg lg booking beli sg indukan kebetulan sg nya lg ip belum 2 minggu
    Kira2 aman gk ya dok kalo sg yg lg ip itu saya bawa kerumah dengan perjalanan menggunakan spd mtor estimasi waktunya 30 mnit lewat jalan provinsi yg ramai bgt? Kira2 sg nya nanti stresss gk ya? Saya takut kalo jd stress trus makan anaknya sndri

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting selama perjalanan, usahakan jangan banyak guncangan. guncangan kecil2 sih boleh aja. bagusnya, mas taruh di dalam box yang dikasih kain di dalamnya, jadi dia bisa menyelusup ke dalamnya....

      masnya merokok? kalau nggak merokok, kasih kaus bekas pakai aja ke dalam kardus buat bawanya. itu juga kalau masnya gak merokok ya. kalau merokok, jangan. paru2 sugar glider sangat sensitif sama asap dan residu rokok yang nempel di baju... :)

      Delete
  28. Dok mau tanya, sya kan masih newbie nih nah skrg lg booking beli sg indukan kebetulan sg nya lg ip belum 2 minggu
    Kira2 aman gk ya dok kalo sg yg lg ip itu saya bawa kerumah dengan perjalanan menggunakan spd mtor estimasi waktunya 30 mnit lewat jalan provinsi yg ramai bgt? Kira2 sg nya nanti stresss gk ya? Saya takut kalo jd stress trus makan anaknya sndri

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk selanjutnya, mas bisa baca2 artikel saya tentang sugar glider di blog ini...

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Tp gk akan bikin si induk stres kàn dok? Soalnya jalanan yg saya lalui itu sering dilewatin sama kendaraan besar sprti truk gandeng maupun kontainer, gk akan membuat si induk merasa kaget kah dg suara kendaraannya?

    Kalo kaosnya ada parfumnya aman gk dok buat paru2 sg?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting, kaosnya kaos bekas pakai yang udah bau keringat, biar dia kenal bau tubuh mas... :)

      nggak akan bikin stress kok. :)

      setelah sampai rumah, taruh di kandang, dan kandangnya taruh di ruangan sepi (minim suara). biar dia adaptasi dulu.

      Delete
  31. Tp gk akan bikin si induk stres kàn dok? Soalnya jalanan yg saya lalui itu sering dilewatin sama kendaraan besar sprti truk gandeng maupun kontainer, gk akan membuat si induk merasa kaget kah dg suara kendaraannya?

    Kalo kaosnya ada parfumnya aman gk dok buat paru2 sg?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  32. Tp gk akan bikin si induk stres kàn dok? Soalnya jalanan yg saya lalui itu sering dilewatin sama kendaraan besar sprti truk gandeng maupun kontainer, gk akan membuat si induk merasa kaget kah dg suara kendaraannya?

    Kalo kaosnya ada parfumnya aman gk dok buat paru2 sg?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting, kaosnya kaos bekas pakai yang udah bau keringat, biar dia kenal bau tubuh mas... :)

      nggak akan bikin stress kok. :)

      setelah sampai rumah, taruh di kandang, dan kandangnya taruh di ruangan sepi (minim suara). biar dia adaptasi dulu.

      Delete
  33. Dok.
    Jelang lebarang saya ada rencana mudik 2/3 hari.
    Tp bakal repot klo bawa kandang.
    Apa aman ya dok klo joey ditaro di travel pouch ukuran 18x12x15 pada malam hari saat jam mereka aktif bgt.
    Penggunaan harnes menurut dokter gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pakai harness. cukup taruh aja di travel pouch sepanjang perjalanan. gak apa2 kok selama mas hati2, jangan sampe sgnya kenapa2.

      tetep kasih makan, dan setelah sampe tempat tujuan, karantina di ruangan sepi suara biar sgnya menyesuaikan diri dan gak stress... :)

      Delete
  34. hai dok sya mau minta saran nii, aku punya sg indukan ama anaknya 2 nah ceritanya taun ini mau mudik sg ga dibawa cuman bingung di tinggal seminggu, kl dikasi makanan bubur otomatis basi dan cpt abis ada saran mungkin dok biar sg nya kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarannya cuma ada 2: titip sama orang yang bisa ngurus selama mbak libur, atau bawa mudik.
      kalau bawa mudik, bisa pakai kandang kecil atau travel pouch. kasih kain di dalam kandang/travel pouchnya, biar dia bisa menyusup ke dalam situ selama perjalanan... :)

      Delete
  35. hai dok sya mau minta saran nii, aku punya sg indukan ama anaknya 2 nah ceritanya taun ini mau mudik sg ga dibawa cuman bingung di tinggal seminggu, kl dikasi makanan bubur otomatis basi dan cpt abis ada saran mungkin dok biar sg nya kuatt

    ReplyDelete
  36. Dok kalo Sg joey di taruh di saku baju kita dari pagi sampe sore tiap hari boleh ga ya? Soalnya pngen dket sm sg nya smbil beraktifitas. Tapi beraktifitasnya di rumah juga dok & sdkit berisik krn banyak org heheh apa Sg nya baik2 aja dok atau mending taro di kandang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, taruh aja di saku. tapi hati2, takutnya ketekan atau kena asap rokok... :)

      Delete
  37. Hai Dok, SG 2 bulan boleh dibawa nonton bioskop gak ya? Takut kaget SG nya. Thank you.
    Yolanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan, mbak. kasian. kedinginan dan banyak suara2 mengagetkan. kasian juga kalo tiba2 kedengeran suara sg di dalam teater, hihihi.... :D

      maaf baru balas... saya sibuk sekali akhir2 ini...

      Delete
  38. dok, klo bawa sugar glider naik pesawat dr surabaya ke jayapura papua bisa? terus cranya gmna utk sgnya ga stress? makasih dok.,

    ReplyDelete
  39. Dok aku ada rencana bawa sg aku ke makassar sekitar 1.5jam lah, bisa gak dok? Dan apakah kalo disembunyikan ga ketahuan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, membawa hewan peliharaan dalam pesawat.
      jangan membawa hewan tanpa izin mas...

      Delete
  40. Bu dokter mau nanya, saya baru beli SG usia 1.5 bulanan. Udah 2 minggu sm saya alkhamdulillah dia mulai hapal sama saya. Akhir minggu ini insya Allah saya mau ke tuban utk acara kantor trs lanjut surabaya. Di surabaya kemungkinan acaranya rame banget soalnya ngundang band. Klo sgnya saya taroh di travel pouch pas acaranya berlamgsung gpp tah? Soalnya klo ditinggal di mobil takut kepanasan. Terima kasih dok 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur aja, agak mengkhawatirkan sih mas.
      bukan cuma soal suhunya, tapi suaranya. namanya juga acara band, pasti banyak suara2 mengagetkan bagi sg. boleh ditaro di pouch, tapi mending mas taro dimana kek yang kira2 aman dan gak rame. kalau ada loker/laci, mas bisa nitip di situ... jangan lupa pouchnya ditutup....

      Delete
  41. Bu dokter mau nanya, saya baru beli SG usia 1.5 bulanan. Udah 2 minggu sm saya alkhamdulillah dia mulai hapal sama saya. Akhir minggu ini insya Allah saya mau ke tuban utk acara kantor trs lanjut surabaya. Di surabaya kemungkinan acaranya rame banget soalnya ngundang band. Klo sgnya saya taroh di travel pouch pas acaranya berlamgsung gpp tah? Soalnya klo ditinggal di mobil takut kepanasan. Terima kasih dok 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur aja, agak mengkhawatirkan sih mas.
      bukan cuma soal suhunya, tapi suaranya. namanya juga acara band, pasti banyak suara2 mengagetkan bagi sg. boleh ditaro di pouch, tapi mending mas taro dimana kek yang kira2 aman dan gak rame. kalau ada loker/laci, mas bisa nitip di situ... jangan lupa pouchnya ditutup....

      Delete
  42. hai dok boleh gk klo bawa sg travelling ke gunung dan bawany a saya pake travel pouch. mohon jawabannya dok trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal mas bisa jaga keamanan sgnya, sebenernya gak masalah. cuma yang saya takut sebenernya suhu dinginnya. itu aja sih.

      mau aman sih mending jangan, mas... :)

      Delete
  43. Saya mau tnya bu, kalo naik motor slma 6 jam bawa SG di tas SG yg kcil aman aja kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      agak mengkhawatirkan sih mas. emang gak bisa naik bis aja?
      selama perjalanannya gak bising, maksudnya gak banyak truk/bis yang mengeluarkan suara mengagetkan, saya kira aman. dengan kata lain, kalau jalanannya gak terlalu rame, masih aman....

      Delete
  44. dok, kalau mau bawa sg naik pesawat caranya gimana yah? apa harus di karantina dulu atau tidak? apakah akan di kenakan biaya tambahan dok? maaf karna masih pemula, dan anak rantau bingung kalau mau bawa sg pakai pesawat gimana, kali aja dokter tau. mohon di balas dok. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya: Membawa Hewan Peliharaan Dalam Pesawat :)

      Delete
  45. Dok kan saya hbs beli SG nih umur 1.5 bulan. Trs pas smpe d rmh dia gamau makan sama crabing terus2 an. Trs sy hrs gmn ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo umur segitu emang masih suka crabbing. dan setau saya, sejinak apapun sg, dia akan tetep crabbing kok. jadi normal.
      sama yang jual, bilangnya udah bisa makan sendiri apa belum? coba aja taro makanannya di kandang. :)

      Delete
  46. Dok, Sg itu bisa pee & Poop gk?

    ReplyDelete
  47. Sama saya mau tanya lagi, Temen saya itu punya sg 1 tahunan itu dulu sudah bonding dan sudah baik, Tapi kemarin ini sgnya Tidaj nurut dan menggigit temen saya dan sg nya tidak mau makan... itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sgnya sering diajak main nggak?
      kalo jarang diajak main, ya biasanya dia akan jadi galak lagi....
      meski udah bonding, sgnya wajib diajak main minimal 10 atau 20 menit setiap harinya...

      soal dia mau makan, banyak kemungkiannya. tapi coba cek fesesnya. fesesnya mencret nggak?

      Delete
  48. Dok saran dong buat edisi mudik sg ada 3 ekor (2 betina, 1 jantan) betina lg IP, nah amau bawa mudik, pake travel pouch aman gga? Dan satu lagi dok baiknya betina dipisahin atau bagaimana ya? Soalnya jantan nya poligami haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman. satuin aja di kandang kecil, kasih kain2 di dalam kandangnya biar dia menyusup ke situ.

      jangan di travel pouch, mas. kecuali travel pouchnya besar.

      Delete
  49. Sore Dok,
    Mau tanya saya akan bepergian kurang lebih 10 jam, untuk ukuran pet cargo 44x27x23cm apakah 2 ekor indukan dan 2 ekor anakan bisa digabungkan jadi 1??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewannya sg, mas?
      pet cargo-nya lumayan gede kok itu. aman. :)

      Delete
  50. Dok gimana klo sg saya,saya bawa pergi ke bali,umur sg saya 2bulan,kira" 5 hari dok brangkt 1hari pulang 1hari dan di bali 3hari,gimna solusinya dan pendapatnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas. naik pesawat kan? tanya dulu ke maskapainya, cara bawa hewan di pesawat kayak gimana...

      sampe di sana, taro aja di kandangnya. jadi, siapin kandang kecil.

      Delete
  51. Naik kapal dok ga naik pesawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, kalo gitu, aman. yang penting jangan dibawa ke tempat yang panas. dan setelah sampe tujuan, langsung karantina di ruangan yang agak gelap...

      Delete
  52. Dok saya kan suka naik gunung nih, kalo sg saya bawa ke gunung itu dia boleh gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman-aman aja sih. cuma pastikan sgnya aman selama perjalanan.

      Delete
    2. Sg itu mampu bertahan di dingin sampe berapa derajat ya dok? Soalnya di gunung kan pasti dingin

      Delete
    3. nah, itu problemnya dan yang saya khawatirkan.
      kalau suhu pastinya sebenernya agak susah. kecuali mungkin mas punya penghangat.

      yang pasti, suhu dingin berbahaya buat joey, tapi kalau buat sg dewasa, selama gak terlalu dingin, aman.... jadi make sure di pouchnya ada kain penghangat....

      Delete
  53. Kalau mau ngirim sg yang dibawah 5 bulan perjalanan kira2 8 jam aman gak dok, kalau cuman pake pouch

    ReplyDelete
  54. Halo Dok, saya rencana pulang kampung ini mau beli SG, Joey. Rencana mau bawa balik saja pake bonding pouch, perjalanan kapal selama 3-4 jam. Kira-kira aman tidak ya? Benar2 darurat bangat. Mohon dibantu. Makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.