Wednesday, July 16, 2014

Cara Agar Musang Obesitas Tetap Sehat | Drh. Fira Sovica

Musang obesitas

sangat rentan akan mati akibat kegagalan fungsi jantung, seperti yang saya tulis di artikel kenapa musang obesitas rentan mati. Sebenarnya ada cara aman agar musang obesitas bisa tetap sehat. Berikan nutrisi yang seimbang antara lemak, protein, asupan serat dari buah-buahan, dan porsi olahraga agar jantung musang tetap sehat.
Musang Obesitas
Image taken from kaskus.co.id

  • Saya sendiri membatasi asupan lemak dan protein hanya 2 hari dalam seminggu, yaitu hari sabtu dan minggu, selebihnya saya hanya memberikan buah-buahan sebagai makanan utama untuk musang peliharaan saya. Setiap hari rabu, saya rutin mengajak musang peliharaan saya berjalan-jalan keliling komplek dengan memakai harness.
  • Untuk asupan protein dan lemak untuk musang peliharaan saya, saya rutin memberikan nasi yang dicampur telur rebus setiap hari sabtu dan minggu. Hari senin sampai jumat, saya hanya memberikan buah-buahan matang seperti pepaya matang dan pisang matang. Jenis pisang yang baik untuk makanan musang adalah jenis pisang dengan daging buah yang lembut seperti pisang Sunpride atau sejenisnya. Anda juga bisa memberikan pisang lampung. Pastikan pisang dan pepaya yang menjadi makanan musang adalah pisang dan pepaya yang matang secara sempurna, bukan pisang dan pepaya yang matang karena dikarbit atau dimatangkan dengan bahan kimia lainnya.
Demikian adalah cara agar

musang obesitas tetap sehat

atau cara agar musang tetap sehat. Anda bisa bertanya langsung kepada saya dengan menuliskan pertanyaan di form dibawah ini. Terima kasih. (FS)

72 comments

baik mas. :)
kalau ada yang mau ditanyakan, silakan ke sini... :)

Mba ,sy br adopt musang,musang sy kata owner pertama ny jenis musang pandan mini(sy ga tau emng ada jenis tuh apa tdk),umur ny uda 1thn tp badany sprti musang umur 3bln,dan musang ini sprtiny obesitas,kalo jln tuh susah,tdk bnyk gerak,tp musang ny lucu,anak istri sy suka n syg bnget sm nh musang,yg ingin sy tnyakan,gmn cara pola mkn buat musang sy ini,biar dia bs bnyk gerak, ga mls untuk bergerak,slama sy piara(1mggu)sy kasi mkn pisang n pepaya.mhn petunjukny mba,trma kasih

nah, makanan yang mas berikan sudah tepat. berikan pepaya dan pisang saja, dan sering mengajak main si musang biar dia mau bergerak. hati-hati dalam pemberian pakan ya mas karena musang obes sangat rentan kena gagal jantung.....

sehat selalu buat musangnya.... :)

malam dok... mohon infonya klau pola makan yg baik buat muspan gmna dok ?

silakan baca artikel jenis makanan musang dan makanan terbaik untuk musang pandan... :)

Kalo scootemulsion di ganti madu bagus ga

Kalo scootemulsion di ganti madu bagus ga

Kalo dikasih daging dagingan berapa gram sehari

Kalo dikasih daging dagingan berapa gram sehari

Kalo dikasih daging dagingan berapa gram sehari

scott emulsion dan madu sebenernya lebih bagus madu.
kalau kasih daging, usahakan dagingnya dicacah dulu sebelum diberikan. banyaknya biasanya tergantung umur musangnya mas... :)
amannya sih mas bisa kasih satu sendok makan daging cacah kecil2. kalau habis, mas kasih lagi satu sendok makan lagi. terus seperti itu hingga dia tidak mau makan. dengan cara itu mas bisa tahu berapa gram atau berapa sendok daging porsinya dia...

Dok saya punya musang baby umur 2 blan lebih, dan giginya udah lengkap, tpi blom mau mkan sendri, gmna ya doj caranya biar dia mau mkan sndri?
Mohon bantuannya dok

musang biasanya mulai bisa makan sendiri umur 2,5 bulan hingga 3 bulan. tapi mulai usia 2 bulan bisa diajari. taruh aja dulu makanannya di kandang. biasanya dia akan makan sendiri nanti.... makannya pakai bubur bayi ya mas..

Dok mau tanya apakah dikasih makan daging bisa merubah kejinakan musang ?
Terus selain daging apalagi ya makanan musang yang mengandung protein tinggi ? Biar cepet besar .. Hihihi
Satu lagi dok cara agar musang tidak hissing dan anteng kalau di pegang ?

Dok mau tanya apakah dikasih makan daging bisa merubah kejinakan musang ?
Terus selain daging apalagi ya makanan musang yang mengandung protein tinggi ? Biar cepet besar .. Hihihi
Satu lagi dok cara agar musang tidak hissing dan anteng kalau di pegang ?

gak ngaruh, mas. :)
kalau udah jinak mau dikasih makan daging mentah setiap haripun tetep aja jinak.... selain daging, yang mengandung protein tinggi adalah telur. kalau dari nabati, bisa kasih jagung dan kedelai. saya pernah bikin artikel cara mengolah jagung sebagai makanan musang. baca aja. :)
cara agar musang anteng bisa dibaca di artikel cara agar musang anteng. cara menghilangkan hissing juga bisa dibaca di blog ini. silakan cari di bagian cari artikel... :)

Dokk saya mau nanya.. musang saya ngga mau makan maunya minum susu doang.. di kasih pisang dan pepaya juga ngga mau dokk. Tapi keadaan musang saya masih kaya seperti biasa lincah

sama seperti punya saya, gimana dok? mohon infonya. trims,

umur musangnya berapa? kalau memang dia masih bayi/anakan, bisa disepet aja pakai suntikan atau pipet. pisang atau pepayanya di jus dulu. :)

kalau musangnya sudah dewasa, taruh aja pisang yang sudah dipotong2 di dalam kandangnya. kasih wadah. nanti biasanya dia akan makan sendiri....

Salam kenal, dokter.
Perkenalkan saya Rifky mahasiswa FKH IPB.
Kebetulan saya tertarik dan sedang belajar mengenai exotic pet, terutama musang.
Tugas akhir saya kebetulan juga mengenai satwa eksotik satu ini.
Apabila diperbolehkan saya ingin meminta kontak atau email dokter untuk dapat berdiskusi dan bertanya mengenai beberapa hal tentang musang.
Mohon maaf sebelumnya dan terima kasih banyak, dok.

oh boleh. mas. :)
mas bisa liat email saya di akun g+ saya di google.com/+FiraSovica.
lebih baik sih via komentar di blog ini saja atau bisa juga di G+... :)

Dok buat asupan makanan. Boleh gk di kasih madu (madu syamil)

buat musang? boleh2 aja.... bagus buat daya tahan tubuhnya... :)

jangan terlalu banyak ya mas. secukupnya aja... :)

Dok saya mau nanya dok musang saya gak mau makan dok di kasih pepaya gak di makan di kasih pisang gak di makan mau nya minum susu terus dok susu nya kental manis , terus saya kasih bubur sun jga gk di makan dok susah makan nya
Oh iya dok umur nya masih 2,5 bln apa udh bisa di kasih ceker dok??
Makasih dok mohon pencerahannya:)

sebaiknya jangan dikasih susu kental manis, mas. bisa menyebabkan mencret dan dehidrasi. coba kasih makan bubur bayi promina yang dibuat agak kental....

kasih saya kabar lagi ya mas...

dok , musang saya yg tadinya gemuk lama kelamaan gemuknya berkurang dok, padahal saya sering kasih telur rebus, pisang,paya dan susu, bukanya gemuk malahan berkurang gemuknya ,apa solusinya dok aga tetap gemuk? dan sehat

udah berapa lama mas pelihara?
coba cek fesesnya, samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. cari di bagian cari artikel. baca juga artikel cara menggemukkan musang... :)

dr saya mau nanya dun, saya pengen musang saya gemuk bukan obes yg keterlaluan, cara aga cepat bisa gemuk langkah yg harus saya lakukan terutama seperti apa.
atau seperti yg dr jelaskan diatas tersebut

cara agar musangnya tetap sehat meski obes bisa dibaca di atas.

cara menggemukkan musang sendiri dah ada artikelnya. :)

Dok saya mau tanya,,, muspan saya kok maunya makan telur rebus aja saya kasih buah cuma dimakan dkit,,,,, mohon infonya dok

Dok saya mau tanya,,, muspan saya kok maunya makan telur rebus aja saya kasih buah cuma dimakan dkit,,,,, mohon infonya dok

sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya.
silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

Dok, kalo musang di kasih daging emang bikin galak ya dok?

Dok, kalo musang di kasih daging emang bikin galak ya dok?

gak. saya pernah bahas ini di artikel apakah daging bisa menyebabkan musang galak.

Dok, saya punya musang umur 1.5 bulan, setiap hari saya berikan asupan susu. Tetapi di bagian anusnya terkadang terdapat bercak darah & sangat bau. Saya mau tanya apakah itu tanda ambeien pada musang?

tanda awal ambeien kayaknya, mas. kenapa mas kasih susu?

coba ubah makanannya, dan lebih baik jangan dikasih susu... :)

This comment has been removed by the author.

Dok gimana car musang agar suka makan nasi ya dok.
Musanga saya umur 3bln tidak mau sama skali makan nasi 😭

Assalamualaikum Ibu Dokter.
Musang pandan saya Umur 1th , badannya gk terlalu besar. Saya mau kawanin , badannya harus di besarin lagi gk yak ? Thx

gak usah, biarin aja badannya kayak gitu.
yang penting, kandang tempat kawinnya kudu ditempatin di ruangan yang tenang (sepi)... makanannya dijaga....

Salam kenal mbak,. Saya baru baru ini beli musang jenis muskar,. Umurnya katanya 2,5 bulan dan saya lepas didalam rumah karena gak ada kandang,.waktu di kandang penjual nafsu makannya bagus makannya pepaya setelah sehari sampe rumah nafsu makannya hilang,. Saya lagi perhatiin makanan yang paling dia suka apa ya sampe sekarang belum ketemu,.!! Pepaya bubur bayi sampai sosis makannya biasa saja cuma di jilat jilat doang.. Kalo scotemulsion belum saya kasih ,. Mohon infonya mbak

Salam kenal mbak,. Saya baru baru ini beli musang jenis muskar,. Umurnya katanya 2,5 bulan dan saya lepas didalam rumah karena gak ada kandang,.waktu di kandang penjual nafsu makannya bagus makannya pepaya setelah sehari sampe rumah nafsu makannya hilang,. Saya lagi perhatiin makanan yang paling dia suka apa ya sampe sekarang belum ketemu,.!! Pepaya bubur bayi sampai sosis makannya biasa saja cuma di jilat jilat doang.. Kalo scotemulsion belum saya kasih ,. Mohon infonya mbak

lebih baik dikandangkan dulu mas, biar gampang kasih makannya. nanti setelah dikandangkan, kasih makanan yang biasa dikasih sama penjualnya.... taro aja di kandangnya terus tinggal (jangan diliatin)....

karena kadang ada musang yang kalo diliatin nggak mau makan... :)

kabari lagi...

Dok mau tanya, musang saya jantan umur 1thn keatas kalo standard obesitas itu bb ny brp kg? Biar selalu sehat.
Soalnya dr mulai saya mau program obes bb ny naik terus ini sampai 8kg..
Fasesny normal banget, aktivitasny kalo pagi malas, kalo menjelang malam udah hiperactive..
Makasih dok sebeumnya..

Cuman sharing pengalaman ya mas,sembari menunggu jawaban dari bu dokterny..
Dulu saya jg pernah ngalamin itu gak nafsu makan bngt, saya coba kasih susu campur sama minyak ikan dia mau, hari berikutny tak tambahin lg bubur sun dlm susu+minyak ikan tersebut, semakin lama tak banyakin bubur sun sampe kental,, setelah itu saya campur potongan pisang didalamny.. Alhasil kini dia mau pisang, tp butuh kesabaran.. Semoga bemanfaat

wah makasih banyak mas beni atas tambahan sarannya, hihihi.
udah saya jawab sih di atas. tapi mas Anda bisa ikuti juga saran dari mas beni... :D

sejujurnya, ukuran obes pada musang itu belum ada patokannya. maksudnya, berat badan ideal musang kan mas? :)

yang pasti hati2 kalo musang obes, terutama jantung sama ginjalnya. mending dikurusin aja mas, banyakin makan buah, dan kurangi proteinnya... :)

mungkin nanti saya riset dulu soal berat badan ideal musang... :)

This comment has been removed by the author.

Jenis kelamin muspan yg bsa cepat gemuk apa ya mba??? Mau beli muspan nch yg umuran 1,5 bulan.. mungkin ada tips sdikit darix mba fira... Trima kasih

udah pernah saya bahas di artikel saya, judulnya Pelihara Musang Jantan Atau Musang Betina... :)

coba cek dulu.. :)

Dok saya punya musang umur 7 bulan, saya rutin kasih makan pepaya, pisang, sama nasi kecap. Tapi knp ga besar2 ya dok seperti musang umur 3 bulan

maksudnya gak gede2 tuh apa musangnya cebol atau gak gemuk2?
kalau soal gak gemuk, musang ada yang gampang gemuk ada juga yang susah. tapi masih bisa digemukkin kok. coba aja baca artikel saya, cara menggemukkan musang...

This comment has been removed by the author.

dok, fases musang saya biasa nya ada ulat, padahal makan dan minum nya bersih (bisa di bilang higenis) makannan nya, whiskas kering utk kucing (maaf nyebutin produk), minuman air mineral yg udh di rebus. normal atau nggak klo fases nya bgitu ? tolong di jawab dok

Septyanto (dandung)

sebelumnya maaf karena baru balas.
udah sering ya mas dikasih makanan kucing? betul? coba stop dulu. kasih makan pepaya matang aja. kasih selama seminggu atau 2 minggu sambil diawasi, apakah fesesnya masih ada cacingnya atau nggak.....

kabari lagi

Dok musang ane males gerak itu kenapa ya tapi makan lahap SMA pupnya gak mencret
Lemes bawaannya tapi klo subuh di kandang mah gerak2 agak sehat tapi klo siang sore SMA MLM dia bawaannya lemes bgt
Kasian liatnya
Ane baru adopsi orangnya blng umuran 2bln lebih TPI gigi baru caling doang
Itu kira2 knpa sehat gak ya itu dok

untung saya ada keturunan setengah sunda, hehehe, jadi saya ngerti maksudnya 'caling' apa. :D
taring kan maksudnya?

selama dia mau makan dan fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat, mas. kalo umur segitu emang masih seneng males-malesan, namanya juga anak-anak. biarin aja. :)

sering2 aja ajak main, berinteraksi... :)

Dok, musang boleh dikasih makan katak/kodok, jangkrik?

kalau jangkrik masih boleh.
kalo katak atau kodok, mending jangan. mungkin kalau katak atau kodoknya disiangi dulu (cuma dikasih dagingnya aja) dan mbak bisa pastiin kodoknya bebas racun, bisa diberikan... :)

Dok, musang aku dari kecil sampai sekarang umurnya 1 tahun 4 bulan masih full bubur sun rasa pisang. Gak mau makan buah. Trus dia obes dok. Apa baik musang obes di kasi bubur sun aja setiap hari dok? Tapi sekarang porsinya udah dikurangin kok. Makasi ya dok sebelumnya

malah kalau musang obes, sebaiknya kasih buah-buahan aja.
kalau dia gak mau makan buah, cek artikel saya: CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA.

hati-hati, mas. musang obes rentan mati. :(

maaf karena baru balas. kabari lagi....

Dok nie musang saya obes gak seberapa sih 8kg an..... Trus nafas ya kayak anjing habis lari itu dok ngos ngosan.... Kenapa yah dok apa yg harus saya lakukan doj

Dok nie musang saya obes gak seberapa sih 8kg an..... Trus nafas ya kayak anjing habis lari itu dok ngos ngosan.... Kenapa yah dok apa yg harus saya lakukan doj

sebelumnya maaf karena baru balas...
sering ngiler?
lebih baik kurusin dikit, mas....

Dok mau tanya, muspan saya umur 3bulan lebih, makanya cumak malem, kalo siang tidur terus gak mau makan, apakah itu bisa jadi obes dok

masih bisa dikatakan wajar, kok...
emang kadang ada musang yang kayak gitu...

masih ada kemungkinan obes...

dok mohon pencerahannya, saya punya musang rase sudah 1tahun 4 bulan (piara dari 2 bulan), makannya cuma mau nasi+whiskas+mentega (2 kali sehari) minum nya air madu, saya nga pernah kasih buah karena nga pernah di makan buahnya, gimana ya ? apa nga apa-apa kalo nga makan buah ? musang saya bisa dibilang galak, kalo di lepas di ruangan lari-larian terus sukanya gigit kuping :D jadi semakin besar mereka nga pernah di lepas lagi dari kandang, apa itu juga mempengaruhi bounding ? masalah gigi, kalau misalnya saya kikir di dokter hewan apa dia bisa makan ? apa perlu di suntik rabies juga ? dan umur berapa biasanya musang rase siap kawin ? saya juga nga tau mereka sepasang atau nga.

waaah, keren! mbak pelihara dari bayi? :D
selama ini gak apa2 dikasih nasi campur wishkash campur mentega? karena jujur kalau nasi campur wishkash masih oke, tapi kalau dicampur mentega, kayaknya agak kurang bagus. tapi kalo selama ini gak masalah, hmm, mending observasi aja... udah berapa lama dikasih menu nasi wishkash mentega?

rase jangan dipangkur, apapun yang terjadi. karena rentan stress.

setau saya sih emang rase ya gitu, pecicilan. dan agak susah sebenernya buat dibikin anteng, karena emang 'udah dari pabriknya' kayak gitu, huehehehe. saya juga dulu pelihara rase soalnya, sebelum errol (burung hantu saya)...


Silakan upload gambar.