Cara Memelihara Kroto | Drh. Fira Sovica

Sebagai makanan burung, kroto banyak diternakkan sebagai makanan tambahan burung. Banyak orang bertanya kepada saya cara memelihara kroto. Melalui artikel cara memelihara kroto ini, saya mencoba untuk menjabarkan

cara memelihara kroto

sebagai makanan burung.
Cara Memelihara Kroto
Image taken from nyubipool.com

Kroto, atau telur semut merah, adalah jenis pakan burung yang banyak digunakan para pecinta burung kicau agar burung kicaunya sehat. Meskipun banyak dijual di toko burung, namun ketersediaan kroto di toko burung masih didominasi dari kroto hasil tangkapan liar. Para pengepul kroto biasanya "bergerilya" dari pohon yang satu ke pohon yang lain, mengunggah sarang semut merah untuk mendapatkan kroto. Kroto dari pengepul kemudian dijual ke toko-toko makanan burung untuk kemudian dijual lagi kepada pecinta burung kicau.
Kembali ke topik utama yaitu cara memelihara kroto. Kroto bisa diternakkan dengan menternakkan semut merah di toples pemeliharaan. Cara menternakkan kroto mudah sekali. Cukup sediakan toples dari kaca berukuran besar. Satu toples usahakan hanya untuk satu koloni saja. Makanan semut merah adalah berupa ulat pisang, jangkrik, anak tikus, ikan, ayam, tulang, dan gula. Anda bisa memberikan pakan semut merah tersebut setiap pagi dan sore.
Kroto bisa dipanen setelah 20 hari. Panen kroto bisa dilakukan dengan menyingkirkan semut-semut merah dan memisahkan krotonya.

Penggunaan kroto sebagai pakan burung.

Penggunaan kroto sebagai pakan burung dinilai kurang efektif. Ketersediaan kroto yang tidak selalu ada serta bergantung kepada musim membuat para pecinta burung kicau merasa kesulitan mendapatkan kroto di musim-musim tertentu.
Kroto sebagai pakan burung kicau bisa digantikan dengan produk jangkrik kering markel, produk ulat hongkong kering markel, produk ulat jerman kering markel, serta produk jangkrik bubuk markel. Kelebihan produk jangkrik kering markel adalah tahan lama dan tidak mudah busuk, mengandung tambahan vitamin dan mineral yang dibutuhkan burung kicau anda, serta tidak memiliki efek samping seperti panas dan membuat bulu rontok dan efek samping lainnya. Anda juga bisa menyimpan produk jangkrik kering markel untuk waktu yang lama.
Daya tahan produk produk jangkrik kering markel, produk ulat hongkong kering markel, produk ulat jerman kering markel, serta produk jangkrik bubuk markel berkisar antara satu tahun keatas hingga anda tidak perlu lagi kesulitan mendapatkan produk jangkrik kering markel di musim tertentu. Lebih lanjut tentang produk jangkrik kering Markel bisa anda baca di artikel produk jangkrik kering Markel sebagai pakan pengganti burung.
Demikian adalah

cara memelihara kroto

sebagai pakan burung kicau. Artikel diatas semoga bisa menjadi inspirasi bisnis bagi anda para pecinta burung kicau. Terima kasih. (FS)

3 Responses to "Cara Memelihara Kroto"

  1. Sore dok, mau nanya burung hantu boleh makan kroto ga? Jenis celepuk

    ReplyDelete
  2. Sore dok, mau nanya burung hantu boleh makan kroto ga? Jenis celepuk

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.