Ciri Musang Birahi | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

ciri musang yang sedang birahi

atau ciri musang yang siap kawin. Ciri musang jantan yang birahi dan ciri musang betina yang birahi berikut diharapkan bisa membantu anda dalam ternak musang. Bagi yang mau memelihara musang, anda bisa mencoba memelihara musang bulan di artikel cara merawat musang bulan.
Ada beberapa tanda musang birahi, baik itu musang jantan maupun musang betina. Dan berikut adalah ciri musang jantan dan betina yang sedang birahi:
Ciri Musang Birahi
Image taken from facebook.com

  • Ciri musang jantan birahi:
    1. Gelisah dan tidak tenang.
    2. Musang menjadi agresif dan menyerang.
    3. Mengeluarkan aroma khas, terutama pada jenis musang pandan.
    4. Bertingkah laku aneh seperti menunggangi kaki anda atau pergelangan tangan anda jika anda didekatnya dan mengeluarkan suara-suara menguik-nguik.
  • Tanda musang betina yang sedang birahi (siap kawin):
    1. Gelisah dan tidak tenang.
    2. Musang menjadi agresif dan menyerang.
    3. Mengeluarkan aroma khas, terutama pada jenis musang pandan.
    4. Bertingkah laku aneh seperti menungging sambil berjalan mundur.
Demikian adalah ciri dan tanda musang siap kawin atau

tanda musang birahi

. Semoga artikel singkat diatas bisa membantu anda dalam memulai mengembangbiakkan musang. Saran, komentar, dan kritik bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

87 Responses to "Ciri Musang Birahi"

  1. dok mau nanya nih....
    kalau musang mengalami penurunan nafsu makan itu termasuk ciri2 musang birahi ga sih ? tp musang saya masih petakilan ,jinak, aktif banget , becandanya gigit gigit serius , cuma ga strike
    musang saya di bandingin dengan musang umur 9bln up , badannya masih gedean musang saya yg masih umur sekitar 7bln up

    ReplyDelete
  2. Dok, klo birahi bisa hilang dengan sendirinya gk?.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih gak bisa ya mas.
      kenapa gak coba ternak aja mas? cari pasangannya?? :)

      Delete
    2. Hai dok..says punya musang bulan..Sudan melek tapi belum visa berjalan lancar. kira kira umur musang says berapa bulan ya..terimakasih

      Delete
    3. silakan baca artikel saya, siklus hidup musang.

      Delete
  3. Dok..sy pny muspan jantan usianya 1 thn'n..spt nya mulai birahi..klo tdk dikawinkan..apakah nti jd galak n stres gt..soalnya di tmpt sy sulit cari betinanya..bgmn solusinya ya dok..? Sy tinggal di daerah puncak,bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. paling hanya agresif saat hormonnya naik aja. kalau sudah turun lagi, nanti akan seperti biasa lagi (jinak lagi).... siklusnya tiap 3 - 6 bulan sekali...
      sebaiknya sih mending kawinkan saja mbak... :)

      Delete
    2. dok mau tanya klo musang birahi tp tidak di kawinkan apakah akan galak trz dok....trz agar nurut lg gmna

      Delete
    3. nggak. nanti akan 'adem' sendiri kok kalau siklus birahinya udah lewat... :)

      Delete
  4. Owh..begitu ya,dok....
    Ya..sy jg lg tny2 di komunitas dsni mmang agak sulit yg pny betina,rata2 jantan ..perbandingannya 1:5..
    Terimakasih infonya ,dok ..salam manis jg dr sam .. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga dari errol, burung hantu saya. :)
      jika ada masalah lagi, bisa mampir kembali ke mari.. saya tunggu... :)

      Delete
  5. Dok musang saya kalau dikandang ko palanya muter2 terus ya itu kenapa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya baru sampai di rumah ya mas?
      kalau dia masih mau makan, itu wajar kok...

      Delete
  6. Dok musang saya kalau dikandang ko palanya muter2 terus ya itu kenapa dok

    ReplyDelete
  7. Dok musang saya kalau dikandang ko palanya muter2 terus ya itu kenapa dok

    ReplyDelete
  8. Dok musang saya kalau dikandang ko palanya muter2 terus ya itu kenapa dok

    ReplyDelete
  9. Dok mau tanya dong ,kalo musang nya ga mau makan sebaiknya diapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya ama musangnya, dia kenapa nggak mau makan. hehehe.
      dicari dulu penyebabnya apa, mas. bisa dilihat dari feses/tahi-nya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      Delete
  10. dok mau tanya klo musang birahi terus gk di kawinkan..apakah akan galak terus..?? dan cara agar jinak lagi gimana walupun tidak di kawinkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. kalau masa birahi-nya udah lewat, nanti dia akan 'adem' dengan sendirinya... :)

      Delete
  11. berarti entar bisa jinak lagi yah dok kalo birahinya sudah turun...

    ReplyDelete
  12. dok kata orang2 klo lagi birahi jadi galak trz klo gk di kawinkan...bawaan nya strike mulu..yg bner mana nih dok bisa jinak lagi atau gak...bingung nih saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau siklus birahinya udah terlewati, dia akan anteng lagi. :)

      bagusnya sih iya, kalau musangnya lagi birahi, emang lebih baik dikawinkan. tapi kalau gak dikawinkanpun gak apa2, tinggal nunggu masa birahinya terlewati aja.... sepengetahuan saya, masa birahi musang biasanya terjadi 4 hingga 6 bulan sekali... CMIIW...

      Delete
  13. bahaya atau tidak sih dok kalo lg birahi...salam dok

    ReplyDelete
  14. dok musang saya dari kemaren gak makan dan sekarang lemas dok jlan aja gentoyoran....ksih pisang pepaya gk di makan...mohon dok solusinya skrng jg...gk tega q liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur... :)

      Delete
  15. dok musang saya dari kemaren gak makan dansekarang lemas dok jlanaja gentoyoran....ksih pisang pepaya gk di makan...mohon dok solusinya skrng jg...gk tega q liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur... :)

      Delete
  16. dok musang saya dari kemaren gak makan dansekarang lemas dok jlanaja gentoyoran....ksih pisang pepaya gk di makan...mohon dok solusinya skrng jg...gk tega q liatnya

    ReplyDelete
  17. bukan jalan nya mundur dok cuma lemas doang dok dari pagi smpe skrng gak aktif...trz gk mau makan...saya kasih susu jg di minum dikit doang...solusinya gmn dok

    ReplyDelete
  18. bukan jalan nya mundur dok cuma lemas doang dok dari pagi smpe skrng gak aktif...trz gk mau makan...saya kasih susu jg di minum dikit doang...solusinya gmn dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, secara prinsip sama aja mas.... Bisa dikasih makan ap? Feses/tahinya gmn? Jgn dikasih Susu, ksh sarikurma aja mas
      ...

      Delete
    2. Iya, secara prinsip sama aja mas.... Bisa dikasih makan ap? Feses/tahinya gmn? Jgn dikasih Susu, ksh sarikurma aja mas
      ...

      Delete
    3. Hallo dok..
      Saya ada pertanyaan,
      Apakah benar pada saat musang betina sedang birahi, bisa menyebabkan kmatian, apabila birahinya belum terpenuhi (di kawinkan).
      Mohon pendapatnya, makasi...

      Delete
  19. Hallo dok..
    Saya ada pertanyaan,
    Apakah benar pada saat musang betina sedang birahi, bisa menyebabkan kmatian, apabila birahinya belum terpenuhi (di kawinkan).
    Mohon pendapatnya, makasi...

    ReplyDelete
  20. Hallo dok..
    Saya ada pertanyaan,
    Apakah benar pada saat musang betina sedang birahi, bisa menyebabkan kmatian, apabila birahinya belum terpenuhi (di kawinkan).
    Mohon pendapatnya, makasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mas. musang betina yang lagi birahi apabila gak dikawinkan ya gak kenapa2, gak menyebabkan kematian.... :)

      Delete
  21. Musang saya umur 5 bulan tapi meliputi semua ciri2 diatas dok,Apakah itu emang birahi atau hanya beranjak dewasa aja ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi emang beranjak dewasa atau birahi... :)

      Delete
  22. Biasa ny musang pandan mulai birahi pada usia berapa dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia 6 bulan keatas biasanya... :)

      Delete
    2. Dok, berarti usia 6 bulan keatas sudah bisa dikawinkan ya?, trus maksudnya suara menguik-nguik itu apa?

      Delete
    3. iya, musang usia 6 bulan ke atas udah bisa dikawinkan, meski optimalnya sebenernya di atas satu tahun....

      iya, bersuara nguik-nguik gitu... :D

      Delete
    4. Dok, berarti usia 6 bulan keatas sudah bisa dikawinkan ya?, trus maksudnya suara menguik-nguik itu apa?

      Delete
    5. iya, usia 6 bulan ke atas sudah bisa kok. cuma ya namanya juga belum terlalu matang, resiko keguguran bisa saja terjadi...

      sama aja kayak kucing, kalau lagi birahi kan kucing juga ngeong-ngeong. seperti itulah kira-kira.. :D

      mau coba breeding, mbak? :)

      Delete
  23. dok kalau masa birahi nya rata rata berapa lama 1 minggu kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya lebih dari seminggu deh. bahkan ada yang lebih.

      kenapa nggak mas kawinin aja? :)

      Delete
  24. Mbak kalo musangnya lagi birahi kan jadi agresif,nah sebaiknya kita jangan handle dulu atau gimana penanganannya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih tetep handle, meski mas kudu hati2.

      Delete
  25. salam dok mau nanya, apa musang birahi ada yg lemes juga? soalnya musang saya umur 8bulan 2 hari ini jadi kurang aktif, terus ga nafsu makan, makan tadi subuh doang itu juga masih nyisa, seharian dia ga ngapain dok di kandang cuman diem aja
    kalo soal feses saya gatau itu feses dia atau muntah dia soalnya agak berbusa terus cair lengket
    makasih :)

    ReplyDelete
  26. Musang saya msih umur dua bulan ada ciri" kyk di atas dok itu berati dia sedang birahi cara mengatasi.a gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih umur dua bulan, ya belum masa birahi mas... :D

      Delete
  27. Dok musang saya tadi gak begitu ganas, baik dok itu pas 4 bulan pas 5 bulan tiba tiba jadi agresif dok dikandang nya gak mau diem apa itu ciri ciri musang birahi ya dok

    ReplyDelete
  28. Dok musang saya tadi gak begitu ganas, baik dok itu pas 4 bulan pas 5 bulan tiba tiba jadi agresif dok dikandang nya gak mau diem apa itu ciri ciri musang birahi ya dok

    ReplyDelete
  29. Dok musang saya tadi gak begitu ganas, baik dok itu pas 4 bulan pas 5 bulan tiba tiba jadi agresif dok dikandang nya gak mau diem apa itu ciri ciri musang birahi ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. diantara ciri-ciri musang birahi di atas, selain galak, ada ciri lain yang terjadi? kalau ada, mungkin iya.... :)

      Delete
  30. Assalamualaikum dok maaf saya ingin bertanya, saya punya musang betina umurnya sekitar 1,5 tahun dan lagi birahi cara menanganinya gimana ya ? Masalahnya musangnya saya sering aja gath dan agresif ketika melihat tangan, cara mereda keagresifan itu gimana ya dok, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kawinin aja mas. biar ada 'penyalurannya'.
      mas bisa 'besanan' sama yang punya musang jantan. coba gabung ke grup pecinta musang... :)

      Delete
  31. Dok Musang betina saya nafsu makannya menurun & agresif di kandang, kalo udah keluar kandang dan di pangku dia jinak lagi. Tapi kalo udah di pojokan, di atas kandang & di dalam kandang ko suka agresif/galak. Umur kurang lebih 9bulan dok. Minta solusinya, makasih dok ... Salam hangat dari Bintang

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma baru-baru ini aja atau emang udah lama?
      mungkin mas bisa baca dulu artikel saya CARA AGAR MUSANG ANTENG.

      kemungkinan lain, mungkin dia lagi birahi. coba baca artikel saya di atas...

      Delete
  32. Dok kalo musang pandan betina nya kalo birahi ngeluarin bau aneh gitu ya, kalo musang lombok gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, mas. musang lombok juga mengeluarkan bau khas kalau lagi birahi... :)

      Delete
  33. Dok kalo musang pandan betina nya kalo birahi ngeluarin bau aneh gitu ya, kalo musang lombok gimana?

    ReplyDelete
  34. Dok kalo musang pandan betina nya kalo birahi ngeluarin bau aneh gitu ya, kalo musang lombok gimana?

    ReplyDelete
  35. Dok saya mw tanya .....musang saya sepasang gimana carany agar cepat birahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada selain tunggu siklusnya mas...
      mending focus ke pemberian gizi aja yang cukup...

      Delete
  36. Halo dok , muskar saya sepertinya lagi birahi , setiap saya mau pegang dia langsung nyerang terus , dan sekarang bekas gigitan nya bengkak di jari saya apakah itu berbahaya gak dok ?? Dan apakah muskar saya bisa jinak kembali ya dok trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya: merawat luka akibat gigitan musang.

      kenapa nggak mas kawinkan aja? bisa jinak lagi kok...

      Delete
  37. dokter.. musang rase betina saya uda masuk umur 1th dan dia bener2 sensitif sekarang.. kalo malem gabisa diajak main sama sekali, deketin kandangnya dia hissing/barking malah sama menggeram gitu 😭 terus bau cairannya semakin pekat dan intensitas waktu dia nempelin pantatnya ke kandang itu jadi lebih sering, dikit2 nempelin gitu. kalau dia ngga di breeding ngga apa2 kah dok? soalnya si mama ngga setuju, tapi saya takutnya dia malah kebablas jadi liar lagi 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia birahi kayaknya. pengen kawin. gak coba cari pejantan rase aja mbak? :)

      Delete
    2. pengennya begitu dokter, tapi kalo dia hamil malah takut ngga bisa ngerawatnya 😫 kalo ngga dikawinin gitu gimana ya?
      kalo malem di freeroom dia tetep ngajak main tapi kalo uda dikandangin marah2 😓

      Delete
    3. coba aja dulu. perkara gagal atau nggak, kita sama-sama rawat ya mbak. yang penting kalo musang hamil, jangan dipegang2 dulu. karena kandungan rase itu sangat lemah. dan kandangnya pindahin ke ruangan yang sepi suara agar tenang. makanan kasih 3 kali sehari. 2 porsi protein, satu porsi buah. :)
      kalo gak dikawinin juga sebenernya gak apa2, cuma tunggu beberapa bulan sampe masa birahinya terlewati...
      kayaknya dia udah seneng main sama tuannya. :D

      Delete
  38. dok kalo nungguin musang lagi birahi kira kira berapa lama ya

    ReplyDelete
  39. Dok, musang saya umur sekitar 7bulan tpi ada ciri2 birahi apakah boleh dikawinkan? Saya takut mlah mati pas hamil ato melahirkan krna dibwah usia ideal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih boleh aja. tapi pastikan dulu emang ada ciri birahi ya mas.
      dan masnya bener, ada resiko kandungannya gagal nanti.

      kalau mau aman, lebih baik tunggu sampe setahun aja. meski gak apa2 juga mulai dikawinkan sekarang, dengan resiko yang sudah saya tulis di atas... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Selain berdampak ke kandungannya, Apakah ada dampak buruk ke indukannya jg dok?

      Delete
    4. ya keguguran juga bisa menyebabkan pendarahan, mas. kecil sih kemungkinannya, tapi tetep ada kemungkinan itu. :)

      Delete
  40. dok kalo masa birahi musang pandan jantan berapa lama yah. kalo ngga dikawinin...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari ini akan saya publish artikelnya, mas. :)

      tunggu aja... :)

      Delete
  41. Dok knpa kelamin muspan betinaku ngeluarin darah dan bulunya rontok.

    ReplyDelete
  42. uspan aku lagi mens apa bisa dia tiba"birahi dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.