Ciri Musang Pandan Siap Kawin | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa ciri

musang pandan siap kawin

atau sedang masa birahi. Ciri musang pandan yang siap kawin berikut dibedakan jadi dua, yaitu ciri musang betina yang siap kawin dan ciri musang jantan yang siap kawin. Setelah mengetahui ciri musang pandan siap kawin, anda juga bisa membaca cara mengawinkan musang di artikel cara mengawinkan musang.
Ciri Musang Pandan Siap Kawin
Image taken from musangbekasi.blogspot.com
Ada beberapa ciri yang menandakan musang siap kawin. Tanda musang siap kawin adalah sebagai berikut:
  • Ciri musang betina yang siap kawin:
    1. Berumur lebih dari 10 bulan.
    2. Musang yang siap kawin hendaknya sudah berumur lebih dari 10 bulan. Musang yang dikawinkan dibawah usia 10 bulan sangat beresiko mengalami keguguran atau stress yang berakhir pada matinya bayi musang yang dilahirkan.
    3. Sudah mengalami menstruasi.
    4. Sama halnya seperti manusia, musang betina juga mengalami menstruasi. Menstruasi pada musang betina akan dimulai saat umur musang sudah menginjak 8 atau 9 bulan, meski usia musang betina yang disarankan untuk kawin adalah di usia satu tahun
  • Ciri musang jantan yang siap kawin:
    1. Musang pandan jantan siap kawin berumur lebih dari 9 bulan.
    2. Tanda musang jantan sudah siap kawin adalah berumur lebih dari 9 bulan. Usia musang betina yang disarankan untuk kawin adalah di usia satu tahun.
    3. Musang pandan jantan yang siap kawin memiliki bau khas musang lebih kuat.
    4. Di habitat aslinya, musang pandan jantan akan mengeluarkan aroma khas-nya untuk memikat musang pandan betina.
    5. Musang pandan jantan siap kawin biasanya lebih agresif.
    6. Musang pandan yang siap kawin biasanya lebih agresif dan lebih galak meskipun sebelumnya musang tersebut sudah sangat jinak sekalipun.
Demikian adalah beberapa

tanda musang betina yang siap kawin

atau ciri musang jantan yang siap kawin. Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin memelihara musang. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

93 Responses to "Ciri Musang Pandan Siap Kawin"

  1. Dok saya punya muspan usia 10 bulan kemaren saya kaget karna gigi taring nya lepas semua hanya sisa 1 gigi taring saja... apkah itu wajar dok? Saya takut kenapa2 sama muspan saya.. mohon bantuan nya .. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa2. musang kadang seperti kita, kadang giginya tanggal dan digantikan gigi yang baru... :)

      Delete
  2. Cara mengetahui usia musang darimana dok? Papa saya bawa pulang musang sbg peliharaan baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah untuk mengetahui secara pasti umur musang. kalau memang musangnya didapat dari membeli, mbak bisa bertanya ke yang jual. kalau hasil tangkapan liar, biasanya dilihat dari bulunya. kalau sudah terasa kaku, biasanya berumur 5 bulan keatas. musang hasil tangkapan liar yang sudah dewasa juga biasanya galaknya ampun-ampunan. musang dewasa hasil tangkapan liar lebih susah dijinakkan.... mbak bisa membaca cara menjinakkan musang, bisa disearch di menu cari artikel diatas. janga ragu kalau mau bertanya lagi... :)

      Delete
    2. susah untuk mengetahui secara pasti umur musang. kalau memang musangnya didapat dari membeli, mbak bisa bertanya ke yang jual. kalau hasil tangkapan liar, biasanya dilihat dari bulunya. kalau sudah terasa kaku, biasanya berumur 5 bulan keatas. musang hasil tangkapan liar yang sudah dewasa juga biasanya galaknya ampun-ampunan. musang dewasa hasil tangkapan liar lebih susah dijinakkan.... mbak bisa membaca cara menjinakkan musang, bisa disearch di menu cari artikel diatas. janga ragu kalau mau bertanya lagi... :)

      Delete
  3. dok saya punya bayi musang rase baru numbuh gigi dikit tapi . sebelumnya kalo di kasih susu suka lahap . tapi sekarang jadi susah buat dikasih susu . saya mau tanya , cara ngatasi bayi musang yg susah dikasih makan th gimana ?? trus tumbuh gigj pada musang rase th usia berapa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memelihara musang rase bisa mas search di bagian cari artikel di atas...
      coba kasih bubur bayi encer mas. kasih sedikit scott emulsion.
      musang mulai numbuh gigi pada umur 1,5 bulan hingga 2,5 bulan....

      Delete
    2. Kl mau ngasih scott,dosis nya brapa ya, untuk musang pandan umur kurleb 4,5 thn

      Delete
    3. Kl mau ngasih scott,dosis nya brapa ya, untuk musang pandan umur kurleb 4,5 thn

      Delete
    4. ada kok artikelnya: dosis scott emulsion untuk musang

      Delete
  4. Berarti saya hrus bli musang 2 dong ya, biar gk ribet nantinya,.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus beli dua juga mas. hehehe. bisa "besanan" ama temen mas juga yang hobi pelihara musang. makanya saya sarankan gabung ke komunitas musang... :)

      Delete
  5. dok kalo musang udah 10bulan yang harusnya udah dikawinkan tp belum dikawinkan,apakah nanti bisa ngaruh kemusangnya,entah dia stress atau gimana gitu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. palingan agak sedikit galak aja. :)
      dan itupun tidak semuanya musang menjadi galak (agresif) saat memasuki masa kawin. tergantung musangnya. ada juga musang yang tetap kalem saat musim kawin.... :)

      Delete
    2. gak apa2. palingan agak sedikit galak aja. :)
      dan itupun tidak semuanya musang menjadi galak (agresif) saat memasuki masa kawin. tergantung musangnya. ada juga musang yang tetap kalem saat musim kawin.... :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Monta link untuk yang jual musang dong dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cek artikel penjual musang terpercaya dan artikel daftar penjual hewan terpercaya

      Delete
  8. Aslmkm. Mohon penjelasannya, saya punya musang betina lagi birahi, yg jadi masalah nggak ada lawan kawinnya, resiko yang paling fatal kalo nggak di kawinkan gimana dok, apa bisa sampai kpd kematian

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak, gak sampe self-mutation (melukai diri sendiri). :)
      paling sifatnya aja yang agak berubah, jadi agresif dan suka nyerang. nafsu makan juga berkurang.... setelah hormonnya normal kembali biasanya nanti dia akan kalem lagi... :)

      Delete
  9. Dok saya mau tanya waktu ngasih makan musang jam berapa aja ya ? Sama sehari berapa kali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara memelihara musang

      Delete
  10. Dok saya minta email nya dokter ? Biar enak tanya tanyanya. Atau sosmed yg lain yg sering aktif

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum bu dokter fira..dok saya mau tanya, saya punya muspan usia sekitar 6bulan keatas, tapi saya bingung dok membedakan musang jantan dan betina, tapi saya rasa Maru (nama muspan saya hehe) betina dok sebab akhir-akhir ini di kemaluannya ada darah dok, apakah itu berarti dia sedang menstruasi dok? Lalu penanganannya harus bagaimana dok? Dibiarkan berdarah tidakpapa dok karena menstruasi? Terima kasih bu dokter..mohon bantu dijawab ya bu dok

    ReplyDelete
  12. Oh iya dok dia lincah dan tidak lesu, itu yang menguatkan saya kalau darah dikemaluannya itu adalah darah menstruasi dok tapi tetap saja saya sedikit cemas dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama halnya kayak manusia (cewek) yang lagi mens, kadang musang yang lain mens juga mendadak galak. agresif. :D
      kalau saya boleh tau, musang mas umurnya berapa?
      soal memberdakan jenis kelamin musang, mas bisa cek artikel cara membedakan jenis kelamin musang....

      Delete
    2. Waktu itu dapat dari teman ayah saya dok bulan april, tapi saat itu masih baby bgt, kira2 skrg umurnya usianya berapa ya dok? Hehe saya nggak tahu pasti -,- oh iya dok saya ini mbak bukan mas hehehe, dia sih emang suka gigit dok tapi ga berdarah kok iya akhir akhir ini suka agresif dok

      Delete
    3. kalau memang bulan april masih baby, berarti belum waktunya menstruasi mas...

      gini aja. coba masih kasih pepaya dalam 2 minggu ini. sambil diobservasi. setelah 2 minggu, lapor lagi ke saya. oke?

      Delete
    4. Oh oke oke dok..terima kasih ya dok

      Delete
    5. Oh iya dok, saya baru liat dia berdarah itu tadi sore dok tapi feses bagus, makan juga lahap, saya kasih pepaya dia mau, saya kasih nasi kecap dia juga lahap bgt dok, skrg lagi aktif banget ini dok mainin tempat makan, setiap kali dikasih makan langsung habis dok, saya juga rutin ngasih makannya. Itu gapapa dok? Tapi fesesnyaa bagus dok, nggak encer dan juga nggak terlalu padat. Terima kasih sekaali lagi dok

      Delete
    6. Apa mungkin darah itu dari garukkan kakinya dok? Kalau seperti itu gimana dok? Oh iya kalo nanti menstruasi penanganannya gimana dok? Dibiarkan atau bagaimana dok? Setelah saya baca artikel itu ternyata muspan saya betina dok hehe

      Delete
    7. Apa mungkin darah itu dari garukkan kakinya dok? Kalau seperti itu gimana dok? Oh iya kalo nanti menstruasi penanganannya gimana dok? Dibiarkan atau bagaimana dok? Setelah saya baca artikel itu ternyata muspan saya betina dok hehe

      Delete
    8. bisa banyak sebab mas. yang pasti, jaga kebersihan kandang, itu aja saran saya.
      kayaknya kecil kemungkinan menstruasi, tapi kalaupun iya, mending diamkan saja.

      dia sensi apa nggak mas? :)

      Delete
    9. Dia akhir akhir ini sering kayak mau nerkam gitu dok, biasanya saya taro jari saya di kandang dia cuma endus endus doang, tapi kemarin dan hari ini tadi saya naro jari saya diujung kandang diaa kayak mau nerkam gitu dok, emang sih dia suka gigit tapi biasanya gak kayak gitu dok. Iya dok kandang selalu saya bersihkan, coba nanti 2 minggu ini saya kasih pepaya nanti saya konfirmasi lagi ya ke ibu dokter gimana perkembangannya

      Delete
  13. Slmt mlm dokter. Muspan.kurlep 6bln. Betina.diklminnya kluar drh sedikit dsrtai cairan bening dan kadang butek kaya nanah.dan bau. Ap itu menstruasi. Musang gak lesu.aktip tp mmg sih dok agak galak. Suka gigit keras. Mksih sblmnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nafsu makannya bagus, iya, kayaknya menstruasi itu mas. soalnya kalau sakit, dia gak akan mau makan. kemungkinan udah 7 atau 8 bulan itu mas. mas pelihara dari kecil? :)

      Delete
  14. Ass...dok mau nya ni..dok saya punya musang pandan..ko blom bau pandan y dok.mlah bau y asem..umur brapa si dok musang pandan mulai bau bndan..coz musang saya baru umur 2 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, mas.
      kalau baru umur 2 bulan emang belum begitu kecium baunya... menjelang dewasa biasanya musang udah mulai kecium baunya...

      Delete
  15. Dok mw tanya ni ,musang saya baru mengalami mens,ngaruh ggak sih sama nafsu makan nya?soalnya saya kasih buah buahan dia gak makan saya kasih daging juga gadi makan? Solusi nya dok
    Trima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang ngaruh juga, mas.
      coba kasih sari kurma aja biar nafsu makannya bagus lagi. dan kalau kasih makan, cukup taruh di kandangnya saja.

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  16. Dok mau iseng tanya aja. Musang saya hilang dan sebelum dia kabur tingkahnya jadi lebih gak bisa diem. Usianya kan 8bulanan dia jadi tambah gabisa diem setelah menstruasi kaya yang nyari lawan jenis apa2 dia endus. Apa ada kemungkinan yah kabur cari jantan dan akan kembali kerumah lagi kalau misalkan tidak ada yang nangkep? Mohon infonya ya dok. Saya stres banget nyariin. Kebetulan rumah saya memang deket ke hutan n bukit. Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kemungkian balik lagi sih ada aja. tapi cuma minimal.
      berdoa aja biar balik lagi, mas/mbak. udah berapa lama dipelihara? :)

      Delete
    2. Udah dari brojol bayi bu dokter. musangnya baik nurut banget dan manja. Takutnya diambil orang yang gak bisa urus aja. Hehe

      Delete
  17. Selamat pagi Dokter....

    mohon informasi menindaklanjuti pertanyaan saya sebelumnya, mengenai musang yang betina yang yang siap untuk kawin, begini dok, saya punya musang jantan usia 9 bulan up, nah setelah mulai memasuki masa kawin saya sudah coba untuk mengawinkan dengan musang betina namun belum berhasil dan akhir - akhir ini kq terus perilakunya berubah ya kalau saya ajak bercanda sekarang kalau gigit kq jadi sakit ya gigitannya dan itu sudah berlangsung hampir 2 bulan ini bagaimana solusinya apakah tetap harus saya kawinkan dan setelah kawin apakah perilakunya bisa berubah jadi jinak seperti sediakala.

    terima kasih atas iinformasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca ciri musang pandan jantan siap kawin di artikel di atas, terutama poin 3. :D

      setelah masa birahi terlewati biasanya dia akan kalem lagi. CMIIW. :)

      Delete
  18. Selamat sore dok..

    Terimakasih atas informasinya, ini ditempat saya ada 2 jantan 3 betina, ntar saya coba kawinkan moga berhasil dan si upin nama musang saya ngga nakal lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. goodluck.
      silakan baca artikel saya cara mengawinkan musang pandan.

      Delete
  19. Siang dok mau tanya.. Sya punya musang betina umurnya kira" 4 bulanan trus kalau musang saya menst bagaimana cara mengatasinya soalnya saya tkut darah dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang betina mengalami menstruasi biasanya diatas umur 8 atau 10 bulan.

      gak usah diapa2in. biarin aja. cukup kasih makan aja...

      silakan baca artikel saya menstruasi pada musang...

      Delete
  20. dok mau tanya musang saya umur 1 tahun, sudah mulai birahi, nah itu wajib di kawinkan atau tidak? kalo misalkan saya tidak dikawinkan efek nya apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak dikawinkan nggak apa2. dan kalau nggak dikawinkan pun gak ada efek apa2... paling agak agresif aja dianya... agak galak dalam beberapa bulan... :)

      Delete
    2. ooh gitu ya dok, soalnya agak susah nyari jantan nya hehe.. tapi kasian juga sih musang saya jomblo akut jadinya.. terimaksh infonya ya dok.

      Delete
    3. sip.... kabari saya kalau ada apa2.. :)

      Delete
  21. pagi bu dokter, saya baru seminggu memelihara sepasang musang usia 3 bulan. awal datang galak banget, kesininya sudah mulai berkurang hisingnya, yg mau saya tanyain ketika mereka dimasa kawin bermasalah gk dok kalau umurnya mereka sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah umurnya sama... :)
      silakan mas baca2 dlu aja artikel mengenai musang di blog ini... :)

      Delete
  22. siang dok, saya mau tanya. musang saya sdh umur 10 bulan tapi saya gapernah liat kalau dia datang bulan dok. apa ada kmungkinan dia ga sehat dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, boleh saya tanya dulu, apakah mas yakin dia cewek? kadang ada loh yang ngakunya punya musang betina, eh gak taunya ternyata jantan, hehehe. saya pernah nanganin kayak gitu. :D

      kalau mas yakin dia cewek, coba tunggu 2 bulan lagi (sampe dia umur 1 tahun)... :)

      Delete
  23. saya yakin dok kalau dia cewek, karna saya sudah cek di google perbedaan kelamin betina dan jantan.
    Oke deh saya tunggu 2 bulan lg. Trimkasih dok (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. dok,musang saya malah gamau makan dr kmrin nih, minum jg sdikit sekali. Pdhal biasa makan banyak dan minum terus. Terus pagi ini, sperti ada bercak warna coklat kemerahan di kelamin nya. Apa itu dia lg menstruasi dok?

      Delete
    2. dok,musang saya malah gamau makan dr kmrin nih, minum jg sdikit sekali. Pdhal biasa makan banyak dan minum terus. Terus pagi ini, sperti ada bercak warna coklat kemerahan di kelamin nya. Apa itu dia lg menstruasi dok?

      Delete
    3. fesesnya gimana? mencret?
      coba baca artikel saya menstruasi pada musang betina...

      kalau fesesnya berubah, kemungkinan sakit. kalau gak berubah, kemungkinan emang mens.. :)

      Delete
  24. Feses nya bagus dok sperti biasa
    Oke deh thnks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng dengernya. kabari terus kalau ada ap2... :)

      Delete
  25. Dok selain di kawinkan ada cara lain ngak mengatasi masa birahi pada musanv betina

    ReplyDelete
  26. Dok saya mau tanya musang saya sekarang umurnya sekitar 8 bulanan
    Dulu musang saya jinak sekali tapi tadi malam tiba tiba dia ganas, nggereng, dan menggigit
    Kira kira itu apa ya faktornya?
    Solusinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipelihara sejak kecil atau baru beli? :)
      kalau baru beli, udah berapa lama sama mbak?
      banyak faktor sih yang menyebabkan musang tiba2 galak, diantaranya karena birahi (siap kawin), atau karena emang belum kenal dan belum akrab sama ownernya....

      kalau musangnya baru mbak pelihara, mending adaptasi aja dulu, sering2 diajak main. dan sebagainya. banyak artikel tentang musang di blog ini. silakan baca2 dulu... :)

      Delete
  27. Saya melihara dia dari kecil sekitar 1,5 bulanan dan sekarang dia sudah 4 buulanan itu kenapa dok?
    Dia kayak maraah sekali dok kayak sensitif tiba tiba
    Apa masih bisa jinak itu dok 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya sibuk sekali 2 hari ini, hiks... :(

      kalau emang dia udah mbak pelihara sejak kecil, dia cuma ngajak main doang itu. tebakan saya yang paling kuat sih itu...

      opsi lain, faktor x. ada sesuatu yang ngebuat dia kayak gitu, entah apa. makanya saya bilang faktor x. si bruno juga dulu gitu waktu kandangnya saya pindah ke belakang. rupanya dia stress karena suka diganggu 'penunggu' ruangan itu, hehehe....

      coba aja ajak main, dan jangan takut. kalau mbaknya takut waktu dia strike, dia malah makin seneng isengin dia...

      Delete
  28. Setiap malam selalu saya ajak main dan musang saya itu sangat jinak tidak menggigit tiba2 dia suka teriak gitu dok

    ReplyDelete
  29. Malem dok mau tanya, saya punya muspan usia 1,5thn up lagi birahi. Udh saya carikan betina yg birahi juga baru 5hari di jejer kandang tadinya saling serang, skrng udh engga trus saya satuin kandang. Pas di satuin si jantan kaya takut gitu padahal si betina udh gesek2 trus, kadang malah si jantanya di serang. Itu baiknya gimana ya ? Satuin kandang aja gapapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satuin aja 3 hari sambil terus diawasi (sesekali diliat). kalau dalam 3 hari gak ada insiden yang membahayakan, bisa mulai proses kawin (tinggalin di ruangan yang sunyi).... boleh lah sesekali juga diliat tanpa suara... :)

      Delete
  30. dok saya punya muspan sepasang,dan kedua muspan sya sudah melewati birahi pertama,jarak berapa bulan untuk birahi kedua dok? Apakah ada perbedaan wktu birahi antara betina dan jantan?

    ReplyDelete
  31. dok saya punya muspan sepasang,dan kedua muspan sya sudah melewati birahi pertama,jarak berapa bulan untuk birahi kedua dok? Apakah ada perbedaan wktu birahi antara betina dan jantan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda-beda sih mas, biasanya sih antara 3 sampe 5 bulan, mas. kan tergantung hormonnya.

      soal perbedaan waktu birahi juga sama. dipengaruhi faktor hormon. :)

      Delete
  32. Halo dok,saya mau tanya,saya punya musang pandan jantan dok,umur 6 bulan birahi bngt dok nafsu makan kurang,galak,suka ngeluarin suara" gtu,jga suka nunggangin pergelangan tangan,wajar tidak dok umur 6 bulan birahi seperti itu??terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. emang lagi birahi aja mas.kenapa mas gak kawinin aja?maaf karena baru balas. jangan lupa kabari lagi

      Delete
  33. Halo dok,saya mau tanya,saya punya musang pandan jantan dok,umur 6 bulan birahi bngt dok nafsu makan kurang,galak,suka ngeluarin suara" gtu,jga suka nunggangin pergelangan tangan,wajar tidak dok umur 6 bulan birahi seperti itu??terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. emang lagi birahi aja mas.
      kenapa mas gak kawinin aja?

      maaf karena baru balas. jangan lupa kabari lagi

      Delete
  34. Dok mw tanya saya punya musang laki2 usia 3 bln dan saya beli lagi musang betina usia 4 bln, cara mengenalkannyaa gmn ya dok? Pas saya msukin d stu kandang seprti kaya yg bertengkar dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal2 emang gitu, mas. gak apa2. nanti mereka akan kenal dan akur sendiri.... :)

      Delete
  35. Dok,apa muspan betina bisa mengeluarkan bau pandan?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. as long as i know, masih. meski nggak sekuat yang jantan.

      Delete
  36. dok mau tanya dong. musang saya umurnya sekitar 2th lebih, sekarang ini bulu nya lagi rontok bgt itu knpa yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak hal. cuaca bisa jadi.
      dia garuk2 juga? kalau sambil sering garuk2, bisa jadi karena jamur atau kutu. tapi kalau gak sering garuk2, saya kira emang cuacanya lagi gak bagus... lagi dingin...
      kalau kandangnya di luar, mending pindahin aja ke dalam....

      dan mbak bisa kasih minyak kemiri. cek artikel saya: cara memberikan minyak kemiri pada musang

      Delete
  37. Dok, ikutan nanya yaa 😊
    Kalo musang kan misal udah masuk birahi jadi galak, nah trus kalo udah dikawinkan biasanya masih galak atau jinak kayak dulu lg ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah dikawinkan mending liat dulu. apa dia hamil atau nggak. kalau hamil jangan dipegang2, nanti keguguran.

      kalo udah dikawinkan dan hamil biasanya makin galak sama manusia yang mendekat..... wajar kok, naluri induk hewan ya gitu... :)

      Delete
  38. Asalamualaikum,.dok saya mau tanya,.saya punya musang jantan jauh lebih kecil dibanding musang betina tp umur jantan n betina sudah masuk siap kawin,.apakah bisa kawin dok jika perbedaan postur tubuh jantan lebih kecil dibanding betina?trmksh dok,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas. bisa kok mereka berdua dikawinkan meski berbeda postur. asalkan usia keduanya udah siap kawin...

      Delete
  39. Assalamualaikum, dok saya mau tanya saya punya musang pandan betina usia 10 bulan nama nya "gembul" rencana mau saya kawinkan umur 1 tahun tapi badan nya gemuk. Apakah ada resiko saat dikawinkan / saat melahirkan dok? Terimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.