Cara Kawin Silang Musang | Drh. Fira Sovica

Banyak yang bertanya kepada saya tentang

cara kawin silang musang pandan dan musang bulan

. Kadang, saya sendiri bingung mau menjawab apa, jujur saja. Saya takut pengetahuan yang akan saya berikan tentang kawin silang musang akan disalahgunakan sehingga nantinya banyak musang di luar sana mati bahkan tersia-sia akibat dari proses kawin silang musang yang membabi buta. Namun setelah saya pikir secara mendalam, saya memutuskan untuk menulis artikel singkat tentang cara kawin silang pada musang.
Kawin Silang Musang
Image taken from tempo.co
  • Secara genetik, semua jenis musang bisa dikawinkan dengan jenis musang yang lain selama musang yang akan di kawin silang memiliki jumlah kromosom yang sama. Musang pandan bisa di kawin silang dengan musang bulan, musang bali bisa dikawinkan dengan musang lombok, begitu pula musang lainnya. Jenis musang yang tidak bisa dikawinkan dengan musang lain hanya jenis musang biul dan musang rase karena memang dua jenis musang ini berbeda jumlah kromosom dengan bangsa musang lain. Terlebih lagi, musang biul sebenarnya bukan musang. Biul adalah bangsa ferret, seperti halnya jenis ferret yang lain.
  • Nah untuk anda yang ingin melakukan kawin silang antar musang, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan yang kredibel, yang mengerti tentang genetika musang dan seluk beluknya. Meski sudah banyak contoh berhasil dalam mengawinsilang musang, namun faktor kemurnian dalam genetik musang juga menjadi faktor x dalam keberhasilan kawin silang musang. Bisa saja saat teman anda mengkawinkan musang pandan dengan musang bulan misalnya, atau mengawinkan musang bali dengan musang misalnya, bisa saja proses kawin silang itu berhasil, namun saat anda mencoba sendiri, bisa saja hasilnya berbeda, atau bahkan gagal. Hal ini biasanya disebabkan dengan ketidakmurnian genetik dari hewan yang dikawinkan, bisa juga karena cacat pada rangkaian genetik. Ada banyak sebab.
  • Untuk itu bagi anda yang ingin mengkawinsilangkan musang, saya sekali lagi menyarankan agar hewan yang akan dikawinsilang untuk dicek ke dokter hewan yang memang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam hal genetika hewan. Ingat, kawin silang pada musang bukan hanya soal ambisi anda. Mengawin silang musang sama besar tanggung jawabnya dengan memelihara musang itu sendiri.
Demikian adalah pembahasan singkat mengenai langkah

kawin silang pada musang

. Artikel ini diharapkan bisa membantu anda sebelum melakukan proses kawin silang pada musang. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis di bawah ini. Terima kasih. (FS)

43 Responses to "Cara Kawin Silang Musang"

  1. malem dok..mau Tanya ngurung ato dpt sertifikat buat hewan yg d lindungi
    klu kita nemu ato dpt telur burung yg d lindungi.
    trus kita tetaskan untuk di pelihara..
    cra ngurus dan ngedapetin sertifikatx gmn..? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kasus seperti itu, silakan tanya atau telp langsung ke BKSDA propinsi. no telp bksda propinsi setempat bisa mas baca di artikel alamat dan nomor telepon bksda, silakan search di menu cari artikel diatas....

      Delete
    2. Dok mau nanya apabila hewan dngan gen yg normal apa bisa melahirkan anak albino dengan bantuan dokter

      Delete
    3. coba mas baca jenis musang paling mahal, search di menu cari artikel diatas....

      Delete
  2. Bagaimana dengan musang akar Dok? Apa bisa cross breed dengan pandan/bulan/lombok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saja, saya tidak tahu kalau musang akar. tapi saya pernah menangani peranakan campuran antara musang pandan dengan musang lombok. :)

      Delete
  3. Kalo musang pandan di breed sama musang bulan jadinya musang apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau disebutnya musang apa. yang pasti, nanti posturnya seperti musang bulan tapi perilaku dan tampilannya mirip musang pandan dengan warna yang lebih "kereng" :)

      Delete
  4. Dok apa kawinya antara muslom sama muspan itu secara alami ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau secara alami (maksudnya di alam), jarang terjadi. :)

      Delete
    2. Dok mau tanya hasil dari kawin silang musang pandan dan musang lombok nanti gimana ya dok?

      Delete
    3. pernah ada yang berhasil mengawinkan musang pandan dan musang lombok di salahsatu grup musang lover di facebook...

      Delete
    4. Kalau musang pandan di kawinkan dengan musang bali nanti jadinya musang apa dok?

      Delete
    5. biasanya sih dominan lebih mirip musang pandan mas... :)

      Delete
  5. Klo musang akar di kawin sama musang pandan bisa dok

    ReplyDelete
  6. Klo musang akar di kawin sama musang pandan bisa dok

    ReplyDelete
  7. Dok kasus pda musang saya ini apa mungkin biasa terbuahi...saya punya musang pandan betina umurnya 1,5thn..dan musang bulan jantan 2thn..saya satu kandangkan udah hampir 2bln...sudah sering kawin...masalahnya kelamin pd jantan biji testisnya cuma satu...apa muspan betina saya bisa hamil gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yakin testikelnya cuma ada 1? karena kadang ada beberapa kasus dimana testikel hewan tidak keliatan. saya sih yakin ini juga yang terjadi pada musang mas, namun apa nggak lebih baik diperiksakan dulu ke dokter hewan terdekat? lebih baik sih periksakan aja dlu.... saya agak susah untuk menentukan soalnya saya juga nggak liat langsung...

      kalau masnya di jakarta, lebih baik ke puskeswan di deket bonbin ragunan. kalau di surabaya, ada klinik hewan di fakultas kedokteran hewan univ. airlangga.

      semoga membantu

      Delete
  8. Dok kalau yang dimaksud musang pandan jumbo tu apa hasil silangan dok?
    Atau cuman penamaan berdasarkan umur dan besar musang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang pandan jumbo itu lebih ke genetik (keturunan) dan cara pemberian pakan aja, mas. bukan karena hasil kawin silang.

      gemuk atau nggaknya seekor musang lebih disebabkan oleh faktor genetik. :)

      Delete
  9. masa kawin musang mulai umur bera pa Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengawinkan musang

      Delete
  10. Kalo musang akar sumatra dan borneo bisa di kawin silang ga dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya belum pernah nemu sih mas. yang pernah liat sih musbal sama muspan.
      kalau secara teori sih bisa. kenapa nggak coba? :)

      Delete
  11. Dok apa bisa musang bulan (cewek) dikawinkan sama musnag pandan (cowok)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, bisa banget... :)
      udah ada kok yang berhasil

      Delete
    2. Hasil nya seperti apa dok kira kira ?

      Delete
    3. yang saya tau dia bulunya ada coraknya kayak musang pandan, tapi warnanya lebih hitam. untuk lebih jelas, coba aja gabung ke grup pecinta musang di facebook. :)

      Delete
  12. dok saya ada musang lucy klo di kawinkan dengan musalng lombok bisa gk ya? tris anaknya jdi seperti apa?
    ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang leucistic bisa kok dikawinkan dengan musang lombok, atleast sepengetahuan saya sih gitu. soal anaknya sendiri, saya kurang tau... :)

      Delete
  13. Hai dok, mau tanya kalo musang akar di kawinkan dengan musang pandan bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih bisa mas... :)

      maaf karena baru balas...

      kabari lagi

      Delete
  14. kalo musang rase dikawinin sama musang pandan atau bulan bisa ga?

    ReplyDelete
  15. Hai dok, saya mau tanya. Jadi kalau musang rase kira2 paling memungkinkan kawin silang dengan musanh apa ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  16. Permisi dok saya numpang tanya saya punya muspan (cowok) saya silang sama muskar (cewek) kok muspan saya gk mau ya sama muskar ,apa kurang umur atau gmn muspan saya umur 13 bln muskarnya umur 9-10 bulqn

    ReplyDelete
  17. Malem dok saya mau tanya...
    kenapa musang saya gigit ujung buntutnya sendiri sampe bedarah kenapa ya?
    baru terjadi pagi ini

    ReplyDelete
  18. Kaya gitu dok..
    terimakasih🙏

    ReplyDelete
  19. Dok klo musang rase di kawin sama musang pandan kira kira bisa engga dok?

    ReplyDelete
  20. Maaf dok.. mau nanya kalu musang albino /mozaik itu terdapat perkawinan silang apa dok ?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.