Jenis Ular Yang Tepat Untuk Pemula | Drh. Fira Sovica

Ular adalah jenis hewan eksotis yang kini digemari sebagai hewan peliharaan. Artikel

jenis ular yang paling pas dipelihara untuk pemula

berikut akan mencoba memberikan referensi bagi anda yang ingin memelihara ular sebagai binatang peliharaan.
Jenis Ular Yang Tepat Untuk Pemula
Image taken from pethobbyist.com
Di artikel sebelumnya, kita telah membahas cara memelihara beberapa jenis ular antara lain memelihara ular ball python, memelihara ular mono pohon, memelihara ular retic, dan juga memelihara ular kasur. Nah kali ini saya akan membahas mengenai jenis ular yang paling gampang dipelihara oleh pemula.
Jenis ular yang tepat untuk dipelihara oleh pemula adalah jenis colubrid. Sebagai dokter hewan, saya mereferensikan ular colubrid sebagai ular yang paling mudah untuk dipelihara oleh anda yang pemula dalam pemeliharaan ular. Selain sangat mudah dalam memeliharanya, tingkat stress ular colubrid juga tidak setinggi tingkat stress ular jenis python dan sebangsanya. Terlebih lagi, colubrid juga tidak memerlukan suhu khusus yang harus di-set di dalam kandangnya. Kandang untuk ular colubrid cukup menggunakan suhu ruangan yang hangat. Tentu saja, hal ini tidak berlaku bagi anda yang tinggal di daerah dingin. Ular colubrid juga terbilang kalem, tidak menyerang, memiliki warna yang menarik, serta punya ukuran tubuh yang relatif kecil.
Namun demikian, tidak semua ular jenis colubrid aman dipelihara oleh pemula. Beberapa jenis ular colubrid memiliki bisa yang lumayan mematikan. Jadi lebih baik sebelum memutuskan untuk membeli colubrid, anda sebaiknya berkonsultasi kepada orang yang telah memelihara colubrid untuk memastikan ular colubrid yang anda beli adalah jenis non-venomous atau yang tidak berbisa.
  • Secara garis besar, colubrid memang cukup mudah dipelihara. Makanan colubrid adalah mamalia kecil seperti pinkies (bayi tikus putih), hamster, dan lain sebagainya. Anda cukup memberikan makanan kepada ular colubrid anda 3 hari sekali atau satu minggu sekali.
  • Untuk minum, anda bisa menempatkan wadah minum yang agak besar di dalam kandang ular colubrid karena selain untuk minum, air tersebut juga digunakan ular colubrid untuk berendam. Air yang digunakan sebagai air minum dan air rendaman ular colubrid adalah air mineral.
  • Seperti yang dikatakan di atas, ular colubrid membutuhkan suhu hangat atau suhu ruangan dalam kandangnya, dan suhu hendaknya tidak berubah-ubah. Tempatkan termometer udara di dalam kandang dan pastikan suhu dalam kandang colubrid berkisar antara 21 hingga 32 derajat celcius.
  • Terakhir, kandang terbaik untuk ular colubrid adalah akuarium yang diberi alas kandang (bidder) berupa koran bersih. Ganti bidder setiap 2 minggu sekali atau jika bidder sudah terlihat kotor.
Demikian adalah

jenis ular yang paling pas dipelihara oleh pemula

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam menentukan ular apa yang ingin dipelihara. Komentar dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

9 Responses to "Jenis Ular Yang Tepat Untuk Pemula"

  1. Dok.. buat artikel tentang harga ular :)

    ReplyDelete
  2. saya tunggu dok.. saya mulai cinta sama ular :)

    ReplyDelete
  3. Dok cara merawat ular pelangi yg benar gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus buat artikel selanjutnya. :)
      makasih buat idenya.. L:)

      Delete
  4. Bu dokter,saya punya retic umur 2 bulan kok suka galak yah terus klo misalnya saya taruh ular nya di air jadi jinak lgi,yg jadi pertanyaan nya itu normal gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus kedua yang saya tangani. dulu juga pernah ada yang kayak gini... :)

      yang pasti, kayaknya dia belum terlalu kenal sama mas. udah berapa lama pelihara?

      ular tahu loh mas kalau kita takut atau ragu2, dan kalau dia tahu mas takut atau ragu2, dia malah makin seneng ngisengin masnya....

      saya yakin dia sebenernya cuma iseng aja... karena dulu salahsatu pasien saya juga ular reticnya begitu... :)

      Delete
  5. Dok, kl dibilang colubrid saja ky ny kurang bagus. Kluarga colubrid itu besar bnget dan yg bagus dipelihara cm sedikit (genus kingsnake & corn snake). Texas rat snake snake, hognose, xenodermus dll colubrid jg dan sering dipelihara tp kurang cocok utk pemula. Ditambah lg banyak ular yg sering dijual yg sangat g cocok utk pemula, alasannya krn berbahaya, care ny jg susah, mudah stres, atau sifat yg umum sangat defensif. Makanan colubrid jg sangat bervariasi, kingsnake biasanya mau makan apa saja yang muat bahkan ular.

    Jenis ular colubrid itu sangat banyak dan gk bagus dipakai namanya utk bbrp jenis ular saja, care bs sangat berbeda antar genus dan spesies. Sebaiknya disebutkan saja jenisnya sprt kingsnake, milksnake, corn snake, sunbeam.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.