Tips Dalam Menjinakkan Hewan | Drh. Fira Sovica

Cara menjinakkan hewan

, baik itu cara menjinakkan sugar glider atau menjinakkan musang, membutuhkan beberapa cara yang ditentukan. Ada beberapa tips dalam menjinakkan hewan apapun, baik itu menjinakkan musang, menjinakkan sugar glider, ataupun menjinakkan garangan.
Tips Dalam Menjinakkan Hewan
Image taken from kaskus.co.id
Berikut adalah tips dan trik dalam menjinakkan hewan:


  • Sabar.
Tips pertama dalam menjinakkan hewan adalah sabar. Ya, kesabaran adalah hal utama dalam menjinakkan sugar glider, menjinakkan musang, dan menjinakkan hewan lainnya. Tanpa kesabaran, sebaiknya hentikan proses penjinakkan sugar glider atau penjinakkan musang karena memang akan sia-sia saja.

  • Pahami karakter hewan yang dijinakkan.
Sama halnya seperti kita, setiap individu hewan memiliki karakter sendiri yang unik. Ada yang gampang dijinakkan, ada pula yang agak susah. Hal ini terlepas dari basic instinc hewan tersebut. Bisa saja musang, yang terkenal sebagai hewan buas, bisa jinak dalam waktu singkat. Di sisi lain, ada juga musang yang susah dijinakkan. Kasus lain, ada sugar glider WC yang sangat mudah dijinakkan, namun ada juga yang susah.
Untuk memahami karakter hewan yang dijinakkan, sering-seringlah berinteraksi. Tidak hanya dengan mengajaknya bermain, namun juga pahami bahwa setiap hewan memiliki jiwa sendiri, punya kesadaran masing-masing versi mereka. Hal ini berkaitan dengan imprint pada hewan, bahwa setiap hewan memiliki aura sendiri yang bisa terkoneksi ke aura pemiliknya. Meski belum terbukti secara ilmiah bahwa hal ini bisa saja terjadi, maka bolehlah hal ini disebut hanya sebagai opini saya saja. Percaya atau tidak, saya kembalikan ke anda masing-masing.

  • Bukan hanya anda saja yang harus memahami karakter hewan. Hewan juga harus memahami dan tahu karakter anda.
Saya selalu percaya bahwa hewan bisa dengan mudah 'membaca' pikiran kita, ownernya. Kuda, misalnya, bisa mengetahui pikiran manusia hanya lewat sentuhan tangan manusia tersebut. Hewan nocturnal seperti sugar glider, burung hantu, dan sebagainya bisa mengetahui pikiran kita hanya lewat kontak mata. Maka dari itu, saya selalu menyarankan kontak mata pada hewan yang dijinakkan. Menatap mata hewan mutlak dan harus dilakukan agar hewan bisa lebih paham karakter dan niat kita. Membiarkan hewan menatap mata kita layaknya berbicara dengan bahasa non verbal dengan mereka.

  • Lakukan langkah penjinakkan hewan dengan konsisten.
Penjinakkan hewan sebaiknya dilakukan dengan konsisten. Jangan berhenti menjinakkan hewan sebelum hewan yang dijinakkan sudah benar-benar jinak. Kesabaran mutlak dilakukan.
Itulah beberapa

tips dan trik dalam menjinakkan hewan

. Secara prinsip, semua hewan bisa dijinakkan dengan menggunakan prinsip penjinakkan hewan tersebut di atas. Terima kasih. (FS)

2 Responses to "Tips Dalam Menjinakkan Hewan"

  1. permisi, saya mau menjinakkkn burung hantu jenis celepuk yang udah dewasa, tapi dia nggak mau makan padahal udah saya sodorkan jangkrik ke paruhnya, gimana ya mbak solusinya, mohon pencerahannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.