Cara Agar Sugar Glider Bonding | Drh. Fira Sovica

Agar

sugar glider bonding

, diperlukan beberapa tahap yang intinya adalah meningkatkan interaksi ke sugar glider anda. Sugar glider yang sudah bonding ke pemiliknya berarti si sugar glider sudah percaya 100% ke ownernya, jadi diperlukan proses yang tidak sebentar untuk membuat sugar glider bonding. Artikel ini erat kaitannya dengan artikel bedanya jinak dan bonding pada sugar glider.
Cara Agar Sugar Glider Bonding

Bonding sendiri artinya "terikat secara emosi ke pemiliknya". Ciri utama sugar glider yang sudah bonding adalah si sugar glider tidak sungkan atau takut lagi untuk tidur di telapak tangannya. Dan ini tidak mudah karena sugar glider sendiri punya karakter dan wataknya masing-masing. Ada sugar glider yang memang gampang percaya, ada juga sugar glider yang berwatak keras. Namun segalak dan seliar apapun, sugar glider pasti bisa dibondingkan jika anda mencoba terus dan terus.

Bedanya sugar glider bonding dan sugar glider jinak
Perlu diingat bahwa jinak adalah berbeda dengan bonding. Sugar glider disebut jinak saat ia tidak lagi menggigit, namun masih takut atau tidak mau tidur di telapak tangan. Bonding adalah kondisi saat sugar glider percaya 100% kepada pemiliknya hingga ia tidak ragu lagi untuk tidur di telapak tangan.

Inilah beberapa tips agar sugar glider bonding:

1. Beri makan dengan cara hansfeed (diberi makan dengan tangan)
Cara ini mutlak dilakukan. Pemberian makan secara hansfeed akan membuat sugar glider menjadi percaya kepada anda. Semakin sering anda memberi makan dengan tangan, maka semakin cepat si sugar glider menjadi bonding kepada anda. Colek sedikit bubur bayi yang digunakan sebagai makanan dengan ujung jari telunjuk anda, lalu sodorkan ke arah sugar glider. Biarkan dia menjilati bubur bayi di ujung jari anda.
Saat sugar glider diberi makan dengan tangan ujung jari, kadang ia akan mengigiti jari anda. Gigitan itu tidak bermaksud untuk menyakiti. Gigitan sugar glider yang artinya 'ini bisa dimakan atau nggak ya?' akan berbeda dengan gigitan yang artinya 'tangan ini bikin aku marah!!'.

2. Sering interaksi. Ajak sugar glider anda main.
Ajaklah si sugar glider bermain, baik diluar maupun di dalam kandangnya. Saat bermain di luar kandangnya, pastikan kamar yang digunakan tertutup hingga si sugar glider tidak melarikan diri keluar.

3. Tutup kandang dengan kaus bekas pakai anda.
Bisa dikatakan, indra penciuman sugar glider lebih baik dibandingkan indra penglihatannya, dan sugar glider mengenali lingkungan dan sekelilingnya dari penciuman. Maka dari itu, penting untuk mengenalkan bau tubuh anda kepada si sugar glider. Selain dengan cara mengajaknya bermain, juga bisa dengan cara menutup kandangnya dengan kaus bekas pakai anda.

Demikian adalah beberapa tips

cara agar sugar glider bonding

kepada anda. Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam membondingkan sugar glider.

58 Responses to "Cara Agar Sugar Glider Bonding"

  1. Berikan makanan tambahan bergizi tinggi untuk sugar glider anda. Gunakan MARKEL ! Mengandung protein tinggi, praktis, lebih higienis, mudah di cerna dan telah teruji kandungan nutrisinya.

    Makanan tambahan sugar glider yang praktis

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk sugar glider kesayangan anda

    ReplyDelete
  2. dok saya mau tanya
    kan kandang sg saya di dlam kamar saya..
    jarak saya tidur dengan kandang tidak terlalu jauh sekitar 1,5 meter...
    apakah bau dari sg saat saya tidur baik untuk kesehatan saya dok?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas tidak punya alergi terhadap bulu hewan dan kandang sg terjaga kebersihannya, saya rasa masih aman... :)

      Delete
    2. okeh terimakasih dok.
      satu lgi dok
      resep sg diet di kasih setiap pagi malam setiap hari atau ada selingan buahbuahan jg?

      Delete
    3. resep sg diet yang saya tulis di blog ini? :)
      buah satu minggu sekali atau 2 kali aja mas... :)

      Delete
  3. Dok sg sya namanya rin..d dlm kndang kn sya ksh kndang yg kcil yg kya buat brung yg rmh2n itu dok nah rin klo tdur msuk kstu..klo pgi ato klonlg ddlm sya pgil kluar tp gk nymperin trus klo d ajak maim dluar klo d pgil blm nymprn mlah loncat2 itu gmn y dok biar bsa nymprin klo d pgil

    ReplyDelete
  4. Ass.wr.wb maaf mbak fira, slain agar mau di handsfeet, biasanya saya memuasakan si SG tsb, agar dia berani mendekat, apakah itu baik / buruk?
    Karna schedule kuliah bnyk, jadi jarang diajak main. Dan apabila diajak main. Itupun dia langsung melarikan diri. Tetapi kadang mau mendekat dan kadang tidak, semi bonding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan dipuasakan, mas. biasanya dengen begitu si sg hanya mendekat hanya saat dia sedang lapar saja, setelah kenyang dia akan kembali menjaga jarak....

      kalau dia memang masih kabur2an, berarti emang belum terbiasa dengan lingkungannya. udah berapa lama mas pelihara? sementara ini, ckup berikan makanan dan minum aja buat sgnya. lakukan selama beberapa bulan ke depan. nantinya setelah dia kalem dan lebih mengenal mas dan lingkungan kandangnya, baru mulai proses pembondingan.... :)

      Delete
  5. Mbak Dokter. SG sya lg ad ankny d kntongny. Tp yg jantan slalu pngen kawin. Smpek nempel2 gt. Cara mengatasiny gmn dok? D pisah dr betinany atau ad saran lain dok?

    ReplyDelete
  6. Mbak Dokter. SG sya lg ad ankny d kntongny. Tp yg jantan slalu pngen kawin. Smpek nempel2 gt. Cara mengatasiny gmn dok? D pisah dr betinany atau ad saran lain dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja dlu mas. kalau si jantan udah mulai galak atau nyerang, baru pisahkan... biasanya sih gak sampe nyerang...

      Delete
  7. Bu dokter sg joey saya pada saat d rumah saya sudah mau tidur di telapak tangan saya tapi sekarang sg saya sudah sama pacar saya di rawat sama dia saya bertemu sg saya paling seminggu 2x pertanyaan saya apakah sg saya akan tetap bonding pada saya pada saat dewasa.. mohon pencerahaanya.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ralat bonding pada saya pada saat dewasa

      Delete
    3. sg mengenali tuannya lewat sentuhan tangan, aroma tubuh, dll. kalau jarang ketemu emang kemungkinan bakalan lupa. dia akan menganggap pacar mbak/mas sebagai tuannya.... kenapa nggak mas/mbak aja yang pelihara? :)

      Delete
    4. Kalo saya sibuk dok hehehe..
      Tapi kalo sgnya kalo ketemu orang suka ngejilatin tangan siapa aja padaa saat di pegang apakah itu normal dok

      Delete
    5. Dok kenapa yaa sugar jantan saya lebih sering tidur di banding betina yang sangat aktif.. yang jantan jarang makanya apakah dia setres dok?

      Delete
    6. kalau tengah malem, keduanya aktif gak mas/mbak? :)
      kalau tengah malem sampe subuh keduanya aktif, kayaknya masih sehat. cek juga fesesnya. apakah mencret atau tidak? kalau tidak (masih padat/berbentuk seperti feses cicak namun agak besar), itu masih sehat....

      Delete
    7. Siang aktifnya dok kalo yang jantan bawaanya tidur terus.. tapi fasesnya masih padat kok dok warna kecoklatan..

      Delete
    8. kalau dari fesesnya sih sehat. dan saya tebak sih masih sehat kok... :)

      Delete
  8. Dok mau tanya nih.. Krn saya pemula, dikandangnya ada semutnya trus, apakah bakal membahayakan SG dok ? Atau aman saja ? Tlg infonya dokter.. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa goreskan kapur semut disekitar kandang NAMUN jangan sampai kemakan sama sgnya...agak jauh aja goreskannya, sekitar 10 atau 20 cm dari kandang...

      Delete
  9. Dok mau tanya nih.. Krn saya pemula, dikandangnya ada semutnya trus, apakah bakal membahayakan SG dok ? Atau aman saja ? Tlg infonya dokter.. Mksh

    ReplyDelete
  10. Malam dok,sya punya sepasang sg,yg betina nya ini sepanjang siang dan malam ga aktif dia dok,ini wajar atau apa dok?hamil? Feses nya padat,mam nya juga lahap tp ga aktif ,mohon petunjuk mu dok:)

    ReplyDelete
  11. Dok, Sg saya udah mau tidur di tangan, tp knp dy masi suka crabbing dan gigit ya dok..

    ReplyDelete
  12. dok, sg saya kan udah jinak kan ya , tapi masih pecicilan gtu nah cara buat sg itu jadi jinak yang ga pecicilan gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah kalau emang udah karakternya pecicilan... kalo emang wataknya emang pecicilan...

      tapi coba dibondingkan... caranya silakan baca artikel di atas...

      Delete
  13. Dok, mau tanya. Sg boleh di kasi jangkrik bubuk atau tepung jangkrik untuk burung ga ?

    ReplyDelete
  14. Dok mau tanya, sg saya kan srpadang. Yg jantan udh bisa dibilang bonding, tp pas saya beli yg betina sampe sekarang belum jinak juga. Masih suka gigit ama kabaur, tp ga crabbing. Tp yg janteng udh bonding, saya masukin kantong udh biasa dsb deh. Gimana ya dok buat jinakin yg betina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap sg emang punya karakternya masing2. ada yang emang gampang bonding, ada juga yang emang agak susah.
      TAPI semua sg bisa bonding kok. yang penting masnya sabar.
      masnya merokok? kalau gak merokok, taro aja kaus bekas pakai mas yang masih bau keringet di kandang. biar dia kenal bau tubuh mas...

      jangan lupa sering2 ajak main juga...

      Delete
    2. mungkin inu penyebabnya sampai sekarang sg saya gk bonding bonding ya karena saya perokok
      terima kasih dok

      Delete
  15. Dok,sy kn prnah nanya sm dokter sblmny tntang msalah gen leu dan creamino yg kata dokter itu gen dominan keduanya, lalu sy kupas di artikel lain kedua jenis berikut adlh resesif,
    Klo pndapat dokter pribadi kn keduany itu dominan,bisa di jelaskn kah dok singkat sdikit tntang gen leu dan cream di jenis sugar glider,
    smbil blajar2 saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan ini udah kita bahas di chat ya mas...
      maaf karena baru balas. :D

      Delete
  16. Dok sya kan baca artikel sebekah yg bikng cara biarin bonding/jinak itu dngn memasukan jari ke mulutnya biar si sg ga gigit? Itu bnar apa salah ya dok?
    Trus bubur buat sg yg bagus itu sun atau nestle?
    Sma cara biar si sg cepet bonding sma sya yg paling efektif buat orng yg brangkat oagi pulang siang??
    Trimakasih

    ReplyDelete
  17. mau tanya dok, sg saya sudah sekitar 2 bulan lebih, sudah jinak dan suka main di badan, tapi suka gigit gigit, gmn ya cara atasinya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok.
      gak apa2. namanya juga anak2 suka ekplor sekelilingnya. nggak ngebahayakan kan gigitnya? :)

      Delete
    2. Ga bahaya sih.. tktnya sg ini ga nyaman sama saya😀 jdinya suka gigit jari saya

      Delete
    3. malah sebaliknya. kalau sgnya gak nyaman sama masnya, dia gak mungkin begitu. sg yang gak nyaman sama lingkungannya, akan lebih banyak diam di kandang...

      Delete
  18. dok,5 hari yang lalu saya baru beli sg,sgnya umur 7 bulan,dan skrng udah jinak dok,tapi saat saya keluarkan sgnya dan saya letakkan di tangan,sgnya malah naik ke pundak saya bahkan ke belakang badan saya dok,itu gmna ya dok?dan pas saya panggil sgnya,sgnya belum mau nyamperin dok,gmn sih cara ngatasinnya?mohon bantuannya ya dok,makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya mas sgnya diem aja di tangan? hihihi...
      ya nggak bisa, mas. namanya makhluk hidup. apalagi sg yang emang rasa ingin tahunya besar, pasti dia lebih seneng explore....

      selebihnya, mas bisa baca artikel di atas...

      Delete
  19. dan pas di pundak atau belakang badan saya,sgnya ga mau pindah kmn mn dok,dan msh sering kabur kaburan kalo saya tidak ambil dengan tangan saya

    ReplyDelete
  20. Dok mau tanya, apa bau rokok yg menempel di tangan atau baju bisa memeperlambat proses bonding atau tidak?? Tolong solusinya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, sg benci banget sama bau rokok karena zat kimia yang menempel di rokok, juga bakalan nempel di tangan, mas....

      apalagi kalo residunya bakalan masuk ke paru2 sgnya juga, bakalan bikin sgnya sakit....

      Delete
  21. Dok, apakaj di perbolehkan jika saya perokok menaruh pakaian saya di dalam kandang sgnya?, dan apa dampak jika sg itu menghirup asap roko?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya agak berresiko sih mas....
      udah ada artikelnya mengenai asap rokok untuk sugar glider..

      Delete
  22. Dok, kok sugar glider saya sering gigit tangan saya pas saya mau keliarin dari kandangnya, padahal dia udah sering saya kasih makan dengan tangan saya elus" dia diam tapi setiap saya mau keliarin dia selalu melawan ala ada tipsnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas pelihara? kalo baru sih wajar. karena kadang udah pelihara lama juga tetep digigit. gimana karakter sgnya. :)

      tapi segalak galaknya sg, pasti akan jinak juga...

      Delete
  23. selamat siang dokter, saya baru beli sg joey tapi mungkin karena beda owner, dia kagetan dan suka loncat alias nda mau kalo di tangan saya. makannya tetep hansfeed hanya aja dia gamau stay di tangan saya gitu 😂 saya bingung mau bondingin, gimana ajak mainnya ya dokter, karena dia sukanya menjauh kayak naik di atas gorden gitu sambil agak gemeteran semacam shock

    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah beberapa hari emang masih kayak gitu, mbak. jadi biarin aja. lanjut handsfeed aja ya. :)

      dan banyakin kontak mata. sambil dielus, sambil kontak mata, dan bilang, "nggak apa-apa, nggak apa-apa...
      " dia ngerti kok, cuma nggak bisa balas aja... :)

      Delete
  24. Dok, sy bru aj bli 1 SG umur 1bln. Sdh mw handfeed tp crabbing terus. Ap perlu d blikan tmn y?tp sy takut nant berberantem.cara biar tdk crabbibg lg gmn y?

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum wr wb dok, saya baru 3 hari pelihara sg umur betina 1thn jantan 9bln. Setiap mau saya bawa keluar kandang selalu berontak/pegangan sama kandang kadang di kasih pee. Jarang crabbing kadang kl saya kasih tangan jarang mau digigit pas awal beli doang di suka gigitin, setiap malam selalu saya beri makan pakai tangan.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.