Cara Memelihara Burung Kolibri | Drh. Fira Sovica

Memelihara atau

merawat burung kolibri

bisa dikatakan cukup mudah. Burung kolibri memiliki kemampuan terbang yang cukup unik karena hanya burung kolibri yang bisa terbang mundur. Memelihara kolibri cukup mudah asalkan Anda telaten dan sabar dalam memeliharanya.
Cara Memelihara Burung Kolibri
Image taken from situsburung.com



Berikut adalah caranya memelihara burung kolibri:
  • Kandang untuk burung kolibri sebaiknya berupa aviari. Anda bisa saja menggunakan kandang jeruji berukuran besar sebagai kandang kolibri peliharaan Anda. Pastikan area di sekitar kandang bebas asap rokok, dan bebas suara-suara mengagetkan agar burung kolibri tidak stress.
  • Burung kolibri rentan stress jika sendiri. Jadi, anda sebaiknya memelihara lebih dari satu ekor burung kolibri.
  • Makanan burung kolibri adalah air gula yang dipanaskan. Ambil empat bagian air mineral dan satu bagian gula pasir, campur dan aduk hingga gula larut. Panaskan hingga air mulai mendidih, kemudian dinginkan. Anda bisa membuat tempat makan burung kolibri (hummingbird feeder) sendiri.
  • Makanan tambahan untuk burung kolibri peliharaan anda antara lain jangkrik kecil (diberikan 2 kali sehari, pagi dan sore hari), ulat hongkong (diberikan 2 ekor di pagi hari, dan 1 ekor di sore hari), serta kroto (diberikan 2 kali dalam seminggu).
  • Semut adalah hal yang paling dibenci oleh semua burung, termasuk burung kolibri. Sebaiknya goreskan kapur semut di kaki-kaki kandang atau aviari agar semut tidak berani mendekat.
  • Pastikan selalu kebersihan kandang dan pakan burung kolibri peliharaan anda. Penyebab burung kolibri sakit biasanya karena kebersihan yang kurang terjaga, faktor cuaca, dan faktor eksternal (insiden, dll). Untuk menjaga kesehatan burung kolibri peliharaan anda, Anda bisa memberikan suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat.
Demikian adalah

cara memelihara burung kolibri

. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda para penggemar burung. Terima kasih (FS)

3 Responses to "Cara Memelihara Burung Kolibri"

  1. Dok cara untuk ngilangi racun pada kukang itu gmn,apa dipagur,yg dipangur taringnya apa taring sama giginya semua n minta no WA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gak bisa, mas.
      bisa sih dioperasi, itupun saya gak tahu bisa dilakukan atau nggak.

      lagian bisa-nya gak bahaya kok mas.

      Delete
  2. Dok cara untuk ngilangi racun pada kukang itu gmn,apa dipagur,yg dipangur taringnya apa taring sama giginya semua n minta no WA nya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.