Jangkrik Bisa Menyebabkan Tetelo? Ngaco! | Drh. Fira Sovica

Sama halnya seperti artikel dalam kategori teori ngaco di blog drh. Fira Sovica ini, artikel teori ngaco bahwa

jangkrik bisa menyebabkan tetelo

ini didasarkan pada pertanyaan salahsatu pengunjung kepada saya.
Jangkrik Bisa Menyebabkan Tetelo? Ngaco!
Image taken from aallanimalcontrol.com


Pendapat yang mengatakan bahwa pemberian jangkrik terus menerus dapat menyebabkan tetelo adalah pendapat yang jelas tidak mendasar. Jangkrik bukan carrier newcastle disease virus, virus penyebab tetelo pada unggas. Penyebaran tetelo antarhewan bisa anda pelajari di artikel cara mengobati tetelo pada burung hantu dan unggas.
Tak ada yang lebih menyenangkan bagi saya selain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke blog ini. Meskipun kadang saya "keteteran" dalam menjawab pertanyaan yang masuk, namun saya punya trik dalam menjawab pertanyaan yang masuk setiap harinya, yaitu jangan membiarkan konsultasi kesehatan hewan dan komentar yang masuk menumpuk. Sesibuk apapun aktifitas saya, saya akan berusaha membuka blog dan menjawab pertanyaan anda semua. Jangan sungkan untuk bertanya melalui komentar, dan jangan lupa untuk mengklik opsi INGATKAN SAYA/NOTIFY ME agar jawaban yang saya berikan bisa anda cek langsung dari gadget anda. Terima kasih. (FS)

29 Responses to "Jangkrik Bisa Menyebabkan Tetelo? Ngaco!"

  1. Selamat sore Dokter.Fira Sovica Akhir2 ini Hanna Reitch ( celepuk/Brancher) tidak terlalu suka dengan jangkrik & Knp ya tiba2 nafsu makannya hilang??:( Agak Murung dan mentalnya down..Dia sy taro di perch tp sering berontak kalo gak gitu dia suka terbang gak karuan & suka ngumpet dimana2 bingung sy nyarinya takut knp2..sy pelihara dia dari chick..akhirnya sy kesel bgt & sy hukum dimasukin ke " Camp konsentrasi " jujur ya dok semata2 sy mau didik dia biar gak manja klo sudah mature..Tolong kasih pencerahan ya Dok..sy butuh bgt saran dari Dokter Fira Sovica

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat burung hantu. errol aja lagi sakit, mas. gak usah dihukum, nanti dia malah keras kepala. seriusan. omongin aja baik2, tanya lagi kenapa... :)

      kalo si errol sih kalo abis dibaekin langsung jadi anak baik lagi.... mungkin trik yang sama bisa dilakukan buat hanna... :)

      usahakan tetep makan, meski sedikit2, gak apa2. asalkan jaga pola makannya. sekali lagi, cuaca emang lagi gak bagus buat owl.... jaga jangan sampe kedinginan... :)

      Delete
  2. Kalo misalnya burhan dikasi jangkrik tapi ga dimakan bagaimana? Cuman di gigit terus dimuntahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak sebab klo kayak gitu. Bisa jadi dia emang tidak terbiasa dikasih jangkrik. BSA juga Karena instingnya tumpul, atau bisa jgn Karena dia tdk percaya dgn ownernya..... Jenis owlnya barn owl ya? Betul?

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Iya dok makasih sarannya...si hanna dikit lagi akil baligh tapi blom bisa makan sendiri & pubnya juga masih sembarangan,padahal sudah sy ajarin tp tambengnya ga ketulungan :( ajarin lg donk dok caranya gmna biar si hanna mandiri,nurut & cerdas seperti errol...klo sy gagal didik si hanna gmna nanti sy mlihara owl jenis bubo sumatranus:'( bisa bisa kebalik sy yg di taro ditenggeran (perch) hehehehe secara bubo jenis owl yg super cerdas...mohon sarannya lg dok biar sy sukses mlihara owl dari jenis celepuk,barn owl smpe sekelas bubo...trima kasih maaf ngerepotin

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mikir bahwa nantinya mas bakal gagal training si hanna. kalau mas mikirnya gitu, nanti malah si hanna susah ditraining, mas. owl selalu tahu apa yang kita pikirkan. pasti.
      yang paling penting dalam memelihara owl adalah jangan terlalu memaksakan kehendak kita sama dia. dulu saya juga gitu. saya gak pernah memaksakan si errol buat jinak, buat nurut, saya juga gak pernah melatih si errol agar bisa berburu sendiri di alam. si errolnya bisa sendiri kok....
      saya hanya memelihara si errol sebaik2nya. kebetulan emang keluarga saya pecinta BOP, jadi hampir semuanya pelihara alap2, elang, cuma saya aja yang pelihara burung hantu sendiri. kebayang kalau lebaran ramenya gimana, mas. hehehe.

      jadi gitu. jangan terlalu memaksakan owl peliharaan kita buat nurut. pelihara aja sebaik2nya. nanti dia akan nurut dan bonding dengan sendirinya kok... :)

      Delete
  6. Jenisnya celepuk dok. Tapi tadi uda dimakan dikit dikit. Terus cara melatihnya bagaimana dok. Jika perchnya semacam digantubg ga apaa kan dok..sama juga burhan saya taruh dibelakang rumah dok boleh tidak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. gak apa2, sedikit2 tapi dibiasakan aja.
      kalau mau, mas bisa kasih bayi tikus yang masih merah (pingkies), agar insting berburunya dan nafsu makannya makin tajam. taruh aja deket kakinya, terus tinggalin. nanti juga dimakan... :)

      owl boleh ditaruh dimana aja asalkan gak dingin juga gak terlalu panas ruangannya.... bagusnya sih mas taruh aja di kamar mas, biarkan dia melihat mas waktu tidur, agar dia percaya sama mas. nantinya malah mudah jinak.... :)

      Delete
  7. Terima kasih dok sarannya...sy akan berusaha sebaik mungkin untuk merawat si hanna...mudah2an baik2 ajja kedepannya....sekali lg terima kasih ya dok...klo ada apa2 sy nanya lg makasih banyak sekali lg..:) salam buat errol

    ReplyDelete
  8. Dear Docter Fira...skrang si hanna lemes bgt malah gak mau makan seharian mau nya cuma minum...pas sy bersihin tempat tidurnya sy menemukan pelet sebesar jari telunjuk apa gara gara itu ya jadinya si hanna lemes??? Klo takaran jangkrik brapa ekor ya untuk pagi dan malam hari,mungkin sy kebanyakan ngasihnya??!!...fesesnya berwarna coklat tua dan putih,,!! Mohonn pencerahannya dok trima kasih..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya. kemungkinan karena emang habis mengeluarkan pellet. silakan mas baca artikel saya porsi makan burung hantu.....

      usahakan tetap makan meski cuma dikit2. jaga agar owlnya gak kedinginan.... kalau dari fesesnya sih masih dikatakan normal.... observasi aja selama 3 hingga 4 hari ke depan... :)

      Delete
  9. Baik dok...terima kasih

    ReplyDelete
  10. Innalilahi wainnailaihi rojiun.....hanna reitch sudah pergi selama lamanya pada pukul 07.45 WIB...sedih,,Stress,,terpukul,,kecewa,,sudah jadi satu di otak sy...gagal sy dok mlihara chick celepuk...makasih y dok selamaa ini udah banyak bantu sy...banyak kenangan sm sihanna ga ada lagi tengah malam yg nemenin sy begadang ngopi sm ngerokok,ga ada lg yg bangunin sy klo telat bangun tdur :,),,selaama ada hanna hidup sy berwarna & jujur sy nyesel seumur umur merasa bersalah karna udah masukin dia ke camp consentrasi krna dia bandel...yahh udah takdir,,Makasih sekali lagi ya dok..Salam terakhir dari hanna..dia mau sy kubur pagi ini juga...bye dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(
      saya ikut sedih, mas. feel bad rasanya kalau ditinggal hewan peliharaan kita, tapi yah gimana lagi? :(
      buat pelajaran aja ke depannya, mas, biar gak terulang lagi selanjutnya...

      Delete
  11. Maaf dok mau tanya , kalo malem musang saya slalu sy free room didapur. Sering saya lihat dia nangkep tikus,jangkrik,kecoa,kl ada bekicot idup jg dia makan juga, yg terbaru dia nangkepin belalang. Itu semua dimakan sm musang saya dok, kira2 aman gak ya? Sejauh ini musangnya masih sehat wal'afiat,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini yang tadi pagi chat ama saya ya? :)
      kalau hanya sesekali sih gak apa2 mas. tapi jangan keseringan. yah, biar gimanapun, kita gak gak menjamin kebersihan makanan2 tersebut. jadi sebaiknya dihindarkan aja....

      Delete
  12. Betul dok,saya yang chat tadi pagi. Trimksih atas jawabannya dok, terus terang sy gak kpikiran sampai kesana, yg jadi kekhawatiran saya malah kl mkan belalang dok, sebab di kakinya ada durinya kan?lbih baik saya freeroom diruang tamu aja.

    oy dok, mngenai artiket daging bkicot, itu kan kudu disiangin dulu y dok? Terus terang sy kesulitan buat ngilangin lendirnya dok,sudah dicuci pake air ngalir tetep bae lendirnya ada, bhkan sudah direbuspun msih ada lendirnya. Itu bhaya g dok kl bkicot udh direbus tp msih ada lendirnya sy ksihin ke musang sy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bekicot, yang penting udah direbus. kalau soal lendirnya, gak apa2 masih ada lendirnya kalau udah direbus. :)

      gimana musangnya mas? kalau ada apa2, chat aja... :)

      Delete
  13. O gitu ya dok, syukur lamun kitu mah. Oy, trimksih bnyak dok infonya ,
    Alhamdulillah dok, saya punya muspan 2 ekor,rencana mau nambah 4 ekor lg. Smpe skrg semuanya sehat wal'afiyat kok dok.cuma krn ragu sm lendir bekicotnya,sy stop dulu ngasih mkn bekicotnya. Tp besok2 sy mau sy ksih lg,mumpung lg musim ujan, bkicot pada muncul. Tapi boleh g dok kl tiap hari sy kasih bkicotnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja sih. yang penting jaga kebersihan bekicotnya. dan minimal seminggu sekali kasih buah..... biar sistem cernanya bagus...
      banyak amat mas... :)
      silakan baca2 artikel saya tentang musang di blog ini...

      Delete
  14. Baik dok, trimakasih bnyak maaf jd nyita waktunya. Alhamdulillah blog ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. dok....bay owl saya baru sampai rumah 4 hari,di berimakan mau dan tetap rakus,tetapi belum mau untuk naik ke tangan saya untuk latihan fof dok,sebaik nya saya sabar menunggu berapa hari ya dok,dan untuk makanan seperti burung emprit apakah harus mati tanpa bulu dok? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini elus aja dlu di dalam kandang... jangan terlalu dipaksa karena takutnya malah stress nantinya....

      mas tahu apa makanan utama bay owl? silakan baca artikel cara memelihara oriental bay owl... :)

      Delete
  16. dok burung hantu saya si bro kk suka bersin kenapa ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.