Cara Memelihara Belut Listrik Air Tawar | Drh. Fira Sovica

Memelihara belut listrik

memang belum menjadi mode bagi pecinta 'ikan monster' akhir-akhir ini. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman disetrum berkali-kali oleh belut listrik peliharaan salahsatu kerabat saya beberapa waktu yang lalu, yang bisa bisa dibilang membuat saya sedikit trauma untuk menangani jenis belut macam ini lagi, hehehe. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara ikan pleco.

Cara Memelihara Belut Listrik Air Tawar
Image taken from seriouslyfish.com


Meski disebut 'belut', namun sebenarnya hewan bertubuh memanjang ini adalah keluarga ikan belida. Belut listrik yang saya tangani berjenis electrophorus electricus yang berasal dari Amazon. Dari literatur yang saya baca belut listrik jenis ikan ini berasal dari sungai Amazon, yang berarti, belut listrik adalah hewan impor.
Anda tertarik memelihara belut listrik air tawar dalam akuarium? Berikut adalah cara memelihara belut listrik yang saya tulis berdasarkan wawancara dengan kerabat saya yang memelihara belut listrik.
  1. Akuarium yang dibutuhkan untuk memelihara belut listrik adalah akuarium dengan besar minimal 2 hingga 3 kali belut yang dipelihara, dengan ketinggian air 75% dari total tinggi akuarium. Suhu air tempat memelihara belut listrik hendaknya selalu stabil, berkisar antara 70 hingga hingga 78 derajat celcius. Air yang digunakan adalah air murni, dan kebersihan air dalam mutlak diperlukan.
  2. Ikan belut listrik sangat tidak mentolelir segala kandungan zat kimia dalam airnya, dan akuarium hanya boleh 'dihuni' oleh satu belut listrik. Jangan sesekali menaruh jenis ikan lain di dalam akuarium yang sama. Saudara saya hanya sesekali menaruh ikan sapu-sapu (pleco) sebagai 'tukang bersih-bersih' akuarium didalam akuarium belut listriknya, dan sepengalamannya, hanya ikan sapu-sapu itulah yang berhasil bertahan di dalam akuarium belut listrik.
  3. Makanan belut listrik adalah ikan mas berukuran kecil, disesuaikan dengan ukuran belut listrik yang dipelihara.
  4. Ikan yang akan dijadikan makanan belut listrik hendaknya didiamkan dulu selama 3 jam di air tawar bersih sebelum diberikan sebagai makanan belut listrik. Cukup masukkan ikan mas yang akan dijadikan makanan belut listrik anda ke dalam akuarium, dan anda akan melihat betapa serunya ikan-ikan mas yang malang itu disetrum berkali-kali oleh belut listrik hingga lemas, dan kemudian dimangsa oleh belut listrik tersebut. Pemberian makanan belut listrik dilakukan 3 hingga 4 kali sehari, dan sisa makanan yang tidak habis sebaiknya diangkat dari dalam akuarium menggunakan saringan dari bahan non-logam.
  5. Poin terakhir dalam memelihara belut listrik adalah siap kesetrum.
  6. Jangan memelihara belut listrik jika tidak mau tersengat listrik. Percayalah, saya sudah merasakan sendiri rasanya tersengat listrik belut listrik secara live, hehehe. Pastikan anda memakai sarung tangan karet sebelum memasukkan tangan ke dalam akuarium belut listrik. Meski tidak mematikan, tapi cukup membuat lemas juga untuk ukuran saya yang bisa dikatakan hanya mengetahui jenis belut listrik ini dari beberapa buku. Menurut literatur yang saya baca, belut listrik berukuran kecil bisa menghasilkan listrik yang lebih besar dibandingkan belut listrik berukuran dewasa.

Demikian adalah artikel

cara merawat belut listrik

yang saya tulis berdasarkan pengalaman menangani belut listrik. Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan anda semua. Saran, komentar, dan konsultasi masih saya buka melalui form komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

2 Responses to "Cara Memelihara Belut Listrik Air Tawar"

  1. Dok harga belut listrik kisaran berapa ya,
    Terus belinya dimana,
    Apa perlu izin untuk memelihara belut listrik,

    ReplyDelete
  2. Pagi Dok.. rencana saya mau memelihara.. pertanyaannya apakah apabila kita pegang kaca aquarium dari luar, arus listrik dari belut tsb bisa terasa?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.