Penyebab Sugar Glider Mati Mendadak | Drh. Fira Sovica

Sugar glider mati mendadak

memang menjadi momok menakutkan bagi owner sugar glider. Bisa dikatakan, sugar glider yang tadinya kelihatan sehat dan aktif, kemudian tiba-tiba mati karena sebab yang tidak diketahui. Artikel berikut akan mencoba mengupas sebab kenapa sugar glider bisa tiba-tiba mati. Anda bisa membaca artikel saya mengenai sugar glider antara lain cara memelihara sugar glider dan artikel cara beternak sugar glider.
Penyebab Sugar Glider Mati Mendadak
Image taken from forum.lowyat.net


Berikut adalah beberapa sebab kenapa sugar glider mati mendadak. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai breeder sugar glider sekaligus sebagai dokter hewan:
  1. Sebab kenapa sugar glider bisa mati mendadak yang pertama adalah karena kesepian.
  2. Yap. Jangan heran kalau sugar glider bisa mati karena kesepian karena sugar glider adalah hewan sosial. Mereka membutuhkan sugar glider lain untuk bersosial. Setidaknya, pelihara 2 ekor sugar glider untuk mengeliminir penyebab sugar glider mati mendadak karena sebab ini.
  3. Penyebab sugar glider mati tiba-tiba yang kedua adalah karena penyakit.
  4. Faktor penyebab kematian sugar glider secara tiba-tiba yang kedua adalah karena penyakit. Harap perhatikan bahwa penyebab sugar glider meninggal secara tiba-tiba karena penyakit adalah yang paling sering terjadi pada sugar glider. Penyakit pada sugar glider biasanya terjadi disertai dengan perubahan fisik yang bisa dilihat secara visual, dan bisa juga tidak bisa dilihat secara visual. Bisa saja sugar glider yang sehat, aktif, dan ceria sebenarnya menyimpan penyakit pada tubuhnya.
Penyakit yang biasanya menjadi

penyebab utama kematian mendadak pada sugar glider

adalah kerusakan hati, kegagalan fungsi jantung, dan gangguan pada ginjal. Ketiga penyakit ini biasanya terjadi karena pemberian makanan yang salah, maka dari itu usahakan untuk selalu memberikan diet yang tepat untuk sugar glider anda. Minimal berikan buah buahan seperti pepaya (rekomendasi), lengkeng, dan sebagainya sebagai makanan tambahan bagi sugar glider minimal seminggu dua kali. Lebih sering, maka lebih bagus.
Saya juga menyarankan agar anda mengatur kunjungan rutin ke dokter hewan untuk memastikan sugar glider anda dalam keadaan sehat walafiat. Terima kasih. Dan semoga bermanfaat. (FS)

30 Responses to "Penyebab Sugar Glider Mati Mendadak"

  1. Dokter, saya punya leucistic jantan. Saya lihat giginya hitam-hitam seperti anak kecil yang jarang gosok gigi, tapi tidak tampak gigis, hanya nampak seperti bercak hitam menempel di giginya yang putih; mulai dari gigi seri terus ke belakang hingga gerahamnya, kanan-kiri. Apa penyebab dan gimana cara mengatasinya dok...?
    Kemudian, saat ini dia saya pisah dari koloninya karena pada saat makan sering berlaku kasar terhadap para betina (4 ekor), seakan-akan gak boleh ada yang ganggu dulu kalo dia lagi makan. Setelah dia makan, baru para betinanya pada makan. Sebagai informasi, sudah sekitar 6 bulan saya kumpulin mereka dalam 1 kandang, tapi kok belum ada yang hamil ya...? Dibandingkan dengan koloni yang lain dengan pejantan dari jenis classic grey, kayaknya leucistic yang ini kurang produktif...hehe. Maaf kalo kepanjangan dok... Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kalau ada yang mendetail.
      soal giginya, saya kira gak masalah selagi nafsu makannya bagus dan dia gak menunjukkan tanda2 sakit.

      soal kenapa dia gak mau kawin, coba mas baca artikel saya cara mengawinkan sugar glider. di sana ada solusinya.

      lalu mengenai kenapa dia gak mau berbagi makanan, itu wajar. soalnya dia merasa dia ketua koloni. sama aja kayak orangutan, biasanya ketua koloninya dlu yang makan, kalau dia udah makan, baru anggota koloninya bisa makan...

      Delete
  2. dok saya punya sg, itu kenapa ya bibir bagian bawah jadi warna putih gitu kaya kena parasit.
    cara ngobatinnya gimana ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri gak bisa memastikan itu itu apa. ada luka? bentuknya kayak gimana, apakah kayak sariawan?

      mending mas foto, kemudian ganti foto profil mas dengan foto itu...

      untuk saat ini, cukup dibersihkan aja dengan cotton bud yang dibasahi air hangat...

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Dok sugar glider saya kena tetalo ,bagaimana agar bisa sembuh kembali ,mohon sarannya dok ,terimakasih

      Delete
    2. tetelo cuma buat unggas, mas. sugar glider tidak bisa tetelo.

      Delete
  4. dok, saya baru pelihara sg 3mg. umur sgnya 2bulan. kok masih crabbing yah? dan seharian ini gak maumakan. terus kemaren seharian emg ga saya handle karena ada kesibukkan apa gara2 itu dok? pernah juga sy bawa ke sekolah sy lupa bawa makanannya dan sy minta sama temen saya rasa pisang apa itu ngaruh dok?biasanya sy kasih rasa beras merah. apa dia stress dok? cara menghilangkannya gimana ya? dan berapa waktu minimal menghandle sg?

    ReplyDelete
  5. Saya mau bilang, kok SG saya sakit , hanya tidur", dan tidak aktif gimana carannya membuat SG saya sembuh lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana? mencret?
      kebersihan kandangnya gimana?

      sg emang hewan nocturnal, mereka aktif pada malam hari. kalau malam hari gimana mas? aktif? terutama jam 12 sampe jam 3 pagi...

      saya tunggu kabarnya. sementara ini, coba kasih sari kurma di makanannya...

      Delete
  6. Saya mau tanya Dok. Apakah sugar glider Bukan hewan Yg dilindungi.......?

    ReplyDelete
  7. dok maaf saya mau tanya nih, udh bbrapa hari ini sg saya hidungnya berair gtu, trus suka bersin2 ..
    trus habis itu sya stop bubur bayi, sementara makan buah2an, saya kasih pepaya sih, tp warna feses nya jd agak kemerahan gtu dok, itu knpa ya?
    gmna ya dok penanganannya, mohon di bantu ya

    ReplyDelete
  8. Mau tanya ....kalau yang bagus untuk jam makan ...jam berapa ke jam berapa yahh ...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja makanan di tempat makannya, siang 2x, malem juga 2x. karena sg kan hewan malam.

      Delete
  9. Dok sy mau nanya.. Saya baru beli sg umur 2 bulanan jantan. Sy pelihara cuma satu aja, apakah dia bisa tetap hidup. Atau diharuskan pelihara 2 sg. Trimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok mas.
      asalkan mas sering ajak main dia.... minimal sehari 10 menit... :)

      Delete
  10. dok saya sedikit curhat nih haha.. saya pnya sg 1 gen 6 ekor lalu saya adopsi sg nya satu yg joey umuran 3 bln,saya sempat berfikir saat ingin adopsi sg nya ke orang lain karena saya gk tegaan takut sodara 1 gen nya kehilangan dia.. saya mau tanya apa mungkin sg punya firasat sperti itu dok? apa mngkin bisa menyebabkan mereka stres saat kehilangan sodara 1 gen nya?karena kan sg makhluk sosia.. saya adopsi sg nya juga karena terpaksa udah gk ada waktu luang lgi.. apalgi smpe ngurus 6 ekor hehe.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya 1 gen itu satu sodara?
      mungkin iya. awal2 dia akan merasa kehilangan. tapi sama aja kayak manusia, lama2 dia akan terbiasa...

      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  11. iya dok 1 sodara.. oh bgtu ya dok, tp gk sampe stres kan dok hehe
    mksh dok jawabannya membantu perasaan saya yg khawatir wkkw

    ReplyDelete
  12. Halo bu dokter..
    Salam kenal bu dokter dari bayu.
    .
    Gini dok. Sg sayakan makan bubur sun.
    Trus bubur sunnya ini basi jdi asam stelah beberapa jam.
    Pernah saya telat ganti bubur sun yg asam itu, pas saya mw ganti, ehh buburnya yg asam itu habis .
    Nah, apakah bahaya buat sg?
    Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. tahinya. apa ada perubahan? misalnya jadi mencret, dan sgnya jadi murung (diem aja)?

      kalau iya, segera kasih air kelapa muda... minumkan ke sgnya.... kasih madu dikit gak apa2, biar sgnya suka...

      kalo gak mencret, tetep observasi selama 3 hari ke depan. kalau dalam 3 hari masih normal fesesnya, saya rasa aman...

      dan jangan sesekali lagi ya mas... :)

      Delete
  13. Halo Dokter Fira,
    SG saya semalam tiba-tiba muntah-muntah, lemas, dan nafsu makannya menurun(tapi masih mau makan kalau disuapin/disodorin ke deket mulutnya pakai jari, lalu dia jilat-jilat;meskipun sesudahnya muntah lg). Saya kasih makan dia selalu bubur bayi sehari 2 kali, dan untuk snacknya jangkrik, marshmallow, dan sereal. Selain dari makanan tersebut, tidak pernah. Lalu pagi ini, SGnya mati dan seluruh bagian dari salah satu tangan dan sayapnya dimakan/digerogoti oleh teman sekandangnya sampai keliatan tulangnya. Padahal SG saya sudah bertahun-tahun sekandang hanya berdua. Pertanyaan saya:
    1. Apa kira-kira penyebab muntah-muntah yang berujung kematian pada SG saya?
    2. Mengapa teman sekandangnya menjadi kanibal?
    3. Apakah SG yang masih hidup ini akan baik-baik saja jika sendirian di kandang? Karena saya tidak berniat untuk membeli SG lagi.
    Mohon bantuan jawabannya ya Dok.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohiya more info Dok, sereal yang aku berikan adlh "Cerelac Nutri Puffs Rasa Banana&Strawberry", lalu bubur bayi yg aku berikan sehari 2 kali itu juga terkadang suka udh bau asem tapi blm aku angkat & ganti, setauku sih ngga dimakan sm SGnya kalo udh asem krn pasti nyisa gt. Trus SG yg mati ini adlh betina dan yg kanibal jantan.

      Delete
    2. mendingan pisahin masihng2 sg di kandang satu2. jangan disatuin dalam satu kandang. nantinya, kandangnya taruh berdekatan (sebelahan).

      kemungkinan mereka stress. penyebabnya banyak. dari makanan salahsatunya. ganti pake promina aja mbak. bubur bayi promina eras merah. sementara pake pakan itu aja dulu, jangan dikasih makanan lain selain promina ya.

      lalu air minum, kasih air mineral campur madu.

      lalu kita observasi hingga seminggu ke depan...

      pastikan kandangnya bersih.

      Delete
  14. Dokter saya mau tanya, sg saya matanya warna putih tapi masih ada itemnya dok. Tapi warna putihnya itu kadang ilang kadang membesar kadanh mengecil kadang seluruh matanya bisa warna putih dok.
    Itu kirakira sg nya kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas kirim fotonya di sini?
      terutama matanya.

      masukkin fotonya di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, taro linknya di komentar...

      selama ini dikasih makan apa?
      dan umur sgnya berapa?

      Delete
  15. Dok saya baru beli sg joey, sebelumnya saya juga udh pernah beli sih tpi fesesnya pas yg pertama kali beli bagus-bagus aja (padat) tapi kok yang skrg saya beli fesesnya cair gtu ya dok seperti mencret, saya kasih makan sma minum selama 3 hri ini tpi tetep aja fesesnya cair. itu apakah dia stress atau sakit ya dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.