Merawat Burung Hantu Yang Mabung | Drh. Fira Sovica

Mabung atau molting atau ganti bulu pada burung hantu adalah hal normal dalam siklus hidup burung. Merawat atau

menangani burung hantu yang sedang mabung

memang tidak bisa dilakukan sembarangan karena pada dasarnya, burung hantu yang mabung sedang merasa kesakitan akibat terlepasnya bulu dari tubuhnya. Maka dari itulah, semua burung yang sedang mabung atau molting, baik itu burung hantu yang sedang mabung atau jenis burung lainnya, perlu perawatan yang agak berbeda. Artikel ini berkaitan dengan artikel tentang memelihara burung hantu lainnya, antara lain cara memelihara burung hantu barn owl bulu kapas.
Merawat Burung Hantu Yang Mabung
Image taken from ohiobirdsanctuary.com


Merawat burung hantu mabung memang agak berbeda dengan merawat burung hantu yang sedang tidak mabung. Berikut adalah beberapa tips merawat burung yang sedang ganti bulu:
  1. Tempatkan burung hantu yang sedang mabung di ruangan sepi-suara.
  2. Sebaiknya, jangan sering-sering mengajak main burung hantu atau jenis burung lainnya yang sedang mabung.
  3. Cukup tempatkan di ruangan sepi tadi, jaga pola makan, jangan terlalu banyak mengelus atau mengajak main burung hantu yang mabung, serta jaga suhu udara agar tidak terlalu panas maupun dingin.
  4. Burung hantu mabung biasanya sedikit kehilangan selera makannya. Ini normal selama dia masih mau makan.
  5. Cara mengatasi burung yang kehilangan nafsu makan saat mabung adalah dengan memberikan pakan hidup seperti bayi tikus putih. Bayi tikus putih yang diberikan sebaiknya yang berukuran kecil.
Demikian adalah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam

merawat burung hantu yang sedang mabung

atau molting. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam memelihara burung hantu. Terima kasih. (FS)

103 Responses to "Merawat Burung Hantu Yang Mabung"

  1. berapa lama biasanya siklus mabung berlangsung dok? dan apakah ada yang membedakan bahwa burung sedang mabung atau sakit? selama mabung bagaimana dengan faecesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedang saya tulis artikelnya... :)

      Delete
    2. Mbak saya mau tanya , sampai saat ini si browny blom punya ruangan sepi, kalo mabung gimana mbak??

      Delete
    3. Mbak saya mau tanya , sampai saat ini si browny blom punya ruangan sepi, kalo mabung gimana mbak??

      Delete
    4. Mbak saya mau tanya , sampai saat ini si browny blom punya ruangan sepi, kalo mabung gimana mbak??

      Delete
    5. maksudnya ruangan sepi bukan sepi 100%. boleh ada suara tapi nggak mengagetkan. :)

      Delete
    6. belum saya publish, mas. maaf bgt karena saya sedang sibuk bgt...
      akhir pekan nanti saya publish.

      Delete
  2. Dok saya mau tanya, celepuk saya kok kalo saya taruh ditangan masih suka gigit jari saya yah padahal sudah adop 1bulan dia gigit seolah2 jari saya makanan, itu gimana yah dok? Ya walau ga sakit2 amat sih gigitanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia belum percaya sepenuhnya sama mas. :)
      kalau sebulan, masih kurang mas. saya ngejinakin si errol hampir satu tahun. maklum, saya dulu dapetnya waktu si errol sudah tua banget dan dia awalnya galak banget ama saya. kalau cuma gigit jari mas, wah, itu sih belom ada apa2nya dibandingkan errol dulu. dulu kelopak mata saya sempet robek sedikit karena dicakar si errol..... :(
      tapi toh sekarang dia jinak total. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu

      Delete
  3. Dok saya mau tanya, celepuk saya kok kalo saya taruh ditangan masih suka gigit jari saya yah padahal sudah adop 1bulan dia gigit seolah2 jari saya makanan, itu gimana yah dok? Ya walau ga sakit2 amat sih gigitanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia belum percaya sepenuhnya sama mas. :)
      kalau sebulan, masih kurang mas. saya ngejinakin si errol hampir satu tahun. maklum, saya dulu dapetnya waktu si errol sudah tua banget dan dia awalnya galak banget ama saya. kalau cuma gigit jari mas, wah, itu sih belom ada apa2nya dibandingkan errol dulu. dulu kelopak mata saya sempet robek sedikit karena dicakar si errol..... :(
      tapi toh sekarang dia jinak total. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu

      Delete
  4. Hahaha serem amat ya dok sampe robek. Berarti musti sabar ya dok?
    Kalo si marco biar bsa skil gmna dok? Tahapnya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara melatih burung hantu. cari di bagian cari artikel. :)

      baca juga artikel saya cara menjinakkan burung hantu dewasa. :)

      Delete
  5. Marco tu aneh dok masa perch sama angjesnya digigiti seoalah makanan padahal saya kasih jangkrik udah ga dimakan dok. Itu knpa yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia belum nyaman make angjess. :)
      sesekali aja mas pakein. kalau dia udah mulai merasa gitu, lepas aja. besoknya pasang lagi, lalu lepas kalau dia ngerasa udah gak nyaman gitu. yang penting terbiasa dulu mas... :)

      marco jenis apa mas? salam dari errol dan padma... :)

      Delete
  6. Soale dia belum jinak totat dok, takut escape jd aku pasang terus. Kalo aku sih anggepnya dia lg mainan sekaligus latihan berburu.
    Marco jenisnya scoop owl dok , salam juga dari marco :) thks saranya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nunggu jinak total sih ya emang susah mas. :)
      sementara ini lakukan saja tips saya. salam dari errol buat marco.. :)

      Delete
  7. Salam dok . Semoga dlm keadaan sehat.
    Juga erol dan padma nya.
    Dri artikel ini yg sya baca. Mabung ini untuk usia brancher aja ato termasuk juve juga dok?
    Belom paham mabung dok

    ReplyDelete
  8. Salam dok . Semoga dlm keadaan sehat.
    Juga erol dan padma nya.
    Dri artikel ini yg sya baca. Mabung ini untuk usia brancher aja ato termasuk juve juga dok?
    Belom paham mabung dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. di peralihan antara usia anak2 ke dewasa, dan di peralihan usia dewasa ke mature... :)

      Delete
  9. Mau nanya dok, burung hantu mabung pada usia berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. di peralihan antara usia anak2 ke dewasa, dan di peralihan usia dewasa ke mature... :)

      Delete
  10. Dok saya punya celepuk di kasih teman..tp bulu sayapnya ngak ada..sehingga dia ngak bisa terbang..usia celepuk sudah remaja...apa masih mungkinkah bulu sayap itu tumbuh dok..soalnya udah 1 bulan saya pelihara tdk ada tanda2 timbuh bulu sayap tsb..mohon bantu info dok..saya kasihan celepuk saya namanya Bubu..

    ReplyDelete
  11. Dok saya punya celepuk di kasih teman..tp bulu sayapnya ngak ada..sehingga dia ngak bisa terbang..usia celepuk sudah remaja...apa masih mungkinkah bulu sayap itu tumbuh dok..soalnya udah 1 bulan saya pelihara tdk ada tanda2 timbuh bulu sayap tsb..mohon bantu info dok..saya kasihan celepuk saya namanya Bubu..

    ReplyDelete
  12. Dok saya punya celepuk di kasih teman..tp bulu sayapnya ngak ada..sehingga dia ngak bisa terbang..usia celepuk sudah remaja...apa masih mungkinkah bulu sayap itu tumbuh dok..soalnya udah 1 bulan saya pelihara tdk ada tanda2 timbuh bulu sayap tsb..mohon bantu info dok..saya kasihan celepuk saya namanya Bubu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, masih bisa tumbuh lagi. agak lama emang, tapi pasti bisa kok.... apalagi masih remaja celepuknya... :)

      Delete
  13. Mlm dokter... Sehubungan dengan burung hantu mabung apakah ada vitamin ato suplemen khusus utk menjaga kondisi burung?
    Bagaimana dgn minyak ikan? Dan apakah lama masa mabung utk smua owl sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau, dikasih vitahawk aja mas.
      minyak ikan juga boleh diberikan, namun jangan terlalu sering. kalau kebanyakan malah bisa bikin lumpuh...

      kasih saya kabar.

      Delete
  14. Baik dokter. Utk vitahawk sudah rutin 3x seminggu bahkan sebelum mabung..
    Selama mabung brp dosis minyak ikan yg aman utk diberikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 minggu sekali aja.
      kabari saya terus ya mas... keep contact.. :)

      Delete
    2. Oh masih dalam interval yg sama dgn pd masa normal ya.. Slama ini sesuai dgn petunjuk dokter saya beri tiap 2 mggu skali... Tp pas mulai mabung saya stop minyak ikannya.
      Baik saya akan trus kabari.. Oh iy owl saya strix seloputo.. Dgn mabung ini brarti br mau pindah dr brancher akhir ke juve awal.. Oh iy makannya jg masih lancar bahkan lahap wlw porsi lb sedikit..

      Delete
    3. hati2 sekarang lagi pancaroba. banyak owl sakit.
      errol aja lagi sakit sekarang. kecapean kayaknya. kemaren malem cari makan sampe subuh, padahal dah dibilang sekarang2 ini jangan cari makan diluar dulu... :(

      Delete
    4. Sakit apa dok?
      iya dok lagi banyak hujan dan angin...
      kalo untuk seduhan jamu tradisional spt jahe temulawak atau yang lain, rekomen tidak dok untuk diberikan? supaya badan hangat maksudnya

      Delete
    5. gak sekalian aja mas burungnya dikerok? atau kasih balsam dulu baru dikerok, huehehe...

      gak mas. jangan pakai jahe dll. kalau mau, baca artikel saya cara mengobati perkutut yang ngorok. karena sama aja secara prinsip

      Delete
    6. Malah skalian mau di kop dok heehhehehehehehe

      Okok saya akan baca artikelnya... Ud lama kangen artikel baru dokter fira soal burhan nih... Lagi sibuk tampaknya dokter...
      Oh iy strix saya mabung nya bagian kaki sudah mulai tumbuh bulu lagi tp sepertiny mulai di atas kepala...

      Satu lagi yg saya amati, seloputo sepertinya punya kebiasaan untuk berbaring kyk ayam bertelur begitu saat tidur... Seloputo punya tmn saya sama spt itu... Juga dr foto seloputo yg saya dpt dari taman burung di singapore

      Delete
    7. iya sibuk bgt akhir2 ini. makanya belum sempet posting lagi. artikel sih numpuk, cuma belum di edit ama tim. mereka juga sedang sibuk...

      intinya selama fesesnya ada 3 elemen (hitam, bening, dan putih, bagian hitam lebih besar) dan dia masih mau makan, kayaknya masih bisa dikatakan sehat....

      pernah kasih bayi tikus mas? coba sesekali kasih.. :)

      sehat terus buat owlnya.. :)

      Delete
  15. Selamat malam dok.

    Saya mau tanya si barnie kan lagi baru numbuh bulu jarum dok.dia sering garuk bagian tubuhnya dengan paruh nya.apakah barnie yang lagi mabung boleh saya mandikan dengan cara di semprot dan shampoo burung?dan makan sih lahap banget dok rakus malah. Sehari 4tiput. 2 pagi dan 2 malam.tapi feses nya ada yang normal dan ada yang mencret.apakah si barnie baik2 saja atau memang karna lagi mabung?mata seger dok tapi sayap trrkulai.
    Mohon saran nya dok

    ReplyDelete
  16. halo dok... saya baru membeli BO brancher tengah dan saya beri nama Dory terinspirasi dari film finding dory :D... jadi dari comment yg saya buat ini BO saya baru 3 hari berada dirumah sayaa, saya beli dari Malang dan dikirim dari malang ke bali jadi total perjalanan selamaa 14 jam, alhasil dory stress berat karena perjalanan dari baru sampai saya pindahkan ke kardus TV untuk karantina belum juga mau makan... tapi setelah 10 jam dari dory baru sampai dia sudah mulai ribut saya coba pelan2 dekati tapi masih takut karena blm beradaptasi mungkin saya taruh potongan daging sapi segar di dekat kakinya terus saya tinggal kurang lebih 30 menit terus saya cek lagi ternyata g di makan... akhirnya saya coba suapin dan langsung di sambar dan rakus makanya.. dari sana sudah sedikit tenang saya karena dory udah mau makan :D... dan sampai hari ketiga nafsu makan masih normal cuma saya belum kasi pakan hidup karena belum sempat beli...
    nah yg mau saya tanyakan dok di hari kedua saya lihat di bagian perutnya bulunya habis (gundul) apa itu normal untuk BO yg akan ganti bulu (peralihan dari bulu kapas ke permanent) ?? taakutnya karena penyakit yg bikin gundul bulunya di bagian perutnya... tapi di bagian saya sudah mulai tergantikan dengan bulu2 permanent itu... satu lagi dok maaf jadi kepanjangan... dory kalau siang hari setiap didekati selalu mendesis takut tapi setiap saya kasi makan setelah sambaran pertama dia malah jinak sama saya terutama malam hari klu pas kasi makan pas malam mau saya elus2 gmna dia g berontak karena masih takut2 itu saya masih taruh dalam kardus...jadi tandanya BO sudah selesai pada masa karantina seperti apaa dok??? maaf jadi cerita panjang lebar..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng mas menjelaskan secara rinci. terima kasih banyak.
      sebenernya, mas hanya tinggal mengecek artikel saya parameter kesehatan burung hantu. coba baca artikel tersebut. kalau parameter kesehatan burung hantu di artikel itu ada semua di burung hantu mas, saya kira dia masih sehat...

      soal bulunya, selama dia masih sehat, saya kira nantinya akan tumbuh sendiri. coba baca aja artikel cara merawat burung hantu mabung...

      dan untuk jaga2, coba mas beli super-n. itu suplemen buat kesehatan dan daya tahan tubuh burung hantu. jaga juga pola makan dan kebersihan makanannya... :)

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Dok,, kenapa ya partner saya broed belum mabung? umurnya sudah satu tahun (strix selo) kasian bulunya patah :( normal atau kelainan.. Takut 😢😢

    ReplyDelete
  19. Dok kenapa ya partner saya belum mabung? Umurnya sudah satu thun (selo) saypnya bada yng patah.. Takut kelainan 😢

    ReplyDelete
  20. Dok kenapa ya partner saya belum mabung? Umurnya sudah satu thun (selo) saypnya bada yng patah.. Takut kelainan 😢

    ReplyDelete
  21. Dok mau nnya kalo lgi mabung ditempatkan dibawah atap gk papa?saya tkt berantem ama kucing liar

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ruangannya jangan terlalu panas dan usahakan jangan ada suara2 mengagetkan... :)

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Dok BO saya peralihan dari branchr ke juve awal tapi bulunya bolong bolong,hampir di semua bulu primer dan bulu ekor, seperti sobek dok,di pangkal bulunya juga ada bulu yang gak sempurna tumbuhnya toling diberi penjelasan dan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas kasih gambarnya? coba foto, upload fotonya ke postimage.org, terus linknya kasih kemari...

      dia suka garuk2 badannya? saya tunggu kabarnya...

      Delete
  24. Ass dok...
    Klo mabung mandi'a gmna??
    Skrang WM sya tnggalin jd sy full crop tiap hri p gpp dok?
    Parner sy jnis CHE
    Kt tmen hrus bnyk msukan nutrisi, p benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi mabung, gak usah dimandiin dulu.
      nanti aja selesai mabung.

      iya. pas mabung harus cukup nutrisi. maksudnya, jangan sampe telat kasih makan dan harus teratur. bisa kasih super-n biar daya tahan tubuh BOP-nya bagus... setetes aja setiap hari...

      Delete
  25. Klo jemur'a gmna dok apa d hentin jga, super-n beli d apotek taw d toko pakan hewan dok?
    Trs sy bca d ats bop'a g bleh sring d elus brrti aktifitas normal'a d hentin dong dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. super-n bisa beli di toko makanan burung.
      iya, jangan diapa-apain dulu kalau owlnya lagi mabung. cukup diamkan aja.

      kalo jemur, masih boleh. asalkan jangan lama2.

      sekarang gimana owlnya, mas?

      Delete
  26. Dok saya punya Buffy lagi moulting kira2 berapa lama ya Dan kalo aku kasih minyak ikan gapapa ta makasih dok

    ReplyDelete
  27. Dok saya punya Buffy lagi moulting kira2 berapa lama ya Dan kalo aku kasih minyak ikan gapapa ta makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dikasih, tapi cukup seminggu sekali aja. jangan keseringan.

      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  28. Dok saya mo tanya kenapa Buffy saya sering tidur dan malas makan kondisix sekarag lg moulting. Jdi biasa saya suapkan makanan baru dia telan. Apa yang harus sya lakukan agar kondisix prima sperti semula. Krn awalnya tiap hari dia berisik jdi tiba" diam dan tidur trus sepi rasax rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi moulting emang gitu. biarin aja.
      tetep kasih makan, dan kalau mau, mas bisa kasih super-n, beli di toko makanan burung, kasih setetes setiap hari dengan cara diteteskan langsung ke mulutnya...

      Delete
    2. Ooh gtu normal ea dok kirain aku sakit krn maux tdur truss trtutup matax.. iya dok nanti qu coba kasi super N
      tpi makanx slalu qu suap dok krn klo qu sodorkan makanan cma digigit trus djatuhin gg mau dtelan.. kaya lemes gtu

      Delete
  29. Fesses nya dominan coklat tua dok apa bkan gangguan pencernaannya ea dokter
    trus cara mengobatix gmana dokter ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kasih super-n dulu.
      sama kebersihan makanannya dijaga. mas yakin makanannya bebas bahan kimia? mungkin ada formalinnya?

      Delete
  30. Dulu pernah sakit dok hampir mati grgr saya kasi ikan laut nah tu ikan saya beli di mas" curiga saya ada pengawetx tp smpat sya kasi amoxilin kondisix kembali prima lgi stelah itu slama in saya kasi puyuh dan ayam Doc bu dokter. Apa mngkin pengaruh penyakit yg dlu kambuh lgi..
    iya saya sdah ikutin saran bu dokter kasi Super N stetes sehari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di kasi tetra Clor aman tdak dokter...

      Delete
    2. jangan dulu. sementara ini selama 3 hari ke depan, kasih super-n aja dlu mas. :)

      kabari terus. :)

      Delete
    3. Kalo untuk pakanx dokter apa bagus saya brikan.. ??? Kondisi sat in krn biasa klo qu suap dimuntahin truss

      Delete
    4. Kalo untuk pakanx dokter apa bagus saya brikan.. ??? Kondisi sat in krn biasa klo qu suap dimuntahin truss

      Delete
    5. bagusnya daging, baik daging sapi fresh (bukan bekuan), cacah2 kecil2 biar dia gampang makannya....

      Delete
    6. Kondisix sekarag sdah lamayan dok bisa loncat" di tangkringan cma masih belum mau makan jd masih qu suapin. Cuma bulu rusak nya banyak rontok apa itu normal bu dokter ??

      Delete
    7. kalau makan masih disuapin, sementara kasih aja makan dengan cara begitu. sekalian biar dia imprint dan bonding sama masnya.

      bulu banyak yang rontok mungkin karena pengaruh mabung. gak apa2.

      udah dikasih super-n, mas? :)

      Delete
    8. Oh iyye dok cma kaget aja krn bnyak blu rontok takutx ad pngaruh lain. Iya dok sya ikutin kok saran dokter kasi super N tiap hari.. makasih dok..

      Delete
    9. sip. kabari terus mengenai owlnya.
      kalau emang makannya dikit, ditambah lagi aja waktu makannya... misalnya 3 kali sehari, bisa ditambah jadi 4 kali sehari... :)

      Delete
  31. thanks kakak dokter Bisa membantu buat buffy saya yg lagi molting salam buat erol dan padma dari popo 😄

    /• satu lagi kak kalo buffy di kawinkan sama Sumatranus bisa netas ga ya telur nya #Respown

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja di ruangan kosong, kasih makan rutin, jangan diajak main dulu, sama rutin kasih super-n...

      kayaknya sih gak bisa deh mas. beda family. CMIIW...

      Delete
  32. Siang dok,dok saya mau nanya,barn owl sya lagi masa mabung,lalu dy kok mulutnya selalu buka tutup mulu ya dok?sperti sedang mengecap,tenggorokan naik turun,lalu mata terbuka sdikit,seperti kehausan,tpi sudah sya beri minum,mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepanasan kali mas?
      cek ruangannya, pengap dan panas nggak?

      burung/ayam biasanya akan begitu kalo kepanasan. pindahin aja ke ruangan lain, tapi jangan dipegang badannya. sodorin aja tangan mas ke kakinya biar dia menclok di situ, terus mas pindahin ke ruangan lain. takutnya kalau badannya mas pegang, dia kesakitan karena lagi mabung...

      Delete
  33. Siang dok,dok saya mau nanya,barn owl sya lagi masa mabung,lalu dy kok mulutnya selalu buka tutup mulu ya dok?sperti sedang mengecap,tenggorokan naik turun,lalu mata terbuka sdikit,seperti kehausan,tpi sudah sya beri minum,mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
  34. Hallo dokter fira,zorro pagi.ini.udh bisa terbang pendek. Tapi nafsu makannya menurun dok,biasa saya kasih puyuh udh dsiangi,mencit tnp kepala,dan ayam pasar. Td pagi pupnya coklat,cm agak kecampur dok. Tp pup2 slanjutnya normal 3 elemen(coklat tua,putih,bening). Apa zorro sdg mabung ya dok? Tanda2 fisik mabung itu apa? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi. bulunya banyak yang lepas, nggak?
      kalau emang mas yakin mabung,. mending jangan dipegang aja dulu. cukup kasih makan rutin, kasih super n, makanannya mas cacah halus dulu.
      untuk fesesnya, observasi aja dulu mas... :)

      Delete
  35. Bkn bulunya sih dok yg rontok,tp itu,prgantian bulkap ke bulu jarum,sm pmbungkus2 buljarumnya itu,kyk kulit mati manusia gitu bentuknya dok,apa mgkn zorro bersin krn itu ya? Saya jg ga yakin dia mabung sih,hihi,soalnya blm brancher akhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending observasi aja dulu, mas. sampe seminggu ke depan. :)

      buat jaga2, jangan dipegang2 dulu...

      Delete
  36. Salam dok, burung hantu saya usianya sudah masuk 6 bulan, tapi kenapa sampai sekarang belum juga molting ya dok ? Apa itu normal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. moulting, tapi mungkin mas nggak ngeh aja....
      coba pikir2: pernah nggak burung hantu mas mendadak jadi galak dan nafsu makannya tiba2 berkurang, tapi cuma beberapa hari doang... setelah itu normal lagi... pernah nggak kayak gitu?

      Delete
    2. Iya pernah dok, dan ternyata ada beberapa bulu dewasa yang tumbuh.
      BTW, sekarang si celepuk (nowel) lagi terserang frounce, sedih lihatnya, sampai sulit berdiri, kepalanya sering dijentik2an dan lesu terus,awalnya saya pikir nowel kena tetelo, tapi setelah saya baca artikel dokter, saya melihat ada flek putih di dalam mulutnya. Saya sudah ikuti anjuran dokter, saya berikan metronidazol yang dilarutkan, saya juga memberikan madu. Sudah 2 hari ini nowel sulit makan, maka dari itu saya kasih dia bubur tim instan (ayam&sayur bayam) yang langsung saya injek ke mulutnya. Yang mau saya tanyakan, Apa baik nowel makan bubur tim dok, atau ada saran untuk makanannya?

      Delete
    3. jangan dikasih bubur tim, hiks....
      kasih super-n juga mas. kasih setetes pagi, dan setetes sore.

      untuk makanannya, denger baik2. kasih daging emprit yang masih fresh yang dicacah halus. harus yang dicacah halus ya mas. biar dia gampang cernanya.

      kalau emang susah, coba aja pake ulat hongkong. dicacah halus juga hidup2. yang penting usahakan dia tetep makan.

      Delete
    4. Dok, nowel sudah berpulang, rupanya sudah terlanjur parah frounce nya.

      Delete
    5. :(
      buat pelajaran aja ke depannya, mas.... saya ikut sedih...

      Delete
  37. Dok bwk mabung berapa lama?
    Terus kalo mabung dalam 1 tahun berapa kali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel terbaru saya tentang mabung... :)
      kalo gak salah judulnya semua tentang mabung pada burung

      Delete
  38. Dok Obay BC akhir. Bulu kapas nya rontok apa itu mabung?

    Kl bangun tidur jg saya ada bulu kecil2 di kasur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa jadi. tergantung sih, biasanya mabung disertai dengan berkurangnya jumlah bulu secara drastis, disertai dengan burung mendadak galak dan nafsu makan berkurang. coba mas cek artikel semua tentang mabung pada burung hantu... :)

      Delete
    2. Stlh dibaca2 dr artikel semua burung mabung. Kayanya obay saya bukan dlm kondisi mabung dok. Soalnya cuma bulu kapasnya aja lepas smw ga nyampe 1 minggu. Dan blm bs terbang skrg jga.

      Cm kaya ada lapisan plastik rontok dok.kaya cock(badminton/bulu tangkis) kl bulu nya di patahin gt. Itu apa ya dok?

      Delete
    3. nggak apa2. biarin aja mas. :)

      nafsu makan gimana? turun? kasih super-n aja mas... :)

      Delete
    4. Nafsu makan normal dok. Fases normal dok. Super N tiap hari 1 tetes.

      Cm jarang bunyi dok. Kl dl magrib dan tengah malam bunyi dok. Suara nya mengecil dan tidak panjang dok. Knp itu dok?

      #Burung hantu saya Obay dok

      Delete
    5. nggak apa2. yang penting fesesnya 3 elemen sesuai dengan artikel parameter kesehatan burung hantu...

      dan nafsu makannya masih bagus...

      Delete
  39. Dwi jayanto has left a new comment on the post "Cara Memelihara Snowy Owl":

    Permisi dok, saya punya owl buffy. Dan sekarang dia sedang sakit, sayap bagian kanan turun dok. Saya priksain keklinik hanya dikasih vitamin saja, disayap yang turun tidak ada tanda memar ataupun patah. Namun bulunya banyak yang patah dok

    Napsu makannya tidak mau menelan makanan besar, dan sangat sensitif jika didekati. Saya takutnya berujung kematian sama sayapnya engga kembali semula 😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk fesesnya gimana mas? apakah elemen fesesnya masih 3 elemen, sesuai dengan artikel parameter kesehatan burung hantu?

      umur buffynya berapa? dan biasa mas kasih makan apa?

      biasa dikasih suplemen apa?

      saya takutnya sih dia kurang kalsium. coba mas kasih aja pingkies (bayi tikus yang masih merah), taro deket dia, terus tinggal... jangan diliatin...

      nantinya dia dapet asupan kalsium dari pingkies...

      Delete
  40. Kalau dari fase normal dok,saya tidak tau umur dia, sedangkan saya sendiri baru adop 7 bulan dok
    Paling saya kasih minyak ikan, itupun jarang
    Saya biasa pake puyuh dewasa dok, namun semenjak dia sakit saya kasih puyuh yang baru menetas karna ngasih makannya harus dicincang kecil saat ini, soalnya kalo tidak dicincang dia tidak mau makan dok
    Selain tikus apa tidak ada lagi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sering2 kasih minyak ikan ya mas... :)
      atau mungkin mas bisa stop dulu minyak ikannya...

      kasih super-n setetes setiap hari....

      sementara observasi aja dulu. dan saya tunggu kabarnya.

      Delete
  41. Berarti beralih ke suplemen super n ya dok?

    Siap dok 😇

    ReplyDelete
  42. Dok mau tanya saya Punya Buffy fish yg bernama BONG,, skrng sedang rontok bulu nya,, apa boleh di mandikan di saat bulu si BONg sedang rontok,, terima kasih sebelumnya dan tolong sarannya dok

    ReplyDelete
  43. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.