Ciri Musang Sehat | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

ciri musang yang sehat

bila dilihat secara fisik. Artikel ciri musang yang sehat ini diharapkan bisa membantu calon owner musang sebelum membeli musang yang akan dipelihara.
Apa saja ciri musang yang sehat? Berikut adalah beberapa tips cara mengenali musang yang sehat yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri serta beberapa pengalaman sahabat penggemar musang.
ciri musang sehat
Image taken from yuzarseo.com

  • Ciri musang yang sehat yang pertama adalah aktif bergerak.
  • Musang yang sehat biasanya aktif bergerak, terutama pada malam hari. Musang yang terlihat lemas serta tidak bertenaga merupakan tanda awal bahwa musang tersebut dehidrasi atau kehausan.
  • Musang yang sehat tidak memiliki air liur yang berlebihan di mulutnya.
  • Perlu diperhatikan bahwa musang yang sehat tidak memiliki air liur yang menetes dari mulutnya. Air liur yang keluar secara berlebihan dari mulut musang bisa menjadi indikasi penyakit yang lebih serius pada musang seperti rabies dan lain sebagainya.
  • Musang yang sehat bermata jernih serta tidak keruh.
  • Perlu penulis ingatkan bahwa penyakit katarak juga bisa terjadi pada musang. Tanda musang yang terkena katarak antara lain bola mata yang berwarna keputihan atau keruh. Cara mengobati katarak pada musang antara lain dengan membatasi asupan protein kepada musang. Berikan hanya buah-buahan kepada musang yang terkena katarak.
  • Musang yang sehat tidak pincang atau lumpuh.
  • Ciri musang yang sehat selanjutnya adalah memiliki kaki yang kuat serta tidak pincang. Musang yang pincang kakinya mengindikasikan bahwa musang tersebut kekurangan kalsium atau terkena terkilir. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang cara mengobati kaki musang yang pincang dengan membaca artikel cara mengobati kaki musang yang pincang.
Demikian adalah cara mengenali musang yang sehat. Semoga artikel singkat diatas bisa menjadi acuan anda dalam mengenali

ciri musang yang sehat

. Saran, kritik, serta komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

58 Responses to "Ciri Musang Sehat"

  1. Dear Bu Dokter,

    Bu, musang saya kan kemarin kalo jalan kepalanya diseret-seret,
    trus kata teman, ada yang bilang kurang matahari,
    karena musang saya dilepas di dalam rumah, jadi tidak dikandang.
    trus saya taruh kandang, dan saya taruh diluar, dijemur di sinar matahari.
    trus, dia tidur dikandangnya, pas siangnya diambil, ternyata dia udah ngeluarin liur yang berbusa banyak bangeeettt..

    tapi setelah itu tiba-tiba musangnya jadi kelihatan sehat banget, jadi aktif dan kalo jalan kepalanya sudah tidak diseret-seret..

    kira2 kenapa ya dok, kok tiba2 dia ngeluarin liur yang berbusa banyak banget?

    Makasih dok sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya masih anakan? :)
      mas bisa baca artkel saya cara mengobati musang yang berjalan mundur.

      Delete
  2. Dok mau tanya kalo ada benjolan di bawah mulut musang itu knapa ya dok?

    ReplyDelete
  3. Trus semenjak ada benjolan itu musang saya sering strike ke orang lain dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas cek fesesnya gimana bentuknya. baca juga artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya....

      makannya gimana mas? saran saya, jangan dikasih daging2an. kasih buah2an aja selama 2 minggu.

      Delete
  4. Baru seminggu ini dia ada benjolan , bentuk fesesnya sama aja warnanya juga sama kyak makanannya, saya kasih makan pisang dan kadang kadang pepaya

    ReplyDelete
  5. Kata temen saya musangnya juga pernah kaya gitu trus sama dia kalo di biarin aja lama lama benjolannya nambah gede dan akhirnya ngeluarin darah dan korengan , jdi gmana solusinya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini jangan dikasih daging2an. cukup kasih pisang dan pepaya saja.
      sering2 kasih minum. jangan dikasih madu/gula air minumnya, kasih air mineral aja. lakukan selama 4 hari, lalu laporkan kembali ke saya ya mas... :)

      Delete
  6. Dok, musang sy knpa yah lemas trus nafsu makan berkurang... jd musang sy kurus dan ky ngga ad tenaganya... padahal makanannya bubur sun yg pisang sama susu sgm llm+. Musang sy msh baby umur 1 bulan lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya memang kalau musang umur segitu jangan diadopt dulu. musang umur segitu masih sangat butuh susu dari induknya...
      tapi kalau memang udah diadopsi ya gak apa2. mas kasih makannya dengan cara apa? disepet? coba kasih scott emulsion satu sendok teh tiap minggu. sekali seminggu saja, jangan lebih. dicampur ke makanannya...
      maaf baru dibales, saya habis sakit kemaren..

      Delete
  7. Dok musang saya kok lemas ya? Nafsu makan sama minum juga berkurang. Tapi bentuk fesesnya normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fesesnya normal, coba mas kasih madu di air minumnya. :)

      Delete
  8. Permisi dr, saya mau tanya... dok ko mata musang saya akhir2 ini keluar seperti menangis kenapa yah dok...

    ReplyDelete
  9. Keluar air gitu dok maksud saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi kandang bersih? gak banyak debu di sekitar kandangnya?
      nafsu makannya bagus mas? cek juga fesesnya, coba kasih tau saya warnanya apa, apakah sama kayak makanannya.... :)

      Delete
  10. Dok, knp telapak kaki musang sy kering baget dok, bd sm yg temen sy, apakah itu wajar?..

    ReplyDelete
  11. Dok, knp dok muspan sy susah mkan, pdhal sy rutin memberi musang sy scott!.. gmn y dok spya musang sy bisa lahap lg, sekarang keadaan musang sy kurus dok?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seberapa sering dikasih scott? apakah diberikan scott-nya sesuai dengan dosis yang saya tulis di artikel dosis scott emulsion pada musang.

      boleh saya tahu warna dan bentuk fesesnya mas? selama ini dikasih makan apa? :)

      Delete
  12. 1 minggu skali dok, sy kasih scottnya ±1 ml, klo fasesnya sih bagus dok sm ky yg d makan, slama ini d kasih makan pepayA,pisang, sm ceker dok!..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp dok kynya kurang dari 1ml, dan sy ngasihnya itu d paksa dok, soalnya kl d masukin k mkanannya gk suka d makan!...

      Delete
    2. sekarang gimana keadaannya mas? maaf baru saya balas.
      saya baru pulang dinas keluar kota... :)

      gak apa2 dikasih dengan cara dipaksa. namun jangan terlallu dipaksa juga. pegang pelan2 aja mulutnya... :)

      Delete
  13. Dok, klo musang baru buka mata, kira2 umur brapa?..

    ReplyDelete
  14. Selamat Siang Dok.

    Musang saya setiap kumpul dengan keluarga seperti kebingungan belakangan ini, pecicilan gak bisa anteng (diem), dan anehnya sekarang lebih suka ngoklok (seperti anjing dengan mulut terbuka yang bernafas cepat)..
    apakah hal ini normal untuk musang bulan usia 3 bulan.

    dan satu lagi pertanyaan yah dok, hehe
    apakah boleh jika dalam kandangnya saya taruh boneka, karena sering saya liat, musang saya asik sekali menggigiti boneka saat kondisi freeroom.

    berikan saya pencerahan dok, heeheehe
    Terima Kasih,
    Mohon maaf jika banyak pertanyaan dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak pertanyaannya. :)
      kalau saya analisa sih musangnya masih belum terbiasa sama manusia. justru bagus. mas harus lebih sering lagi menempatkan dia di keramaian. kalau mau, taruh kandangnya di tempat yang sering dilalui orang. kalau dulu si bruno saya taruh di pinggir jalan (rumah saya di pinggir jalan raya)..... :)

      boleh aja di dalam kandang kasih boneka. gak masalah.. :)

      Delete
  15. Dok saya dapet musang umur nya sekitar 7 bulan lebih ,udah saya rawat sebulan lebih tapi masih galak .gimana cara nya dok biar gk galak lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara menjinakkan musang.
      kalau hanya sebulan, kurang lama mas. tergantung karakter musangnya juga...

      Delete
  16. Dok kenapa ya musang saya umur 5 bulan kapalanya selalu nunduk serta badanya sangat kurus dan gak mau makan , jadi terpaksa saya spet bursun. Kebrsihan kandang juga selalu terjaga, tolong jawab secepatnya dok . Kasihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? bentuk dan warnanya..
      mas bisa baca artikel saya cara mengobati musang yang berjalan mundur. cari di bagian cari artikel

      Delete
  17. Kemarin malam sempet dikasih amolisin sama saudara saya dan gak lama dia muntah n pup sebesar 1 buah keres kecil , untungnya tadi pagi mau makan pisang potong secuil , tapi sekarang masih lemas

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu.
      coba mas baca artikel saya cara mengobati musang keracunan secara alami. untuk makanannya, kasih buah aja. pepaya atau pisang yang dijus...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. Mau tanya, musang saya umur 1,5 bln matanya selalu ada belek nya, apakah oru katarak gimana cara mengobati katarak.
    Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang...

      Delete
  19. dok saya mau tanya, tadi kan saya ksih hati ayam ke musang saya trus selang 2 jam badan dia kaya lemes trus mulut nya mangap2 trus itu kira2 knapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati ayam rebus atau mentah?

      sekarang gimana keadaanya? coba cek fesesnya. kasih tau saya ya mas. cek juga artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
  20. dok saya mau tanya, tadi kan saya ksih hati ayam ke musang saya trus selang 2 jam badan dia kaya lemes trus mulut nya mangap2 trus itu kira - kira knapa ya?

    ReplyDelete
  21. Bu dokter... Musang saya usianya sekitar 3 bulan saya mau tanya apakah mata musang yg masih umur segitu matanya berwarna putih? apakah musang saya katarak atau mengalami kebutaan?? Makasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. musang umur 3 bulan matanya gak putih, mas.
      silakan mas baca artikel saya cara mengobati katarak pada musang.

      kalau boleh, saya minta fotonya mas. ganti aja foto profil mas pakai foto mata musangnya.... saya tunggu...

      jangan lupa baca artikel yang saya sarankan

      Delete
  22. dok knapa ya telapak kaki musang saya kaya basah/keringetan, apa itu normal dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama nafsu makannya bagus dan fesesnya normal, bisa dikatakan masih sehat... :)

      Delete
  23. Siang dok. Saya punya musang kurang lebih 2-3 bulan tapi dia kok males gerak ya padahal makannya lahap sama kotorannya padat apa itu normal ada tips gak gimana cara agar musang saya aktif lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal.
      musang kan emang hewan nocturnal, aktif di malam hari.
      coba ajak main aja biar dia lebih aktif dan lebih dekat sama mas.... dan coba selama 3 hari, observasi aja fesesnya.... :)

      kabari saya kalau ada apa2 ya mas...

      Delete
  24. Dok saya mau tanya. Musang sy umurnya kurg lbh 2,5 bulan. 3 harian ini tampak tdk sehat. Mkn kurg, bdan lemas, trakhir smpat kejang smpe pipis dan baunya nusuk. Kira2 musang sy skit apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa mas? mencret gak fesesnya?
      coba kasih ramuan kesehatan untuk musang, baca artikel ramuan kesehatan untuk musang.

      Delete
  25. Hi dok...sy pnya musang si chiko umur kira2 3bln matax wrn hijau kebiru2an meski ga kena cahaya,apa ni katarak ya dok??ni musang anak sy beli tp ga diurus selama 2bulan jd hairloss smpe dada dan bagian kakix botak doc,dan tmn sy nyaranin kasi scot emulsion dan mnyak kemiri dan brp hari ni da terliat ada bulu2 tumbuh dibagian dadax...apa musang sy ni sakit parah ya dok??tlg pencerahanx...thank dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak.
      warna mata musang yang biru atau hijau, normal kok. jadi bukan katarak. coba baca artikel saya apakah musang bermata hijau susah jinak... :)

      cara mengetahui kesehatan musang bisa diliat dari fesesnya. musang yang fesesnya berbau busuk dan cair biasanya sakit, sementara musang yang warna fesesnya sama dengan makanan yang dimakannya, adalah musang sehat. kalau menurut saya, musang mbak sehat. cuma bagian bulunya aja. kasih aja minyak kemiri seminggu sekali, dan jaga kebersihan musangnya... bagusnya, tiap minggu mbak mandiin musangnya, terus abis mandi dikasih minyak kemiri, abis itu dilap hingga kering, dan angin2kan musangnya di ruangan terbuka... :)

      Delete
  26. Hi doc...matax hijau doc tp kadang agak biru gtu,sy kira katarak doc tp alhamdulillah klo bkn,dan fesesx normal sprti wrna mkanan yg dimakan...cm bulux smakin rontok doc kasian bgt ngeliatx apa lg dsmping kuping ama kakix bulu2x begumpal trus rontokan...skrng ni sy kasi mandi tiap 3hari sy kasi minyak kemiri jg dan sy kasi scot emulsion 3drops stiap hari...oia doc jd ni gpp kan ya dikasi makan bubur sun?soalx lo makan pisang aja bdanx kurus doc...nah klo siang maemx sy kasi sun disuapin gtu trus mlemx sy kasi pisang yg diptong kecil2...kira2 bulux bs numbuh lg ga ya doc?? Makasih bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah bisa terus dikasih, minimal seminggu sekali kasih buah. minyak kemiri bisa terus diberikan. bisa kok, bisa tumbuh lagi bulunya... :)

      Delete
  27. Pagi doc...makasih ya saran dan replyx..
    Oia hr ni sya bru adopt si mochie dan matax blum melek..beli susu sgm tuk umur 0-6 tp lupa bkn yg non lactose...apa gpp ya doc??oia sy mau tnya cara pemberian minyak ikan buat si chiko gmna carax ya doc??ktx minyak ikan bgus buat tmbuh bulux...skali lg makasih doc...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dosis minyak ikan untuk musang udah ada artikelnya. silakan baca aja dulu artikelnya...

      jangan dikasih susu, karena malah memberatkan sistem cerna musangnya. kasih air mineral campur sari kurma aja, lebih menyehatkan.

      mbak yakin mau pelihara musang yang masih bayi banget? agak repot loh. soalnya mbak harus kasih makan dia dengan cara disuapi pakai suntikan....

      coba baca artikel saya cara memelihara bayi musang yang masih merem...

      Delete
  28. Hi doc...uda terlanjur beli..hrusx sy nunggu smpe melek aj x yaa...oia doc kasi mnum susux brp x shari ya?ada yg blg tiap 3jam gtu...tp mochiex susah bgt mnum susux mlh bo2 trus kdang ga ditelanx gtu...gmna ya doc??sy khawatir ga sukses ni mlihara yg bayi gini...makasih doc replyx..

    ReplyDelete
  29. Dok saya baru punya musang, tpi kok musang saya ga mau makan ya dok. Maunya cuma minum susu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      masih anakan ya?

      coba kasih makan bubur bayi.
      jangan dikasih susu, suka gak cocok buat sistem cernanya...

      Delete
  30. Dok musang saya masih bayi umur kurleb 2bulan dan masih ngedot. Dilehernya ada benjolan lumayan gede kira2 itu apa ya dok? Bahaya apa tidak? Gimana cara mengatasinya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2? bisa kirim gambarnya kemari, mbak?
      bagusnya sih mending segera bawa ke dokter hewan.
      atau kalau nggak, gini aja: jangan dikasih makanan lain selain buah2an. pisang atau pepaya. karena kalo dikasih makanan lain, bisa tambah gede bengkak atau benjolannya. kasih buah aja selama seminggu ke depan.

      sambil di observasi. kalau dalam seminggu ke depan bengkaknya tambah gede, baru bawa ke dokter hewan.

      ngerti kan mbak? jangan dikasih makanan lain selain buah. karena kemaren juga ada kasus kayak gitu. udah saya kasih tau kasih buah aja sebagai makanannya, tapi dia ngeyel kasih bubur bayi juga. pas mati, malah nyalahin saya. :(

      kabari terus.

      oh ya, coba kasih amoxicillin. ada artikel dosis amoxicillin untuk hewan. baca dulu artikelnya, terus praktekkan. :)

      Delete
  31. Dok,mao nanya nih....musang saya klo dr pg smp sore matanya normal,tapi klo mlm berubah agak ada putihnya.apakah itu disebut katarak....?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.