Kenapa Saya Tidak Setuju Dengan Sosialisasi Musang? | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa jenis hewan yang pernah saya pelihara. Memelihara musang, memelihara ferret, memelihara sulcata, memelihara ballphyton, memelihara kura-kura emys, dan hewan lainnya pernah saya lakukan berkenaan dengan kebiasaan keluarga saya yang hobi memelihara hewan. Saya mengikuti grup-grup pecinta hewan juga di facebook. Namun ada hal yang tidak pernah saya lakukan berkenaan kegiatan grup pecinta hewan di facebook, yaitu mengikuti kegiatan sosialisasi. Saya memang tidak begitu menyukai kegiatan sosialisasi hewan, namun saya menghormati sahabat-sahabat saya yang masih melakukan kegiatan sosialisasi hewan.
Kenapa Saya Tidak Setuju Dengan Sosialisasi Musang?
Image taken from kaskus.co.id
Ada beberapa alasan kenapa saya tidak berminat mengikuti

kegiatan sosialisasi musang

yang sering diadakan grup-grup pecinta hewan di kota masing-masing, dan sosialisasi musang adalah salahsatunya. Alasan kenapa saya tidak setuju dengan kegiatan sosialisasi musang adalah sebagai berikut:
  • Kegiatan sosialisasi musang lebih condong ke acara "pamer binatang peliharaan" daripada acara edukasi ke masyarakat.
  • Ini adalah alasan pertama kenapa saya tidak setuju dengan kegiatan sosialisasi musang. Saya melihat bahwa kegiatan sosialisasi musang lebih ke arah pamer binatang peliharaan daripada edukasi ke masyarakat. Lebih parahnya lagi, banyak diantara anggota pemula di grup tersebut yang terkesan "sok tahu" tentang cara memelihara musang. Tentu saja, tidak semua grup seperti itu. Beberapa grup yang masih menekankan edukasi ke masyarakat tentang peran musang di alam, dan saya amat respek dengan grup tersebut.
  • Sosialisasi musang akan membuat musang makin diburu di alam.
  • Alasan kedua kenapa saya tidak setuju dengan kegiatan sosialisasi musang adalah karena sosialisasi musang akan membuat masyarakat makin berminat memelihara musang. Hal itu tentu saja akan membuat permintaan pasar akan musang menjadi meningkat, yang berakibat musang semakin diburu di alam. Dalam beberapa kasus yang terjadi pada musang bulan, musang bulan yang masih bayi atau anakan lebih mahal karena lebih mudah dijinakkan. Hal ini akan membuat perburuan musang bulan meningkat. Beberapa pemburu rela membunuh induk musang bulan dan mengkonsumsi dagingnya serta mengambil bayi atau anak musang bulan tersebut untuk dijual. Praktek perburuan musang bulan ini mirip praktek perburuan orangutan di Kalimantan. Induk orangutan diburu dan dibunuh untuk mengambil anaknya. Anak orangutan yang berhasil ditangkap kemudian dikirim ke Singapura dan Thailand untuk diperdagangkan di pasar gelap hewan peliharaan. Namun, dari 5 anak orangutan yang dikirim, 3 ekor anak orangutan mati di jalan karena suhu tinggi, kelaparan, dan dehidrasi. Sisanya dijual dalam keadaan memprihatinkan.
Ada banyak cara yang bisa kita semua lakukan untuk mencegah perburuan hewan dilindungi. Cara mencegah perburuan hewan dilindungi bisa dilihat di artikel cara mencegah perburuan hewan dilindungi. Dan demikian adalah alasan kenapa saya tidak setuju adanya kegiatan sosialisasi hewan khususnya musang. Pembaca boleh setuju atau tidak itu kembali lagi ke diri masing-masing. Saya tidak memaksakan pendapat kepada siapapun berkenaan tulisan ini. Komentar bisa pembaca tulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

3 Responses to "Kenapa Saya Tidak Setuju Dengan Sosialisasi Musang?"

  1. Bener banget dok saya di sini baru gabung di salahsatu komunitas pecinta musang, dan banyak yang pamer tanpa berbagi ilmu makanya kadang mau ikut malas, tapi kalo ga ikut jadi kurang pengalaman dan musang q ga ketemu teman" nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak juga kok grup musang yang lebih mengutamakan edukasi, mas. :)
      biasanya yang cuma pamer2 doang, itu yang anggota alay doang, hihihihi..... :D

      Delete
  2. Betul sekali buk dokter. Sy sndri dlu anggota komunitas tp skrg lbh independent dan tdk ikutan2 sosialisasi ny karna lbh byk mudorot ny, mengutamakan pamer pet di banding edukasi nya kpd masyarakat, smakin melenceng jauh dr tjuan sosialisasi itu sndri

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.