Cara Menghasilkan Kopi Luwak Berkualitas Tinggi | Drh. Fira Sovica

Menghasilkan kopi luwak berkualitas tinggi

erat kaitannya dengan memilih jenis musang yang digunakan untuk menghasilkan kopi luwak itu sendiri. Ada beberapa jenis musang penghasil kopi luwak. Beberapa jenis musang yang penghasil kopi luwak berikut adalah jenis musang yang digunakan untuk membuat kopi luwak.
Secara prinsip, semua jenis musang pemakan buah-buahan bisa menjadi penghasil kopi luwak. Musang karnivora atau pemakan daging tidak bisa menghasilkan kopi luwak. Dan berikut adalah beberapa jenis musang penghasil kopi luwak yang bisa menghasilkan kopi luwak berkualitas tinggi:
  1. Musang bulan penghasil kopi luwak.
  2. Musang Bulan Penghasil Kopi Luwak Berkualitas Tinggi
    Sebagai hewan omnivora atau pemakan segalanya, musang bulan bisa digunakan sebagai penghasil kopi luwak. Untuk menghasilkan kopi luwak berkualitas bagus menggunakan musang bulan, musang bulan yang digunakan untuk menghasilkan kopi luwak sebaiknya berumur 10 bulan keatas. Anda bisa memakaikan harness ke musang bulan yang akan digunakan untuk menghasilkan kopi luwak kemudian menuntunnya ke pohon kopi yang sudah berbuah matang. Angkatlah musang bulan anda ke dahan pohon agar musang bulan tersebut bisa langsung memilih dan memakan biji kopi dari pohonnya. Cara menghasilkan kopi luwak berkualitas tinggi dengan cara di atas lebih baik daripada memberikan biji kopi yang sudah dipetik dan memberikannya ke musang yang dikandangi. Untuk menghasilkan kopi luwak berkualitas tinggi, jangan sesekali memberikan biji kopi yang sudah dipetik dan memberikan biji kopi ke musang yang dikandangkan. Cara tersebut tidak efektif menghasilkan kopi luwak berkualitas tinggi karena musang yang dikandangkan akan memakan semua biji kopi yang disodorkan kepadanya, baik itu yang masih mentah ataupun yang sudah matang, sementara membawa musang bulan ke pohon agar si musang bisa memilih sendiri biji kopi yang mau dimakannya hanya akan memilih biji kopi yang benar-benar matang dan tidak memakan biji kopi yang masih mentah. Itulah kenapa biji kopi yang dihasilkan musang bulan dengan cara membawa musang bulan langsung ke pohon kopi untuk memakan bijinya lebih tinggi kualitas kopi luwak dibandingkan dengan menyodorkan biji kopi yang sudah dipetik ke dalam kandang. Anda bisa belajar cara memelihara musang bulan dengan membaca artikel memelihara musang bulan.
  1. Musang pandan penghasil kopi luwak.
  2. Image taken from hamzahprakoso.blogspot.com 
    Meski jarang yang menggunakan musang pandan sebagai penghasil kopi luwak, namun ada beberapa produsen kopi luwak yang tetap menggunakan musang pandan untuk menghasilkan kopi luwak berkualitas tinggi. Aroma kopi luwak yang dihasilkan dari musang pandan memiliki aroma khas yang agak berbau pandan. Dan karena kelangkaan kopi luwak yang dihasilkan dari musang pandan, harga kopi luwak dari musang pandan relatif lebih mahal dibandingkan kopi luwak yang dihasilkan dari musang bulan. Cara menghasilkan kopi luwak berkualitas baik dari musang pandan sama caranya dengan menghasilkan kopi luwak berkualitas baik dari musang bulan, yaitu dengan cara membawanya langsung ke kebun kopi. Biarkan musang pandan anda naik ke pohon kopi dan memakan biji kopi yang disukainya sendiri. Dengan demikian, kualitas kopi yang dihasilkan juga akan lebih baik daripada memberikan biji kopi yang sudah dipetik ke dalam kandang. Anda ingin memelihara musang pandan? Anda bisa membaca cara memelihara musang pandan di artikel cara memelihara musang pandan.
Bagi anda yang sudah follow blog ini lewat facebook atau add blog ini ke google+ blog cara memelihara hewan, tentu anda ingat mengenai postingan saya yang terdahulu tentang hal-hal yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis kopi luwak, yaitu kopi luwak dari indonesia dianggap kurang berkualitas karena dihasilkan dari musang yang ditangkarkan atau bahkan dihasilkan dari musang yang disiksa di dalam kandang.
Namun semuanya kembali ke diri anda kembali, apakah mau tetap menjalankan bisnis kopi luwak atau tidak. Toh diluar sana banyak sekali kisah-kisah sukses petani kopi luwak untuk dijadikan inspirasi sukses anda. Dan kopi luwak indonesia tetap diminati diluar sana, baik pangsa pasar kopi luwak dalam negeri ataupun pangsa pasar kopi luwak luar negeri. Resiko bisnis kopi luwak tetap ada, apalagi

kopi luwak berkualitas tinggi

, namun tanpa resiko tentu anda juga tidak akan bisa tumbuh besar. Resiko dan keberanian mengambil resiko adalah hal yang akan membuat anda "besar". Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Menghasilkan Kopi Luwak Berkualitas Tinggi"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.