Cara Memelihara Kucing Persia | Drh. Fira Sovica

Secara umum,

memelihara kucing persia

sama dengan memelihara kucing jenis lain. Perbedaan memelihara kucing persia dengan memelihara kucing anggora terletak pada perawatan bulunya. Bagi anda yang mau tahu bedanya kucing anggora dan kucing persia, anda bisa membaca artikel bedanya kucing persia dan anggora.
Cara Memelihara Kucing Persia

Seperti yang penulis tekankan dalam artikel perbedaan kucing persia dan kucing anggora, salahsatu perbedaan kucing anggora dan kucing persia terletak pada bulunya. Bulu kucing anggora relatif lebih pendek dan tidak lebih lebat dari kucing persia sehingga masih terlihat bentuk leher dari kucing anggora, tidak seperti kucing persia yang seperti tidak memiliki leher karena bulunya lebat di bagian leher.

Cara memelihara kucing persia

lebih mudah dibandingkan memelihara kucing anggora karena hanya dibutuhkan treatment sederhana untuk merawat bulunya. Treatment standar seperti memandikan kucing persia, menjemur kucing persia, memotong kuku kucing persia, dan menyisir bulu kucing persia masih harus dilakukan dengan intensitas yang biasa saja (tidak terlalu ditekankan, boleh dilakukan boleh tidak). Tidak seperti kucing anggora yang musti dan harus melakukan treatment diatas minimal 2 hari sekali.
Bagi orang yang pemula dalam memelihara kucing, penulis sangat menyarankan memelihara kucing persia terlebih dahulu dibanding langsung memelihara kucing anggora. Dengan kata lain, memelihara kucing persia bisa menjadi ajang latihan memelihara kucing anggora karena dasar memeliharanya sama.
Demikian adalah cara

memelihara kucing persia

. Anda bisa membaca kelanjutan dari artikel ini dengan mengklik artikel perawatan harian kucing persia. Terima kasih. (FS)

25 Responses to "Cara Memelihara Kucing Persia"

  1. Selamat sore dok,
    Dok ko kucing ku gk mengeong selama 3 hari ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek feses/tahinya.
      kemungkinan besar sakit, biasanya karena sakit perut. kalau fesesnya ada perubahan (misalnya tadinya padat sekarang agak mencret dan sebagainya), kemungkinan besar mungkin emang sakit...

      kalau mbak worried, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja... :)

      Delete
  2. Maaf dok mau tanya,cara supaya kucing mau makan DF gmna yah dok,udah pernah saya coba campur WT dengan sedikit DF yg semerek dgn rasa sama tp malah nda mau di makan,soalnya kan kalo makan WF kurang baik buat si mpus,makanya pgn d pindahin pake DF.thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang perlu pembiasaan. bagusnya, awal2 campur aja ke makanan yang lama dengan porsi lebih banyak makanannya yang lama. nah, hari-hari berikutnya, makanan yang lama dikurangi secara bertahap dan makanannya yang baru ditambah secara bertahap... begitu terus hingga akhirnya makanannya yang lama bisa tergantikan secara utuh... :)

      Delete
    2. Iya dok,udah mulai saya campur,tp dia cuman mau kalo DF'a d alusin, baru mpus nya mau makan.

      Delete
    3. dialusin aja kalo gitu. sekarang gimana? ada perkembangan? maaf baru balas, saya lagi sakit.... :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mau tanya dok sya punya kucing persia himalaya.. umurnya +-3bulan.. hari sabtu kmren bru dikasih vaksin 3cat.. mau tnya..kalo obat cacing itu wajib dikasih atau klo kucing cacingan sj ya? lalu klo ada kutu sbaiknya dksh suntikan utk.kutu atau ckup rajin dibedak atau mandi? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kucing saya kutuan pakai minyak telon hilang berikan dititik kuti berada, atau bila bagusnya keaeluruh tubuh.. Maaf dok saya hanya berbagi informasi yg sudah dijalani hehe

      Delete
    2. wah, saya malah seneng masnya bisa share ilmunya... :D

      Delete
  5. Dok saya baru mengadop 2 ekor kucing persia keadaannya sangat mengenaskan, jamuran dan kutuan, bisa diinfokan kutuan dan terutama jamurnya diobati pakai apa, saya dapat informasi pakai MINYAK TAWON, oada buntut yg saya pkir jamur ada kerak hitam nya yg bila di kelet kluar darah, seperti bekas luka (koreng) pada manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing jamuran jangan dikasih minyak tawon, mas.
      malah nyebar nantinya.

      mending mandikan aja pakai shampoo khusus kucing yang bisa buat nyembuhin jamuran dan kutuan...

      Delete
    2. tapi banyak situs yang memperbolehkan dan saat saya ke DRH dkat rmh DRH blng bisa jga minyak tawon atau pakai VCO yg tersedia di apotik, kucing saya baru dapatkan belom bsa dimandikan kata DRH yg saya datangi, tunggu seminggu, saya terima dalam keadaan yang sangat mengenaskan, sudah beberapa hari saya beri minyak tawon dan saat ini kutunya jga sudah lenyap gak kliatan lgi, jamurnya sih yg saya kurang paham, klo kutu saja saya biasa pakai minyak telon hehe, cma krn ada jamur katanya pake telon gak mempan, tapi pakai minyak tawon hehe

      Delete
    3. Untuk penanganan yg baik apakah harus di suntik jamur dok? Dmn dan brapa yah biayanya? saya lokasi jakarta timur

      Delete
    4. oh, kalo emang mas udah ke dokter hewan dan kata dokternya boleh pake VCO/minyak tawon, ya ikutin aja. mungkin dokternya punya asumsi sendiri mengenai boleh atau tidaknya pake VCO dan minyak2 lainnya.

      saya sependapat sama dokter hewannya mengenai memandikan.

      emang seberapa parah sih mas kutuannya? kalau emang udah parah banget, mending suntik aja. di jakarta timur kan ada di ragunan, rumah sakit hewan. deket bonbin. biayanya paling 200 hingga 300rbu. :)

      coba kirim gambarnya ke sini, mas. upload ke postimage.org, terus linknya taro kemari...

      ditunggu :)

      Delete
    5. Yang umur 5 bln
      bagian kepala : https://postimg.org/image/uqy8um4tn/

      bagian badan : https://postimg.org/image/wtwcoopqr/

      bagian ekor : https://postimg.org/image/4ozdsuny5/

      Umur 3bln
      Bagian kepala : https://postimg.org/image/z52cprupf/

      Bagian ekor : https://postimg.org/image/aiipw7vpp/

      saya konsul melalui felys katanya bkan scabies tpi jamur, dan dokter dinpetshop ada yg blng scabiea sehingga ditawarkan suntik scabies, masalah kutu sudah teratasi dan hilang..

      Menurut drh fira apakah itu?

      Delete
    6. sebelumnya maaf karena baru balas.
      saya lebih cenderung ke jamur sih. makanya saya sarankan, jangan pake VCO. vco kan basisnya minyak, jadi kalo bener jamuran, malah tambah parah nantinya...

      sekarang gimana kabarnya?

      Delete
    7. Saat ini saya sudah gundulin bulunya dibagian yg terkena jamur, tapi saya tidak tau bagaimana ciri2 jamur yg telah sembuh, tapi sampai saat ini kerak hitam sudah tidak ada dan juga sudah lebih bersih dari bercak seperti ketombe, ciri2 sudah sembuh bagaimana yah?

      Delete
    8. Saat ini saya sudah gundulin bulunya dibagian yg terkena jamur, tapi saya tidak tau bagaimana ciri2 jamur yg telah sembuh, tapi sampai saat ini kerak hitam sudah tidak ada dan juga sudah lebih bersih dari bercak seperti ketombe, ciri2 sudah sembuh bagaimana yah?

      Delete
    9. Dok cape jga yah ngobatin jamur kucing sampai2 saya kena jamurnya jga :(
      Apakah ada cara dari dokter yg bsa sembuh dengan cepat, kalau pakai salep tkt ke jilat dan malah bahaya, kalau ibay oral seperti ketoconazole banyak efek sampingnya, kayanya suntikan lbh oke, kalau saya pakai merk wormectin apakah efektif dan cepat? tlng berikan saya cara, oral, salep, suntik dan dosisnya, mana yang lebih cepat kalau bisa dalam wktu 1 minggu sembuh krn sya mau gabungin dengan kucing saya yang lain

      Delete
    10. kalau emang pengen cepet sembuh, bawa ke dokter aja mas. dan jujur saya juga heran kenapa pake VCO. padahal kalo pake VCO malah tambah parah. mas bener sama dokter disaranin pake VCO?

      bawa aja ke dokter lagi, mas.

      Delete
    11. Iya beneran, kalau tidak gak saya pakaikan, awalnya disuruh pakai minyak tawon agar kutunya jga hilang, klo sudah hilang ganti VCO aja lbh aman krn VCO jga bsa membunuh jamur, beberapa review by google jga banyak yg blng pakai VCO, bagaimana bila injeksi wormectin, dokter praktek dmn yah? Kalau suntik brapa dok biayanya? krn saya mau pakai spray atau salep takut kejilat

      Delete
    12. malah lebih aman pake spray, tentu di spray sama dokter. biasanya dikasih pengaman biar dia gak jilat2.

      saya di daerah bogor, jawa barat. dan gak buka klinik. suntik jamur pada kucing biasanya sekitar 200 hingga 300.

      Delete
  6. Dok kucing saya sekarang kok telinganya mengeluarkan cairan yang membuat bulunya jadi lepek (basah) itu dikarenakan apa yah? Dan ada kotoran hitam/coklat di telinganya, masalah bau saya gak bsa cek krn saya lagi pilek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan? sekarang gimana keadaannya? terus cairannya ada warnanya atau cuma bening aja?
      hmm, amannya sih mending mas bawa ke dokter hewan aja mas. biar bisa dikasih antibiotik.:)

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.