Cara Menggemukkan Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa breeder dan owner sugar glider yang menginginkan sugar glider obesitas. Mereka menganggap sugar glider obesitas lucu dan menggemaskan. Maka mereka kemudian mencari

cara menggemukkan sugar glider

.

Sugar glider obesitas

atau gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun sebenarnya, sugar glider yang mengalami kegemukan sangat rentan mati akibat kegagalan fungsi jantung. Sugar glider obesitas sangat mungkin juga terkena penyakit ginjal karena ginjal sugar glider akan bekerja ekstra keras untuk mengolah lemak. Oh ya, bagi anda yang mau memelihara sugar glider, anda bisa membaca artikel saya mengenai cara memelihara sugar glider.Berniat ternak sugar glider? Anda bisa membaca mengenai cara ternak sugar glider.
Cara Menggemukkan Sugar Glider
Image taken from sugarglider.com
Namun, sugar glider yang terlalu kurus juga tidak baik. Artinya, sugar glider yang sehat adalah yang tidak terlalu gemuk hingga menyulitkannya bergerak juga tidak terlalu kurus. Bagi anda yang memiliki sugar glider yang kurus, ada baiknya anda membaca tips berikut untuk sedikit menggemukkan sugar glider agar sugar glider anda lebih berisi. Berikut adalah beberapa tips cara menggemukkan sugar glider:
  1. Berikan asupan protein lebih kepada sugar glider anda.
  2. Cara menggemukkan sugar glider atau cara agar sugar glider obesitas adalah dengan memberikan asupan makanan berupa protein. Ulat hongkong dan jangkrik adalah salahsatunya. Cara menggemukkan sugar glider ini bisa dikatakan manjur untuk menggemukkan sugar glider. Namun perlu diingat, asupan protein sebagai makanan sugar glider akan membuat feses dan urine sugar glider menjadi lebih bau. Jadi, sering-seringlah membersihkan perlengkapan dan kandang sugar glider.
  3. Berikan air madu sebagai minumannya.
  4. Cara membuat sugar glider obesitas yang kedua adalah dengan memberikan sedikit madu di dalam minumannya. Namun harus saya ingatkan bahwa kandungan gula dalam madu akan membuat kinerja ginjal sugar glider menjadi lebih berat.
Demikian adalah beberapa tips cara

menggemukkan sugar glider

. Saya ingatkan sekali lagi bahwa sugar glider obesitas atau terlalu gemuk akan menyebabkan sugar glider tersebut rentan mati mendadak akibat gagal jantung. Hentikan langkah-langkah cara menggemukkan sugar glider di atas jika sugar glider terlihat sudah agak gemuk. Saran dan komentar serta kritik bisa anda sampaikan di bawah ini. Terima kasih. (FS)

62 Responses to "Cara Menggemukkan Sugar Glider"

  1. sG ga doyan makan ....harus nya di kasih apa yaa..?/?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih sedikit scott emulsion di bubur bayinya :)
      airnya diberi madu sedikit...

      Delete
    2. Dok, SG saya msh umur 2 bln, dia gk mau ulat hongkong dan buah, sama dot minum juga gak mau, gk maunya karna sering tak kasih bubur terus
      Saya mau tanya, biar dia mau makan ulat hongkong dan buah, sama biar dia minum gmna ya dok, trima kasih

      Delete
  2. sG ga doyan makan ....harus nya di kasih apa yaa..?/?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Makanan tambahan untuk menggemukkan sugar glider kesayangan anda

    Makanan tambahan untuk menggemukkan sugar glider

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk menggemukkan sugar glider kesayangan anda

    ReplyDelete
  5. dok kenapa yaa sugar glider saya tidak mau mengunyah makanan ?

    ReplyDelete
  6. Kalau menggemukkan sugar glider brp lama ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sugar glider yang emang mudah di gemukkan, ada juga yang susah. tergantung genetiknya biasanya mas. :)
      rata2 sih antara 2 hingga 3 bulan...

      Delete
  7. dok kalu cara menggemukan BK (Bajing kelapa) apakah sama.dengan SG.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih sama seperti sg mas... :)
      namun tetep kasih buah ke BK-nya... :)

      Delete
  8. SG Saya Gak mau minum gimana ya >

    ReplyDelete
  9. Dok saya mau nanya nih , kalo biar sg kita tidak bau saat di pegang gimana ? Ada saran dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara alami sebenernya sg punya kelenjar bau. fungsi kelenjar bau ini untuk menandai daerah kekuasaannya.
      cara agar sugar glider tidak bau sebenernya pernah saya bahas di artikel cara menghilangkan bau sugar glider. :)

      Delete
  10. Dok saya punya 2 joey. Yang satu tumbuh normal dan mulai nakan bubur. Tp yg satunya lagi tidak baertambah besar dan bulunya tidak tumbuh. Apa penyebab perbedaan keduanya padahal dilahirkan pada induk dan waktu yg sama. Makasih dok. Tolong dijawab

    ReplyDelete
  11. Dok, sg sy jd kurus bgt stlh oop yg kedua kalinya, padahal makannya lmyn lahap.. Knp ya? Udah sy kasih protein, bubur bayi, kdg buah2an, dan air madu. Ada tips lain ga Dok spy normal lg? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gemuk lagi? umur sgnya berapa ya mbak?
      emang kadang sg cenderung kurus setelah melahirkan anak. tapi biasanya dalam beberapa bulan akan normal lagi seperti semula. tetap berikan makanan berprotein tinggi... :)

      Delete
  12. Slamat malam dok sya mau tanya knpa ya sg sya tuh masih joey umur 1 blan stengah gak mau makan sendiri harus d suapin trus ,, trus klau d suapin jga malah dikit itu juga klau bu"r aja . giliran d kasih buah buahan kagak mau bahkan minum aja jarang .. Kebiasaan nya pun suka gigitin jari saya sma barang" rumah .. Mohon bimbingan nya dok .. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh saya pesan ke mas, coba mas marah2in yang jual. bilang aja dokter hewan fira yang suruh mas marah2 ke dia. sg umur 1 bulan itu masih sangat-amat tergantung ke gizi air susu induknya. saya bahkan sudah membuat artikel khusus yang judulnya jangan membeli sugar glider umur satu bulan. silakan baca2, kalau bisa kasih ke yang jual linknya....

      dia masih sering crying? coba mas buka youtube lalu search "sugar glider crying". kasian sg umur segitu udah dijual. kata yang jual, sgnya udah bisa makan sendiri, mas? kalau emang belum bisa, ya mau gak mau harus dihandsfeed (disuapi).... minum coba kasih air madu asli. jangan madu rasa. agar dia lebih nafsu makan... :)

      Delete
  13. Slamat malam dok sya mau tanya knpa ya sg sya tuh masih joey umur 1 blan stengah gak mau makan sendiri harus d suapin trus ,, trus klau d suapin jga malah dikit itu juga klau bu"r aja . giliran d kasih buah buahan kagak mau bahkan minum aja jarang .. Kebiasaan nya pun suka gigitin jari saya sma barang" rumah .. Mohon bimbingan nya dok .. Trimakasih

    ReplyDelete
  14. dok mau nanya. SGku umur 2 bulan suka gigit sama crabbing, udah saya coba handsfood terus tapi tetep aja kayak gitu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti kalau crabbing, itu emang udah jadi naluri sg. mau sejinak apapun dia tetap akan crabbing.
      kalau soal gigit, mas bisa baca artikel cara menjinakkan sugar glider. cari di bagian cari artikel...

      Delete
  15. Selamat malam dok saya mau nanyak sg saya tadi siang itu sangat lemas dan dia tidak tidur di tempat tidurnya tapi dia tidur di bawah dan keadaan sg saya gak mau gerak saya boleh mintak saran dok mohon bimbingan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan?
      kalau dia masih mau makan, sepertinya masih sehat. cek coba tahinya. bentuknya gimana...

      soal dia pup di tangan atau di badan, itu wajar. sama aja kayak kucing, mereka menandai daerah kekuasaan dengan urine dan feses...

      Delete
  16. Saya mau tanyak lagi dok gimana cara agar kalau sg kita di pegang tidak buang air kecil ke tangan kita

    ReplyDelete
  17. Saya mau tanyak lagi dok gimana cara agar kalau sg kita di pegang tidak buang air kecil ke tangan kita

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum, dok..
    tips" diatas bsa diterapkan ke tupai kelapa sy nggk ya dok? soalny sy sempat kepikiran buat gemukin tupai sy biar lbih kliatan lucu & nggk terlalu rewel pas dipegang/diajak main..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja sih diterapkan pada tupai kelapa. coba aja mas.. :)

      sama aja mas, tupai kelapa emang sifatnya lebih pecicilan, hehehe.. :D

      Delete
    2. trims dok infonya..
      oh iya dok, treatment sy bgini:
      pagi bubur bayi, siang ulat hongkong, malem nasi+santan kelapa..
      kira" sudh bnar&aman nggk ya dok? tpi si Minnie tupai betina sy mulai kliatan gemuk..

      Delete
    3. gak usah pakai santan kelapa, mas. kalau nasi aja dia mau? :)

      menurut saya, cukup bubur bayi aja sih mas ama buah2an ama sesekali ulat hongkong atau jangkrik. kalau nasi kayaknya terlalu berat buat pencernaannya dia... :)

      Delete
  19. Dok.. Sg boleh dikasih makan madu yg kandungannya ada royal jelly, bee pollen sama ada gula ny kyknya.. Gatau bnyak apa dikit.. Kalau lebih baik dikasi apa ?

    ReplyDelete
  20. Kalau sugar glider nya dikasih susu merk nonic yg buat hewan ternak kyk : sapi ayam babi kambing. Boleh ga ??

    Kalau susu kucing boleh ?

    Bagusan yang mana ?
    Makasihh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saran saya sih mending jangan dikasih susu. susu kucing atau jenis susu lain gak cocok buat sugar glider, makan bikin mencret nantinya.... :)

      sejauh yang saya tau, air susu sugar glider itu sangat unik. dia beda kayak air susu kucing atau jenis air susu hewan lainnya.

      saran saya, mending kasih sari kurma atau madu bagus. :)

      Delete
  21. Dok saya punya tmn.. Mau beli sg tapi baru cukup uangny buat beli 1.. Gapapa dok kalau pliara 1 ekor dulu yg masi joey ? Takutny stres atau gimana.... 😂
    Kira kira kalau mau beli tmn ny lagi 5 bulan lagi baru kekumpul katanya...
    Gimana jadinya wkwk

    Maap dari kmaren nanya mulu dok 😁

    ReplyDelete
  22. Oh uya dok.. Sg dikasih uh mendingan kering atau hidup ? Jangkrik juga mendingan kering atau hidup ya ?
    Saya mau kasih uhsama jangkrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja beli satu dulu, asalkan sering2 diajak main, biar dia gak kesepian. maksudnya sgnya.

      mau jangkrik kering atau jangkrik hidup, sama aja sih secara prinsip. emang lebih praktis yang kering, tapi kalo yang kering kadang ada yang gak mau sgnya...:)

      Delete
  23. Dok repcal nya boleh diganti sama exoterra atau ultrafine ga ? Terus phorsoporus calcium itu apa ? Bagus nya merk apa selain repcal ?
    *abisnya repcal gaada di tokped 😂

    ReplyDelete
  24. Dok repcal nya boleh diganti sama exoterra atau ultrafine ga ? Terus phorsoporus calcium itu apa ? Bagus nya merk apa selain repcal ?
    *abisnya repcal gaada di tokped 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih exoterra bagus, bahkan kalo kandungan kalsium di makanannya/bubur bayinya udah mencukupi, saya kira nggak perlu dikasih suplemen kalsium gak apa2.... :)

      mbak kasih makan bubur bayi? merknya apa? bagusnya sih kalo pake bubur bayi, pake promina... :)

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Saya sih kasih promina yg rasa pisang dok :)

    Tapi sg makanny dikit ga kyk tmn saya yg bru bli padahal umurnya kecilan yg ono .. Ada vitamin buat nafsu makan sg gaa dok ? Atau nutri gel plus boleh atau hamvit?

    ReplyDelete
  27. Sama dok.. Jatah jangkrik buat sg itu berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh oke. untuk vitaminnya, bisa kasih yang alami aja: sari kurma. :)
      lebih aman buat dia karena bebas bahan kimia... :)

      untuk porsi jangkriknya, kasih aja sampe dia gak mau makan lagi.

      Delete
  28. kalau mau obes dengan cepat gimna

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      cara menggemukkan sugar glider bisa mas baca artikel di atas... huehehehe

      Delete
  29. Dok.kalo sg di kasih susu tp susu yg non laktosa apakah tdk apa apa untuk sg nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sugar glider gak cocok dikasih susu, mas.... kasih madu atau sari kurma aja...

      Delete
  30. Apa ada aturan ngasih pakan jangkrik pada SG dog

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. gak ada aturan kasih jangkrik buat sg.
      kecuali mungkin kalo sgnya udah gemuk banget, biar gak terlalu gemuk, bisa stop jangkriknya... ganti pake buah aja...

      Delete
  31. dok sg saya betina hanya ada 1, umur 1.5th. dulu gemuk tp 2 bulan ini jd kurus karna gamau makan bubur, makannya dikit bgt dok hanya 2x sehari dan tdk pernah abis itupun harus disuapi. buburnya dr dulu saya campur madu/sari kurma. rasa dan merk buburnya suka saya ganti2. dia tdk mau makan buah, pisang/pepaya tdk dimakan dok. dia hanya semangat kalau makan UH. fesesnya normal, tdk ada tanda sakit. bagaimana ya dok mengatasinya? apa ada rekomendasi merk vitamin/suplemen agar dia nafsu makan kembali dok? terimakasih

    ReplyDelete
  32. Dok, mau bertanya SG betina saya ukuran tubuh nya sedikit kecil ( sedikit lebih besar dari Joey ) padahal umurnya sudah 1 tahunan, dan sudah sekitar 6 bulan saya satukan dengan Jantan tapi tidak tanda perkawinan, soal makanan saya selalu jaga. Mungkin ada solusi dok terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas taro ditelapak tangan lalu difoto (sama tangannya, biar saya bisa tahu segimana kira-kiranya)?

      biasa dikasih makan apa sehari2? :)
      coba kasih bubur bayi promina.

      ada beberapa tebakan, salahsatunya mungkin stunting atau kurang gizi. bisa juga mungkin karena emang genetiknya aja kayak gitu.

      infokan makanannya ya mas.

      Delete
  33. Permisi dok,maaf mau tanya, saya kan di kasih Sg sama sepupu saya ,tapi Sg nya tu jantan dan di campur sama BK betina,dah hampir 3 mingguan itu mereka di campur kata sepupu saya, terus kan sekarang Sg sama BK nya di taruh dirumah saya ,kira" akan lebih baiknya saya pisah kan tidak ya dok?soalnya takut e kalo dipisah malah Sg nya jadi stres akibat sendiri, tapi kalo gak dipisah malah takut terjadi apa" sama Sg nya soalnya pertumbuhan badan BK kan 2x lipat nanti dari ukuran Sg, mohon jawaban nya dok , terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa nggak beli sg satu lagi aja mas?
      pelihara sg satu ekor aja sebenernya gak masalah, cuma kudu sering diajak main. karena sg hewan yang sangat sosial. mereka seneng bermain dengan sesama mereka.

      Delete
  34. Assalamu'allaikum Dokter, sg Sy itu kayak flu gitu.. Mungkin sdh hampir sebulan engk hilang2, hidungnya keluar ingus cair, terus seuka bersin2 pas diajakin main.. Ini gmna ya Dok?:(

    ReplyDelete
  35. dok saya punya sg sdh 3 hari knpa msh galak tapi klo tidur d telapak tangan saya gpp trs habis itu klo sdh bangun galak lagi

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.