Cara Memelihara Burung Merpati | Drh. Fira Sovica

Tidak dibutuhkan perlengkapan khusus untuk

memelihara burung merpati

, sama seperti juga memelihara parkit atau memelihara lovebird. Hanya dibutuhkan kandang yang cukup dan kecukupan pakan untuk burung merpati, baik itu burung merpati hias maupun burung merpati konsumsi. Dan berikut adalah cara memelihara burung merpati hias maupun memelihara burung merpati konsumsi.
Cara Memelihara Burung Merpati
  • Kandang untuk burung merpati.
  • Kandang untuk burung merpati bisa dibuat dari bahan triplex atau papan yang dibentuk bersekat-sekat. Anda bisa membuat sendiri kandang untuk burung merpati dengan ukuran kandang bervariasi. Usahakan agar burung merpati masih bergerak bebas di dalam kandangnya. Untuk burung merpati hias, luas kandang sebaiknya dibuat 3 atau 4 kali ukuran tubuh burung merpati hias agar burung merpati hias anda bisa tumbuh maksimal. Kandang burung merpati juga hendaknya ditempatkan di luar ruangan dan dihindari dari sinar matahari langsung.
  • Makanan untuk burung merpati.
  • Makanan untuk burung merpati adalah jagung kering. Anda bisa memberikan pakan untuk burung merpati tiap pagi dan sore. Anda bisa menggunakan air mineral atau air matang Tempat air minum bisa ditempatkan di sekitar kandang, burung merpati peliharaan anda akan minum sendiri dari tempat tersebut. Ganti air minum burung merpati tersebut setiap 3 hari sekali dan usahakan agar air minum burung merpati tetap bersih.
Demikian adalah

cara memelihara burung merpati

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu anda dalam memelihara burung merpati hias maupun burung merpati konsumsi. Kritik, saran, dan komentar bisa pembaca tulis di bawah ini. Terima kasih. (FS)

4 Responses to "Cara Memelihara Burung Merpati"

  1. Assalamualaikum dok, saya mau bertanya kira-kira jenis vaksin apa yang cocok dengan burung merpati dan pemberian vaksin dilakukan dalam jangka waktu berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih vakin tetelo.
      pemberian vaksin bisa dilakukan dengan bantuan dinas pertanian setempat. mas bisa hubungi dinas pertanian di propinsi mas... :)

      Delete
    2. kalo dilakukan sendiri apa tidak bisa ya dok ?
      Vaksin tetes ND apa bisa untuk merpati ?

      Delete
    3. bisa dilakukan sendiri asalkan sudah mengetahui takaran dan dosisnya. amannya sih mending ke dokter hewan aja mas...

      maaf baru balas. saya sibuk sekali akhir2 ini.. :(

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.