Cara Memelihara Burung Kakatua | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya

memelihara burung kakatua

hampir sama dengan memelihara burung jenis lain seperti memelihara burung lovebird. Perbedaan memelihara burung kakatua dengan burung kicau jenis lainnya terletak pada pakan, cara memelihara burung kakatua, dan cara merawat burung kakatua.
Cara Memelihara Burung Kakatua
Image taken from anismerah.com
Berikut adalah cara merawat dan memelihara burung kakatua yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara burung kakatua.
  1. Kandang burung kakatua.
  2. Sama seperti memelihara burung hantu, burung kakatua hendaknya tidak ditempatkan dalam kandang berjeruji. Anda bisa menggunakan perch (tenggeran) yang terbuat dari besi. Akan lebih baik jika perch berjenis ground-standing perch atau perch yang berdiri di atas tanah (ditanam di dalam tanah atau memiliki pemberat di bagian bawahnya hingga bisa berdiri sendiri). Jangan lupa untuk memasang ikatan kaki khas bop yang terbuat dari kulit (anklett) di kaki burung kakatua anda dan mengikatkan ujung lain lease di perch agar burung kakatua anda tidak kabur.
  3. Makanan burung kakatua.
  4. Burung kakatua adalah jenis burung pemakan biji-bijian. Burung kakatua memakan jagung. Biasanya, saya menempatkan satu bonggol jagung di atas perch burung kakatua saya dan membiarkan burung kakatua tersebut memakan jagung tersebut sendiri. Untuk air minum, saya menempatkan wadah air minum di sisi lain perchnya.
  5. Cara merawat burung kakatua.
  6. Burung kakatua cukup mudah dipelihara. Cukup tempatkan perch tersebut di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan terhindar dari sinar matahari langsung. Anda bisa menempatkan perch di halaman rumah atau beranda. Jangan lupa untuk menempatkan alas koran di bawah perch agar kotoran burung kakatua tidak mengotori lantai.
Demikian adalah cara merawat burung kakatua yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri. Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan dalam

memelihara burung kakatua

dan merawat burung kakatua. Saran, kritik, dan komentar ditunggu. Terima kasih. (FS)

21 Responses to "Cara Memelihara Burung Kakatua"

  1. Dok, minta tolong tanya, burung kakak tua saya bulunya ga baguuss banget.. dia suka cabutin bulunya sendiri sampe berdarah dok, trus bulunya jadi jarang-jarang dan tipis, saya kasih apa ya dok biar dia gak cabutin bulunya? Kasian berdarah dok.. mohon info ya dok. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas... :(
      saya curiga jangan2 kutuan, mas. jadi coba aja cek dulu.
      seminggu sekali rutin mandiin juga, mas...

      selama ini gimana makannya?

      Delete
  2. Dok mau tanya saya baru dapat kakatua dengan kondisi bulu yang tdk putih atau buluk,tips dan saran untuk membuat bulu kakatua menjadi putih gimana ya dok?dan apakah baek kakatua dijemur langsung terkena sinar matahari?? Saya tunggu infonya dan sarannya dok.... Thnks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas. saya habis sakit.
      mandikan aja.
      seminggu 2x bisa dimandikan.

      buluknya karena kotoran atau emang coraknya begitu?

      dijemurnya jangan kena sinar matahari langsung...

      sekali lagi maaf karena baru sempet balas... :(

      Delete
    2. Emank ada ya dok kakatua bulunya ada coraknya setahu saya kakatua bulunya putih dok,jafi gak boleh kena sinar matahari langsung ya dok dan apa boleh dimandikan tiap hari??...GWS ya dok.....

      Delete
    3. ada, mas. ada juga burung kakatua yang ada coraknya.

      mandikan setiap hari gak apa2, asal pastikan setelah mandi dijemur... :)

      Delete
  3. Makannya normal sih dok, saya kasih makan jagung sama kuaci, kalau kutuan gitu, dikasih obat apa ya dok?? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dimandikan, lalu dijemur.

      bisa juga pake obat antikutu buat burung... :)

      Delete
  4. Oh, tapi dia lan suka cabutin bulunya sampe berdarah dok, gapapa ya dimandiin? Gak perih dok? Atau cara mandikannya bagaimana ya dok? Di semprot2 aja pake semprotan butung atau gimana? Karena saya dapet info dari temen yang pelihara juga, katanya punya dia kalau mandi dimasukkan bak, terua dikasih sampo dan dibilas dok,
    Tapi kalau masih luka gara2 cabut bulu, gapapa ta dok dimandiin cara itu?

    Dokter sudah baikan?
    Makasih ya dok sempetin jawab pertanyaan saya meskipun lagi sakit,
    Gws ya dok.. makasih banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sembuh, tinggal rawat jalan aja... :)
      udah berapa lama dia suka cabutin bulunya? mungkin spray aja pake semprotan air, mas. jangan terlalu basah.

      mas gak ada dugaan samasekali kenapa dia suka cabutin bulunya? ada kemungkinan stress nggak?

      untuk nafsu makan dan fesesnya gimana?

      coba aja kasih super-n, beli di toko makanan burung. kasih setetes sehari. :)

      Delete
  5. Selamat malam dokter fira saya mau tanya dok kenapa kakak tua saya hanya diam saja apa kakak tua karakter begitu tapi kakak tua saya jinak dok di bantu bu dokter ilmunya heheheh terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mas....

      dia masih mau makan?
      fesesnya gimana? mencret?

      kalau makannya masih mau dan fesesnya normal, saya kira dia masih sehat.

      untuk treatment dari saya, mas bisa kasih super-n, setetes setiap hari. belinya di toko makanan burung.

      Delete
  6. Assalamualaikum wr wb,
    Dokter Fira,3 mg yang lalu saya beli kakak tua yg jinak dari jakarta dan saya bawa ke jawa timur.
    Setelah sampai di jawa timur kakak tua saya hanya diam tidak bersuara sama sekali sampai hari ini dokter,Itu kira2 kenapa ya?

    Saya sudah coba memberi obat anti stres,multivitamin,tenggorokan & pencernaan tapi belum ada hasilnya!
    Mohon pencerahanya ya dok?

    ReplyDelete
  7. Oya Dokter kondisi sekarang tetep jinak dan makannya masih lancar cuma minumnya aja yg blm prnh kepantau.
    Oya,2hr ini mulai bersuara tp cuma kruukkk,kruukkk,,,,
    Gitu aja dok!
    Sekali lg minta masukannya ya Dok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya stress akibat perjalanan jauh aja, mas.
      coba kasih super-n, setetes setiap hari. caranya, silakan baca artikel CARA AGAR BURUNG HANTU SEHAT. caranya sama kok.

      Delete
  8. Ok bu dokter,terimakasih ya atas sarannya!

    ReplyDelete
  9. Sebelumnya kami sampaikan terimakasih atas responnya ya Bu.
    Untuk pemakaian jenis obat tersebut sudah saya kasihkan dr 2 minggu yg lalu Bu, termasuk super n,vita sol & anti serak.
    Untuk mandi
    Setiap 3 hr sekali rutin + sampo ex.jati jajar.
    Tapi sampai sekarang belum ada perkembangan!

    Oya skalian mau nanya kalau burung kakak tua yg usianya sudah tidak muda lagi apa masih bisa diajari bicara bu???
    Maaf ya banyak tanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu jawab, mas. :)
      masih bisa kok, kakatua yang udah tua masih bisa diajarin ngomong. cuma lebih mudah sebenernya, kakatua yang masih anakan/muda.

      maaf karena baru balas. kabari lagi

      Delete
  10. Kalau mengajari bicara pakai video/mp3 bisa nggak ya bu?
    Apa harus kita yg ajari?

    ReplyDelete
  11. Dok, mau tanya, gimana ya caranya copot ring dari kaki burung kakaktua, kan besinya tebel banget ya, dan udah mepet banget sama kakinya, saya takutnya kalau dia semakin besar, kan ringnya semakin ga muat, saya baca di internet, itu akan menyebabkan kepincangan nantinya, gimana ya dok? Makasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan. biasanya mereka ada alatnya untuk melepaskan ring di kaki burung....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.