Cara Melatih Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Melatih sugar glider

agar tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang atau agar sugar glider mengikuti kita bisa dilakukan dengan tips trik melatih sugar glider berikut ini. Artikel cara melatih sugar glider ini berkaitan dengan artikel cara agar sugar glider bonding.
Cara Melatih Sugar Glider
Image taken from sugarglider.com


Cara melatih sugar glider agar nurut ini bisa anda praktekkan. Kunci utama agar sugar glider bonding atau nurut adalah kesabaran. Hal ini tentu berkaitan dengan karakter sugar glider.
Seperti yang saya tulis di artikel cara memelihara sugar glider, sugar glider adalah hewan yang memiliki karakter yang unik karena setiap sugar glider memiliki karakter sendiri. Sama seperti kita, manusia. Ada sugar glider yang memang mudah dijinakkan, ada juga yang susah dijinakkan. Ada sugar glider yang memang mudah dilatih, ada juga yang susah dilatih.
Maka dari itu, sugar glider yang akan dilatih sebaiknya telah mengalami proses penjinakkan terlebih dahulu. Cara menjinakkan sugar glider bisa anda baca di artikel cara agar sugar glider jinak.
Cara melatih sugar glider agar bonding adalah sebagai berikut:
  1. Handsfeed on the table with no distances. Taruh sugar glider di atas meja, lalu beri makan secara handsfeed. Pengertian hansfeed bisa anda baca di artikel cara pemberian makan pada hewan. Lakukan terus menerus hingga sugar glider terbiasa dengan pemberian makan seperti dicontohkan.
  2. Handsfeed on the table with distances. Setelah poin pertama dalam artikel cara melatih sugar glider ini telah lancar dilakukan, latihan kedua dalam melatih sugar glider adalah memberikan makan di atas meja dengan jarak tertentu. Taruh sugar glider di atas meja, lalu berikan makanan dengan menggunakan tangan dengan jarak tertentu. Minggu pertama, anda bisa memberikan makan dengan jarak 15cm dari sugar glider. Minggu berikutnya, anda bisa menambahkan jarak menjadi 25cm dari sugar glider. Terus menerus seperti itu hingga sugar glider bisa menghampiri anda tanpa ragu. Dibutuhkan rasa saling percaya agar trik kedua dalam melatih sugar glider ini bisa dilakukan dengan sempurna. Mungkin anda membutuhkan waktu yang lebih lama dalam melakukannya, tergantung karakter sugar glider yang anda pelihara.
  3. Jump to the food. Setelah sugar glider lancar melakukan handsfeed on the table with distances, langkah selanjutnya adalah melompat ke makanan yang disodorkan. Taruh sugar glider di pinggir meja, lalu sodorkan makanan dari luar area meja. Jika trik nomor 2 dalam melatih sugar glider telah sempurna, biasanya trik nomor 3 ini mudah dilakukan. Sg akan melompat ke tangan anda dengan mudah. Lakukan trik jump to the food ini dengan jarak yang terus ditambah hingga maksimal jarak 1 meter.
Demikian adalah

cara melatih sugar glider agar bisa bonding

. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan praktis melatih sugar glider bagi anda para pecinta sugar glider. Terima kasih. (FS)

39 Responses to "Cara Melatih Sugar Glider"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dok saya mau berpergian membawa SG, rencana mau nginap semalam, apa boleh SG di taruh di dapam travel pouch ketika malam? karena kalo di lepas freeroom takut hilang saya tidak membawa kandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh ditaruh di travel pouch sementara bepergian.... :)

      Delete
  3. Dok sg saya ko g mau makan fish snack dan fruid snacknya ya??terus itu harus d atas meja sis??kalo d lantai bisa g??

    ReplyDelete
  4. Dok cara mengetahui sg betina sedang hamil gimana dok? Soalnya sg yg betina punya saya sg wc dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya siklus hidup sugar glider...

      Delete
  5. Assalamualaikum dok .
    Dok saya mau nanya saya baru adopsi sg kemaren dok . Umurnya katanya 2 bulan dok .kelamin laki2 saya mau nanya gini dok kemaren sg saya tidur aja kerjanya sampe sekarang intinya malas2an aja . Terus saya kasih mkan promina rasa beras merah. Makan gamaau tapi saya udah baca2 semua artikel dokter saya suapin lewat telunjuk . Lumayan mau . Dia gak gigit dok kayak gak agresif . Saya gak tau dok gimna sg itu ? Saya takut klau gak sehat . Solusinya gimna dok ? Saya mau ngerawat dgn baik . Jadi tolong tutor serta bantuannya ya dok . Ini prdana ngurus sg . Terus selain makanan buah-buahan serta sari kurma apa lg yg bagus dok ?
    Terimakasih.
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tahu kalau sg itu hewan nocturnal? mereka lebih aktif pada malam hari. terlebih, sg yang berumur masih dibawah 3 bulan, mereka masih banyak menghabiskan waktu untuk tidur....

      cara agar tahu apakah sgnya sehat atau nggak? gampang. cek tahinya. kalau sg sehat biasanya sgnya padat, mirip2 tahi cicak. agak lebih besar sih. tapi ya mirip2 gitu.

      nah kalau sg sakit biasanya fesesnya/tahinya gak padat gitu. agak lebih cair, lebih lembek, kadang malah mencret....

      saran saya, silakan mas baca artikel2 saya lainnya tentang sg di blog ini... :)

      Delete
  6. Iya dok saya sudah paham . Makasi ya dok artikel keren2 kalau ada problem saya tanyakan lagi 😁 tahinya padat dok . Cuman saya takut aja kenapa . Malam pun juga sering malas2an . Apa mungkin karna lampu dok ? Soalnya saya idupin terus . Mngkin dia sangka siang terus . Itu gimana dok .
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada masalah soal lampu. :)
      kalau menurut pendapat saya sih masih sehat kalau emang fesesnya masih padat. saran saya, bisa mas kasih buah2an kayak pisang dan pepaya biar sistem pencernaannya bagus. minimal seminggu sekali kasih buah.
      mas pelihara sgnya berapa ekor? satu ya? kalau seekor biasanya emang kurang aktif. mereka kan hewan sosial. butuh temen buat maen bareng. atau kalau emang mas belum bisa beli 'temennya', coba sering2 mas ajak main... :)
      bagusnya sih beli lagi seekor lagi biar ada temennya...

      saya tunggu kabarnya. dan maaf baru balas ya mas... :)

      Delete
  7. Dok, kalau sg saya setiap di pegang bersuara lalu beberapa hari lalu mencret. Lalu fesesnya juga apa yaa, kita sebut saja lunak,lalu disertai pipis. Itu kenapa yaaa dok ? Saya khawatir sama sg saya hehe. Umurnya kira2 1 bulanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg umur segitu emang lagi "rame-ramenya" kalau dipegang, mas. kemungkinan sih karena dia belum mengenal mas sebagai ownernya. coba baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider. ikuti langkah2 di artikel tersebut ya mas...

      biasanya dikasih makan apa?
      saran saya coba sehari2 kasih bubur bayi promina campur sari kurma, seminggu sekali kasih buah kayak jus pepaya campur sari kurma biar sistem pencernaannya lancar. :)

      dia pipis ya kalau mas pegang? bener? itu wajar kok. sama aja kayak kucing, sg menandai daerah kekuasaan pake urine-nya...

      kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
  8. Dan oh yaa, sebelum nya aman2 aja dok. Waktu saya adopt dia adorable bgt. Lalu mulai 2 hari lalu itu dia baru mulai bersuara kalau dipegang. Tolong bantuannya ya dok, terimakasih. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg umur segitu emang lagi "rame-ramenya" kalau dipegang, mas. kemungkinan sih karena dia belum mengenal mas sebagai ownernya. coba baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider. ikuti langkah2 di artikel tersebut ya mas...

      biasanya dikasih makan apa?
      saran saya coba sehari2 kasih bubur bayi promina campur sari kurma, seminggu sekali kasih buah kayak jus pepaya campur sari kurma biar sistem pencernaannya lancar. :)

      dia pipis ya kalau mas pegang? bener? itu wajar kok. sama aja kayak kucing, sg menandai daerah kekuasaan pake urine-nya...

      kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
  9. Iya dok saya baru adopsi satu . Tapi sering di ajak main kok . Kalau ada rezeki mau nambah lagi dok. Biar berteman dgn semestinya hehe 😁 iya dok saya paham saya belum ada kasih pisang dok baru kasih pepaya terus ..oyaa dok kemaren sempat cekukan dok . Tapi 5 menit kemudian hilang . Terimakasih ya dok infonya . Kalau ada problem lg ditanya lagi ya hehe 😁. Makasi atas responya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya itu bukan cegukan tapi barking... Silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara sugar glider

      Delete
    2. Kayaknya itu bukan cegukan tapi barking... Silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara sugar glider

      Delete
  10. Saya yang rudy l toruan dok.
    Ooh begitu ya dok. Padahal awalnya dia diam terus dok setiap di ankgat2. Hanya khawatir di bagian tubuhnya ada yang sakit dok disaat saya angkat itu. Suaranya itu seperti hisk hisk begitu dok bukan crabbing.

    Bubur nesle yang beras merah dok. Namun sekarang sudah lancar lagi kok dok dan feses nya sudah seperti bentuk feses cicak. Sudah tdk encer lagi dok. Kemarin juga habis saya kasih pepaya dok.

    Ooh begitu yaa dok, ok ok

    Sekarang tinggal yang setiap di angkat berbunyi hisk hisk begitu dok. Lalu sesekali waktu saya baru ambil dari kandang dia juga hisk hisk seperti itu dok baru langsung lari ke tangan saya. Tolong di bantu ya dok, terimakasih

    ReplyDelete
  11. Saya yang rudy l toruan dok.
    Ooh begitu ya dok. Padahal awalnya dia diam terus dok setiap di ankgat2. Hanya khawatir di bagian tubuhnya ada yang sakit dok disaat saya angkat itu. Suaranya itu seperti hisk hisk begitu dok bukan crabbing.

    Bubur nesle yang beras merah dok. Namun sekarang sudah lancar lagi kok dok dan feses nya sudah seperti bentuk feses cicak. Sudah tdk encer lagi dok. Kemarin juga habis saya kasih pepaya dok.

    Ooh begitu yaa dok, ok ok

    Sekarang tinggal yang setiap di angkat berbunyi hisk hisk begitu dok. Lalu sesekali waktu saya baru ambil dari kandang dia juga hisk hisk seperti itu dok baru langsung lari ke tangan saya. Tolong di bantu ya dok, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mas baca artikel saya istilah dalam memelihara sugar glider.... Terutama arti istilah barking....

      Delete
    2. Oh ok dok, baik. 1 lagi dok, saya minta contact fanpages atau sosial media lainnya dong dok untuk komunitas sugar glider jak sel

      Delete
  12. Iya dok saya paham 。 satu lagi dok umur 2 bulan yg bagus vitamin nya apa ? Apa udah boleh dkasih ulat hongkong ?
    Makasi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulat hongkong boleh dikasih ke sugar glider. agak bau sih feses ama urine-nya kalau dikasih ulhong. makanya lebih sering dibersihkan kandangnya... :)

      bagusnya sih buah2an manis, mas....

      vitamin sih bagusnya kasih sari kurma aja. bisa campur ke makanannya, atau campur ke air minumnya...

      Delete
  13. Dok ada yg tinggal pertnyaanny hehe 😁 sg saya di antara hidung dan pipi bulunya kayak rontok dikit dok belubang dikit saya lihat saudara yg lain kayak gitu juga . Tapi kendalanya kalau dia makan kadang2 sisa2 makanannya (bubur bayi)tertinggal disitu dok nah takutnya bekas makananny mengeras dok kalau kelamaan di bersihkan. Itu kenapa ya dok ? Emang gak terlalu jelas sih tapi kadang2 saya perhatikan risih juga . Solusinya gmna dok . Maaf saya nanya2 trus hehe 😁
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena sisa makanannya nempel di situ, mas.... lebih baik selesai makan, mas lap area sekitar mulutnya pakai tisu basah non alkohol dan yang netral (gak ada aromanya)...

      Delete
  14. Oia dok umurnya 2 bulan . Maksud saudara di atas ☝ saudara sg dok sama juga ada bekas lubang gitu

    ReplyDelete
  15. Dok saya mau tanya lagi dong. Masa sg itu gigit gigit itu sampai usia berapa bulan ya dok ? Saya bosan dok dia gigit gigit tersus :D umurnya sekarang 1 bulanan dok.

    Dan oh iya dok, dia kan masih umur 1 bulanan dan ini kan dia masih rewel dok, itu dia rewel sampai umur berapa juga yaa dok ? Apa kah saat dia 3 bulanan ke atas nanti dia juga tetap rewel ya dok ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas mau dia gak gigit, diawetin aja mas pake air keras. jadiin pajangan..... :(

      namanya hewan, makhluk hidup, apalagi sg, pasti gigit, mas. kalau gak mau digigit sg, ya jangan pelihara sg. awetin aja sgnya pake air keras.

      mending sering2 ajak main aja. jangan terlalu mengharapkan sg bisa jinak dan diem kayak boneka, nanti malah dia gak bisa diem dan susah jinak. ya, sg bisa tahu apa yang kita rasakan, semua hewan bisa baca pikiran kita. termasuk sg. kalau kita takut, dia malah makin berani sama kita. kalau kita menuntut dia macem2, dia malah akan berlaku sebaliknya....

      nah, atau jangan2, mas takut dia gak jinak ya? bener? makanya si sg mengisengi mas terus.... tebakan saya sih kayak gitu... :D

      Delete
  16. Jangan di awetin kasian :( saya malahan pengen sekali rewel apalagi digigitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah... bener banget mas, hihihihi.... :D
      sekarang gimana kabarnya? :)

      Delete
  17. Alhamdulillah sg saya sudah Aman dok . Oyaa dok ada gak apa apa kalau sg saya kandangnya di dalam kandang saya dok . Tidak bahaya kan dok ? Dok dari segi kedokteran memelihara sg ada dampaknya ? Mohon penjelasannya ya dok fira sovica 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kandangnya dijaga kebersihannya, sgnya dikasih makan dengan baik dan benar, serta dirawat dengan baik, saya kira aman2 aja bagi kesehatan....

      maksudnya "da gak apa apa kalau sg saya kandangnya di dalam kandang saya dok" apa ya mas? agak kurang mudeng, hihihi....

      Delete
  18. Hehe 😁 maksudnya ada gak apa sg saya kandangnya di dalam KAMAR saya 😁 saya yg salah ketik dok .
    Makasi ya buk dokter fira sovica atas semua informasinya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhhh, tadinya saya pikir, mas yg tinggal di kandang sg, sgnya tinggal di kamar mas. hehehe. oke, saya tunggu kabarnya

      Delete
  19. Ya gak lah dok -_- mana mungkin saya tinggal dkandang sg .. Sekarang saya sudah paham dan terbiasa memelihara sg . Terimakasih ya dok fira sovica

    ReplyDelete
  20. Dok saua mau tanya kalau sugar glider dipalihara sendiri bisa tidak?kalau bisa kelaminya yang cocok apa ya?kalau nggak bisa saya nggak mau merawatnya takutnya dua duanya nanti mati!

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah kalau pelihara 2 ekor, kemungkinan hidupnya lebih gede daripada pelihara satu, mas. kalau satu ekor doang, kadang lebih gampang stress, lebih gampang mati....

      mending baca artikel cara memelihara sugar glider dlu sebelum memutuskan pelihara sugar glider... belajar dlu cara memelihara sugar glider yang baik... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.