Mengetahui Kesehatan Sugar Glider Dari Tahinya | Drh. Fira Sovica

Cara mengetahui kesehatan sugar glider

dengan "membaca" bentuk fesesnya adalah salahsatu bentuk poopology. Ciri sugar glider yang sehat bisa dilihat dari fesesnya. Artikel ini terkait dengan artikel sejenis yaitu cara mengetahui kesehatan musang dari bentuk kotorannya.

Mengetahui Kesehatan Sugar Glider Dari Tahinya
Image taken from rebloggy.com
  1. Tanda sugar glider sehat dilihat dari bentuk fesesnya adalah bentuk feses sugar glider yang sehat cenderung tidak terlalu lembab, berbentuk seperti kotoran cicak dengan ukuran yang lebih besar, berwarna kehitaman atau kecoklatan, serta berbau tidak menyengat.
  2. Anda sebaiknya khawatir jika sugar glider anda mencret, memiliki bentuk tidak beraturan, berwarna mencolok, atau berbau sangat busuk atau sangat menyengat. Untuk pertolongan pertama, anda bisa mengubah pakan dengan memberikan buah-buahan seperti pepaya dan pisang, menambahkan madu atau sari kurma ke minumannya, dan menjaga kebersihan kandang. Awasi segala perubahan perilaku yang terjadi.

Demikian adalah

cara mengetahui kesehatan sugar glider dari fesesnya

. Semoga artikel ini bisa membantu anda para pecinta sugar glider. Terima kasih. (FS)

85 Responses to "Mengetahui Kesehatan Sugar Glider Dari Tahinya"

  1. Pagi dokter, ini tadi malam sg saya habis mainan sama saya trus tidur.. Waktu dia tidur aku pindahin ke kandang aku taruh di pouch yg sehabis di cuci dok, terus dia kaya brontak nggak kaya biasanya dok.. Lompat2 kayak ketakutan bgt dok trus aku gendong keluar kandang dia msh lompat2 ketakutan sampe nabrak2 dok.. Knapa ya dokter? Apa g boleh pouch di cuci? Cara nanganinnya gmn?
    Semalam enggak pup sama pee dok, sy kawatir jadinya kalo dia stres.. Makasih banget kalau dokter mau menjabawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak. mbak tahu kalau sg menandai daerah kekuasaannya dengan urine dan poo-nya? apa yang terjadi sama mbak kadang emang terjadi sih sama sg dengan karakter tertentu. sg mbak termasuk panikan ya? bener? gak apa2 kok, taruh aja di kandangnya. emang butuh adaptasi. nah agar dia gampang adaptasinya, mending taruh kaus bekas pakai mbak yang masih bau keringat di dalam kandangnya selama beberapa hari, biar dia merasa tenang ada 'bau ownernya' di situ. :)

      Delete
  2. Permisi dok saya mau nanya masalah SG saya, sebelum nanya saya mau cerita sedikit.
    Saya baru beli SG sekitar 4 hari yang lalu terus sg saya jantan dan sya rasa sudah dewasa karena ukuran badanya tidak seperti masih anak anak.
    saya tidak mengetahui jelas umur sg saya karena dari pemilik sebelumnya sg ini tidak terlalu di perhatikan.
    Selama saya memeliharanya dia ini suka tidur terus dok terkadang saya ajak main di kandang dia diem aja nggak aktif banget dan kalau saya pegang di tangan dia malah dekepdekep di baju nggak mau keluar gitu kenapa yah...
    Satu lagi dok dia ini ada luka kecil di leher tapi itu gmn yah dok cara memberikan obatnya karena jujur saya mau pegang masih takut takut...
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak. makasih banyak pertanyaannya. :)
      sebelumnya saya tanya, mbak tahu kalau sg itu hewan nocturnal? mereka lebih aktif di malam hari. biasanya diatas jam 12 malem. kalau siang biasanya mereka lebih suka tidur... :)

      kalau ada luka di lehernya, batasi asupan protein sebagai makanannya. karena protein bisa bikin luka susah kering. kasih aja buah2an kayak pepaya atau lengkeng sebagai makanannya. mbak juga bisa totol2 lukanya pake cotton bud yang dibasahi betadine.

      terakhir nasehat saya, jangan takut memegang sg. emang awal2 rada menakutkan, hehehe. coba mbak baca dlu artikel cara menjinakkan sugar glider.... :)

      silakan baca artikel2 mengenai sg di blog ini... :)

      Delete
  3. Permisi dok saya mau nanya masalah SG saya, sebelum nanya saya mau cerita sedikit.
    Saya baru beli SG sekitar 4 hari yang lalu terus sg saya jantan dan sya rasa sudah dewasa karena ukuran badanya tidak seperti masih anak anak.
    saya tidak mengetahui jelas umur sg saya karena dari pemilik sebelumnya sg ini tidak terlalu di perhatikan.
    Selama saya memeliharanya dia ini suka tidur terus dok terkadang saya ajak main di kandang dia diem aja nggak aktif banget dan kalau saya pegang di tangan dia malah dekepdekep di baju nggak mau keluar gitu kenapa yah...
    Satu lagi dok dia ini ada luka kecil di leher tapi itu gmn yah dok cara memberikan obatnya karena jujur saya mau pegang masih takut takut...
    Makasih dok

    ReplyDelete
  4. Dok sg kalau habis tidur gemeteran itu normal gk dok

    ReplyDelete
  5. Sya baru pelihara sg dok bingung sg saya kaki dan tubuh nya gemetaran itu knp ya dok... makan teratur tpi minum nya ngk mau ini penangananya gmn apa sya kasi susu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemetaran itu normal mbak Ika, semua SG begitu kalau tidur.. Susu dilarang diberikan ke SG.. kasih aja air putih di kandangnya..
      Bantu jawab Dok, hehe

      Delete
    2. Gemetaran itu normal mbak Ika, semua SG begitu kalau tidur.. Susu dilarang diberikan ke SG.. kasih aja air putih di kandangnya..
      Bantu jawab Dok, hehe

      Delete
    3. wah, makasih banyak, mas prambors! :D
      really appreciate it. :D

      mungkin nambahin aja, air minumnya air mineral bisa tambah madu atau sari kurma dikit... :)

      Delete
  6. Saya mau nanya Bu dokter sg saya pertama kali saya kasih makan semangka nah fesesnya itu juga ikutan merah itu berbahaya tidak yah atau memang karna efek makan semangka yg warnanya merah,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 itu mas. :)
      cuaca lagi gak bagus, jadi jangan sampe sgnya kedinginan. makanan sehari2nya apa mas? kasih bubur bayi aja, promina bagusnya... :)

      Delete
    2. Iya Bu dokter saya kasih bubur sun bayi yg harganya lebih miring hehe, oh normal yah mungkin warnanya gara gara makan semangka ,sama ini dok usia produktif sg sampe berapa tahun dan setelah melahirkan apa sg bisa ip lagi atau ada jeda waktunya terima kasih

      Delete
    3. yang mas tanyakan, udah ada kok artikelnya, hihihi. baca2 aja dulu. :D

      mau serius breeding sg? :D

      Delete
    4. Oh udah ada ya bingung sih nyarinya ,oke nanti di cari

      Haha memang lagi breeding sg 2betina skrng lgi IP,cuma yg satu kemungkinan reject umur belum pas udah hamil huft

      Delete
    5. ada kategorinya kok mas, hihihi... :D
      baca aja semuanya... :)

      belum tentu direject, mas... kita lihat aja... semoga aja nggak direject... :)

      Delete
    6. Oh iya Bu dokter menurut Bu dokter ,satu jantan di pasangkan lebih dri 1 betina gimana? Kalau salah satu IP itu gimana tindakannya harus di pisah atau engga, jika 2 betina IP semua juga gimana tindakannya,terima kasih Bu dokter

      Delete
    7. nggak apa2 kok satu jantan untuk dua betina. :)
      cuma masing2 betina kasih tempat tidur masing2. bedain. tempat tidurnya pake apa mas? batok kelapa?
      kalau toh 22nya misalnya hamil, nggak masalah. cuma kalo salahsatu betina misalnya nyerang betina lain, mending pisahkan ke kandang lain...


      maaf karena baru balas, jangan lupa kabari lagi

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Dok mau tanya kan saya dikasi sg sama sodara umur 5 bln nah kemarin malam saya taro dikandang kandangnya saya letakin dimeja besoknya kandangnya udah jatoh trus sgnya lepas nah pas saya ambil dia kayak gigit gigit tangan saya ga kayak biasanyaa trus dia juga lompat lompat ga karuan kalo boleh tau itu stres? Kalo misalkan stres gimana cara mengobatinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya stress itu.
      coba karantina. coba kandangnya masukkin ke ruangan yang tenang (gak ada suara2 mengagetkan). kasih makan kayak biasa. diamkan di ruangan selama 1 atau 2 jam.

      Delete
  10. Makasi dok oh iya mau tanya juga kok sg saya biji kemaluannya kayak membesar trus turun itu normal atau engga? Kalo engga gimana cara ngobatinnya? Terima kasih dok

    ReplyDelete
  11. Tapi klo makan lancar gerak juga aktif dok

    ReplyDelete
  12. Misi dok aku mau nanya, aku baru adopt sg nah pas dr kandang awal nya pup nya masih biasa aja kayak pup cicak tp pas aku pindah ke kandang yg lebih gede, kok feses nya berubah ya jadi kaya cari gituu itu kenapa yaa? Dan semalem nya aku kasih makan ubi tuh gapapa kann? oiya dia juga gemetar terus gituu :( itu tanda kedinginan apa gmn ya soalnya malem nya aku bawa ke kamar ac .. mohon responnya dok terimakasihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. sgnya masih anakan ya mbak? bener?
      kalau dia masih anakan, wajar kok kalau dia gemetar gitu. kadang yang dewasa juga gitu. selama nafsu makan dan fesesnya oke, saya kira dia masih sehat..

      nah mengenai fesesnya yang berubah, coba observasi dulu selama 2 atau 3 hari ke depan. biasa dikasih makan apa?

      sering dikasih buah gak sgnya?

      Delete
  13. Assalamualaikum, dok mau nanya, ini kan saya ada 2 bubur, sun rasa pisang dengan promina rasa smooth kacang ijo.
    Nah untuk ngasih makan nya, gmna dok, apa gantian, pagi sun sore promina? Atau gmna dok?
    Terimakasih seblm ny dok

    ReplyDelete
  14. Dok saya punya 2 Joey umur 2 bulan
    Kira2 boleh gk d mandiin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. lap aja pakai tisu basah non alkohol.
      sg dewasa pun sebenernya gak usah dimandikan...

      Delete
  15. http://i.imgur.com/4JczEBe.jpg
    dok, dilihat dr fesesny apakah sugar glidr saya sehat? jika fesesny ditekan aga lembek dan jadi belepotan gtu dok,, feses lembek apkah ada hubunganny dengan sg ny masi muda dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehat kok itu. sg yang sakit fesesnya gak sepadat itu. :)

      Delete
    2. oke dok hhehehe soalny dia masi kecil, makanny hny bubur bayi aja,, btw ud blh makan buah dok?

      Delete
    3. boleh aja sesekali makan buah... :D

      Delete
  16. Dok saya mau tanya kenapa sg saya suka poop di pouchnya saya menggunakan batok kelapa

    ReplyDelete
  17. Dok, saya bary beli SG betina 1.5 bulan 4 hari yang lalu. SG saya mencret dan sekarang poopnya sudah seperti ini. Apakah itu normal? Makannya saya beri bubur sun rasa kacang hijau.

    Gambar: http://i.imgur.com/NI6bQkD.jpg

    ReplyDelete
  18. halo dok, saya mau nanya nih sg cewe saya umurnya udah 1thn lebih, nah dia ini bulunya rontok gtu dok di bagian perut, aku udah baca artikelnya yg ngobatin hairloss, nah aku pake sabun detol, aku celup2in air anget sampe agak burem airnya trus aku lapin ke sg nya itu nggapapa kah dok?. sg ku ini suka garuk2nya over gtu dok aku sedih pas tau bulunya rontok :(, apa itu jg pertanda dia mau kawin ya dok? soalnya didaerahku sini tuh jarang yg punya sg, oh ya sg ku poopnya normal padat wrn coklat/item gtu, makannya jga masih rakus
    tolong pencerahaanya dok :") terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas fotoin? terutama bagian yang hairloss.. fotoin, terus upload di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, copy paste di komentar baru....

      ada kayak bintik2 gitu nggak dibagian yang botak?

      nggak kenapa2 sih, cuma hati2 keminum sama sgnya. :)
      kenapa nggak beli yang jantannya, mbak? :)

      Delete
  19. Halo dok, saya mau tanya nih solusi untuk naikin nafsu makan SG gimana ya??
    SG jantan (4bln) saya nafsu makannya kurang bgt, sedangkan SG betina (5bln) saya nafsu makannya bagus.
    Mereka jarang bgt makan buah dan sayur yg saya sediakan, tp mereka makan SUN (pisang/brs merah) jangkrik dan ulat hongkong.
    Poop mereka normal hitam/coklat namun terkadang lembek. Apakah itu normal ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sg emang lebih banyak makan saat malam. jadi kalau siang dan malam, mereka emang lebih sedikit makannya.

      dan jangan pake bubur sun, coba pake bubur bayi merk promina. mereka lebih suka promina.

      Delete
    2. Kalo SG sering bgt jilat / masukin makan ke kantong nya, itu artinya apa ya ?

      Delete
    3. sedang dalam proses dikawinkan, mbak?
      saya kira normal. mungkin sedang oop (udah punya joey di dalam kantungnya).

      nafsu makannya gimana?

      Delete
  20. Hallo dok, saya mau tanya
    Saya baru beli sg jantan umur 1,5 bulan kemarin, nh fasesnya itu agak cair tp ga bau
    Itu ga bermsalah kan dok?
    Sebelumnya terima kasih;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      coba kasih makan bubur bayi. merk promina.

      untuk mencretnya, mas bisa kasih air kelapa muda. pagi dan sore.

      Delete
  21. Dok, aku baru beli sg, semalam sampe rumahnya.. makan dia mau dok semalam dan tadi pagi, kotorannya juga normal cuma dia suka tiba tiba mangap mangap kaya ada sesuatu di mulutnya gitu.. nah saya takutnya ada apaa gitu sedangkan dia kan masih adaptasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidungnya keliatan basah nggak?
      nafsu makannya gimana? masih doyan makan?

      kabari saya ya mas. terutama yang saya tanyakan tadi...

      Delete
  22. Hidungnya ga basah dok, masih doyan makan ko malah lahap, cuman itu aja aneh suka kaya mangap mangap gitu..

    Trus dia itu tidur aja dok, kalo di angkat ga pernah mau.. takutnya stres karna kesepian..

    ReplyDelete
  23. Oiya umurnya 6/7 bulanan kata penjual nya, dia jantan dan udah botak gitu kepalanya, saya mesti ajak main nya gimana ya dok? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak masalah, mas.
      udah mas kawinkan nggak dia? :)
      mas pelihara berapa sg? :)

      selama dia masih mau makan, dan fesesnya gak mencret, saya kira aman... :)

      Delete
  24. Alhamdulillah kalo ga masalah hehe belum dikawin, baru beli 1 ini aja dok belum seminggu juga di peliharanya hehe apa carikan betina nya langsung ya?

    Oiya dok, kan sg nya baru 4 hari ni saya pelihara, udah boleh dibawa jalan jalan belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cariin betina aja langsung mas. :D

      mau dibawa jalan kemana? hmm, agak riskan sih. mending ajak main di sekitar rumah dulu. mas sering ajak main dia?

      Delete
  25. Okedeh ntar dicarikan betina hehe, riskan ya? Yaudah di rumah aja hehe ga sering main sih dok kalo dianya lagi mau aja..

    Oiya dok sebenernya cara penggunaan bonding pouch itu gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas.
      bonding pouch itu digunakan kalau kita mau ajak dia main aja. secara penggunaan sebenernya sama dengan travel pouch, cuma penamaan aja... :)

      Delete
  26. Dok hari ini sg saya ko nafsu makannya turun, awalnya kayanya karna saya telat kasih makan kemarin yang harusnya sore ngasih tapi saya satuin ke malem karna saya ada kegiatan di kampus..

    Malem tadi kotorannya agak kaya mencret dan bau nya menyengat, trus pagiini mau makan sedikit, mau main tapi ko kaya hyperaktif hehe soalnya mau keluar kandang terus dok kaya ada yang ingin dia tuju di sudut kamar saya..

    Apa dia baik baik aja dok? Lalu apa saya biarin dia di luar kandang dulu sampai kepo nya hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana mas? :)
      nafsu makannya gimana sekarang?

      mungkin kalau emang masnya lagi sibuk, coba mas kasih makan kurma aja. kurma yang udah dipotong2 kecil, taro aja di kandangnya. itu bisa tahan seharian (nggak basi kayak bubur bayi)

      Delete
  27. Gapapa dok makasih sudah balas hehe Alhamdulillah sekarang udah biasa lagi, cuman kaya beberapa waktu poop nya cair lalu biasa lagi terus kaya gitu.

    Oiya dok sg saya kan jantan, nah dia tuh bau banget badannya padahal udah mandi hari ini baunya terutama bagian bawah badannya sih dok karena susah di lap bagian situ.. gimanain ya dok? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya ada perubahan nggak?
      kalau mas kasih bubur bayi, setelah 3 atau 4 jam, buang aja. jangan ditaro lebih dari 4 jam.

      kalau soal bau, emang iya sih. yang jantan lebih bau. kan mereka buat marking alias penanda wilayah. jadi biarin aja. yang jantan udah jinak sama mas? udah bisa mas pegang dan dia gak coba lari? kalau iya, coba aja kasih bedak bayi di bawah tubuhnya. TAPI INGET, jangan sampe masuk ke lobang hidungnya ya. cukup oles aja bedak bayi di bulu bagian bawahnya

      Delete
  28. Ga ada perubahan dok, cuma tempat makannya ada perubahan karna saya baru beli kandang baru.. ngaruh ga tuh dok?

    Belum jinak dok, selalu lari makanya mandiinnya aja susah banget. Gimana dong dok? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara biarin aja mas, bau dikit nggak apa2, sambil mas berusaha jinakin dia. sering kasih makan pake tangan. makanannya dicuil pake ujung jari, terus sodorin ke mulutnya dia sampe dia jilat2 tangan mas... :)

      kalau emang nafsu makannya masih sama, dan fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat... :)

      Delete
  29. Yaudah deh biarin aja hehe sepertinya sehat dok Alhamdulillah.

    Oiya dok saya lihat di youtube ada sg yg dimandikan dgn cara disiram dan pake sampo bayi.. boleh kah dok?

    Trus kalo sg mau dibawa jalan pake bonding atau travel pouch, boleh ga di dalemnya pake maaf (pembalut)di dalamnya buat jadi alas biar nyerap pipis sama poop sepanjang perjalanan dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. saya samasekali nggak menyarankan sg dimandikan dengan cara itu. apalagi kalau masih joey/anakan.

      meski udah dewasa juga sebenernya resikonya terlalu besar.

      boleh, mas. boleh kok didalam travel pouch dikasih pembalut. :)

      Delete
  30. Okedeh dok makasih banyak udah jawab pertanyaan pertanyaan saya hehe

    ReplyDelete
  31. Dok, sg saya kan umurnya 7/8 bulanan, tapi giginya kecil, bukannya harusnya udah panjang ya dok? Apa memang pertumbuhan giginya lambat? Apa itu ada hubungannya sama kebiasaan dia suka mangap mangap gajelas gitu dok?

    Mangap mangap kaya ada sesuatunya gitu dok

    ReplyDelete
  32. Dok, sg ku kukunya panjang banget tapi susah buat dipotongnya.. kakinya sering nyangkut di kain dok, terus sekarang kukunya pada patah saking panjangnya.. saya mesti gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah patah? ada llukanya nggak? kalau ada luka, kasih betadine. totol2 aja.

      emang agak tricky sih buat potong kuku sg. kalo saya dulu saya bebat pake kain yang agak tebal dulu sgnya (tongolin kepalanya aja), biar dia gak gerak, terus baru saya potong. kayaknya ada deh artikel cara potong kuku sg

      Delete
  33. Ga ada luka sih dok, cuman gitu patah aja..

    Mau gitu dok dibebat tapi ga tega takut stres..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah, coba aja potong kukunya mas. tapi dikit aja ya. cek artikel saya dulu... :)

      Delete
  34. Mau tanya lagi dok, penggunaan minyak ikan buat sg itu gimana baiknya? Katanya bisa untuk nambah nafsu makan + bisa diaplikasikan ke bulunya juga.. benarkah? Kalo iya gimana tuh ketentuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau minyak ikan, sebutir aja seminggu. jangan kebanyakan.
      kalau ke bulunya, mendingan jangan. :)

      Delete
  35. Dok sg saya masa dari anusnya keluar kaya cacing merah gitu dok barusan.. kenapa tuh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua ya mas? kalau dua, itu bukan cacing. itu kelaminnya. udah saya bahas di artikel sugar glider mengeluarkan benang berwarna merah

      Delete
  36. Iya dok.. kirain apaan kaget saya hehe makasih dok..

    Oiya dok, sg saya kuruuss, makannya suka sedikit banget. Susah banget dok, dikasih buah gamau..

    Saya udah kasih protein instan yg saya beli, trus minyak ikan juga.. nafsu maknnyam kaya tetep aja sedikit dok, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur sgnya berapa? kalau udah diatas 5 bulan, boleh digemukin dengan cara kasih jangkrik ke dia. makanannya ganti pake jangkrik...

      kalau belum 5 bulan, fokusnya yang penting dia sehat aja dulu. kalo umur anakan udah digemukin, takutnya malah kena ke jantungnya...

      Delete
  37. Umurnya 8 bulan dok, okedeh makasih dok..

    ReplyDelete
  38. Dok, tanganku suka gatel + bentol kalo abis dipanjat panjat sg, apa karena kukunya panjang ya? Ada hubungannya ga? Hehe

    Masih susah tea dok mau potong kukunya.. takut kena quicknya udah pernah sekali motong kuku dan tiba tiba munvum bintik merah di bagian yg terpotong.. jadi takut lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. mas. emang kulit kita aja yang sensitif.
      coba cuci tangan aja kalau abis megang sg... :)

      Delete
    2. Ohh okedeh dok.. oiya dok, kuku sg emang cepet tumbuhnya ya? Soalnya baru dipotong 2 hari yang lalu berasa udah panjang lagi sampe bisa nusuk ke kulit dalam tanyta saya. Apa saya kependekan potongnya? Soalnya saya potong ujungnya aja, yang tajam nya.. kurang pendek kah dok?

      Delete
    3. kayaknya kependekan motongnya. tapi kudu hati2 sih emang. jangan sampe kena kulit/daging yang di dalam kukunya, mas... :)

      Delete
  39. Maaf mbak mau nanya. Saya pelihara sg baru 1 mingguan. Sekarang udah 2 hari tiba2 jadi pendiam dan gak nafsu makan. Pdhl biasanya makan terus dan suka manjat kemana2. Sekaeang tidur twrus di kandang. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pelihara satu ekor aja ya?
      cek artikel kenapa sugar glider tidur melulu

      Delete
  40. Dok klo kotoran sg sy bntuknya kyk gni, ini knp ya ?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.