Joey Sugar Glider Tidak Boleh Dipegang, Benarkah? | Drh. Fira Sovica

Beberapa saat yang lalu, ada pertanyaan dari salahsatu pengunjung blog ini kepada saya: "dok, bener nggak sih

anak sugar glider tidak boleh dipegang

dulu?". Maka artikel ini saya buat untuk menjawab apakah sugar glider joey boleh dipegang atau tidak oleh ownernya. Bagi anda yang ingin tahu cara memelihara sugar glider, anda bisa membaca artikel saya cara merawat sugar glider.


Joey Sugar Glider Tidak Boleh Dipegang, Benarkah?
Image taken from critternook.com
  • Beberapa jenis hewan mengenali induk atau anaknya dari aroma tubuh induk atau anaknya tersebut. Kambing misalnya, biasanya anak kambing mengenali induknya lewat bau tubuh si induk. Begitu pula induk kambing, mereka bisa tahu seekor anak kambing ini anaknya atau bukan dari bau tubuhnya.
  • Contoh lainnya adalah kucing. Induk kucing kerap tidak mau menyusui anaknya yang sudah disentuh atau dipegang manusia karena anak kucing tersebut sudah 'bau tangan' manusia. Sebaliknya, jika induk kucing itu sering bermain dengan manusia, maka kadang sang anak kucing tidak mau menyusu pada induk kucing tersebut.
  • Nah, kasus ini juga terjadi pada sugar glider dan menjadi jawaban atas pertanyaan apakah bayi sugar glider boleh dipegang atau tidak. Joey sugar glider atau bayi sugar glider yang terlalu sering dipegang oleh manusia biasanya kerap di-reject oleh induknya sendiri. Induk sugar glider kadang tidak mau menyusui anaknya yang sudah terlanjur bau tangan manusia. 
  • Dalam beberapa kasus, ada pula induk sugar glider yang memakan joeynya sendiri karena kasus ini. Jadi sebaiknya anda tidak terlalu sering memegang-megang joey sugar glider yang masih dependent (masih menyusui) kepada induknya. Tunggu hingga si joey independent (tidak lagi menyusui) kepada induknya. Anda bisa membaca artikel saya mengenai siklus hidup sugar glider.
Demikian adalah sekelumit tentang jawaban

apakah bayi sugar glider boleh dipegang atau tidak

. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pembelajaran anda semua mengenai memelihara sugar glider. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

28 Responses to "Joey Sugar Glider Tidak Boleh Dipegang, Benarkah?"

  1. Apakah boleh bwk d tempatkan di dkat cg pada ruangan yg sama?

    ReplyDelete
  2. Apakah boleh bwk d tempatkan di dkat cg pada ruangan yg sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik dilihat dulu selama beberapa jam atau beberapa hari sambil diobservasi. kalau keduanya akur2 aja sih aman2 aja... :)
      jaga kebersihan keduanya ya mas... takutnya nanti malah saling tular penyakit... kalau dijaga kebesrihannya sih gak... :)

      Delete
  3. Ok2 rencana mau beli bwk buat temen tobi
    Salam buat errol dan padma....,,,,

    ReplyDelete
  4. Hhhh alhamdulilah dok setelah sekian lama manning akhrnya tobi mau fof dngan umpan hidup:-)

    ReplyDelete
  5. Marhaban ya ramadhan dokter ... Dok lokasi dokter buka praktek dimana dan jam operasional nya ? Boleh minta kontak nya dokter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. marhaban yaa ramadhan juga... :)
      saya berdomisili di bogor. namun saya sendiri jarang ada di sana karena lebih sering praktek di salahsatu rumah sakit hewan di jabodetabek... :)
      konsultasi via blog aja mas. line konsultasi saya via blog ini aja... :)

      Delete
  6. Mau nanya badan SG ku ( mamet )di bagian dada nya (agak kecokelatan sedikit ) itu kenapa ya ? Bulan ini 4 bulan nya dia. Apa ini yg dinamakan fase menjelang dewasa ? Kepala nya sudah agak pitak . Namun yg masih di pertanyakan di bagian dada nya tersebut. Sebab lg booming kasus sg yg overgrooming di bagian dada yg lantaran karena jamur/bakteri. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering mbak mandikan dengan cara diilap pakai lap yang dibasahi air hangat?
      jaga juga kebersihan kandang. kalau baru 4 bulan harusnya belum ada bald-chest di dadanya...... :)

      sg yang lain yang satu kandang gimana? apakah sama? apakah si mamet sering menggaruk2? :)

      Delete
    2. Iya saya sering manfikan dg air hangat. Lalu ada yg menyarankan dg dicampuri detol. Saya perhatikan mamet grooming dg wajar. Lebih sering mamet (jantan) menjilati reproduksi nya sendiri. Dok,Saya ingin mengirimkan gambar baagian dada mamet yg kecoklatan bgmn ya dok ?

      Delete
    3. ganti aja foto profil mas pakai fotonya mamet... :)
      tebakan saya sih masih sehat. soal dia sering menjilati organ reproduksinya sendiri itu wajar... :)

      Delete
  7. Dok sg saya kalo saya masukin baju ke dalam kandang malah di gigitin ama sgbya terus kan bawahannya buat nadangin pup saya kasih koran. Korannya malah di gigitin dong kenapa ya

    ReplyDelete
  8. dok sg saya tadi pagi loncat ke mangkuk kuah ayam gulai. terus langsung saya mandiin karena panik. tapi skrng saya liat tidak kenapa-kenapa hanya sedikit lemas. hidungnya masih berwarna pink, matanya biasa, dan telinganya tidak turun. mohon bales dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. diobservasi aja sampai besok malam. kasih minum air madu.
      semoga baik2 aja ya mas... :)

      Delete
  9. dok sg saya tadi pagi loncat ke mangkuk kuah ayam gulai. terus langsung saya mandiin karena panik. tapi skrng saya liat tidak kenapa-kenapa hanya sedikit lemas. hidungnya masih berwarna pink, matanya biasa, dan telinganya tidak turun. mohon bales dok

    ReplyDelete
  10. Malam dok,saya mau Tanya
    Jadi dua joey saya baru oop sekitar 2 minggu(sudah berbulu tapi msih buta). Waktu itu saya membersihkan kandang dan mengganti alas. Induknya nampak galak sekali waktu saya bersihkan kandang nya(saya belum begitu bonding sama ibunya tapi bonding sama ayahnya). Anaknya sempat saya pegang tapi cuma sebentar dan cuma sekali itu.
    setelah itu Mereka saya titipkan ke pembantu selama seminggu. Waktu saya kembali. Kedua joeynya sudah hilang tanpa jejak. Alas sudah saya periksa tidak ada bangkai ataupun bekas darah. Kemudian saya liat pouch ibunya menjendol sedikit tapi tidak mungkkn dua joey yang sudah besar di dalam pouch cuma membuat jendolan sekecil itu. Lantas apa yang mungkin telah terjadi dok? Mereka hilang tanpa jejak.
    Maaf kalau kepanjangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba nanti mas cek, apakah jendolan di pouch induknya bergerak2? aktif? karena kadang ada yang kayak gitu, joey sgnya udah keluar tapi masih sering menyusu ke dalam pouch.

      kemungkinan kedua, dimakan. kalo joey sg dimakan joeynya, gak ada darah yang menetes, sepengetahuan saya sih gitu. harusnya sih mas jangan membersihkan kandang dulu selama joeynya masih belum independen (makan sendiri dll), atau bisa juga pindahkan ke kandang lain dulu sementara kandang yang lama dibersihkan....

      pembantu mas gak bilang apa2? terlalu banyak sih sebabnya, saya tebak cuma 2 itu aja yang kemungkinan besar terjadi...

      Delete
  11. Dok, saya mempunyai sg betina yang sedang ip, namun scara tdak sngaja lepas dr kandang dan digigit oleh kucing kemudian mati, nah tryata di kantung nya sudah ada anaknya yg masih pinkies namun msih hidup, gmna solusi nya ya dok? Untuk merawat anaknya karena msih sangat kecil, seukuran satu ruas jari manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuwh, kenapa sampe lepas, mas? :(
      sebelumnya maaf karena baru balas. buat pengetahuan aja ke depannya, cara memelihara bayi sg yang ditinggal mati induknya ada di artikel cara handraise sugar glider...

      Delete
  12. Dok gimana cara merawat bayi sg ya. Ibu nya mati padahl bayi nya masih merah tolong petunjuk nya

    ReplyDelete
  13. Dok gimana cara merawat bayi sg ya. Ibu nya mati padahl bayi nya masih merah tolong petunjuk nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mas baca artikel saya CARA HANDRAISE SUGAR GLIDER

      Delete
  14. Dok kenapa ya sugar glider jantan saya ko klo malem gak aktif gak kaya biasanya padahal kandang bersih paling keluar pouch klo ada makanan doang abis itu masuk lagi ke pouch bagi solusi nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya peliharanya berapa sg?
      kalo cuma satu emang kadang dia pasif....

      emang kadang ada sg yang kayak gitu sih. keluar pouch cuma makan doang, hehehe. normal kok... :)

      Delete
    2. Dok, sg saya yg cewe udh 1 tahun lebih udh 2x hamil tapi selalu menghilang anakanya. Anaknya masih di dalem kantung. hamil Pertama satu kandang ama cwonya cuma ada sepasang sih, hamil kedua saya pisah beda kandang tapi siang saya satuin lagi. Kira2 kenapa selalu dimakam ya dok? Trs kira2 dari saat di makan sampe hamil lagi kira2 cepet atau lama ya dok?
      Terimakasih dok.

      Delete
    3. saran saya, mending sementara jangan dikawinkan dulu. mungkin keduanya masih stress. jangan dikawinkan dulu selama 3 bulan (pisahin kandang, tapi taro kandangnya sebelahan).... setelah 3 bulan, coba kawinkan lagi....

      Delete
  15. klo bayi nya kluar dari sleeping pouch dok gmna cara masukinnya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.