Cara Memelihara Penyu Air Tawar | Drh. Fira Sovica

Banyak orang yang mencari info tentang cara memelihara penyu air tawar, bahkan ada juga penjual ikan hias yang mengatakan penyu yang dijualnya adalah penyu air tawar. Namun, benarkah ada penyu air tawar?

Jawabannya tidak ada. Bagi anda yang ingin tahu harga kura-kura air, anda bisa membaca artikel saya daftar harga kura-kura akuatik.

Benarkah Ada Penyu Air Tawar?
Image taken from kaskus.co.id
Jujur saja, tadinya saya berpikir ingin menulis tentang

cara memelihara penyu air tawar

. Namun saya pikir sudah saatnya orang tahu bahwa tidak ada penyu yang di air tawar.

Tuhan sudah menciptakan setiap makhluk hidup di dunia ini dengan organ tubuhnya masing-masing. Begitu juga dengan penyu. Ada suatu organ khusus penyu yang berguna untuk menyaring zat garam di air laut dan mengeluarkannya lewat mata. Itulah sebabnya penyu sering terlihat 'menangis'.

Jika anda menaruh anakan penyu (tukik) yang notabene masih memiliki daya tahan tubuh lebih rentan dari penyu dewasa di air tawar, akibat yang paling jelas akan terlihat adalah kematian. Saya ulangi sekali lagi dengan hurup kapital: KEMATIAN. Hehehe.

Si penjual bisa saja berdalih bahwa penyu yang dijualnya adalah penyu air tawar agar anda membelinya, dan anda kemudian terbujuk dan membelinya. Namun lihatlah satu atau dua minggu kemudian. Penyu tersebut akan terlihat lesu, murung, kehilangan nafsu makan, dan akhirnya mati.

Kemudian muncul pertanyaan, "saya sudah terlanjur membeli penyu 'air tawar' ini dan ingin dia tetap hidup, apa yang harus saya lakukan?"

Jawabannya adalah: jika anda ingin tetap memeliharanya, pastikan anda memelihara di air laut. Saya tidak (mau) tahu darimana anda mendapatkan air laut untuk media perawatannya, itu adalah resiko memelihara penyu air laut. Yah, setiap memelihara hewan pasti ada resikonya sendiri-sendiri, tidak hanya penyu saja.

Opsi kedua yang saya tawarkan adalah melepaskan si penyu ke laut dan pastikan anda tidak membeli penyu lagi. Ingatlah, bahwa setiap ada orang yang membeli tukik, maka bertambah juga jumlah orang yang memburu tukik untuk dijual. Hukum ekonomi dasar, pemburuan hewan terjadi karena adalah permintaan akan hewan tersebut di pasar. Dengan tidak membeli tukik, maka anda sudah berperan besar dalam menghentikan pemburuan tukik.

Sebenarnya, ada cara legal dalam memelihara penyu. Sebagai hewan dilindungi, anda perlu izin BKSDA untuk memelihara penyu. Cara membuatnya bisa dibaca di cara membuat surat izin memelihara penyu dari BKSDA.

Demikian adalah jawaban dari pertanyaan bagaimana cara memelihara penyu air tawar
, yang ternyata tidak ada, hehehehe. Saran, kritik, serta komentar masih saya tunggu di kolom komentar. Terima kasih. (FS)

15 Responses to "Cara Memelihara Penyu Air Tawar"

  1. cara ke lain mengurangi perburuan adalah hewan tersebut diternakkan .. jadi menambah populasi juga konsumen biasanya lebih tertarik ternakan karena lebih jinak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga dengan cara diternakkan mas.
      namun menernakkan hewan dilindungi memerlukan surat dari
      BKSDA setempat juga agar bisa dikontrol. Salam. :)

      Delete
  2. pantesan say tukik diam aja
    katnay penyi air tawar..
    bagaim mana ni kashan jg tukiknya mau diapain
    sedngkan sy memlihara ikan airtawar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, lokasi mas deket ama pantai nggak?
      kalau deket, lepas liar aja di pantai, mas... :)

      Delete
  3. apakah penyunya ms d jual belikan bro..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak jual hewan, mas... saya dokter hewan.. :)

      Delete
  4. Sungai ditempat saya ada penyu padahal lereng gunung. Kalau lg mancing pasti dia yg makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyu atau kura-kura, mas? kalau penyu, nggak ada kakinya. dia adanya sirip (kaki yang pipih). kalo kura-kura, ada kakinya... :)

      Delete
  5. Yaampun, setelah sekian lama saya baru tahu. Dulu saya beli tukiknya pas masih kecil banget, saya lihatnya lucu terus minta2 sama Papa saya. Penjualnya bilang itu hidup di air tawar. Coba dulu saya tahu :( pasti semuanya akan lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mas baru tahu sekarang, yang penting jangan diulang lagi. :)

      sekarang masih ada kura-kuranya?

      Delete
  6. Penyu air tawar ada kok..nama nya monbi atau moncong babi..hidup di air tawar bukan air laut .tp dilindungi .

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.