Manfaat Kupir Pada Anjing | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

manfaat dari kupir

(ear crop) atau pemotongan daun telinga pada anjing. Dan harap ditegaskan bahwa kupir pada anjing atau pemotongan telinga pada anjing tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada prosedur khusus yang harus diikuti agar proses pemotongan telinga anjing tidak lantas menyakiti anjing tersebut.
Manfaat Kupir Pada Anjing

Dan berikut adalah beberapa manfaat pemotongan telinga anjing atau manfaat kupir pada anjing:
  1. Manfaat kupir dari segi kesehatan.
  2. Kadang, anjing memiliki daun telinga yang amat panjang sehingga menyulitkan untuk membersihkan bagian dalam telinganya. Nah, salahsatu manfaat kupir antara lain adalah mempermudah untuk membersihkan bagian dalam telinga anjing.
  3. Manfaat kupir dari segi keamanan.
  4. Kadangkala, anjing dipelihara untuk tujuan mengamankan rumah atau kantor. Nah, pemotongan daun telinga untuk anjing yang diperuntukkan untuk menjaga rumah biasanya lebih ke alasan keamanan. Anjing yang dikupir telinganya biasanya untuk menghindari cedera pada bagian telinganya. Selain itu, kupir juga bisa berguna bagi anjing yang dilatih dalam fighting (latihan bertarung dengan anjing yang lain). Dengan begitu, luka di bagian telinga bisa dihindari dengan pemotongan daun telinga anjing (kupir).
  5. Manfaat kupir dari segi estetika.
  6. Manfaat kupir yang terakhir adalah dengan tujuan estetika. Biasanya, anjing dengan daun telinga yang terlalu panjang malah membuat anjing tersebut kelihatan jelek. Nah, dari sini, kupir bisa menjadi acuan agar daun telinga anjing bisa lebih bagus. Dengan demikian, kupir juga bisa bertujuan untuk estetika.

Demikian adalah manfaat dari pemotongan daun telinga anjing atau

manfaat kupir

pada anjing. Semoga artikel tersebut bisa menjadi acuan bagi anda. Dan sekali lagi saya tegaskan, jangan melakukan pemotongan daun telinga pada anjing kecuali oleh dokter hewan atau orang yang sudah tahu prosedur kupir yang baik karena efeknya akan dibawa seumur hidup oleh anjing tersebut. Saran, kritik, dan komentar atas artikel ini saya tunggu. Terima kasih. (FS)

11 Responses to "Manfaat Kupir Pada Anjing"

  1. Dok mohon infony anjing saya terkena parfo sekarang posisi dia lemass bangt dan saya infus di rumah gmn cara mengobatiny ya dok tolong bantuanny :'(

    ReplyDelete
  2. Dok mohon infony anjing saya terkena parfo sekarang posisi dia lemass bangt dan saya infus di rumah gmn cara mengobatiny ya dok tolong bantuanny :'(

    ReplyDelete
  3. Apakah dengan kupir kualitas pendengaran anjing jadi berkurang dok....permukaan daun telinga berkurangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan sebaliknya mas.
      anjing yang dikupir biasanya akan meningkat daya dengarnya... :)

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas...

      Delete
  4. Replies
    1. tergantung jenis anjingnya sebenernya, mas. untuk anjing trah besar, biayanya biasanya sekitar 400rbu hingga 650rbu. :)

      Delete
  5. Halo Dokter mau tanya, untuk jasa kupir Pitbull lokasi Jakarta Utara dimana ya? Atau mungkin ada yang punya kontaknya? Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Kirain klo Di kupir jd bs Panjang umur, jd lari lbh kenceng,, trnyata cm itu aja manfaatnya😓,,, owner Pitbull nya yg dikupir ga skalian ikut Di kupir biar dpt manfaatnya Kaya pitbull nya

    ReplyDelete
  7. dok saya mau kupir dong ama dokter bisa gak??

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.