Cara Memasang Harness Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Harness atau tali kekang atau tali ikat musang biasanya dijual di toko online di kaskus, olx, dan berniaga. Anda juga bisa membeli tali ikat musang di grup-grup jual beli musang di facebook seperti di rumah adopsi musang lover bekasi (RAMLI) dan semacamnya. Anda bisa membaca tentang cara merawat musang di artikel cara memelihara musang pandan dan cara memelihara musang bulan.
Cara Memasang Harness Pada Musang
Image taken from djainoelpets.blogspot.com
Pada artikel kali ini, penulis akan memberikan tips cara memakaikan harness pada musang. Dan berikut adalah

cara memasang harness pada musang

  1. Kecuali jika musang sudah sangat jinak dan tidak meronta-ronta saat dipasangkan harness, memasang harness pada musang sebaiknya dilakukan oleh 2 orang.
  2. Satu orang memegang leher dan pangkal ekor musang secara lembut, sementara satu orang lagi memasangkan harnessnya. Jika musang sudah sangat jinak dan tidak meronta-ronta, maka cukup anda saja yang memasangkan sendiri harnessnya.
  3. Setelah harness dipasangkan, beri musang anda air madu.
  4. Pemberian air madu agar musang bisa tenang kembali setelah dipasangkan harness.
  5. Jangan memaksakan musang untuk memakai harness.
  6. Jika musang terlihat tidak nyaman atau terlihat menggaruk-haruk tali harness yang dipasangkan padanya, maka lepaskan segera tali harness.
Demikian artikel singkat tentang

cara memasang harness pada musang

Beberapa orang "pecinta" musang membius musangnya agar bisa memasangkan harness. Menurut penulis, cara tersebut tidak dibenarkan dalam memasang harness ke musang. Sedikit banyak, membius musang sebelum memasangkan harness hanya menyakiti si musang itu sendiri. Komentar dan saran bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

141 Responses to "Cara Memasang Harness Pada Musang"

  1. RAMLI: RumahAdopsiMusangLoversIndonesia 👍

    ReplyDelete
  2. Dok..
    kalo di pasang Harness, terus gak di lepas" gakpapa ?

    ReplyDelete
  3. Tanyak lagi Dok.
    musang saya sering muter" di kandang kayak nyari sesuatu gitu.
    itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nafsu makannya bagus, gak apa2 suka muter2. hanya malem aja muter2nya?? :)
      kecuali kalau dibarengi dengan nafsu makan berkurang. bisa jadi itu tanda stress. silakan mas baca artikel ciri musang stress...

      harness hanya dipakai waktu dia mau jalan2 saja.... selebihnya, lepas aja gak apa2...

      Delete
    2. nafsu makannya normal dok, iya muter"nya malam aja.

      makasih ya dok infonya .

      Delete
  4. dok , baby musangku suka berontak kalo dipasangin harness, malah tambah galak, suka gigit setelah dilepas, gimana supaya agar ini musang terbiasa dengan harness dok?
    dan juga kalo dikandangin gak bisa tenang,sering ribut, mau nya tidur dikasur atau ditumpukan baju, minta solusi dong dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena belum terbiasa itu. gak apa2, jangan dipaksakan. cukup coba pasang tiap hari. kalau dia berontak, lepas. gitu2 terus sampe dia terbiasa.... :)

      boleh saya kasih saran? lebih baik ikuti nalurinya dia mas. kalau dia maunya tidur di kasur, biarin aja dia tidur di kasur. mas bisa ikut tidur bareng dia (asalkan hati2 jangan sampe tertindih, hehehe). potensi musang seperti itu untuk jinak dan bonding kepada tuannya biasanya besar.... yah itu cuma saran saya, hehehe.

      kalau liat dr cerita mas sih musang mas ini termasuk berkarakter ceria dan doyan becanda. mirip musang saya dulu. justru kalau mas sabar, dia bisa jinak 100% kepada mas.... :)

      sehat selalu buat musangnya.... :)

      Delete
    2. terimakasih sarannya dok . betul sekali dok musang nya emang suka bercanda, semangat dan kalem :D musangku emang udah pandai bonding kok dok , tapi cuma pas lagi lapar aja hehehe
      iya dok semoga aja jinak 105 % :) amin

      Delete
  5. dok muspan saya kan umur 2 bulan.boleh pake body harness?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak masalah. cuma saya lebih menyarankan agar musang umur 2 bulan gak usah pakai harness dulu agar mas bisa lebih mudah dalam menghandle dan main bareng musangnya... :)

      Delete
    2. Dokk.. saya mau nanya, bagai mana sih masang herness sedangkan musang itu sendiri galak, andaikan di pegangpun ngigit, yang saya masih liar dok, tapi sudah 4 minggu saya pelihara tidak mau nurut, bagaimana sih biar lebih rincinya biar bisa masang herness.. atau ada jasa masang hernes gtu buat musang

      Delete
    3. Dokk.. saya mau nanya, bagai mana sih masang herness sedangkan musang itu sendiri galak, andaikan di pegangpun ngigit, yang saya masih liar dok, tapi sudah 4 minggu saya pelihara tidak mau nurut, bagaimana sih biar lebih rincinya biar bisa masang herness.. atau ada jasa masang hernes gtu buat musang

      Delete
    4. kalau masih galak sebaiknya jangan dikasih harness dulu. soalnya kalau masih galak trus dipakein harness, nanti bulunya rontok karena harnessnya kegores2 ke badan musangnya....

      nanti aja. untuk saat ini fokus biar musangnya jinak dulu.. :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. oiya dok, mau tanya lagi ni, apa penyakit yang dibawa musang ?, soalnya tidur nya dikasur dan merawat nya cuma didalam kamar , apakah tidak masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musanya dijaga kebersihannya dan mas juga rajin membersihkan kotorannya, saya kira dia baik2 aja. silakan baca artikel penyakit musang yang bisa menular ke manusia....

      Delete
  8. Dok gmna cara pasang hernes pada musang yg baru ganti owner cz muspan ys baru qbeli nie dipemiliknya yg dulu galak banget tp sekarang sama saya jinak semi dok trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pasang aja. kalau tidak bisa, mas bisa minta tolong ke petshop terdekat atau mas gabung ke komunitas musang di kota mas biar bisa minta tolong... :)

      Delete
  9. Iya dok trimakasih tapi kan pngen pasang sendiri pa harus dipegang jepalanya dgn handuk biaar tidak meronta n gimana cara membiasakan dia pakek harnes doj

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kalau memang mas mau pasang sendiri, gak apa2 coba aja pasang sendiri mas... :)

      Delete
  10. Dok untuk jitot butuh waktu berapa hari ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter musangnya. kalau musangnya emang mudah menerima manusia, biasanya paling cepat sekitar 5 - 6 bulan. itupun belum masuk ke kategori jitot. hanya sekedar jinak aja... :)
      kalau mau jitot, beli aja yang anakan, urus sampe gede... :)

      Delete
  11. dok saya baru adopsi muspan big size kira2 gimana biar cepat jinak. soalnya kandangya digigit terus sampek rusak semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya butuh proses. gak ada cara cepat agar musang cepat jinak... :D

      silakan baca artikel saya cara menjinakkan musang

      Delete
  12. Dok apakah harness bisa buat musang bonding

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, mas. pakein harness ke musang gak bikin musangnya bonding...

      Delete
  13. Terus caranya dok apakah musang 4bln bisa dibonding??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sangat bisa. dulu musang bulan saya, tangkapan liar umur 1 tahun, juga akhirnya bisa bonding ke saya kok.

      kuncinya cuma 1: sabar. itu aja. sama jangan takut. kalau masnya takut atau ragu2, dia malah makin susah bonding. sering2 ajak main juga.

      jadi gak hanya musang yang dipelihara dari kecil...

      Delete
  14. Apakah musang yg bisa dibonding cuma musang yg dipelihara dari kecil?

    ReplyDelete
  15. Ok dok makasih.ow iya dok kok musang sering gigit klo dimandiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang musang pasti gigit kalau dipegang atau dimandiin, musang yang udah jinak juga kadang masih suka gigit kok... :)

      musang kan emang dasarnya hewan buas, mas... :)

      Delete
  16. Dok nanya lagi free room itu bagus gak?
    Trs klo makan tikus atau curut apakah bisa membuat musang jadi buas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, mas. kalau emang dasarnya jinak, mau dikasih daging mentah tiap hari atau ayam hidup juga akan tetap jinak. sudah pernah saya bahas kok di artikel apakah daging mentah membuat musang menjadi galak.

      di freeroom sebenernya boleh2 aja, asalkan kalau masih anakan mending jangan. musang yang anakan biasanya lebih riskan kalau di freeroom. rentan sakit utamanya, biasanya karena makan sesuatu yang aneh2... :)

      Delete
  17. Freeroomnya cuma kalo mlem aja kok dok si kliwonnya itupun di dalam rumah dok biar jalan2 dirumah?sekalian biar mengurangi tikus2 dok? Maaf banyak nnya dok.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. saya malah seneng kok kalau ada yang nanya. :)

      mending untuk seminggu atau 2 minggu pertama, freeroomnya di kamar masnya aja dlu. jangan benar2 full freeroom ke seluruh rumah... biar dia terbiasa... :)

      Delete
  18. nyimak aja bu dokter, sy masih baru punya musang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. silakan ajukan pertanyaan kalau emang ada yang ingin ditanyakan... :)

      Delete
  19. akhirnya bertanya juga:D , kalo jana sama jono di lepas didalam ruangan & di pangku diam dok? tapi kalo di bawa halaman atau emperan mau kabur terus, setelah kabur bersembunyi dan berubah jadi galak kenapa ya bu dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng mas bertanya. hehehe. gak usah sungkan buat bertanya.. :)

      setiap hewan punya dominasi atas sesuatu, atas lingkungannya. buat analoginya, begini: pendukung persija akan lebih beringas kalau dia berada di jakarta, daerah asalnya. kalau si pendukung persija itu ke bandung sendirian, dia pasti nggak se-petantang-petenteng di daerah asalnya. bener kan? :D

      nah sama aja kayak musang. saat di dalam rumah, si musang merasa mas-lah yang berkuasa karena rumah adalah tempat tinggal mas. makanya dia lebih banyak diam. namun saat mas keluar rumah, berada di alam bebas (misalnya halaman), si musang merasa dialah yang mendominasi karena asalnya musang adalah dari alam, bener? :)

      saya tebak, musang mas adalah musang yang dulunya hasil tangkapan liar ya? bener? :)

      coba diantengkan lagi. ada kok artikelnya cara agar musang anteng... :)

      Delete
    2. sebelum & sesudahnya trima kasih bu dokter, saya baru nangkep malam selasa seminggu yg lalu, ia bu dokter saya sering baca ulang artikel cara musang biar anteng

      Delete
    3. sip. :)
      silakan ajukan lagi pertanyaan kalau emang ada yang ingin ditanyakan... :)

      saya seneng kok bisa bantu2... :)

      Delete
  20. Dok kliwon freeroomnya jalan2 di genteng dok bareng sama kucing apakah musang mmpunyai daya ingat yg sama seperti kucing akan plg ke rumah ato malah lama kelamaan dy malahan pergi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia udah biasa freeroom diluar rumah?
      musang tidak sama dengan kucing. mereka cenderung kabur jika ada kesempatan. jarang ada musang yang sudah main keluar rumah lalu kabur dan bisa balik lagi...

      Delete
  21. Maaf dok saya mau nanya nih..
    Apa benar susu bisa membuat musang jadi tenang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngawur itu mas. kata siapa emang kayak gitu?? :D
      yang ada kalau susunya mengandung laktosa malah bisa menyebabkan mencret...

      Delete
  22. Dok saya mau nanya nih saya punya muspan sekitar umur 4-5 blnan nah saya beli udh dari umur segitu,nah kan pertama saya beli saya langsung kasih pisang,kan pisangnya sudah habis saya kasih pisanv yang berbedaa nah dia malah gamau makan pisangnya sama sekali,tapi cuma mau minum susu doang,tolong direspon ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan dikasih pisang yang beda, kasih aja pisang yang sama. bagusnya pisang yang ada aromanya, kayak pisang lampung atau pisang sunpride... pisang lampung aja yang murah, hihihihi....

      Delete
  23. Dok saya mau nanya nih saya punya muspan sekitar umur 4-5 blnan nah saya beli udh dari umur segitu,nah kan pertama saya beli saya langsung kasih pisang,kan pisangnya sudah habis saya kasih pisanv yang berbedaa nah dia malah gamau makan pisangnya sama sekali,tapi cuma mau minum susu doang,tolong direspon ya dok.

    ReplyDelete
  24. Dok, mau nanya nih, musang jenis ap yg asikan di pelihara,

    ReplyDelete
    Replies
    1. boneka musang. enak, gak bakalan digigit.gak perlu kasih makan juga... :D

      gak ada musang yang 'asyikkan' dipelihara. semuanya butuh komitmen dan tanggung jawab. lebih dari itu, harus siap digigit... :)

      Delete
  25. Dok
    Saya mau nanya
    Sy kan ada rase usia 1.5 bulan
    Awal2 mo dipasangin harnes berontak
    Skrg udh ga berontak lg
    Tpi pas sy tes dia jalan di lantai dia malah berusaha lepas dari harnes itu
    Kayak menggeliat gitu
    Sepertinya harness masih longgar y dok?
    Padahal sy beli yg ukuran size kecil dok
    Apa usia segitu memang lom bisa pake harnes?
    Ato mesti nunggu sampe dia agak gedean?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur segitu, mending dibiasakan tanpa harness. apalagi rase kalau pakai harness bulunya gampang rontok...

      mending sering2 ajak main aja, mas...

      Delete
  26. Dok saya di beri muspan umur 2th.saya takut,bingung. Taring nya itu yg bkin saya ngeri. Galak bgt muspan nya dok. Tiap x tanganku masuk ke kandang nya si ROKER di gigit nya tanganku. Gmn ya dok ?

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Dok saya mau bertanya, apa bahan harness yang bagus untuk musang? Apakah kulit atau apa?
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
  29. Dok untuk makanan dan minuman musang yg baik Unt cepat gemuk apa yah? Sy baru beli musang umr 1tahun, jarang di rawat sm pemiliknya.
    JD mohon tipsnya juga Unt penggemukan musang dan biar jinak..
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara menggemukkan musang dan artikel cara menjinakkan musang.

      banyak juga artikel lain yang berkaitan dengan cara menjinakkan musang. mas baca2 aja dlu.. :)

      Delete
  30. Pagi dok.
    Dok saya mw nanya biar otter saya mw di pkein harner gmna ya.??
    Udh saya pasang tapi sama dia di lepas sendri.

    ReplyDelete
  31. Met malam dok,sy suka adop n pelihara hewan, dua minggu lalu sy dpt musang pandan usia enam bulanan yang sudah jinak wlu saya memegangnya masih suka pake sarung tangan karena riskan gigitannya, maklum masih pemula, mohon arahan ngatur pola makan dan kandang yg baik, sementara saya kasih makanan dengan yg ada di dapur, nasi, daging, pisang dan buah - buahan dgn air yg di tempatkan di water store dalam kandang kucing alumunium dua lantai ukuran PLT 120CM x 70CM x 120CM yang di dalamnya di sediakan kamar tertutup untuk tidurnya, ditempatkan di garasi berdampingan dengan kandang kucing dan sangkar burung yang bergelantungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah bagus. :)
      mas tinggal baca2 artikel di blog ini, terutama artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. sering2 diajak main juga.

      Delete
  32. Thank's banget petunjuk dan arahannyaa dok. Sukses selalu dok.

    ReplyDelete
  33. Saya baru saja dapet musang liar hasil nangkap di kebun kelapa dia kejbak kayanya rase,,apa bisa jinak ya udh besar gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, sangat bisa. :)
      dulu salahsatu 'pasien' saya adalah rase hasil tangkapan liar umur 1 tahun up, tapi bisa jinak ke masternya... :)

      Delete
  34. Selamat pagi Dok..... Dokter saya baru saja mengadop musang bulan jantan dgn nama Bison usia 1,8 tahun sehat semok n jitot, pjg badan dari mulut smp pangkal ekor 80 CM and pjg ekor 50 CM. sementara sy tempatkan di kandang ukuran P.100CM X L. 70 CM X T.60Cm x 2 Lantai. Apakah ukuran Kandang tsb ckp atau kekecilan, berapa ukuran kandang yang ideal untuk musbul seukuran Bison. Apakah usia bison termasuk muda, dewasa or tua? Mohon pencerahan, trimakasih sebelumnya atas saran, arahan dan petunjuk Dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira kandangnya udah bagus. pas untuk musang seukuran bison. kalau si bison bisa bergerak bebas dengan tenang di dalamnya, saya kira bagus.

      silakan baca2 lagi artikel2 saya mengenai musang di blog ini ya mas....

      Delete
  35. Alhamdulillah, syukur klu menurut Dokter dah bgs,tdny sy pikir kekecilan krn lbh pndek di bnding ttl pjg bison dr mulut sml ujung ekor yg mencapai 120 CM. OK Dok, trims bgd atas respon dan petunjuknya. Sukses sll tuk Dokter.

    ReplyDelete
  36. Siap Dok, Insyaa Allah n trimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  37. Selamat pagi Dokter... mau tny lg ni, blh kan dok ? pemberian Nutri - Gel Pus tuk seusia n seberat Bison yg mencapai 20 kg, dosis pemberiannya brp kali sehari dgn ukuran brp cm ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, boleh banget mas. :)
      kalau normalnya sih, dosis obat pada umumnya itu 1ml per kg berat badan hewan. kalo hewannya beratnya 10kg, berarti kasih 20ml. kalo bison 20kg, ya berarti 20ml. :)

      kalau emang mau mudahnya, kasih aja 2 atau 3 sendok teh, sekali sehari.

      Delete
  38. B'ti tiap hr di ksh gk masalah ya dok? Barusan lgsg sy cb dok, 1 sdk teh = 4cm. b'ti pg siang sore 3 CM d msukin ke dlm pisang gk pa kan dok? krn kt owner p'tmnya bison gk mau mkn lgsg tuh nutri kcuali di msukun lgsg ke mulutnya.

    ReplyDelete
  39. Met malem dok, maaf sebelum'a lu saya nyambung b'tanya lg, krn ni bg p'ertanyaan emergency. Plg kerja sy istiraht sambil gendong Bison n melepaskannya di taman belkang yg di situ terdapat dona (muspan betina 9 bln) yg free room, bbrp saat kemudian tiba2 terdengar pekikan keras, sy kira bison brantem ma Jhon(kucing persia jantan) tp trnyata Bison lg pegang n cekik Dona, sy berusaha melerai tp wlu di lepas dona sdh tak bernyawa dgn luka di kepala. S'tlh itu Bison malah mrh n gk mau sy pegang walau akhirnya dia mau msk kandang kecil 40 x 60 cm yg sy bw ke taman n dia mau pindah jg ke kdg besarny. Dokter.. Apakah memang musbul tdk bersahabat dengan muspan atau ada faktor lain ? karena sementara yg saya dengar dari teman2 lover mrk bersahabat dan krn itu pula saya lepas n tinggal Bison n Dona di taman. Hatur terimakasih sebelumnya atas pencerahan dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh, kenapa mas lepas tanpa diawasi?
      karena emang musang kadang gak akrab sama sesama musang yang baru dia kenal.... dona udah mati?? :(

      kalau emang udah mati, ya mau digimanakan lagi? yang pasti sekarang mas udah tahu kan.....

      Delete
  40. Jawaban dokter membuat sy pulih dari down krn kejadian td sore. Bison sdh mulai tenang, dah mau di suapin n di elusin lg s'tlh td hissing smp sy hrs b'spt n srg tangan krn ngejar sy s'tlhny sy lerai. Iya Dok.. kejadian ini m'br pelajaran bg sy klu hrs sll waspada pd momongan qt sejinak apapun dia, jg t'dpt hikmah korban'a msh sesama musang, bkn sy / org lain /anak" yg sk b'main dgn Bison di taman blkg rmh. Terimakasih tuk dokter yg sll berkenan b'bg ilmu, smg dokter sukses n berkah sll. Amiin.

    ReplyDelete
  41. Dok Saya Punya Musang Pandan Umur 5 Jalan 6 Baru Saya Pasang Herness Kenapa Jadi Tidak Mau Makan Dan Hanya Merengkel Saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih masangin harness ke musang gak mempengaruhi nafsu makannya, mas. tapi coba mas lepas aja harnessnya, pindahkan kandangnya ke ruangan yang sepi suara (biar dia tenang), diamkan 30 menit, terus coba kasih makan... :)

      kalau dia mau makan, mungkin emang karena stress karena harness...

      Delete
  42. siang dok mw nanya muspan sya semi jinak mw sya pakein harnes sya agak kesulitan pasang sendiri di pundak sya,mw minta tolong pasangin ga da yg berani...bisa kasih solusi ga dok biar mudah cara pasang harnes nye...sya mw ajak jalan2 muspan sya biar ga stres keluar kandang cuma malam aje coz sya kerja jadi handle nye cuma malam aje dok..makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pikir, sementara ini fokus ke penjinakkan aja mas. dan kalo lagi proses penjinakkan, mending jangan dipakein harness biar mereka lebih percaya sama kita....

      masnya merokok? kalau nggak merokok, biar dia kenal sama kita, coba taro kaus bekas pakai mas di kandangnya...

      cuaca lagi gak bagus buat musang. jadi sebaiknya pindahin kandangnya ke dalam rumah dlu... :)

      kabari ya mas...

      Delete
  43. Selamat pagi dokter... Dok Byson lg hairlos ni , mhn solusi tuk mengerem or langkah apa yg baik tuk mengatasinya dok. Apa iya krn lg birahi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih kalo birahi gak bikin musangnya hairloss. seberapa parah hairlossnya, mas?

      kayaknya sih karena faktor cuaca. byson ditaro di luar rumah? kalau iya, pindahkan aja ke dalam. jaga kebersihan kandang dan musangnya juga. lalu rutin tiap minggu kasih minyak kemiri. tapi jangan sembarangan, ada teknik cara kasih minyak kemiri ke musang. silakan baca artikel cara memberikan minyak kemiri ke musang....

      Delete
  44. iyaa dok sya perokok..si chimoy kalu sya freeroom kadang ngumpet di lemari kalu sya ambil pasti tangan di gigit tapi dya udah biasa dok biar fi gigit tangan sya..oyaa dok si chimoy cuma bisa di taro luar soalnye orang rumah ga suka baunye..tapi sya tutup pakai kain kandangnye..baju sya kalu ditaro kandang pengaruh ga dok buat chimoy sedangkan sya perokok..tlg solusinye dok..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masnya perokok, jangan taro kaos mas di kandang. nanti residu rokok yang nempel di kaos masuk ke paru2nya dia, malah mati nanti chimoy. :(

      nggak bisa ditaro dii dalam ruangan aja mas? cuaca lagi gak bagus. banyak musang mati karena emang lagi la-nina (perubahan iklim)

      Delete
  45. Iya dok, kandang bison sy tmpatkan di garasi tnp pintu yg nyatu dgn taman blkg , klu kndg tiap pg sore sy bersihkan kotorannya n tiap minggu di cuci air plus Rodalon. Maaf dok, mengingat kdg byson yg ckp besar n kebersihan rmh terutama dari bau kotorannya, Gmn dok, klw kdg ttp di garasi, tp ruangannya di tambah kamar tertutup bwt byson tdr / istrahat, apa msh bs jd solusi dok? Terimakasih sarannya n sukses sll ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting, bukan tempat terbuka dan terlindungi dari panas dan hujan serta tempatnya gak dingin. suhu ruangan normal aja. :)

      soal hairlossnya, bisa pake minyak kemiri, mas.. :)

      Delete
  46. Met pg dok, sy blm jwb p'tnyaan dokter kemarin, Byson hairlos lumayan dok, bila badan byson di usap ma tangan / disisir/ di gendong pst bnyk bulu yg berjatuhan, tp botak sih gk cm di bagian perut kelihatan bulunya tdk setebal di pundak n punggungnya dan saya hawatir bila tdk segera di cegah or di obati jd gundul. Kemarin minyak kemiri momara sesuai arahan dokter sy sdh ambil 10 botol, di aturan pakai tertulis dalam kondisi normal di berikan setiap akan di mandikan ( arahan dokter di artikel minyak kemiri setelah di mandikan) dan di momara tertulis untuk pengobatan di berikan tiap malam, bila di gunakan tiap malam, volume mandinya gmn dok? karena byson biasanya sy mandikan hanya seminggu sekali. Mohon arahan bagamana penggunaannya menurut dokter agar bulu byson kembali kuat dan sehat ? Terimakasih sebelumnya da mohon maaf saya tanya tanya terus ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kok kalau mas nanya terus. beneran. :D

      untuk memandikan tetep seminggu sekali. tapi minyak kemiri. bisa diberikan tiap malam kalau kondisi bulunya masih bersih. kalau bulunya udah keliatan banyak kotorannya, mending jangan. gini aja. 1 sampai 3 hari setelah dimandikan, mas bisa kasih minyak kemiri tiap malam. setelah itu, nggak usah diberi minyak kemiri, nggak apa2.


      misalnya, mas mandikan musangnya minggu pagi. nah jadwal pemberian minyak kemirinya minggu malam, senin malam, dan selasa malam. :)

      Delete
  47. Siap dok, met pg n met aktivitas. Sukses sll tuk dokter. Thank's.

    ReplyDelete
  48. Siang dok,saya dah berikan minyak kemiri sesuai arahan dokter, sesuai badanya yg bsr dlm 3 mlm hbs 2 btl. Skrg byson msh kelimis mengkilat n byson nyaman" ja t'lbh saat di sisirin smp terkantuk" di pangkuan. Mhn arahan Kpn hrs di mandikan, n smp kpn mnyk kmri itu di berikan. Untuk menahan hairlos n m'percepat tmbh'a rambut byson, p'lukah di bnt dgn obt lain? Klu p'lu apa obt / vitaminnya, Mhn arahan dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan bison, mas....

      cukup mandikan seminggu sekali aja, kasih minyak kemirinya udah ada di komentar saya sebelumnya... :D

      Delete
  49. Pg dok. Byson sehat dok, mkn lahap td pg sarapan pisang raja yg gd" lima pics n dua telor rebus. hr minggu kmrin dah mnd tp blm di kemirin lg krn m'ngg arahan dr berikutnya. Buluny msh ttp pd jth t'lbh bl di sisir pst di sisir bnyk bulu yg terbawa, tp gk smp botak dok, cm khwatir ja bl tdk di iringi bulu baru. Terimakasih atas arahan dan petunjuknya dok. Sukse sll buat dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, bagus. kasih aja minyak kemiri, mas. atau pake hairlotion cusson juga bisa.

      fesesnya gimana? bagus?

      kabari lagi///

      Delete
  50. Fesesnya bgs dok, brt badannya juga bertambah jd 23 Kg, makan rampus, tiap hari paha /dada ayam hbs dgn tulangnya. Semalam dah di kemiriin lg dok, setelah mandi minggu depan saya kan beri hairlotion sesuai arahan dokter. Terimakasih dan semoga dokter tidak bosan dgn saya yang awam dan hal ini. Sukses selalu bwt dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu, mas. :)
      minimal kasih buah seminggu sekali...

      kabari terus ya mas

      Delete
  51. Alhamdulillah n trims banged.
    siap dok.

    ReplyDelete
  52. dok musang saya masih semi jinak di luar kandang dia ngacir, nah apakah kalo di pakaikan harnes bisa buat dia jadi jalak, umurnya 3bln jalan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makein harness gak bikin musang jadi galak kok mas, cuma dia jadi agak kurang percaya lagi sama mas. jadi agak susah buat dijinakkan kalo emang belum jinak....

      kalo emang mau bikin dia anteng (gak ngacir lagi), udah ada kok artikelnya... cara agar musang anteng...

      Delete
  53. dok mau nanya.. musang saya kan semi jinak masih ngacir, waktu itu saya bawa keluar buat di liatin sama tetangga yg punya musang jga, ehh pas dia pegang si emus malah jadi galak gigit beneran sama saya juga.. dia lari untung ke tangkep lgi. pertanyaan saya, itu bisa buat dia stres ga dok? masih bisa jinak ga? ooyaa tapi pas saya bawa dia ke dalem rumah lgi terus dideketin sama kandangnya dia biasa lagi
    mohon jawabanya dok :) makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang kadang gak suka sama musang lain (atau aroma musang lain). gak semua musang kayak gitu, tapi ada.
      mungkin pas dipegang sama tetangga mas, musangnya mas tahu bahwa ada musang lain di dekat situ, makanya dia takut dan berusaha kabur...

      Delete
  54. Dok saya mau nanya, mimo kalo di pakein harness kadang anteng diem gitu trus nanti lari larian, trus kalo udah lari larian dia nyender di badan saya. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. selama fesesnya normal2 aja, bisa dikatakan sehat.
      silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
  55. Dok saya punya muspan umur 2,5 bulan . apakah boleh dipasangkan harnes? . musang saya masih semi jinak dok . ditaro tangan nurut cuma betakilan . maksud saya pakaikan harnes agar bisa di bawa jalan kemana" dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik, jinakin dulu, mas.
      soalnya kalau dia petakilan, takutnya malah harnessnya gesek2 bulunya, malah bikin rontok.

      or.... gini aja. silakan pakein aja, kalo bulu2 sekitar harnessnya mulai rontok, mending lepas. gitu aja amannya... :)

      Delete
  56. Kalo musang 4 bln biasanya ukuran apa dok ,?

    ReplyDelete
  57. Musang umur 4 bln biasanya hernessnya ukuran berapa dok

    ReplyDelete
  58. Dok mau nanya,saya baru saja dikasih Muspan umur kurang lebih 1setengah bulan, kira kira lebih baik di taro dalam box saja atau freeroom dok?, dan kira kira berapa lama waktu bermainnya dalam sehari?

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Oh iya dok 1 lagi nih, Kira kira di umur berapa ya musang bisa di ajak bersosialisasi, kyk gathering gtu dok

    Maaf sebelumnya karna banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masnya lagi ada di rumah dan bisa ngawasin musangnya, di freeroom aja mas. kalau masnya lagi gak dirumah, kandangin aja.

      sementara jangan diajak keluar dulu. usahakan agar dia kenal sama masnya aja dulu dengan cara diajak main di rumah dulu...

      Delete
  61. Makasih banyak dok, saya akan coba usulnya

    ReplyDelete
  62. Maaf mau tanya dok, kalau musang dipasangkan hernes, terus diajak jalan, itu musangnya harus ikut kita atau kitanya yang harus ngikutin musang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih kita yang ngikutin musangnya. tapi kalo musangnya udah bonding, biasanya musang akan ngikutin tuannya...

      jadi tergantung udah bonding atau nggak. kalo belum bonding, mending kita yang ngikutin musangnya...

      Delete
  63. Dok mau tanya, umur berapa sih musang baru boleh dipasang harnes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting dia anteng dan jinak dulu. karena kalo masih buas, terus dipasang harness, nantinya malah kegesek sama bulunya.... dan bikin bulunya rontok....

      boleh sih sejak anakan dia dipasang harness, biar terbiasa. dengan catatan, harnessnya gak kegesek2 sama bulunya...

      Delete
  64. dok,,,kalo musang umur 2bulan boleh gk d kasih makan kepala ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sih boleh aja. tapi mending cacah dulu. karena kasian, banyak tulangnya. kenapa nggak kasih bubur bayi promina aja mas? lebih praktis...

      Delete
    2. boleh aja kalau emang dia mau... :)

      sekarang gimana mas? :)

      Delete
  65. Ini musang rase saya dok ,plihara mulai umur2 bulan sekaaraang udah8bulan
    Sering saya kasi makan saya pisang ayam,selebihnya nyari sendiri kayak buru tikus burung truwwek,tiap hari saya lepaas,malem jam9saya kunciin pintu pulang balik jam6-7pagi
    Saaya gk pernah ngaandangin mulai umur 6 BULAN, insting berburu sangat bagus dan fisik kuat,kemarin lusa saya lihat karna musang saaya betina musnng saya di kawin sama kucing kampung ,musang saya gk berontak malah ngasi posisi,
    Apa bisa hamil dok musang saya tsb?
    Sayaa lihat tanda tandanya mulai kluar puting susunyaa,
    Maakaasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gak bakalan hamil mas. karena kucing dan musang beda family. tapi coba aja observasi ke depannya gimana. kalau hamil, seru tuh! bisa cross spesies breeding. :D

      Delete
  66. Dok mau tnya kalo umur 2 bulan di pasangin harness boleh ga ??? Takut nya bulu nya rontok doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya udah jinak atau belum? kalau belum, mending jangan dulu. nanti aja kalau udah jinak... :)

      iya, kalo masih belum jinak, dia akan berontak, nanti malah kegesek-gesek ke bulunya, dan bikin bulunya rontok

      Delete
  67. Dokter Fira,

    Muskar saya jinak sesekali freeroom dalam/luar rumah tapi dia lebih suka di dalam rumah.
    Suka banget bercanda gigit2, suka naik turun ke pundak tapi kalo digendong gak betahan berontak turun atau naik ke pundak.

    Apa saran dokter biar muskar saya bisa anteng digendong atau tidur di paha.

    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 diajak main agar dia kenal siapa tuannya. dengan begitu, dia akan anteng. :)

      Delete
    2. Gak perlu penanganan khusus ya buat karakter musang saya, misal pakein harnest

      Delete
    3. jangan. dia kayak gitu karena dia belum percaya sama masnya.
      kalo belum kenal sama mas, jangan malah dipakaikan harness. nanti malah dia susah lagi percaya sama masnya... :)

      Delete
  68. Dok muspan saya umur 3 bulan,boleh dipakaikan body harnes gk dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah anteng belum? :)
      boleh aja sih. tapi kalau emang dia berontak,mending lepas lagi mas... :)

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.