Sebelum Memelihara Burung Hantu, Lakukan Hal Berikut | Drh. Fira Sovica

Memelihara burung hantu

dan memelihara BOP tidak seperti memelihara burung kicau atau memelihara burung pemakan biji. Memelihara burung pemburu seperti memelihara burung hantu jauh lebih susah dibandingkan memelihara burung pemakan biji, baik itu dari tingkat stress, makanan, penanganan, dan perlakuan.
Sebelum Memelihara Burung Hantu
Image taken from en.wikipedia.org
Seperti yang sudah saya bahas di artikel tingkat stress burung hantu, burung hantu dan BOP memiliki kelas sendiri-sendiri dalam tingkat pemeliharaannya, tergantung seberapa tinggi tingkat stressnya. Makin tinggi tingkat stress burung hantu dan burung pemburu, maka makin sulit ia dipelihara. Bukan hanya soal pakan yang harus selalu tersedia, kondisi ruangan tempat memelihara, kebersihan, penyakit-penyakit burung hantu dan BOP, serta pengetahuan tentang karakter burung hantu dan BOP yang dipelihara dapat menjadi patokan berhasil atau gagalnya memelihara BOP dan memelihara burung hantu.
  • Maka dari itu, hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memelihara burung hantu dan merawat BOP adalah mempelajari bagaimana cara memelihara BOP atau memelihara burung hantu yang akan anda pelihara dengan sebaik mungkin. Mempelajari bagaimana cara memelihara burung hantu dan BOP sebelum mengadopsi burung hantu mutlak dilakukan, apapun jenis burung hantunya dan apapun level kesulitannya. Lakukan riset mengenai cara merawat burung hantu sedetail mungkin.
    Cara termudah untuk belajar cara merawat burung hantu adalah dengan mencari sumber bacaan di internet dan membeli buku mengenai cara memelihara owl dan BOP, kemudian bertanya kepada mereka yang berpengalaman jika ada hal yang tidak dipahami dalam bacaan tersebut. Anda bisa bergabung ke komunitas pecinta burung hantu dan komunitas pecinta bird of prey (BOP) di facebook.
  • Setelah mempelajari secara mendalam mengenai cara memelihara BOP dan burung hantu, langkah berikutnya adalah memilih jenis dan usia burung hantu dan BOP yang akan dipelihara. Memilih burung hantu dan BOP berusia chick bisa jadi pilihan hanya jika anda benar-benar yakin dapat memelihara bop atau burung hantu chick tersebut dengan baik. Jangan pernah memutuskan untuk memelihara BOP dan memelihara burung hantu jika anda tidak mampu merawatnya kelak. Bukan hanya soal pakan, tapi juga perawatan, penanganan, pengenalan karakter, dan pelatihan burung hantu, pengetahuan tentang penyakit, dan lain sebagainya.
Demikian adalah artikel singkat mengenai apa yang harus kita lakukan

sebelum memelihara burung hantu

dan sebelum memelihara BOP. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam memelihara burung hantu dengan baik dan benar. Anda bisa bertanya atau berkonsultasi tentang kesehatan dan penanganan pemeliharaan burung hantu dengan menuliskannya dibawah ini. Terima kasih. (FS)

53 Responses to "Sebelum Memelihara Burung Hantu, Lakukan Hal Berikut"

  1. siang dok :) , mo nanya nih kenapa ya barn owl ku ga bunyi sprti barn owl yg lain, pdhl masih brancher, sama skali gada suaranya, kecuali dulu pas baru addopt suara hissing yg muncul, apakah itu trmsuk wajar ya dok, thx ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. kalau siang memang burung hantu lebih banyak diam (tertidur). kalau malam baru mereka agak berisik.... :)

      Delete
  2. Salam.. Dok. Mw konsul lg nh.. Tuk pemberian minyak ikan ke celepuk berapa kali butir sehari ya? :) soalnya si Gredi lemes badannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup seminggu sekali atau dua minggu sekali. jangan terlalu sering, kadang terlalu banyak minyak di sistem pencernaan burung hantu malah akan membuat burung hantu itu sakit... :D

      selengkapnya bisa mas baca di artikel Cara Merawat Bulu Burung Hantu dan Cara Mencegah Bulu Rontok Pada Burung Hantu :D

      salam dari errol buat gredi... :D

      Delete
  3. Siap Dok. sudah Saya baca artikelnya.. Oke thanks sarannya..

    W.salam.. si Gredi lngsung kedipin mata tuh.. :D

    ReplyDelete
  4. Dok tlong si Grey.. Td hbis isya pas hbis kasih makan jangkrik lngsung jatuh dri perchnya.. Kepalanya nunduk kebawah trus... Mhn bantuannya Dok. Fira.. :,(

    td lngsung Saya bawa ke dokter hewan ini Saya baru pulang.. Skrg nggak bisa terbang.. Kalo mw terbang pasti jatuh trus n kepalanya msih kebawah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharian tadi dikasih makan berapa kali?? terus diagnosa dokter apa mas?? dikasih obat ama dokter? kalau dikasih obat, minumin aja. tapi kalau nggak, coba minumin air aja campur amoxicillin. satu tablet amoxicillin dipotong 6 sama besar. tumbuk 1 bagian hingga halus, lalu campur dengan 6 sendok makan air mineral.... setelah itu minumkan setiap 1 jam 1 sendok teh....
      cepet sembuh grey...

      Delete
  5. Alhamdulillah udah agak baikkan Dok si grey.. Tp jalannya masih sempoyongan.. Makan sih teratur n mnurut diagnosa Dokter stelah d periksa trnyata kena hidrasi n saraf d kepalanya krna hidungnya trsumbat ingus.. Skrg kepalanya udah bisa tegak lg tp jalannya masih smpoyongan. dikasih sama Dokternya obat apa gitu untuk hilangin pileknya n bisa nyembuhin smw pnyakit.. Mngkin antioksida kali ya.. Aq jg kurang pham Dok... Hehe

    ReplyDelete
  6. Jadi mnurut diagnosa dokter semalem karena hidungan Grey trsumbat jadi oksigen d otaknya kurang memadai sehingga kepala Grey nunduk trus.. Ketika diolesi apa gitu d hidungnya Grey alhamdulillah si Grey lngsung seperti bersin gitu n udah agak entengan mngkin d kepalanya.. Tp tuk jalan n terbang msih sempoyongan.. Saat ini tuk minum d anjurkan sama dokter semalem pakai air hangat dicampur dngan madurasa sdikit aja.. Katanya tuk melancarkan pencernaan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. berarti ada kemungkinan ada diagnosa pilek juga. lanjutkan saja obat dr dokter, mas... moga cepet sehat lagi grey... :D

      Delete
  7. Aamiin.. Trima kasih dokter Fira. :) ini Grey hbis makan lahap bnget n minum air hangat plus madu.. Tp skrg bobok lg.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sehat terus buat grey dan gredi.
      si errol juga 2 hari ini kurang sehat, memang cuacanya agak kurang bagus karena lagi pancaroba. si errol mah tetep aja sakit juga ngayap kalo malem, kadang dia bunyi di kejauhan. saya hafal betul itu suaranya dia... :D

      Delete
  8. Aamiin.. Alhamdulillah si Grey udah sehat dok.. Udah bisa terbang lg.. Seneng bnget lihatnya.. Skrg berduaan tuh sama Gredi.. Hhehe

    Iya btul skrg musimnya memang lg kurang baik.. Kata dokter hewan kmarin memang bnyak yg sakit trutama jenis burung..

    Oya? Hhaha si Errol memang suka berburu trus ya.. Hehe

    Oya Dok.. Si Gredi spertinya msih takut bnget dngan Saya.. Kalo Saya mw elus2 kepalanya pasti defense tapi kalau kasih makan dia berani n udah FTTF skitar 3-5 m & malahan berburunya lebih bagus Gredi dripada Grey.. Kira2 si Gredi bisa nyaman dngan Saya nggak ya Dok? Coz kmarin adoptnya usia skitar juve tngah ke akhir.. Kalau si Grey adoptnya usia skitar brancher tngah ke akhir.. Si Grey juga baru bisa FTTF skitar 2-4 M.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. tadi sore pas hujan dia murung terus, saya ajak ngobrol juga malah munggungin saya, hahahaha. dikira saya bisa menghentikan hujan kali... :D
      tapi pas magrib ujan udah berenti, dia langsung terbang ke kamar terus matuk telinga saya (isyarat ijin keluar buat berburu), saya elus kepalanya (isyarat saya mengizinkan dia terbang keluar). dia langsung minggat keluar... :D

      gak apa2 mas, kalau dia mas latih terus pasti juga dia percaya sama mas. latih saja terus. untuk ukuran baru beberapa minggu dan udah bisa FTTF itu udah bagus banget. mungkin emang karakter si Grey itu mudah menerima manusia. soal si gredi, jangan patah semangat. biasanya mereka (sesama burung hantu) akan saling 'ngobrol' soal manusia yang memelihara mereka. si grey juga pasti udah ngasih tau si gredi kalau pemiliknya baik, cuma mungkin si gredi yang agak keras kepala. wajar kalau burung hantu, kan emang dasarnya mereka burung pemburu berkarakter keras....

      sehat terus buat keduanya...

      Delete
  9. Haha lucu bnget si Errol.. Mudah2an si Errol jg sehat trus.. :)

    Hehe iya Dok.. Bener.. Maklum si Gredi adoptnya dr juvteng memang agak keras.. Hehe padahal betina si Gredi..

    Iya btul dok.. Sehabis Grey saya elus2 kepalanya dia langsung mnghampiri si Gredi n lngsung gigit2 wajah n kuping si Gredi tuh karna takut dgn Saya.. Hehe

    ReplyDelete
  10. Dok minta alamat email dok, biar gampang konsultasinya feedback ke robby_mckay@outlook.com thx dok. Besok mau cod celepuk brancher

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau konsultasi kemari aja mas... saya tidak membuka konsultasi via email...

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Dok si Gredi fesesnya kbanyakan warna hitamnya n bau bnget.. Kira2 knp ya dok? Nggak kayak si Grey putihnya lbh bnyak drpada hitam..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, selama gak ada indikasi kesehatan lain seperti kurang nafsu makan, dll saya kira masih oke......
      infokan saya kalau dalam 3 hari masih spt itu ya ma... salam buat grey and gredi. errol 2 hari ini masuk ugd di klinik saya...

      Delete
  13. Y ampun.. Sehat ya bwt Errol.. :)

    Sepertinya Skarang saya tdak perlu mnghawatirkan Gredi lg dok.. Smalem Gredi sudah bergabung kmbali d alamnya.. Pas Subuh td Saya cari kemana2 d kontrakan tdak ketemu n ketika Saya lihat ventilasi jendela kamar Saya sudah rusak.. Mngkin Gredi pergi lewat ventilasi tsb.. :,( sedih bnget rasanya.. Mudah2an Gredi selalu sehat n aman dr segala bahaya disana n jg bisa cari makan yang sehat.. Skrang si Grey kesepian d rumah.. :,(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah, sayang banget si gredi bisa escape... :(
      iya, besar kemungkinan memang seperti itu. celepuk yang masih anakan juga kadang masih memiliki keterikatan kepada induknya, sama seperti musang. induk musang biasanya akan mencari (membaui) anaknya yang ditangkap oleh manusia. kadang malah induk musang akan datang ke rumah orang yang menangkap anaknya.... seperti itu juga burung hantu. kadang malah induk burung hantu akan mudah terkoneksi dengan anaknya dan mengajari anaknya untuk escape, sama halnya seperti musang. lebih jelasnya, saya pernah bahas di artikel imprint pada musang, silakan baca aja. itung2 tambah wawasan...

      tinggal si grey dong ya mas? :)

      Delete
  14. Dok, saya dah baca postingan ttg burhan, tapi gimana kalau kondisinya seperti ini. Saya beli dari orang, tapi orang itu beli lagi di orang lain dan pengiriman via paket/jasa... Apa yg pertama kali harus saya lakukan,..? Biar hurhan itu tidak mengalami stress...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengirimannya gimana? dua kali dikirimkan atau satu kali?
      kalau saya sih menyarankan agar mas membeli langsung di pasar hewan terdekat atau via COD (cash on delivery, ketemuan)...... kalau toh memang harus dikirim, jangan terlalu jauh dan jangan terlalu lama.... :)

      Delete
    2. Jadi kalau sama saya seh COD dok, tapi dari penjual 1 ke penjual 2 itu kirim via paket gitu kalau jauh atau dekatnya seh gtau juga dok, nah gmn treatmen nya biar burhannya gag stress dok,..cuman atisipasi dok. Saya sudah ke pasar hewan jogja, magelang dok tapi yg ada yg udah besar,... Yang saya cari yg masih brancher,... Gitu dok...

      Delete
    3. kalau seperti itu kasusnya, lebih baik jangan.
      saran saya, silakan mas gabung ke grup jual beli owl di facebook khusus daerah mas. biasanya banyak yang jual. cari yang COD.
      besar resikonya mengirimkan owl brancher via pengiriman.... resiko kematian bisa sampe 60%....

      Delete
    4. keputusannya tetap saya serahkan sama mas... :)

      Delete
    5. Haduh dah terlanjur dok, saya juga gag tau bakalan kayak gini, dok punya saran buat perawatan khusus buat pencegahan resiko dok....??? Apa dikasih suplemen atau vitamin dll..gtu dok...???

      Delete
    6. coba mas search search pada burung hantu, di menu cari artikel diatas.... kalau memang sudah terlanjur, ya mau diapakan lagi kan? semoga burung hantunya tidak apa2....
      kalau burung hantunya sudah sampe rumah, taruh di ruangan sepi agar dia adaptasi sambil diberi makan.... diamkan dlu selama 1 atau 2 jam.... :)

      Delete
  15. Iya dok sedih bnget.. Apalagi si Grey jd murung trus d kamar.. kesepian dia, padahal stiap hari pasti mereka berduaan trus n saling gigit2an sayu sama lain tp skrg Grey malah gigit perchnya sndiri.. Haha dan jg hri ini Grey melihat k arah ventilasi yg bwt escape Gredi smalem.. Entah apa dia pngin escape jg atau sedih karna di tinggal Gredi.. Samping itu cuaca hari ini panas bnget n turun hujan dr skitar ba'da isya' td smpe jam 12 mlam ini.. Mudah2an Gredi selalu dberi kesehatan, tmpat baru yg nyaman, dan dapat makanan yg sehat..

    Iya tinggal Grey aja sndiri.. Hehe oke dok trma kasih tuk infonya.. Akan Saya baca artikelnya..:)

    ReplyDelete
  16. Dok kalau mau memasang anklet,jesse,dll itu kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah masa karantina, didiamkan dulu di ruangan tempat memeliharanya selama 12 jam lagi agar dia adaptasi dulu, baru setelah itu bisa dipasang equipt-nya... :)

      Delete
  17. Waktu karangtinanya berapa hari/jam

    ReplyDelete
  18. Dokter waktu karangtina buat owl yang baru di beli itu berapa hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau celepuk cukup 6 jam. kalau barn owl, usahakan 12 jam atau lebih.... :)

      Delete
  19. Dok saya rencana beli Owl jenis Celepuk, tapi tunggu dapet kontrakan ato semesteran coz blom ada tempat. Klo yg anakan ditaro dikardus kan ?. Itu klo ntar udh besar apa perlu dikasih tali biar gk kabur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu lama di dus. lepas aja di ruangan, biarkan dia bebas di situ, nangkring di perchnya.... :)

      Delete
    2. Owh ok. Saya liat diyoutube ada yg makan anakan ayam,ditelan bulat2. Itu apa gpp buat pencernaannya dok ?

      Delete
    3. dimakan bulat2 dengan bulu2nya?
      kalau siap dengan resikonya, boleh2 aja. :)

      penjelasannya, ada di artikel burung hantu muntah, normalkah? mas bisa baca2 untuk penambah pengetahuan... :)

      Delete
  20. Dok saya jadi beli Celepuk, mumpung ada yg jual anakan. Klo udh besar, gk ditali gpp dok ?
    Btw yg diyoutube tu ternyata anakan puyuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau indoor, memang sebaiknya gak diikat. kalau lagi outdoor, sebaiknya dipasangi angklett jesse... :)

      maksudnya yang di youtube?? :)

      Delete
  21. dok, saya ada rencana nih mau beli barn owl, lokasi perchnya deket ruang keluarga dan deket gantungan burung kenari ayah, kira kir abakal stress ga? dan kalo beli chick pas masa adaptasi itu kan ditaro di ruangan sepi, nah dia itu diletakan di mana ya di kardus/kandang/perch. mohon pencerahanya ya dok, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama adaptasi bisa ditaruh diperch kalau emang bisa nangkring sendiri.
      di kardus, kalau emang kalau dia gak bsa nangkring. dan jangan di kandang....

      kayaknya gak bakalan stress selagi lingkungannya gak terlalu rame...

      Delete
  22. dok, tanya doong,, saya baru punya burung hantuu.. masih anakan,, tp krn takut dimakan kucing jd saya kandangin,, tp harusnya kan ga boleh ya dikandangin,, itu harus gmn yaa,, soalnya masih kecil bgt

    ReplyDelete
  23. DOK saya mau beli tyto alba , untuk hal pertama yg harus saya lakuin setibanya dia di rumah saya apa ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina. silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu.

      Delete
  24. Dok mau tanya nih..
    Saya berencana mau bikin perch tp di lingkungan ada sekitar 7-8 ekor kucing, yg punya kucing itu pindah rmh..
    Takut dimakan kucing,
    Kalo taro di dlm rmh ga bisa, Soal'a saya ikut ngontrak rmh, bnyk barang dan ponakan saya masi kecil.
    burung'a jenis celepuk brancher

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak ada ruangan yang gak kepake? misalnya gudang atau semacamnya? taro aja perchnya di situ...

      sepengalaman saya sih biasanya kucing gak akan nyerang burung hantu. itu sepengalaman saya loh ya. tapi kita kan gak tahu, namanya hewan kan dia ngikutin insting aja. jadi lebih baik buat perchnya indoor aja.

      Delete
  25. dok mau minta saran nih, aku td habis ngadopsi celepuk umurnya krg lebih 1 bulanan kurang.. mau minta saran gmn perlakuin little bro ini dok, apa selayaknya anak2? ohiya td juga pas dibawa kerumah gak sempet naruh di ruang kosong soalnya rumah lagi rame trs ade aku mainin terus little bro, itu gimana dok?? minta sarannya dok, makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. kalo emang adeknya mas maininnya dia gak kasar, gak apa2. setelah orang2 pada pulang, bisa langsung karantina...

      mas bisa bikin owlbox sederhana dari kardus yang didalamnya dikasih tangkringan, terus bagian atasnya ditutup, dan disalahsatu sisinya dicoak pake cutter sehingga bisa dibuka tutup kayak pintu. nah mas taro aja owlnya di situ....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.