Ciri Sulcata Yang Akan Bertelur | Drh. Fira Sovica

Sulcata yang akan bertelur

bisa diketahui dengan seringnya induk sulcata menggali alas kandang. Kebiasaan naluriah tersebut biasanya terjadi bila kandang nyaman dan aman dari gangguan. Bagi anda yang ingin tahu harga kura-kura darat seperti kura-kura sulcata, anda bisa membaca artikel daftar harga kura-kura darat.

Ciri Sulcata Yang Akan Bertelur
Perlu diketahui bahwa sulcata adalah hewan soliter yang hanya bertemu pasangannya saat musim kawin tiba. Dan sulcata betina punya kebiasaan sperm retention, yaitu menyimpan cairan sperma sulcata jantan di tubuhnya selama bertahun-tahun. Inilah sebabnya ada sulcata betina yang tidak langsung bertelur saat selesai musim kawin. Hal ini biasanya terjadi karena sulcata betina belum menemukan tempat yang cocok untuk meletakkan telur-telurnya, atau bahkan belum siap untuk bertelur.

Tempat yang cocok bagi sulcata untuk meletakkan telur-telurnya adalah tempat yang aman, nyaman, tidak bising, serta bersuhu antara 25 dan 27 derajat celcius. Jika menemukan tempat seperti itu, calon induk sulcata akan segera memulai proses pembuahan atas telur-telurnya, menggali lubang, meletakkan telur-telurnya di dalam lubang tersebut, kemudian menutup kembali lubangnya.

Bagi anda yang memiliki sulcata yang terlihat menggali alas kandang dengan kaki belakangnya, segera pindahkan sulcata tersebut ke kandang yang beralaskan serbuk gergaji steril khusus kura-kura. Serbuk tersebut bisa dibeli di petshop terdekat. Kemudian pindahkan kandang sulcata ke tempat tenang dan bersuhu stabil antara 25 dan 27 derajat celcius. Segera bawa sulcata ke dokter hewan terdekat jika ia sudah menggali lubang namun tidak kunjung bertelur.

Demikian adalah beberapa

ciri sulcata yang akan akan bertelur

. Semoga tips tersebut diatas bisa menjadi referensi bagi anda dalam memelihara sulcata. Saran dan kritik bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. terima kasih.

2 Responses to "Ciri Sulcata Yang Akan Bertelur"

  1. Dok mau tanya, sy beli kura2 sulcata 5cm. Kondisi pas beli gda lubang hidung sprtinya lg pilek jg. Yg mau sy tanya apakah emang cacad gda lubang hidung ato emang kondisi lg pilek lubang hidungnya kettup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih ketutup. entah sama lendir atau sama kotoran. bisa mas fotoin? udah coba dicek belum? :)

      nafsu makannya gimana?

      kabari lagi...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.