Penyebab Kenapa Burung Menggosok Paruhnya | Drh. Fira Sovica

Banyak yang bertanya tentang

kenapa burung kerap menggosok paruh

atau menggores-goreskan paruhnya ke lantai atau jeruji kandang. Beberapa owner burung hantu bertanya kepada saya tentang kenapa burung hantu sering menggosok paruhnya ke lantai atau perch. Maka, artikel ini akan menjawab pertanyaan itu. Artikel tentang burung hantu lainnya bisa anda baca, antara lain artikel mengenai cara mengecek kesehatan burung hantu dari fesesnya.
Penyebab Kenapa Burung Menggosok Paruhnya
Image taken from liveanimalslist.com


Kembali lagi ke topik kita, yaitu penjelasan kenapa burung sering menggoreskan atau menggosok paruh ke jeruji kandang, lantai, perch atau semacamnya?
  • Paruh burung adalah bagian tubuh burung yang sensitif, sama seperti bagian sidik jari kita. Meski masing-masing burung memiliki bentuk paruh yang berbeda karena berbeda juga makanannya, namun semua jenis burung memiliki kebiasaan yang sama, yaitu menggosok atau menggoreskan paruhnya ke permukaan yang mereka anggap nyaman untuk membersihkan paruhnya itu.
  • Selain untuk membersihkan paruh, penyebab kenapa burung sering menggosok paruhnya adalah untuk mengasah ketajaman paruhnya. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh burung pemakan daging seperti hantu dan BOP lainnya.
  • Beberapa jenis burung pemakan biji-bijian senang jika paruh mereka digosok oleh masternya dengan jari. Hal ini kerap terjadi pada burung kakatua dan beo, meski tak jarang ada pula jenis burung lain yang menyukai jika paruhnya disentuh oleh manusia.
Jadi bisa disimpulkan bahwa

burung sering menggesek paruh

adalah hal wajar, selama tidak diikuti oleh gejala sakit pada burung peliharaan. Semoga artikel ini bisa membawa pencerahan bagi anda, terutama para pecinta burung. Terima kasih. (FS)

9 Responses to "Penyebab Kenapa Burung Menggosok Paruhnya"

  1. Dokter mohon bantuan donk.. ini saya punya baby BWK, sdikit2 bisa berdiri sudah 4hari saya adop.. masalahnya baru hari inii kotoran burungnya brubah jadi hijau. Padahal kmaren masi normal urate: putih, urine: bening keputihan, fecal: hitam... sekarang urate: putih, urine: bening keputihan, fecal: hijau. Itu knapa ya dok? Mohon pencerahan kondisi dan solusi nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan? hijaunya apakah hijau terang atau hijau tua? kalau hijau terang (seperti warna hijau pada tulisan REPLY dibawah komentar), kayaknya iya, ada penyakit. kalau hijau tua, masih bisa dikatakan normal. makan masih mau makan? :)

      Delete
  2. ass.dok,maaf sy ada kesulitan dan mohon info nya...sy bru dpt bwk juvwal dri kawan...meski blm skill,tapi senang sekali sy...sy latih manning,fof,bhkan sdh bs 5 meter jttf...yg sy mau tnyakan ...knp setiap sy smpan di perch,dia sllu mau trbang jauh...trus kurang anteng di perch...sy hrus gmna dok?? tolong info nya dok...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu dipaksa di perch. emang ada beberapa karakter bwk yang seperti itu, dan itu wajar. seiring dengan berjalannya terus latihan, dia akan bisa bertengger di perch sendiri nantinya.

      cek juga perchnya. mas perchnya terbuat dari apa? bwk biasanya lebih suka yang dari kayu kasar (masih ada kulit kayunya).... :)

      Delete
  3. dok saya mau nanya tentang komentar yg di atas, kalo burhan gk ditaruh di perch terus ditaroh dmana soalnya belum bonding juga baru beli, terus cara agar fesesnya gak berantakan tu gimana?

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum dok. Maaf ganggu. Saya punya love bird. Awalnya matanya kedip2. Trus d obati obat burung snot tp kenapa semua burung kena jg. Skrg saya pake xitrol. Mata burungnya berair. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas...

      yang nyebar snot-nya atau kedip-kedipnya aja mas?
      kalau kedip2nya aja, banyak sebab. salahsatunya cuaca. emang lagi gak bagus cuaca akhir2 ini. mending pindahan kandangnya ke dalam ruangan dulu...

      Delete
  5. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.