Friday, December 6, 2013

Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan | Drh. Fira Sovica

Ada banyak sekali

manfaat memelihara hewan peliharaan

, baik itu dari segi psikologis, ekonomis, edukasi, dan lain sebagainya. Berikut ini penulis akan membeberkan beberapa manfaat memelihara hewan peliharaan yang penulis rangkum dari berbagai sumber:
images taken from home.allergicchild.com
1. Bernilai ekonomis dan sebagai sarana investasi.
Tak bisa disangkal bahwa banyak orang meraup untung dari hobinya memelihara hewan tertentu. Pun untuk tujuan investasi. Memelihara sugar glider dan memelihara sulcata bisa menjadi ladang investasi yang bagus jika anda mengetahui cara memelihara hewan tersebut dengan baik dan benar.
Maka dari itu, penting bagi calon hobiis untuk mengetahui serta mempelajari cara memelihara hewan yang akan dipeliharanya. Cara terbaiknya adalah dengan cara mencari data di internet, bergabung ke komunitas hewan tertentu, banyak bertanya kepada yang berpengalaman, ataupun dengan membeli buku-buku tentang perawatan hewan yang banyak dijual di pasar.

2. Hiburan dan sarana edukasi bagi anak.
Memelihara hewan peliharaan bisa membuat pemiliknya sedikit banyak merasa terhibur dengan tingkah polah hewan peliharaannya. Begitu juga dengan anak-anak. Selain terhibur dengan adanya hewan peliharaan di rumah, anak-anak juga bisa belajar mencintai hewan serta belajar berempati kepada sesama makhluk hidup.

3. Manfaat psikologis memelihara hewan peliharaan.
Erat kaitannya dengan poin kedua, manfaat psikologis memelihara hewan berkaitan dengan rasa bahagia karena memperhatikan tingkah laku hewan. Dan memelihara hewan terbukti bisa mencegah stress.

4. Manfaat sosial memelihara hewan peliharaan Para pecinta hewan tertentu biasanya membentuk suatu wadah, organisasi, maupun grup pecinta hewan.
Contohnya adanya grup Kelompok Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) sebagai grup pecinta sugar glider. Selain KPSGI, ada juga kelompok Musang Lover Indonesia (MLI) yang membawahi para pecinta musang di seluruh indonesia. Komunitas tersebut akhirnya menjadi ajang pertemuan serta sosialisasi yang "ujung-ujungnya" dapat menjadi ajang pertemanan antar anggota.

Perlu diperhatikan bahwa

memelihara hewan peliharaan

, apapun jenis hewannya, pasti membutuhkan komitmen, biaya, serta waktu yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebelum memelihara hewan peliharaan hendaknya anda memperhitungkan secara matang segala hal yang mungkin nantinya akan terjadi. Jangan memelihara hewan jika nantinya anda hanya akan membuat hewan yang anda pelihara menderita atau bahkan mati.

Demikian artikel tentang manfaat memelihara hewan peliharaan. Semoga artikel ini dapat berguna bagi siapapun yang membutuhkan. Saran dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)


Silakan upload gambar.