Apakah bulu kucing penyebab toksoplasma? | Drh. Fira Sovica

Banyak orang yang mengira bahwa bulu kucing adalah

penyebab toksoplasma

Padahal, hal tersebut samasekali tidak benar. Toksoplasma atau toxoplasma atau toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa (hewan sel satu) berjenis toxoplasma gondie. Biang keladi dari penyakit toksoplasma ini hanya bisa menjangkiti manusia atau penderitanya HANYA jika toxoplasma gondie masuk secara oral (melalui mulut). Dan protozoa toxoplasma gondie paling banyak ditemukan di feses (kotoran) kucing yang terjangkiti protozoa ini di dalam tubuhnya.
Apakah bulu kucing penyebab toksoplasma?
Image taken from weheartit.com

Dari kalimat diatas sudah sangat jelas bahwa bulu kucing bukan penyebab utama penyakit toksoplasma, namun penyebab utama penyakit toksoplasma adalah protozoa bernama toxoplasma gondie. Dan parasit toxoplasma gondie paling banyak ditemukan di kotoran kucing, bukan di bulunya. Dari sini bisa ditegaskan bahwa penyakit toksoplasma bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan badan dan kandang kucing, sering-sering memandikan kucing, dan mencuci tangan dengan sabun setelah memegang kucing.

Apa penyebab penyakit toxoplasma, hewan apa yang bisa terkena toksoplasma, bagaimana penyebaran penyakit toksoplasma, bagaimana ciri hewan yang terkena toksoplasma, dan bagaimana mencegah toksoplasma bisa dibaca di artikel semua tentang toxoplasma.

Saya sangat menghargai komentar, kritik, saran, atau ralat untuk artikel ini. Saran, kritik, dan komentar bisa pembaca tulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

3 Responses to "Apakah bulu kucing penyebab toksoplasma?"

  1. Dok tanya saya baru saja adopt kucing umur 3 bln betina jenis persian flatnose nah itu saya taruh dikamar saya dan ndak saya kandangin jadi dilepas dikamar.. setiap hari bulu nya rontok normal katanya yg punya dlu soale ndak sampek botak.. yg saya takutkan imbasnya ke paru paru saya itu mnrut dokter bagamana

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kucingnya dijaga kebersihannya, rajin dirawat, serta dipelihara dengan baik dan benar, saya kira aman aja. masnya gak alergi bulu kucing kan?

      sebenernya sih bulu rontok berlebihan agak riskan juga. akan lebih bagus mending mas dateng ke dokter hewan terdekat biar kucing dan masnya dicek, sekalian tanya2.... :)

      udah pernah pelihara kucing sebelumnya, mas? dah berapa lama pelihara? :)

      Delete
  2. Numpang Promosi ya Min ,,
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +85578633569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.