Cara Memelihara Kucing Anggora | Drh. Fira Sovica

Secara umum, cara merawat kucing anggora sama saja dengan cara merawat kucing persia atau sejenisnya. Tentu saja, ada beberapa poin penting yang harus dilakukan untuk merawat kucing anggora seperti kondisi kandang, kebersihan, perawatan bulu, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengikuti artikel saya yang lain yaitu artikel cara memelihara kucing persia.
Cara Memelihara Kucing Anggora
Image taken from catster.com

Dan berikut adalah tips cara memelihara kucing anggora:

1. Pemberian pakan pada kucing anggora
Sebenarnya, pemberian pakan pada kucing anggora sama saja dengan pemberian pakan pada kucing sejenisnya, baik kuantitas dan merknya. Hanya saja, untuk pemberian pakan kering, hendaknya pakan yang akan diberikan pada kucing anggora diseduh dulu dengan air panas lalu diamkan selama 6 menit.
Pemberian pakan basah juga hendaknya diberikan untuk memancing nafsu makan kucing anggora. Tempat minum untuk kucing anggora juga hendaknya ditempatkan di dekat tempat makannya. Banyaknya jumlah makanan untuk kucing anggora hendaknya disesuaikan dengan kemampuan makan si kucing. Artinya, sekali pemberian makan diusahakan langsung habis. Untuk ini, anda bisa menakar banyaknya pakan dengan memperhatikan si kucing saat makannya.
Beberapa merk makanan kucing yang biasanya dipilih oleh para cattery adalah sebagai berikut:
  • Makanan kucing untuk anak kucing (kitten) berumur 1 sampai 4 bulan, pilih Science Diet Kitten atau Royal Canin Babycat dengan takaran 3 kali sehari masing-masing 3 hingga 4 sendok makan. Jangan memberikan pakan berlebihan karena dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan pada anak kucing yang bisa berakhir dengan kematian.
  • Makanan kucing untuk kitten berusia 4 sampai 12 bulan, anda bisa gunakan Science Diet Kitten atau Royal Canin Kitten dengan pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 3 sendok makan untuk sekali makan.
  • Makanan kucing untuk kucing berusia diatas 1 (satu) tahun, anda bisa menggunakan pakan merk Science Diet Adult atau Royal Canin Persian 30.
  • Untuk kucing yang sedang sakit pencernaan, anda bisa menggunakan pakan bermerk Royal Canin Sensible.
  • Untuk kucing yang sedang terkena penyakit kulit, pakan yang tepat adalah Royal Canin Hair and Skin untuk menstimulus pertumbuhan bulu.

2. Memandikan kucing anggora
Memandikan kucing anggora hendaknya dilakukan oleh sang pemilik sendiri, bukan dilakukan oleh orang lain atau memakai jasa dokter hewan. Kucing biasanya lebih tenang saat dimandikan oleh pemiliknya sendiri.
Anda dilarang keras memandikan kucing saat kucing sedang sakit, masih bayi, dan setelah divaksin. Kucing hendaknya dimandikan dulu sebelum divaksin.

3. Membersihkan kandang kucing anggora
Kandang yang tepat untuk kucing anggora adalah kandang yang memiliki sirkulasi udara yang baik serta tidak terlalu sempit. Kebersihan kandang adalah hal utama untuk menjaga kesehatan kucing. Keluarkan kucing dari kandangnya, pindahkan kandang ke tempat pencucian, lepaskan alas kandang, siram alas kandang dengan air kemudian sikat dengan sikat nilon hingga semua kotoran bersih, siram dengan desinfektan dan tiriskan. Siram kandang yang sudah tanpa alas dengan air hingga basah, taburkan detergen kemudian sikat semua bagian kandang hingga bersih, bilas dengan air dan siram dengan desinfektan. Jemur kandan dan alasnya di bawah sinar matahari hingga kering.

4. Menjemur kucing anggora
Menjemur kucing anggora dibawah sinar matahari pagi berguna untuk kesehatan kulit dan bulu si kucing. Penjemuran kucing anggora hendaknya dilakukan antara jam 7 hingga jam 9 pagi saja dengan durasi penjemuran tidak lebih dari 25 menit. Jangan sesekali menjemur kucing anggora di siang hari karena bisa membuat kucing sakit.

5. Pemberian vaksin untuk kucing anggora

Vaksin untuk kucing anggora diberikan agar kucing lebih tahan terhadap penyakit berbahaya seperti panleucopenia, feline calicivirus, rhinotrachietis, dan lain sebagainya. Vaksin hendaknya mulai diberikan di usia saat anak kucing sudah lepas sapih atau lepas susuan dari induknya pada umur delapan atau sembilan minggu dan kembali diberikan saat kucing berumur empat bulan.

Demikian adalah

cara memelihara kucing anggora

. Semoga tips cara memelihara kucing tersebut bisa membantu anda para pecinta kucing. Saran, kritik, serta komentar bisa diberikan di kolom dibawah ini. (FS)

3 Responses to "Cara Memelihara Kucing Anggora"

  1. Dok mau nanya dwnk kucing saya ada seperti bekas luka yg mengeras dibeberapa bagian tubuh nya itu kenapa yah dok apa itu yg dinamakan jamur atau apa dok saya baru memelihara kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kena scabies. udah ada di artikel obat scabies untuk kucing...

      Delete
  2. dok infonya dong kucing sy abis divaksin besoknya dia mencret tapi pupnya gak cair cuma agak lembek dan berlendir apakah bahaya? minta solusinya dong dok apakah boleh saya kasih diapet soalnya ada yg saranin di suru minum diapet

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.