Cara Memelihara Burung Gagak | Drh. Fira Sovica

Memelihara gagak

memang masih jarang dilakukan oleh penghobi burung di Indonesia. Namun, memelihara burung gagak sendiri sebenarnya sangat asyik dilakukan karena burung gagak bisa dilatih dengan beberapa trik dasar. Kali ini, kita lebih membahas mengenai cara merawat gagak sebagai hewan peliharaan. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara merawat burung yang kena snort dan artikel perbedaan gagak dengan raven.
Cara Memelihara Burung Gagak
Image taken from maxpixel.freegreatpicture.com



Dan inilah cara memelihara burung gagak:
  • Sebaiknya, pilih burung gagak anakan karena burung gagak anakan relatif lebih mudah dipelihara. Meski demikian, harap tekankan bahwa memelihara burung gagak butuh komitmen yang tidak sedikit, sama halnya dengan memelihara burung dan hewan lain pada umumnya.
  • Burung gagak adalah jenis burung omnivora, alias pemakan segalanya. Anda bisa memberikan variasi makanan antara lain potongan putih telur rebus, potongan pepaya matang, pisang, daging ayam rebus yang dicacah halus, dan sebagainya. Makanan burung gagak diberikan 2 atau 3 kali sehari.
  • Untuk menjaga kesehatan burung gagak, anda bisa menggunakan suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. Berikan obat tersebut sebanyak satu tetes setiap hari saat burung sehat, dan berikan dua kali sehari saat burung sedang tidak fit atau saat cuaca sedang tidak bagus untuk hewan (pancaroba).
  • Harap diingat bahwa burung gagak kerap mengeluarkan suara-suara bising, biasanya lebih terdengar pada sore dan malam hari. Bagi sebagian orang, suara burung gagak ini agak menyeramkan dan mengganggu. Jadi, sebaiknya pastikan lingkungan anda menerima kehadiran suara-suara gagak peliharaan anda.
  • Burung gagak bisa dilatih, karena kecerdasan mereka bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan jenis burung lain. Bahkan mereka bisa dilatih agar giring kandang. Bagi anda yang memang berencana melatih burung gagak anda, anda bisa membaca artikel saya tentang owl training.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

cara memelihara burung gagak

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam memelihara gagak. Terima kasih (FS)

13 Responses to "Cara Memelihara Burung Gagak"

  1. dok pelihara gagak harus kandang yg besar gak sih?

    ReplyDelete
  2. Daripada di kandangin mendingan d rante kusus burung ajah kakinya ma kasih pijakan jg

    ReplyDelete
  3. KALAU MANDIINNYA BERAPA KALI SEMINGGU ATAU TIDAK PERLU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung gagak, mas?> seminggu sekali bisa. pake spray/semprotan tangan yang biasa buat mandiin burung.

      Delete
  4. Dok untok pakan anak burung gagak yang masih di loloh yang bagus apa ya dok???
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur rebus yang dihaluskan bisa mas... :)
      bisa pake daging cacah atau daging blender juga

      Delete
  5. kalau di kasi makan pake por pakan ayam gmn dok ?

    ReplyDelete
  6. Dok saya baru dapat gagak lolohan.. Blm bs berdiri tegak masih di loloh.. Tp sudah keluar bulu kasar di sayapny.. Lalu masa tumbuh kembang gagak dr umur 1 bulan (perkiraan saya) sampai bisa naik ke jari saya umur berapa ya? Atau kira2 berapa lama ya?

    ReplyDelete
  7. Enter your comment...mau tanya dok burung gagak sya masih lolohan tpi klo di loloh sering di kluarin lgi itu knpa ya

    ReplyDelete
  8. Ingin sekali piara burung gagak. Ngeri ngeri sedap gimanaaa gitu ya

    ReplyDelete
  9. Apa gagak boleh dkasih jagung buat merpati

    ReplyDelete
  10. Permisi dok mau tanya gagak saya umur 3 bulanan berat badan ideal burung gagak brapa ya... Terus klo di pakein equipment ditangkringan ada ancaman dri predator lain gak seperti kucing dll...

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.