Friday, April 21, 2017

Cara Memelihara Belalang Sembah | Drh. Fira Sovica

Merawat belalang sembah atau

memelihara mantis

bisa dibilang mengasikkan. Hewan pemakan serangga ini bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan di rumah, di dalam akuarium. Artikel ini terkait dengan artikel saya yang lain, yaitu cara ternak kroto.
Cara Memelihara Belalang Sembah
Image taken from maxpixel.freegreatpicture.com
Nah, gimana cara pelihara belalang sembah atau walang kekek?
  • Kandang dan perlengkapan memelihara belalang sembah.
  • Kandang terbaik belalang sembah adalah kandang yang berukuran minimal 3x tinggi belalang sembah dan 4x panjang belalang sembah. Saya sendiri lebih menyarankan agar anda membuat kandang dari akuarium berbentuk bulat yang biasa dijual di penjual ikan hias. Untuk mencegah belalang sembah anda kabur, buat penutup dari jaring nyamuk yang dilekatkan menggunakan double-tape di atas mulut akuarium. Sebagai alas kandang (bedder), anda bisa menggunakan cocopeat atau kerikil kecil. Sebagai aksesoris, anda bisa menambahkan ranting pohon yang masih ada daunnya ke dalam akuarium tempat memelihara belalang sembah. Seminggu sekali, keluarkan belalang sembah dari dalam akuariumnya, ganti dahan pohon tersebut dengan yang baru, kemudian taruh kembali belalang sembah anda di dalam akuariumnya.
  • Cara merawat belalang sembah peliharaan.
    1. Makanan belalang sembah adalah jangkrik berukuran kecil (diutamakan), lalat, laron, dan ulat hongkong. Anda bisa memasukkan salahsatu dari makanan tersebut ke dalam akuarium sebanyak satu atau dua ekor tiap hari (satu kali sehari). Untuk mencegah masuknya semut ke dalam akuarium, anda bisa menggoreskan kapur semut di sekeliling akuarium tempat memelihara belalang sembah. Diutamakan untuk memberi makan terlebih dahulu sebelum memberi minum.
    2. Untuk memberi minum belalang sembah, gunakan spray berisi air mineral. Spray yang digunakan adalah spray tangan yang biasa digunakan untuk memandikan burung. Buka penutup akuarium, semprotkan air menggunakan spray air tersebut sebanyak dua atau tiga kali setiap hari. Nantinya, belalang sembah yang dipelihara akan minum dari titik-titik air yang menempel pada dahan aksesoris kandangnya.
    3. Belalang sembah biasanya akan mengalami moulting (ganti kulit/ganti cangkang). Belalang sembah yang tidak mau makan (mogok makan) dalam beberapa hari biasanya tengah memasuki masa moulting. Saat ini terjadi, harap jangan memegang, menyemprotkan air minum, atau secara umum, mengganggu belalang sembah anda. Biarkan saja di kandang. Maka penting untuk memberikan makan terlebih dahulu sebelum memberi minum. Jika makanan tidak dimakan, maka ada kemungkinan belalang sembah anda akan moulting, maka jangan disemprot air, dan segera keluarkan makanan yang tidak termakan.
Demikian adalah

cara memelihara belalang sembah

atau memelihara mantis sebagai hewan peliharaan. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam memelihara mantis. Pertanyaan bisa anda ajukan dibawah ini. Terima kasih (FS)

9 comments

Hahaha makasih ya dok infonya tapi telat dok tadi pagi orchid mantis aku mendadak mati g tau kenapa padahal dia sehat bgt aku dupu ud pernah liat caresheet buat orchid mantis dia aku ud lakuin semua sesuai care sheet terus pulang dari sekolah dia mati,dok mau nanya kok orchid mantis aku g pernah poop ya walaupun molting juga g poop

https://s27.postimg.org/6fzgf0ub7/IMG_20170110_162221.jpg ini moltnya dia

https://postimg.org/image/7a277ybzn/

pernah pegang pas mau moulting gak?
satu atau 2 hari sebelum moulting, sebaiknya jangan dipegang dulu. karena rentan stress dan akhirnya mati.

penyebab utama kematian mantis biasanya karena stress. faktor keduanya adalah suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. :)

Oo iya pas mau molting aku g tau aku pegang tapi itu pas pertama molting sukses dok


Silakan upload gambar.