Thursday, April 20, 2017

Cara Memelihara Burung Gagak | Drh. Fira Sovica

Memelihara gagak

memang masih jarang dilakukan oleh penghobi burung di Indonesia. Namun, memelihara burung gagak sendiri sebenarnya sangat asyik dilakukan karena burung gagak bisa dilatih dengan beberapa trik dasar. Kali ini, kita lebih membahas mengenai cara merawat gagak sebagai hewan peliharaan. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara merawat burung yang kena snort dan artikel perbedaan gagak dengan raven.
Cara Memelihara Burung Gagak
Image taken from maxpixel.freegreatpicture.com
Dan inilah cara memelihara burung gagak:
  • Sebaiknya, pilih burung gagak anakan karena burung gagak anakan relatif lebih mudah dipelihara. Meski demikian, harap tekankan bahwa memelihara burung gagak butuh komitmen yang tidak sedikit, sama halnya dengan memelihara burung dan hewan lain pada umumnya.
  • Burung gagak adalah jenis burung omnivora, alias pemakan segalanya. Anda bisa memberikan variasi makanan antara lain potongan putih telur rebus, potongan pepaya matang, pisang, daging ayam rebus yang dicacah halus, dan sebagainya. Makanan burung gagak diberikan 2 atau 3 kali sehari.
  • Untuk menjaga kesehatan burung gagak, anda bisa menggunakan suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. Berikan obat tersebut sebanyak satu tetes setiap hari saat burung sehat, dan berikan dua kali sehari saat burung sedang tidak fit atau saat cuaca sedang tidak bagus untuk hewan (pancaroba).
  • Harap diingat bahwa burung gagak kerap mengeluarkan suara-suara bising, biasanya lebih terdengar pada sore dan malam hari. Bagi sebagian orang, suara burung gagak ini agak menyeramkan dan mengganggu. Jadi, sebaiknya pastikan lingkungan anda menerima kehadiran suara-suara gagak peliharaan anda.
  • Burung gagak bisa dilatih, karena kecerdasan mereka bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan jenis burung lain. Bahkan mereka bisa dilatih agar giring kandang. Bagi anda yang memang berencana melatih burung gagak anda, anda bisa membaca artikel saya tentang owl training.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

cara memelihara burung gagak

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam memelihara gagak. Terima kasih (FS)

PERHATIAN

1. Jangan lupa untuk mengklik NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar setiap jawaban yang saya tulisa bisa anda cek via email.
2. Kolom konsultasi ini bukan untuk kasus urgent. Sebaiknya segera bawa hewan yang sakit ke dokter hewan terdekat jika sakitnya sudah parah atau urgent.
3. Saya akan sangat berterima kasih jika anda mengirimkan FOTO FESES/TAHI hewan yang sakit. Anda bisa mengupload gambar feses hewan di postimage.org, lalu mengirimkan linknya beserta pertanyaan yang anda tanyakan.
4. BEBAS COPY PASTE dengan MENCANTUMKAN LINK ke blog saya. Anda bisa sharing artikel ini di facebook atau media sosial lainnya sebagai ucapan terima kasih, hihihi.....
EmoticonEmoticon