Obat Cacing Untuk Musang | Drh. Fira Sovica

Penyebab musang cacingan lebih dikarenakan oleh faktor kebersihan yang kurang terjaga. Pada tingkat parah, cacingan pada musang akan membuat musang susah gemuk atau susah obes. Pada artikel berikut ini, kita akan membahas

obat yang digunakan untuk mengobati musang yang cacingan

. Anda bisa membaca artikel saya yang lain, diantaranya cara memelihara musang zebra.
Obat Cacing Untuk Musang
Image taken from zizigallery.com
Obat yang digunakan untuk mengobati musang cacingan adalah obat cacing merk Drontal. Obat cacing Drontal sebenarnya adalah obat cacing untuk kucing, namun bisa juga digunakan untuk musang yang menderita cacingan. Dosis yang digunakan untuk mengobati musang yang cacingan juga relatif sama dengan dosis yang digunakan kepada kucing, yaitu:
  • Untuk musang cacingan dengan berat badan dibawah 2kg = setengah tablet Drontal.
  • Untuk musang cacingan dengan berat badan 2kg s/d 4kg = 1 tablet Drontal.
  • Untuk musang cacingan dengan berat badan 4kg s/d 6kg = 1 tablet Drontal XL.
  • Untuk musang cacingan cacingan dengan berat badan 6kg s/d 8kg = 2 tablet Drontal.
  • Untuk musang cacingan dengan berat badan 8kg s/d 10kg = 1 tablet Drontal, 1 tablet Drontal XL.
Demikian artikel singkat mengenai

obat cacing untuk musang

. Semoga artikel di atas bisa menjadi acuan bagi anda sekalian. Terima kasih. (FS)

12 Responses to "Obat Cacing Untuk Musang"

  1. Musang umur 6bln berat badan1,5 itu normal ga ya ? . Untuk pencegahan cacingan pemberian drontal di kasih berapa kali setahun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1,5 kg? masih bisa dikatakan normal sih segitu.
      musang diberi drontal minimal 4 bulan sekali, mas... :)

      Delete
  2. Dokter... musang saya beby sekitar 3 bulan.. kalo saya perhatiin dia kaya dapet gejala cacingan... bulu kusam rontok dan ganumbuh numbuh, makan banyak cuman gangefek ke pertumbuhan dan ke berat badan.. apa boleh dikasi obat cacing..? Dan kalo boleh make obat cacing apa beserta dosisnya berapa banyak... terimakasi dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu? jangan dikasih susu. cukup kasih makan bubur bayi promina aja.

      dan jangan asal kasih obat tanpa konsultasi dulu sama dokter, yang udah liat langsung musangnya.

      saya tebak sebenernya dia gak cacingan, cuma kayaknya mas kasih susu yang mengandung laktosa, jadinya ya gitu.

      dan nasihat saya, jangan maksain agar musang jadi gemuk. yang penting dia sehat, itu aja dulu mas. apalagi kalo baru 3 bulan. kalau mau dibikin agak berisi, nanti aja setelah 5 bulan.... itupun sebenernya sangat beresiko kena jantung dan ginjalnya....

      jadi yang penting sehat....

      Delete
  3. Dok, saya punya 2 baby rase usia 3/4 bulanan, jantan dan betina. Yang jantan sempat pup/muntah lembek (kurang tau karena ga lihat) seperti ada butiran nasinya pdhl ga saya kasih nasi. 2 hari kemudian saya menemukan cacing hidup keluar dr anus yg betina warnanya putih sebesar beras. Barusan saya bawa ke dokter hewan dengan sample pupnya. Kata dokter di feaesnya ada cacing gelangnya. Tp tdk ada cacing pita walopun gejaya yg saya sebutkan td kata dokter nya cacing pita. Setelah dr klinik dan diberi obat cacing, semua jadi ga nafsu makan dan ngantuk terus. Ini kenapa ya dok? Apa efek samping aja? Dikasih resepnya untuk 3 hari ne dok obat cacingnya.

    Trimakasih ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, emang efek sampingnya kayak gitu. dokternya bilang kalau bakal ada efek samping itu nggak?

      sekarang gimana keadaan musangnya, mbak?

      Delete
    2. emang efek samping dari obat cacingnya. gak apa2. dokternya nggak bilang bakalan ada efek samping kayak gitu? :)

      Delete
  4. Dokternya ga bilang kalau ada efek samping. Alhamdulillah udah lincah dan mulai mau makan. Hari ini terakhir minum obatnya. Pas hari pertama setelah di kasih obat keluar cacing panjang bgt gitu dok dari maaf, anusnya. Sepertinya setelah pada mati cacingnya, rase saya mulai normal.sepertinya cacingan bawaan dari tempat saya beli. Trimakasoh ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip.
      untuk fesesnya gimana sekarang?

      untuk memperbaiki saluran cernanya, mbak bisa kasih air kelapa muda....

      Delete
  5. Trimakasih dok sarannya. Sekarang sih udh sehat,tp kok yg jantan suka belekan dan rambut di kakinya rontok. Di dekat kumisnya juga aga gundul rambutnya. Kepanya ya dok, apa jamuran? Apa obatnya? Saya mandikan lho dok akhir2 ini trs saya kasih minyak tawon kakinya. Boleh ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh. kakinya dikasih minyak tawon buat apa?
      asupan kalsiumnya yang penting sih. kasih bubur bayi promina agar kalsiumnya nambah... :)

      mandikan pakai air hangat. dan kalo abis makan, area deket mulutnya dilap. biar gak gundul. :)

      Delete
  6. Dok saya punya musang 3 bulan.
    Kalo dimandiin suka jilatin dan gigi badan dia + tangan saya yang ada busa nya bahaya bgt gak ya resikonya?
    Dia susah makan bubur cerecal cuma sedikit susu gak mau pisang gamau cuma tidur trus di kandang. Dulu sblmnya lincah bgt.
    Skrg suka bersin² mulutnya suka kebuka dan mendengak keatas seperti merasakan sesuatu kemudian baru tidur lg ada solusinya dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.