Cara Memelihara Musang Zebra | Drh. Fira Sovica

Musang zebra adalah jenis musang yang memiliki warna bulu yang mirip kuda zebra.

Memelihara musang zebra

memang bisa dikatakan mudah karena relatif sama dengan memelihara musang jenis lain seperti musang pandan dan musang bulan. Nama latin musang zebra adalah hemigalus derbyanus. Orang barat menyebut jenis musang ini dengan sebutan banded palm civet. Musang jenis ini disebut 'banded palm civet' karena ada garis tebal berwarna hitam di badannya, mirip corak pada kuda zebra. Efek corak pada bulu ini juga menyebabkan seolah-olah badan musang zebra ini seperti terikat (banded). Musang ini juga memiliki aroma yang mirip musang pandan (palm). Itulah alasan kenapa musang zebra disebut banded palm civet. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara musang pandan.


Perlu saya ingatkan bahwa musang zebra adalah jenis musang yang dilindungi. Menurut data IUCN, musang zebra masuk ke dalam kategori terancam (vulnerable) karena banyaknya perburuan. Sama halnya seperti nasib musang pandan, jenis musang eksotis ini banyak diburu karena kerap memangsa hewan ternak warga, padahal yang menyebabkan mereka memakan hewan ternak adalah karena ketersediaan makanan yang kurang tercukupi di alam akibat pembabatan hutan oleh manusia itu sendiri.
Cara Memelihara Musang Zebra
Image taken from allposters.com
Anda masih bisa memelihara musang zebra secara legal, tentu dengan izin BKSDA setempat. Anda bisa membaca artikel saya, cara membuat surat izin memelihara hewan, atau bisa juga langsung menghubungi pihak BKSDA setempat yang alamat dan nomor teleponnya sudah saya tulis di artikel alamat dan nomor telepon BKSDA.
Berikut adalah cara merawat musang zebra sebagai hewan peliharaan:
  1. Makanan musang zebra adalah buah-buahan, dan sesekali daging. Anda bisa memberi pisang dan pepaya sebagai makanan sehari-hari, dan memberi cacahan daging ayam rebus sebagai makanan mingguan.
  2. Karakter musang zebra bisa dibilang kalem. Memang sesekali usil dengan menggigit bercanda, namun tidak terlalu keras. Jenis musang ini juga relatif mudah untuk dijinakkan.
  3. Jaga kebersihan kandang dan musang zebra anda dengan rutin membersihkan kandangnya 2 hari sekali dan memandikan musangnya minimal seminggu sekali. Anda bisa mengikuti artikel saya tentang cara memandikan musang.
  4. Cara terbaik untuk mengetahui apakah musang zebra anda sakit atau sehat adalah dari fesesnya. Anda bisa membaca artikel saya mengenai cara mengetahui kesehatan musang dari tahinya.
Saya tekankan sekali lagi bahwa status konservasi musang zebra adalah hewan dilindungi. Dan artikel di atas ditujukan pada anda yang memang sudah memiliki izin resmi dalam

memelihara musang zebra

, yaitu melalui izin BKSDA. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam merawat musang zebra sebaik mungkin. Terima kasih. (FS)

9 Responses to "Cara Memelihara Musang Zebra"

  1. DOK mau lanjutin tanya, hehee..
    1. Trus kapan saya bisa pegang musangku tanpa sarung tangan dok???
    2. Kemarin musangku yg tangkapan liar waktu tak gendong kok dia keluar cairan spt kencing tapi kok keruh dok, itu kenapa ya???, sebelumnya trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aja, kalau dia udah mulai anteng kalau dipegang. atau, kenapa nggak coba aja pegang sekarang tanpa sarung tangan? :)

      gak apa2, itu cairan markingnya aja. sama aja kayak kucing, musang juga menandai daerahnya dengan urine dan feses.

      Delete
  2. dok, kalo pelihara musang dengan kandang kecil itu bakal bikin musangnya stress ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sekecil apa mas? kalau musangnya sampe badannya menekuk (gak bisa gerak samasekali), ya jelas akan stress.... :)

      yang penting dia bisa gerak dengan nyaman di dalam kandangnya...

      Delete
    2. sekitar 40 cm panjangnya dok.. maksudnya buat sementara sambil saya nyari kandang lain sih dok, berhubung usianya baru 2 bulan

      Delete
    3. oh ya udah. kalau buat sementara, gak apa2. :)
      dia bisa gerak bebas di dalam kandnagnya yang sekarang kan mas? :)

      Delete
    4. bisa dok buat bolak balik mah.. cuma gabisa manjat2 aja.. gimana dok?

      Delete
    5. oh, gak apa2. kalau dia masih bisa gerak2 bolak balik, masih aman kok mas... :)

      maaf karena baru balas.... :)

      Delete
  3. Assalamu'alaikum,

    Adakah di Indonesia yang membuka jasa untuk mengawinkan silang musang, atau hewan lain, dengan bantuan seperti bayi tabung?
    Misal sperma jantan musang akar jawa (warna nya cerah indah), dipertemukan dengan sel telur biturong betina (musang dengan ukuran besar), diproses di tabung tertentu, setelah itu dimasukkan ke rahim binturong betina gitu?
    Atau bisakah sperma musang jantan diambil lalu dengan bantuan suntik dan selang kecil, sperma musang jantan tadi disuntikkan (diinjeksikan ke vagina musang betina yang beda jenis?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.