Cara Memelihara Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara musang pandan

ini ditujukan untuk pemula maupun expert dalam pemeliraan musang. Dan cara memelihara musang tersebut pun juga berbeda satu sama lainnya meski dalam prinsip sama. Di indonesia sendiri dikenal jenis-jenis musang yang cukup banyak, mulai dari yang mudah ditemui dan yang susah atau jarang ditemui di habitatnya. Hewan yang awalnya dikenal sebagai hama karena sering memakan binatang ternak ini dulunya sering diburu untuk dibunuh maupun untuk dikonsumsi dagingnya.


Image taken from forumjualbeli.com

Karakteristik musang
Karakteristik musang pandan umumnya sama saja dengan musang lain, dan secara umum, karakteristik musang adalah sebagai berikut

      umumnya karnivora (pemakan daging)
    meski musang termasuk bisa memakan segalanya, namun di alam musang lebih cenderung pemakan daging.
      nocturnal (aktif di malam hari)
    musang menghabiskan siang hari untuk tidur dan aktif mulai di awal malam hingga penghujung malam. ada beberapa jenis musang yang tetap terjaga di siang hari, namun umumnya musang cenderung tidur atau malas-malasan di siang hari.
      arboreal (banyak hidup di atas pohon)
    meski kerap ditemui di tanah atau bahkan ditempatkan di dalam kandang, di habitat aslinya musang pandan banyak menghabiskan waktu di atas pohon.

Cara memelihara musang pandan
Ada banyak jenis musang yang dikenal di indonesia. Namun yang banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan umumnya adalah jenis musang pandan.

Mengutip dari wikipedia.com, musang pandan yang bernama latin paradoxurus hermaphroditus adalah karnivora-mamalia yang banyak hidup di lingkungan semi-pemukiman dan pinggir hutan. musang pandan kerap diidentikan dengan hama yang memangsa hewan ternak, namun sebenarnya itu bukan sepenuhnya salah musang. kurangnya makanan di hutan akibat pembalakan membuat musang mau tidak mau harus masuk ke pemukiman manusia untuk mencari makan.

Bisa dikatakan, cara memelihara musang pandan sangat amat mudah. Hanya dibutuhkan ketelatenan dalam memeliharanya. Berikut adalah beberapa tips cara memelihara musang pandan:

  1. Musang pandan yang dipelihara biasanya diberi makan buah-buahan (pepaya, pisang), nasi + kecap, catfood/dogfood. Namun kebanyakan owner musang pandan memberikan nasi + kecap sebagai makanan utama atau kepala ayam rebus. Untuk minuman sendiri, anda bisa memberi air mineral atau air gula pasir kepada musang anda.
  2. Untuk pemberian makanan hendaknya diselang seling untuk menghindari kebosanan. Pemberian buah-buahan seperti pisang dan pepaya wajib dilakukan minimal seminggu sekali agar pencernaan musang tetap terjaga.
  3. Musang juga wajib dimandikan minimal seminggu sekali dan kandangnya harus dibersihkan minimal 2 hari sekali. Jangan membiarkan kandang musang kotor karena bisa menyebabkan bulu musang rontok, musang menjadi sakit, dan menimbulkan penyakit kulit. Cara memandikan musang bisa dibaca di artikel cara memandikan musang.
  4. Jika sudah panjang, kuku musang juga hendaknya dipotong. Anda bisa membaca tentang cara memotong kuku musang di artikel cara memotong kuku musang.
  5. Musang hendaknya tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Tidak jarang, musang yang mengalami obesitas akan mengalami sudden death (kematian secara mendadak) akibat gagal jantung. Jika musang anda terlalu kurus, anda bisa membaca artikel tentang cara menggemukkan musang.

Demikian adalah karakteristik dan

cara memelihara musang

. Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam memelihara musang. Saran, kritik, serta pesan bisa ditinggalkan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (F.S)

86 Responses to "Cara Memelihara Musang Pandan"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dok.. salam kenal dari saya.. mau tanya ini,untuk pemberian kepala ayam atau ceker ayam rebus pda musang,itu di biarkan utuh atau bagaimana?? Mohon pencerahan'y.. trmksih..☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga.
      kalau emang bisa secara utuh, ya langsung aja kasih, mas. atau kalau emang gak bisa, bisa dicacah dulu sampe kecil2...

      Delete
    2. Ok dok terimakasih.. kbtulan ini bru dpt muspan kira2 umur 3,5 bulan,msih semi jinak.. d gendong bisa,ud naik2 k pundak jga.. tpi klo ketemu jari lgsg gigit,. Untuk proses agar bner2 jitot brp hari sih dok..?? Maaf ini sblm'y g pnh punya musang,tpi pgen punya.. mka'y lgsg beli,tpi dpt'y semi jinak.. maaf ne dok,bnyak tnya.. kurang ilmu soal permusangan soal'y.. hehehe

      Delete
    3. kalau umur segitu emang lagi seneng2nya explor. masih seneng2nya gigit2. jadi ya wajar aja sih mas.

      nah soal berapa lama dia jitot, tergantung karakter musangnya. kalau tebakan saya sih musang mas emang dasarnya pecicilan, jadi dia akan tetep gigit meski udah jinak. dan emang gak ada musang yang bener2 gak gigit kecuali musangnya mas kasih air keras. jadi pajangan deh, hehehe. dijamin nggak gigit. :)

      Delete
  3. Hahaha.. bisa aja ne mba' dokter,msa d ksih air keras.. bru 4 hari ngadopsi,tangan saya ud boncel2 dok.. mpe punya pikiran mw tk bwa k dokter gigi,ntar tk sruh nyabut itu semua gigi'y,biar ga sakit klo gigit.. 😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas cek artikel saya cara pangkur musang.
      udah resikonya sih mas kalau tangan bocel2. belum sah pelihara musang kalo tangan mas masih mulus... :)

      Delete
  4. Bu dokter, saya punya muspan betina kira2 umur sudah 1 thn, akhir2 ini selera makanya berkurang dan dikelaminnya mengeluarkan lendir yang kadang berbau tidak enak..!!!

    mohon pencerahannya bu dokter..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sih birahi. jadi galak gak?
      kenapa gak dikawinkan?
      coba mas baca artikel ciri musang birahi

      Delete
  5. musang saya udh jitot,suka main
    dan dilepas dari kandang

    ReplyDelete
  6. Permisi ibu dokter.
    Musang saya umur 1,2bulan sudah melek sedikit matanya, apa boleh dibantu melek dengan cara mengusap dengan tisu dibaluri air hangat? Dan gimana dok ciri ciri musang terkena flu? Cara mencegah flu? Dan menyembuhkan flu pada musang. Mohon pencerahannya ibu dokter. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan, mas.
      biarin aja. nanti juga terbuka sendiri.

      cara mengobati flu pada musang ada di artikel cara mengobati musang pilek...

      Delete
  7. Lebih enak mana ngerawat yang jantan ato betina yah dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya "Pelihara Musang Jantan Atau Musang Betina?"

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Dok, saya baru adop muspan umur 2 bulan kira kira, untuk makan sih saya kasih pisang penyet & saya disaranin temen di kasih minum susu formula bayi, saya pake (SGM). Apakah pengaruh ke pencernaan si musang dok..??

    ReplyDelete
  10. malem dok, lama ga konsul sama dokter, sama mau nanya nih dok, musang saya monty karakter nya sedikit aneh kalau menurut saya. si monty saya letakin di kamar dengan kandang kayu (kawat di depan)uk 1x1m. kalau dilepas, monty pasti lari ke tempat gelap, kayak kolong kasur atau meja. dan langsung ngeluarin suara kayak kucing marah. padahal monty sudah saya adopt kurang lebih 6 bulan. tadi temen kasi saran untuk bkin hammock, saya coba bkin di bawah meja. pas saya bawa si monty ke hammock, dia langsung jadi liar dan gigit saya (ini gigit serius ampe berdarah dok) bukan gigit main kayak biasanya. dan tadi emang dia jadi sangat agresif. di deketin langsung strike, pas di handle langsung gigit keras. dan sebelum kejadian tadi, si monty memang udah sebulan ini saya perhatiin agak temprament, saya ga ngerti lagi kenapa si monty jadi gini dok. kalau dibilang ga pernah di mainin, tiap sore atau pas ngasi makan selalu saya elus atau di ajak main. kira2 si monty kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan dia sedang birahi?
      karena bisa jadi.... coba cek... :)

      coba mas baca artikel saya CIRI MUSANG BIRAHI

      Delete
    2. ragu juga sih dok kalo birahi atau engga, soalny bulan oktober saya mulai adopt dia baru tumbuh gigi. barusan aja saya abis kasi makan, ga tau kenapa agresif lagi, hissing terus strike, baru di handle udah geram kenceng gitu dok. ini tiba2 banget, tidak seperti yg kemaren itu. abis makan dia kayak keselek, terus saya kasi air dia langsung strike terus lari kayak kejadian kemaren. dok maaf nih nanya kemungkinan buruk, ini ada indikasi rabies ga dok?

      Delete
    3. di suka ngiler nggak?
      kayaknya sih kecil kemungkinan rabies. atau mas bisa kirimin saya gambar fesesnya? coba baca mas baca artikel saya "Penyakit Pada Musang Yang Bisa Menyebar Ke Manusia"

      atau kalau emang mas mau pasti, konsultasi aja ke dokter hewan terdekat. meski saya yakin, bukan rabies... :)

      Delete
    4. kalo ngiler setau saya engga dok, dari feses kayaknya masih normal, padat ga encer terus warna item (nasi kecap)

      kalau terganggu karena bau bisa jadi ga dok? soalnya di kamar juga ada salvator, kadang makan ikan ga di abisin semua jadi rada bau amis. apa bisa jadi gara2 bau ikan jadi si monty brutal gitu dok?

      oh iya satu lagi dok, apa emang kebiasaan musang atau bagaimana, dia suka gesekin ekor ke lantai gitu dok.

      Delete
    5. kalau karena bau, kayaknya sih nggak ngaruh mas. atau biar pasti, kita pindahin aja kandangnya si monty ke ruangan lain? terus liat, apakah ada perubahan perilaku, jadi lebih kalem atau nggak?

      kalo soal dia sering gesekkin ekor/pantat ke lantai, normal kok. dia kan menandai daerah kekuasaan pake bau khasnya dia. :)

      Delete
    6. hmmm kalo dipikir2, setiap dia marah, dia pasti gesekin/nyeret ekornya ke lantai. boleh juga dok, nanti saya coba pindahin dia ke ruangan lain,

      satu lagi dok, dulu waktu masih kecil dia kalo dimandiin itu anteng, ga lawan, terus ada kejadian dia itu nyebur ke sungai waktu saya ajak jalan pake harnest, harnestnya lepas terus dia lompat ke sungai. abis kejadian itu, kalau d mandiin dia langsung agresif, atau liat harnest langsung digigitin. apa dia trouma atau semacamnya dok? ada cara buat ngobatin traumanya ga dok? oh iya buat konsultasi ke dokter hewan terdekat kayaknya susah dok. soalnya di sini ga ada.

      Delete
    7. iya, musang juga ada kecenderungan trauma, sama kayak kita. biat menghilangkan trauma-nya, gak ada cara lain selain mas harus deket sama dia. makanya sering2 ajak main, biar dia percaya sama kita. kalau dia udah percaya (bonding) sama kita, gak usah kita iket juga dia udah nurut.... :)

      udah berapa lama pelihara? :)

      setua apapun musang, masih bisa dibondingkan ke kita kok. dulu juga saya punya musang soalnya... :)

      Delete
    8. kurang lebih 6 bulan lah dok, dan di ajak main tiap hari kok dok. si monty ga pernah di iket kok ampe sekarang, itu kebetulan mau cobain ajak keluar rumah pake harnest, eh taunya dia kabur. kalo dibilang belom bonding sih ga tau juga sih dok soalnya ga mau di pegang kecuali sama saya :3

      oh iya dok udah saya coba pindahin ruangan sama ajaa dok. kemaren sempet galak lagi waktu saya ngasi treat roma kelapa, apa cara treat buat musang ga berlaku ya dok? dia suka banget roma kelapa, jadi saya cobain kasi sekali2 kalo dia anteng, eh malah agresif abis di kasi roma kelapa

      Delete
    9. btw dok fitur chat di sini kok ga bisa ya dok? soalnya banyak yang mau ditanyain.

      Delete
    10. kalau menurut saya sih emang karakternya monty kayak gitu mas. agak kasar.

      yang penting dia sehat. dan lanjutkan terus langkah2 penjinakkannya. mas udah coba taro kaos di kandangnya?

      saya masih banyak kerjaan di kantor, hiks, makanya belum sempet chat online lagi. bahkan sekarang saat yang lain pada libur panjang, saya malah stand by di kantor. maklum, biasanya kalo libur kan orang malah rame di kabun binatang. kalo libur, kebun binatang bukan kebun binatang lagi, tapi kebun manusia, hehehe.... :)

      Delete
  11. dok, musang saya umur 3 bulan. susah makan, ga pernah habis. sudah saya kasih kepala ayam mau tp susah nelennya. nasi juga ga mau, uda saya campur kecap atau sari kurma juga ga mau. ramuan air kelapa + sari kurma jg uda saya kasih. scott emulsion.jg sudah. musang kondisi aktif dan kotoran normal ga mencret. mohon sarannya dok

    ReplyDelete
  12. maaf dok mau tanya, cara merawat musang pandan yang dapat dari alam atau liar, gimana ya, karna dia masi stres kandang dan ga mau makan, gimana solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina dulu di ruangan sepi suara. jadi taro kandangnya di ruangan sepi selama 6 jam, taro aja makanannya di situ.

      setelah 6 jam, lakukan penjinakkan. silakan baca artikel CARA MENJINAKKAN MUSANG PANDAN.

      yang pasti harus sabar. apalagi kalo musangnya hasil tangkapan liar... :)

      Delete
  13. malem dok, maaf baru ngehubungin lagi hehe, kayaknya emang seperti yang dokter prediksi, monty lagi birahi, kayaknya saya banyak mau nanya2 sama dokter terus ngirimin foto buat konsultasi, kira2 kapan fitur chat bisa di pake ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. saya masih sibuk banget. mas mau kirim gambar? cek bagian PERHATIAN diatas kolom komentar...

      saya tunggu

      Delete
  14. kondisi kandang monty https://postimg.org/image/ji4rb7k6t/
    ekor monty https://postimg.org/image/b8iqet40v/

    nah jadi gini dok, saya kan udah cerita masalah monty yang galak, dan dokter juga ambil kesimpulan mungkin emang karakter dia yang galak, tapi saya belom sempet bilang, dia bakalan coba strike kalo saya pas buka kandang, terus anteng lagi. pokokny setiap saya buka kandangnya, dia pasti strike. walaupun ga gigit marah sih kayaknya soalny ga pernah berdarah. apa ada hubungannya sama kandanganya yang gelap gitu dok?

    terus masalah ekornya, itu hairloss nya astafirullah dok, padahal kotoran saya bersihin tiap hari, serbuk gergaji diganti sekali seminggu. mandi sih emang kadang sekali 2 minggu. tapi saya perna liat kandang musang temen, itu ga pernah dibersihin sama sekali, feses udah numpuk malahan lebih tebel dari kayu, bekas makanan ga dibersihin, tapi bulunya ga rontok -_-
    kira2 gimana ya dok?

    oh iya maaf oot dok, saya baca artikel cara pelihara chick celepuk, buat jaga insting dokter tulis kasi darah tikus putih, kalo diganti sama darah ikan bisa ga dok kira2? (maaf oot dikit dok)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. bisa jadi. coba mas beli kandang baru aja. kandang yang bisa dipindah2in. yang dari jeruji dan ada alas kandangnya itu mas. mas taro kandangnya di tempat yang banyak dilalui orang.
      dia strike karena belum terlalu kenal sama orang atau mungkin cuma kenal sama masnya aja.

      musang gak perlu serbuk gergaji buat alas kandangnya, mas. malah bahaya kalo sampe partikel serbuk gergajinya kehirup... itu ekornya belum tentu hairloss kok, jadi masih bisa ditumbuhkan lagi bulunya. mas bisa beli MINYAK KEMIRI KHUSUS MUSANG, ada artikel cara belinya...

      secara prinsip, burung hantu sebenernya lebih suka mamalia kayak anakan tikus putih, meski gak apa2 kasih ikan juga.

      Delete
  15. kalo di lalui, ini kamar tiap hari minimal 3 orang di dalam dok, oke oke kayaknya saya musti ganti kandang yang terang ya dok? jadi dia bisa liat kesemua arah gitu dok?

    barusan, dia galak lagi kayak kemaren dok. dia lagi freeroam, dia nemu kertas, terus dimakan sama dia dok, saya tarik kan ya kertasnya, saya malah digigit ampe berdarah, ya keulang lagi, dia jadi galak, strike dll.
    maaf dok keseringan curhat, ga tau mau ngomong ama siapa -_-

    oh iya ini potongan kayu gitu dok bukan serbuk gergaji, oke oke dok, minyak kemiri ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. update dok, tadi barusan saya iseng ngasi nasi putih ga pake kecap, monty langsung ngejer kayak kesetanan (ampe keselek) apa galaknya monty bisa jadi karena lapar / bosen sama makanannya? soalnya saya cuma gonta ganti nasi kecap sama pepaya. dan makannya ga banyak. di kasi pisang sama buahan yang lain monty ga mau.

      Delete
    2. saya malah seneng bisa denger cerita masnya... :)
      mungkin emang karakternya monty kayak gitu. pecicilan. dan itu beda loh sama galak. kalo musang pecicilan, dia masih bisa ngenalin mana tuannya...

      kalo soal bosen sama makanan kayaknya gak sampe merubah karakter, mas. paling nafsu makan aja yang menurun. tapi ide bagus tuh, kasih makanan yang lebih bervariasi.... :)

      soal dia makan kertas, selama nafsu makannya gak menurun dan fesesnya lancar dan gak mencret, saya kira masih aman....

      terus lakukan langkah penjinakkan. kalo rumah mas di pinggir jalan raya, taro aja kandangnya di depan rumah. biar dia banyak ngeliat orang...

      Delete
    3. alhamdulillah kalo gitu dok :D
      pecicilan ini gimana ya dok? jadi tadi ada cerita baru dok, temen ngasi rekomendasi buat ngasi monty harnest (lagi) tapi ini body harnest dari kulit, ya tujuannya biar bisa di bawa keluar dan kenal orang lebih banyak gitu, alhasil, ya monty sempet ga nyaman sama harnest nya coba gigitin, kata si temen biarin ampe sehari dulu biar penyesuaian, pasangnya tadi sore, dan barusan, harnestnya lepas. waktu saya coba buat masangin lagi, dia langsung brutal (ini emang brutal bukan pecicilan tadi dok, jauh beda dari yang sebelumnya) gigit tangan saya kayak musang liar. yaudah ujungnya saya putusin buat lepasin ini harnest,

      masalah makan yaaa dia lagi susah susahnya makan dok, mau apa di kasi ga mau di makan, kalaupun dimakan itu sedikit, tapi kalo di kasi air madu/sari qurma langsung di abisin. pup sih kayaknya masih padet, cuma tadi siang saya liat ada kayak cairan encer kehijauan di pup nya dia. ga banyak sih cuma dikit, tapi ya keliatan lah dok dan lumayan menyengat sih baunya dok.

      Delete
    4. pecicilan itu gak bisa diem. aktif. :)
      mending jangan pake harness dulu mas. emang suka gitu, dulu musang saya si bruno juga sama kayak si monty. pecicilan dan gak bisa diatur, hehehe...

      cuaca lagi gak bagus, mungkin ada hubungannya juga dengan nafsu makannya si monty. gak apa2, sementara kasih aja makanan kayak biasa. dikit juga gak apa2. bisa kasih sari kurma buat suplemennya... :)

      Delete
    5. ya emang ga bisa di atur banget, dan dia itu suka lari kemana2 ga bisa diem. berarti selain pecicilan ini dia emang tempramen ya.

      siap dokter, ya kalo makan sih seenggaknya dia masih ttp walaupun dikit banget, dan feses masih keras kalo yang saya liat.

      Delete
    6. dia tadi ga mau makan dok, tapi pas saya kasi sari kurma, dia langsung lompat ke tangan minumin sari kurma. sebelum di kasi sari kurma di galak, pas minum kayak ga peduli sama saya :3

      Delete
    7. hahahaha... :D
      sama kayak si bruno dulu. musang saya. :D

      so far, so good. kalau dia kesulitan pas pup, mas bisa kasih makan pepaya matang yang dipotong2 kecil atau jus pepaya campur sari kurma... :D

      Delete
  16. dua hari ngga ngasi kabar, monty yang ga mau makan sedikitpun, cuma mau minum sari kurma. tadi pagi monty muntah. saya liatin gerak geriknya lumayan aneh, soalny badannya selalu bengkok ke atas, pas saya lurusin, di panik terus muntah, dua kali kejadian kayak gini, tadi pas ashar juga begitu, saya kasi makanan apapun ga mau di makan, saya check feses terakhir warnanya agak kehitaman (mungkin sari kurma) dan masih padat. sekarang dia cuma tiduran terus dok. abis muntah langsung marah2 dan kalo saya mendekat langsung digigitin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. barusan monty saya bangunin, dan muntah lagi dok.

      Delete
    2. tadi saya cari air kelapa muda, saya inget pernah baca di komentar apa artikel dokter soal penanganan pertama. terus saya tinggalin pisang sama air kelapa di kandangnya.

      Delete
    3. update lagi, tadi pagi feses monty masih padat, tapi barusan (mungkin karena ga makan dua hari) feses nya ga padet, warna coklat kemerahan terang, sekarang lagi istirahat si monty.

      Delete
    4. barusan abis taraweh saya kecolongan dok, dia muntah lagi tapi yang dimuntahin langsung di jilatin semua, dari tadi pagi kalo muntah, muntahnya selalu saya buang, tapi yang barusan saya kecolongan.

      Delete
    5. semalaman monty muntah muntah terus dokter. dikasi makan apapun nolak, tapi minum masih bisa, setelah minum muntah, terus tidur, bangun, muntah lagi, tidurnya juga ga nyenyak saya perhatiin

      Delete
    6. haduuh, maaf banget karena saya baru balas. :(

      mending stop dulu sari kurmanya, mas. kasih pepaya matang aja dulu. di jus aja dulu, airnya dikit aja. terus kasih satu sendok makan sari kurma di jus pepayanya....

      jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya itu.... mas bisa kirim fesesnya juga?
      dan muntahannya?

      ada kemungkinan dia salah makan nggak?

      Delete
    7. feses yang bisa saya temukan : https://postimg.org/image/k18dnb2qr/d3214d92/
      muntah (kalau kemaren putih berbusa) : https://postimg.org/image/hgzu361ml/48e76ef4/
      si monty : https://postimg.org/image/ywnhamqc5/1e12ab9a/

      tadi sebelum jumatan saya foto dok. kemungkinan salah makan saya kurang yakin, soalny dalam minggu ini saya cuma ngasi nasi kecap, pisang, sari kurma. kandang sebelum puasa saya bersihin, dan sebenernya belom sempat pindah ke kandang baru dok.

      satu lagi yang saya perhatiin ekornya ga se fleksibel biasanya, lebih sering di biarin manjang gitu aja.

      Delete
    8. udah saya kasi pepaya mateng di jus dok, lumayan kental sih kayak jus pokat. dia cuma jilat dikit terus ga mau lagi,

      Delete
    9. dok dia ga mau pepaya nya, cuma mau minum air putih dok.

      Delete
  17. pagi dok, monty udah saya kasih jus pepaya + madu. jus pepaya saya spet dok, soalnya dia ga mau makan, tapi kalo air mineral dia mau minum langsung dari tadah. alhamdulillah frekuensi muntah nya udah berkurang dok, kalo kemaren bisa muntah lebih dari 10x, sampai pagi ini cuma 4x terakhir jam 3 tadi. tapi saya perhatiin monty makin lemes dok kalo kemaren waktu dia muntah2 si monty masih bisa keliling kandang sebelum muntah, sekarang dia cuma tiduran lemas gitu, kalo gerak paling lompat naik turun tempat tidurnya, atau ganti posisi tidur. terus ampe semalem, kalo abis minum/spet, nafas monty jadi berat kayak ngorok gitu dok, tapi tadi pagi udah ga gitu lagi. saya ga ngerti ini bagus apa engga, terutama yang lemes itu walaupun muntah udah berkurang. tapi yang pasti dia ga lemes ampe ga gerak dok. kalo di kasi air mineral monty langsung gerakin kepala buat minum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayakny saya musti ikhlas sama monty dok, barusan saya check dia udah susah jalan, respon kepala masih kenceng, soalny dia mau gigit saya. tapi kaki belakang susah digerakin juga ga mau minum lagi dok...

      Delete
    2. tadi jam 3 sore monty udah ga ada dok... cuma yang masih jadi pikiran saya kenapa bisa tiba tiba banget ga ada gejala apa2. tiga hari yang lalu dia masih makan lahap. semoga bisa jadi pelajaran buat yang lain.

      Delete
    3. hiks, saya ikut sedih, mas....
      maaf karena selama ini saya cuma bisa bantu di sini...

      terlalu dini emang buat menyimpulkan, tapi kemungkinan setelah liat fesesnya, kayaknya distemper. sekali lagi, cuma kayaknya karena saya gak bisa liat monty langsung...

      sekali lagi, saya ikut sedih. dan semoga ini bisa jadi pelajaran buat yang lain...

      nge-down banget ya mas? yang sabar ya mas...... saya ngerasain kok apa yang mas rasain.... :((

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. saya dari awal juga udah mikir kalau ini distemper dok, ngeliat dia muntah2 sama nekuk badan kayak nahan rasa sakit di perut.

      lumayan dok, mengingat kelakuan dia yang bikin saya luar biasa sibuk, jadi kehilangan anak rasanya. iya makasih dok, semoga ini jadi pelajaran buat temen2 yang juga baca blog ini, amin.

      sekarang saya musti gimana dok? saya baca2 kalau virus distemper ini lama hidupnya, saya udah nguburin semua kain2 yang dipake pas monty sakit bareng sama dia. terus kandang udah saya letakin diluar rumah, udah saya bersihin pake deterjen. semua alat yang di pake buat ngurusin monty kemaren juga udah saya cuci pake sabun. kira2 masih ada ga dok langkah lain yang harus saya lakukan? dan apa ini virus emang menular ke sesama mamal aja? soalnya di rumah saya ada 2 owl, iguana, salva, kura2 sama kadal2an lain dok.

      Delete
    6. setau saya distemper biasanya menular hanya buat mamalia, mas. dan gak bisa bertahan lama di udara bebas tanpa inangnya.

      apa yang mas lakukan udah bagus kok... :)

      Delete
    7. jadi semisalnya kandang tadi di pake buat mamal lain, kira2 berapa lama / berapa kali lagi saya musti bersihin dok? makasih ya dokter bantuannya selama ini.

      Delete
    8. yang penting kandangnya udah dicuci dengan desinfektan (wipol campur bayclin), dan kemudian dijemur. setelah dijemur, udah bisa dipakai lagi, mas...

      pastikan ruangannya terang dan gak lembab. karena parvovirus biasanya seneng dengan lingkungan yang gelap dan lembab...

      setelah dicuci, langsung dijemur jangan dilap dulu. takutnya nanti lapnya yang jadi biang penyebaran parvo lagi...

      Delete
  18. Permisi dok. Saya mau konsultasi. Kemarin saya lepas musang saya biar bisa main.. tetapi saat naik ke atas kursi tiba2 musang saya jatuh. Tdk ada luka lecet namun kaki belakang kanan terlihat pincang. Bagaimana cara merawatnya.. terimakasi sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek bagian kakinya yang pincang, tekan dan angkat kakinya. pelan-pelan aja. apakah dia keliatan kesakitan?
      kalau iya, mas bisa oles minyak urut ke bagian yang sakit.

      maaf karena baru balas. dan kabari lagi ya mas.

      Delete
  19. Dok, hari ini saya adopsi muspan umur kurleb 7 bulan betina. Dari owner sebelumnya jinak. Hari ini saya kasih bubur, nasi kecap, sama kepala ayam kok gak di makan ya? Apa masih masa adaptasi? Untuk masa adaptasi yg baik gimana ya dok? Biar musangnya gak jadi galak. Terima kaish.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia jadi galak kemungkinan karena one-man, mas. one man sama ownernya yang lama.
      waktu mas mau beli, mas liat dia main sama ownernya yang lama?

      masa adaptasi, mas bisa taro kandangnya di ruangan yang agak sepi suara...

      Delete
    2. Saat masa adaptasi nafsu makannya berkurang ya dok?
      Musangnya nggak galak dok, cuma mau gigit jari becanda.
      Kemari saya taruh depan kos dan rame banyak orang yg lewat keluar masuk, sekarang saya taruh kamar biar biasa liat saya dan hapal baunya.

      Delete
    3. Kalau dielus didalem kandang bawaannya pengen gigit tangan, apa itu def kandang ya dok gara2 masa adaptasi?

      Delete
    4. nggak juga. nafsu makan biasanya lancar. kalo dia lagi stress,misalnya akibat perjalanan jauh atau ada di tempat baru, nah bisa jadi karena itu dia agak mogok makan. biasanya sih gak lama...

      nah itu udah bagus. masnya merokok? kalau nggak merokok, taro kaos bekas pakai mas di kandangnya. yang masih bau keringet. biar dia inget sama masnya...

      dia gigit tangan mas pas masnya mau elus, wajar kok. karena dia belum kenal sama mas. coba lebih sering lagi ajak main. :)

      Delete
  20. Dok, mau nanya, dari awal dapet si momo saya taruh dalem kamar kos kira2 udah sebulan ini terus ini saya taruh luar depan kos nafsu makannya jadi turun, apa krena stress ya banyak orang lewat?? Kalo gigit galak enggak dok, cuma nafsu makannya aja turun. Gmn ya dok?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? jadi mencret?
      coba aja kasih sari kurma, mas. mas bisa baca artikel saya, SUPLEMEN AGAR MUSANG TETAP SEHAT.

      kalo fesesnya mencret, bisa kasih minum air kelapa...

      Delete
  21. Dok saya mau adopt muspan,apa itu pake surat ijin gk'

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah, mas... :)
      kecuali jenis musang binturong...

      Delete
  22. Dok musang pandan saya umur 1,5 bulan , di lubang pup nya berair terus , dan pupnya mengalir terus sedikit sedikit , itu kenapa ya dok padhal makannya cuman pisang benyek dan susu sgm ananda 0-6 , bagaimana penangananya terimaksih dok

    ReplyDelete
  23. https://photos.app.goo.gl/q38e0gDObkbKKxEB3 sperti ini dok penampakan musang saya

    ReplyDelete
  24. Mau tanya doc, obat biar luka musang cpt kering apa ya? Kya e luka bekas gatal d garuk2

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum dok saya mau nanya, semisal musang ditaruh ruangan ber ac apakah boleh? Terima Kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      kalo masih anakan, mending jangan.

      kalo udah dewasa, boleh. tapi jangan terlalu dingin.

      Delete
  26. siang dok..
    saya mau nanya saya kan punya musang hilang tiba tiba ternyata dia masuk ke bawah kolong mobil dan terbawa perjalanan cukup jauh kira kira dari jam 2 siang sampai jam 8 malam tiba tiba jadi galak perilakunya. apakah musang saya stres dok?
    apakah bisa jinak kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. dia stress. bisa jinak lagi kok.
      tinggal karantina aja mas...

      Delete
  27. Dok mau tanya untuk musang usia sekitar 1,5-2 bulan kenapa ya kok sering tidur (meskipun malam) dan jarang mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret? mas kasih susu ya? Jangan dikasih susu. cukup kasih bubur bayi promina aja... :)

      kabari lagi ya mas... :)

      Delete
  28. musang saya kok suka gesekin bagian bawah kepalanya kesesuatu ya dok?
    sekarang bulu lehernya sudah gundul
    umurnya sekitaran 3bulanan(kalo melungker sebesar tangan dewasa)

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.