Mengobati Hind Leg Paralysis Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati hind leg paralysis pada musang

sama halnya seperti mengobati hind leg paralisys pada sugar glider yang sebelumnya sudah dibahas. Hind leg paralisys adalah penyakit lumpuh yang disebabkan oleh kekurangan kalsium. Penyakit hind leg paralisys biasanya terjadi pada musang atau sugar glider berusia muda (anakan), namun tak jarang juga menyerang musang yang sudah tua. Artikel ini merupakan jawaban dari pertanyaan salahsatu pengunjung blog ini tentang penyakit lumpuh pada musang. Artikel ini juga terkait dengan artikel cara mengobati lumpuh pada musang.
Mengobati Hind Leg Paralisys Pada Musang
Image taken from kaskus.co.id
Cara mengobati penyakit lumpuh karena kurang kalsium pada musang adalah sebagai berikut:


  1. Jaga asupan makanan. Berikan makanan yang tinggi kalsium terutama buah-buahan.
  2. Asupan kalsium juga bisa anda berikan dari minumannya. Anda bisa mencampur sari kurma ke minuman musang. Buat agak manis agar musang mau meminumnya.
  3. Jaga kebersihan kandang dan musang.
  4. Jemur musang secara teratur, minimal 2x seminggu.
  5. Sebaiknya hindari pemberian pisang dan makanan yang tinggi fospor lain kepada musang. Asupan fospor bisa menghambat penyerapan kalsium ke tulang. Pemberian pisang dan makanan mengandung fospor lain bisa dilakukan dengan catatan asupan kalsium seimbang dengan asupan fospor.
Lakukan treatment

cara mengobati hind leg paralysis pada musang

tersebut selama 3 hingga 6 minggu sambil terus diobservasi. Jika dalam 6 minggu tidak ada tanda penyakit kelumpuhan musang akan sembuh, lebih baik bawa musang ke dokter hewan terdekat. Terima kasih. (FS)

11 Responses to "Mengobati Hind Leg Paralysis Pada Musang"

  1. Selamat pagi dok, mau nanya nih saya punya musang 6 ekor dirumah trus biasanya saya beri makan pagi dengan siang pisang terus baru malamnya saya beri makan nasi dicampur susu + dog food apakah kalau pola makannya seperti itu bisa bisa kena leg paralysis ya terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari segi makanannya sih udah oke.
      kalau saya boleh saran, mas bisa kasih asupan kalsium dari supplemen. mas bisa kasih scott emulsion tiap minggu sekali. dosis scott emulsion untuk musang bisa mas cek artikelnya... :)

      Delete
  2. Malam dok, yang dimaksud disini itu seperti jalan pincang tidak dok?
    untuk makanan yang berkalsium tinggi bisa disebutkan tidak dok namun lebih spesifik lagi?
    Musang saya sudah 2 hari ini jalannya seperti pincang begitu dok... apa solusinya sama atau bagaimana?
    Terimakasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mbak gak ngasih tau umur musangnya berapa? dan apakah sebelum pincang gitu, dia ada insiden gak? misalnya terjatuh or something?

      banyak kok jenis makanan berkalsium tinggi. atau gini aja, kasih suplemen kalsium aja kayak exoterra dan semacamnya. kalau misalnya mau dikasih yang berupa makanan, bisa kasih bubur bayi. kandungan kalsiumnya lumayan... :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. Duh maaf dok saya laki laki lho :v itu hanya profile pic editan saja dok :v
      Musang saya umur kurang lebih 4 jalan 5 bulan, sebelumnya tidak ada insiden apapun... soalnya selama 1 minggu kemarin dia cuma dikandang aja ngga mau keluar... pas dipaksa keluar dan mau ngajak lari sore kok jalannya pincang gitu dok..

      Makan sih Alhamdulillah masih mau, maksud suplemen kalsium itu gimana dok? maksudnya bubur bayi S*N?
      Terimakasih dok

      Delete
    3. oh hahahaha. maaf, maaf, mas. banyak banget yang konsul, jadi kadang saya emang suka salah focus... :D

      iya, kasih exoterra aja. suplemen kalsium berbentuk bubuk.

      atau gampangnya gini. kalau emang pincangnya belum terlalu parah, mending mas kasih bubur bayi promina campur sari kurma. kasih aja tiap pagi dan sore. kalau dalam waktu seminggu pincangnya belum baikan juga, mending bawa ke dokter hewan biar dicek... bilang aja checkup... saya sih cukup yakin dalam seminggu udah baikan...

      kabari saya lagi ya mas...

      Delete
  3. Dok muspan saya umur kurleb 5 bulan jenkel betina, sebelumnya gak ada insiden apa2, tiba2 pas saya keluarin kaki depan sebelah kirinya gak mau di gerakin, gimn dok ? Apakah masih bisa disembuhkan ? Kasihan lihatnya dok dia jadi ganggu aktifitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini mas kasih makan apa?
      kakinya kalo ditekan dia kesakitan nggak?

      kalo gak kesakitan, mending mas kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya. :)

      Delete
  4. Assalamu'alykum dok maaf mau tanya..saya punya muspan sering kaya yg tersedak dan sering kaya mau muntah..itu knp yah?cara penanganannya gmn?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam...

      mas kasih makan apa? pastikan makanannya gampang dia cerna. umur musangnya berapa, mas? udah pernah coba kasih makan bubur bayi? gimana, setelah makan bubur bayi, dia masih tersedak?

      Delete
  5. Dok tolong bls dong obat musang saya umur 8 bulan lumpuh kaki belakang tiba* obat yang bisa di beli di apotik

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.