Cara Agar Musang Rase Tidak Gampang Mati | Drh. Fira Sovica

Ada banyak pertanyaan yang masuk ke saya tentang bagaimana

cara agar musang rase tidak gampang mati

. Musang rase memang jenis musang yang memiliki sistem pencernaan yang rapuh dibandingkan dengan musang lain. Artikel tentang cara memelihara musang rase pernah saya tulis di artikel cara merawat musang rase.
Image taken from careuhkujang.blogspot.com


Nah, balik lagi ke bahasan tentang bagaimana cara agar musang rase tidak gampang mati. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar musang rase peliharaan anda tidak mati. Berikut adalah cara agar musang rase tetap sehat.
  • Seperti yang saya katakan di awal artikel tadi, sistem pencernaan musang rase sangat rentan. Hampir semua penyebab kematian anakan musang rase adalah karena sistem pencernaannya yang bermasalah.
  • Pemberian susu sangat tidak dianjurkan untuk musang rase, terutama jika musang rase tersebut sering mencret setelah diberi susu. Lebih aman jika Anda tidak memberikan susu samasekali kepada musang rase Anda. Cukup berikan bubur bayi promina sebagai makanan anakan musang rase anda.
  • Musang rase anakan lebih rentan mati dibanding dengan musang rase dewasa, tapi musang rase anakan lebih mudah dilatih dibandingkan musang rase dewasa. Sebaliknya, daya tahan tubuh musang rase dewasa lebih kuat dibandingkan musang rase anakan.
  • Musang rase dewasa tidak gampang mati jika dibandingkan dengan musang rase anakan. Tapi musang rase dewasa lebih susah dijinakkan. Maka, cara terbaik untuk mengadopsi musang rase adalah dengan membeli musang rase yang sudah dewasa dan sudah jinak (sudah dipelihara dan dijinakkan oleh owner sebelumnya). Harga musang rase yang sudah dewasa dan sudah jinak tentu lebih mahal dibandingkan musang rase tangkapan liar yang dijual di pasar hewan.
  • Musang rase sangat rentan akan suhu, terutama musang rase yang masih bayi atau musang rase anakan. Jaga agar rase peliharaan anda tidak kedinginan. Musang rase yang kedinginan sangat rentan kembung.
  • Musang rase yang sehat biasanya bisa diketahui dari fesesnya. Musang rase yang sehat memiliki bentuk feses berupa krim, sementara musang rase yang sakit memiliki bentuk feses mencret atau cair.
  • Musang rase anakan sebaiknya diberikan makanan yang gampang dicerna seperti bubur bayi, sementara musang rase dewasa bisa diberi makan berupa cacahan halus hati ayam rebus atau mentah. Selengkapnya, Anda bisa membaca artikel saya, cara memelihara rase.
Demikian adalah

cara agar musang rase tetap sehat

. Semoga tips dan trik memelihara musang rase ini bisa bermanfaat bagi anda, terutama agar musang rase anda tidak gampang mati. Terima kasih. (FS)

101 Responses to "Cara Agar Musang Rase Tidak Gampang Mati"

  1. Dok, saya baru saja membeli Musang rase anakan mungkin sekitar 2bln, tapi Musang saya itu makan nya sulit banget, biasa dikasih bubur sun rasa pisang makannya hanya sedikit. Juga dia seperti kagetan. Itu bagaimana ya dok solusi nya? Supaya mau makan, dan ndak kagetan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal kagetannya, sering2 diajak main aja. dan emang kalau rase agak pecicilan sifatnya. musang rase yang udah jinak dan bonding banget pun kadang masih kagetan, dan itu wajar kok. :)

      fesesnya gimana? kalau fesesnya masih berbentuk krim (lembek, tapi masih berbentuk), saya kira dia masih sehat. kecuali kalau fesesnya udah kayak air (mencret), itu perlu hati2...

      selebihnya silakan baca artikel saya di atas...

      Delete
  2. Dok musang rase saya selama ini masih dikasih susu dancouw. Belum dapat dikasih makan bubur sun, usia ush mulai menginjak 2 bln. Apakah tdk apa apa hanya dengan minum susu doang dok. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih bubur bayi promina, buat agak encer./
      selama dikasih dancow, mencret ya fesesnya? bener?

      kabari lagi

      Delete
    2. Dok musang kecil saya sempat makan kecoa apa nanti bakal bermasalah dgn kesehatan nya..?

      Delete
    3. setelah makan kecoa, gimana keadaannya? masih aktif? fesesnya ada perubahan? mungkin jadi mencret?

      kalau nggak, bisa dikatakan masih sehat. tapi jangan dibiasakan makan kecoa... :)

      Delete
    4. Alhamdulillah masih sehat dok. Soalnya ketahuan lg makan langsung saya ambil. Ini yg jd masalah'y dia ga aku kandangin. Free room dok. Jd dia bebas jalan2 kmna aja. Ampe tidur pun bareng didlm rumah. Soalnya klo dikandang dia malah ga mau suka manggil2 dgn bahasanya sia. Malah ga tega dengernya. Eh skrng udh mulai agak besar malah makan sembarangan. Oh ya klo saya kasih jangkrik aja apa bisa buat pencernaan nya sok. Atau saya kasih ati ayam direbus aja. Maaf banyak tanya dok. 😊

      Delete
    5. saya malah seneng kok kalau mas nanya kalo emang ada yang ingin ditanyakan... :)
      amannya sih kasih hati ayam rebus yang dicacah aja mas.

      minimal kasih buah seminggu sekali biar sistem pencernaannya bagus. pisang atau pepaya. :)

      Delete
  3. Dok sekarang musang rase beby saya malah suka muntah muntah air susu. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. gak cocok, mas.
      kasih bubur bayi aja...
      maaf karena baru balas.

      Delete
  4. Maaf dok mau nanya itu ngasih bubur bayinya di sepet (pake dot)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      iya, kalau rasenya belum bisa makan sendiri, bisa disepet aja pake dot...

      Delete
    2. Dok musang baby ku kok sering bnget ya tidur, makannya jg dikit

      Delete
    3. jenis musangnya apa?
      musang baby emang banyakan tidur, mbak... jadi wajar kok... selama fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat...

      jangan dikasih susu. makanannya kasih bubur bayi aja.

      Delete
  5. Dokter musang Pandan saya usia 1 Bulan kan gak boleh di Kasih susu yang ada laktosa nya, sudah saya Kasih bubur sun rasa pisang tetap tidak mau makan,cuma mau minum susu dencow doang, dan kotorannya itu kuning kental itu kenapa yaa, tolong beri tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang musangnya udah bisa makan sendiri? Setahu saya, kalo umur segitu ya belum bisa makan sendiri. Jadi kalo makanannya cuma ditaro di kandang, ya gak bakalan dimakan.
      Harus disepet. Coba baca artikel saya cara memelihara anakan musang.

      Dan susunya jangan Dancow karena Dancow termasuk susu yang ada laktosanya. Coba sgm llm.

      Delete
    2. Terimakasih sarannya dok,sekarang malah engga mau sama sekali dok saya bingung , dokter praktik daerah mana

      Delete
    3. udah mas sepet belum? harus disepet. dikasih makan pake suntikan yang ada selangnya. pelan2 aja ngasihnya....

      saya gak bukan praktek offline, dulu pernah punya klinik, tapi tutup karena saya terlalu sibuk kerja di instansi pemerintahan. akhirnya, saya buka blog ini biar pelanggan saya dulu bisa konsultasi via blog ini...

      Delete
  6. Kak dr. Musng rase sy umur 1bulan nan ku baru brli yapi dia gk mau makan sama sekli. Di kasih :bubur sun pisang , daging , dan SKM juga gak mau itu kenpa ya ,? Beri solusi dr

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      mas kasih makannya gimana? dan musangnya udah bisa makan sendiri apa belum?
      kalo musangnya belum bisa makan sendiri, ya mas harus kasih makan pake pipet/disepet...

      Delete
  7. rase sya baru bisa melek.. sya kasih pisang halus. rasenya doyan.. emng gpp dok??

    ReplyDelete
  8. klo laper triak2 dok.. abis makan tidur.. itu wajar apa gimana dok

    ReplyDelete
  9. maaf tanya lagi.. rase saya masih di sepetin .. saya kan kerja jm6-3 sore.. gimana cara mengatasinya dok.. klo bubur lainya dengan rasa lainya gpp t dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini gimana? mas kasih makannya gimana?

      sejujurnya agak riskan sih, apalagi rase-nya masih baby. saya juga dulu pelihara musang rase baby, sampe saya bawa ke kampus (zaman kuliah). mungkin mas bisa latih dia makan sendiri....

      soal bayi rase sering teriak2 kalo lapar dan abis makan tidur, itu wajar kok... :)

      Delete
  10. biasanya klo pagi aku banyakin dikit sepetanya dok

    ReplyDelete
  11. cara melatih nya gmana dok.. masih belum tumbuh gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja taro bubur bayinya deket dia, di wadah kecil. semoga dia dia mau merangkak ke makanannya, dan makan sendiri...

      mau berangkat mas sepet dulu banyak2, terus pas pulang gimana mas? normal?

      mas bisa kasih kurm tahniq, seperti yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG. kasih aja setetes setiap hari.... cukup setetes aja...

      kabari terus ya mas

      Delete
  12. Feses nya mencret ,tapi jarang pop ,dia gak mau makan sama sekali , saya kasi spet , gak mau di dot sendiri , kalo dipaksa bukak mulut kadang di makan kadang" si muntahin , itu kenapa ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah terus kasih makannya gimana?
      kasih aja pelan2 pake bubur bayi promina. dikit2 dan pelan2 aja. kayaknya mas ngasih makannya terlalu kasar atau banyak2, atau dipaksa, makanya dia muntah.... dikit2 aja dan pelan2 aja kasih makannya, mas... :)

      Delete
  13. Drh. Fira saya baru memelihara rase umur 2 bulan kalau cm saya kasih makan berupa pisang dan pepaya apa akan berbahaya bagi si musang rase ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang udah terbiasa dikasih makan itu, gak apa2. tapi nanti kalau udah diatas 4 bulan, mas bisa ajarin dia makan daging ayam rebus yang dicacah halus atau hati ayam rebus yang dicacah...

      Delete
    2. terima kasih atas jawabannya dok , lagi semangat2nya memelihara rase :)

      Delete
    3. kabari terus.
      kalo rase, asalkan makanannya tepat dan gak telat kasih makan, saya kira dia sehat... :)

      Delete
  14. klo makan sendiri bisa dok.. tp maunya pisang mulu.. di sepetin malah habis pisang 1 sehari.. kotoranya kering berwarna kyak pisang. emng gpp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah, mas...mungkin seminggu sekali mas bisa kasih dia bubur bayi promina sebagai makanan tambahannya. :)

      kabari lagi

      Delete
  15. Replies
    1. kalo belum diatas 3 bulan, mending lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat...

      Delete
  16. biasanya aku jemur dok.. bagus gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis dilap handuk basah, lalu dijemur, gitu?
      asalkan matanya gak kena sinar matahari langsung

      Delete
  17. Dok mau tanya cara jinakin musang rase tangkap liar gmn dok dya suka menggeram saya jdi suka takut sendiri mau pegang. Hehehe

    ReplyDelete
  18. Dok mau tanya cara jinakin musang rase tangkap liar gmn dok dya suka menggeram saya jdi suka takut sendiri mau pegang. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Dok mau tanya cara jinakin musang rase tangkap liar gmn dok dya suka menggeram saya jdi suka takut sendiri mau pegang. Hehehe

    ReplyDelete
  20. Dok mau tanya cara jinakin musang rase tangkap liar gmn dok dya suka menggeram saya jdi suka takut sendiri mau pegang. Hehehe

    ReplyDelete
  21. Dok bener gak Kalo Rase baby gampang mati ?? Saya mau nyoba pelihara Rase umur 2 bulan tapi di kasih tau temen Kalo merawat nya kurang serius Rase bakal gampang mati ?? Terus kan di rumah udah punya Muspan umur 5 bulanan (jitot) nanti akur gak ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. coba mas baca artikel saya DAFTAR HEWAN PELIHARAAN GAMPANG MATI.
      soal dia bakalan akur atau nggak sama muspan mas, tergantung karakternya sih. kadang ada yang akur, tapi gak jarang juga ada yang saling serang.

      Delete
  22. Assalamualaikum bu dokter
    Saya punya rase kira2 umur 3-4bulan, tangkapan liar
    Selama 1 bulan saya rawat cuma mau minum susu (pakai dot) dok, saya kasih pisang gk mau makan, dipaksa malah dimuntahin.
    Kira2 mengajari rasenya makan sendiri gimana ya dok ? Kasihan kurus bgt sama lemes akhir2 ini
    Posisi musang freedom, gk pernah dikandang
    Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Saya mauminta saran kandang yg baik buat musang rase ... soalnya musang rase saya sering menggigil kalo gk tidur sama saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      kalau masih bayi, taro aja di kardus. box kardus.
      kasih kain2 gitu di dalanya....

      kalau musang rasenya sudah dewasa, mas bisa taro di kandang jeruji...

      Delete
  24. Dokter musang rase aku mati kata dokter hewan di daerah bsd sih kena distemper dok nah saya kan punya 2 apa harus ganti kandang dok, saya takut nular ke yang kaka nya dok, tp kaka nya sudah saya vaksin sih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending ganti kandang. atau sementara tari di dus aja mas. sementara kandangnya dicuci dan dijemur... setelah itu, bisa masukkin ke kandangnya lagi....

      Delete
  25. Maaf dok..sya mw tanya musang rase saya umur 2 bulan sudah bisa makan sendiri..tapi makannya susah bgt dok.
    .sya kasih daging ayam giling,kasih jangkrik ga mw makan dok..d kasih pisang makan'y cuma sedikit..badan'y mpe kurus dok..solusinya gmna ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu? jangan dikasih susu....
      coba mas kasih makan bubur bayi promina aja mas...

      Delete
    2. Saya ga pernah kasih susu dok..musang rase saya sudah bisa mkn sendiri tapi ga mw d kasih apa2 selain pisang..itu juga mkn cuma sedikit..jadi kurus bgt bgt dok..gmba solusinya ya..

      Delete
    3. oh, ini mas yang kemaren itu ya?
      bener2 gak mau dikasih makan selain pisang? agak susah sih,,, gak bisa mas latih pake bubur bayi?

      mungkin coba masukkin sedikit bubur bayi promina dulu ke mulutnya, pelan2 aja.... biar dia nyoba dulu... setiap hari, masukkin aja secuil bubur bayi ke dalam mulutnya.... :)

      Delete
  26. dok, musang rase bayi umur 1blnan baru melek dikit2 , masi merem. kira2 gausah dikasi susu ? atau ada makanan lain klo gausah dikasih susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bubur bayi aja mas... :)
      bubur bayi promina oke kok...

      Delete
    2. Dok, musang saya udah melek, saya kasih makan susu+sun tapi feses nya kuning encer apa gak apa-apa dok, terus minumnya cuma 5ml setiap saya kasih susu

      Delete
    3. coba mas baca artikel saya, susu pada musang.
      di sana ada panduannya.. :)

      Delete
  27. Dok mau tanya saya ada musang rase usia 2 bulanan lebih dan gigi sudah tumbuh kecil2,,nah pas beli sy liat musangnya dikandang2in gt disatuin sama rase lainnya dan makanannya pisang ditaruh ditempat makannya,nah karena sy lihat aktif dan sehat akhirnya sy beli dan pas sampai rumah sy taruh kandang dan tmpt makannya serta pisangnya sudah potong kecil dan lunak,tp kadang dimakan kadang tidak malah dimakan sedikit bgt, feses biasa berbentuk fesesnya, jd khawatir setelah 3 hari sy cb spet aja trus pakai bubur promina ayam, berontak terus tp saya paksa,,gmn ya dok??makan susah dan harus di spet trus pdhl usia segitu bisa makan sndiri karena sudah lari2an dan gigi nya ada serta dipenjual sblmnya jg mandiri katanya,,

    Dan sampai saat ini msh aktif gerak tp makan sedikit terimakasih sblmnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah dipaksa makan. nggak apa2 makan sedikit juga, emang kalo rase kayak gitu. yang penting dia mau makan.

      jangan sampe telat atau lupa kasih makan ya mas...

      Delete
  28. Makasih dokter atas jawabannya sangat berguna sekali semoga ALLAH membalas kebaikan dokter aamiin

    Oia skg rase saya digabung sama 2 musang pandan yg baru beli,,akur sih tp lebih aktif si rase jailnya itu gpp ya dok digabung??

    Sama mau tanya kalau vaksin distamper dll diusia brp??kalau boleh tau kisaran harganya hehe

    Soalnya sblm beli musang pandan yg 2 jni sy ada musang pandan untuk tmn nya rase ini, tp mendadak siang2 ga mau makan dan mlm mati

    Sama vitamin buat daya tahan tubuh yg bagud apa dok?makasih banyak sblmnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin... :)
      selama keduanya gak saling serang, saya kira gak apa2 digabung... :)

      kalau soal vaksin distempetr, mas bisa tanya langsung aja ke dokternya. biasanya kisaran antara 100 s/d 300rbu. kira-kira segitu. :)

      Delete
  29. Dokter sy ada musang rase dan 2 musang pandan nah yg 1 betina sepertinya sakit dia makan ga mau dan muntah kuning tiap abis makan warna sama seperti pisangnya,dan mencret warna oun sama seperti pisangnya kental gt,,skg sudah sy pisahkan kandangnya yg sakit dengan yg tidak sakit,,penanganan yg baik awalnya gmn???sama obatnya apa ya??cefiximin atau amoxilin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu? kalau iya, stop susunya.
      dan coba mas kasih air kelapa muda. sementara dalam waktu 3 hari kasih aja air kelapa, pagi dan sore hari.

      biasanya mas kasih makan apa?

      Delete
  30. Enga dok sy ga pernah kasih susu tp sudah sembuh pake obat dokrer,,oia dok musang saya usia 2 bulanan lebih itu ditaruh diluar rumah gpp?(halamam rumah) tiap malam ditutup kain sih keseluruhan kandang hanya disisain ventilasi saja sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending kalo malam, pindahin ke dalam rumah aja mas. kasian. :(

      Delete
  31. Makasih dokter,oia dok maaf banyak tanya ,,kalau pisang yg bagus buat musang apa??dikasih pisang ambon gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas. kalau dia emang suka, pake pisang apa aja boleh. cuma yang direkomendasikan, pake pisang yang ada aromanya kayak pisang lampung (yang kecil gitu) atau pisang sunpride

      Delete
  32. Dokter musang pandan saya awalnya makan banyak skg jd sedikit dan ga mau makan biasanya disuapin ,,pupnya biasa aja tp lembek gt warna biasa coklat kekuning2an,,knp ya?saya biasa kasih pisang,,masih aktif ngt sih,,minum mah mau sndiri

    Kira2 kalau sy kasih curcuma olus taksrannya brp??terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal dosis curcuma plus udah ada artikelnya... :)

      mas kasih susu ya? jangan dikasih susu. stop susunya. hmm, mungkin mas bisa baca juga artikel saya yang judulnya susu untuk musang....

      Delete
  33. Oia berat badan musang saya 0.3 kg masih 2 bulanan lebih

    ReplyDelete
  34. Ga pernah dokter,sebelumnya dikasih air kelapa aja,minun pd banyak 2 musang sy tp setelah itu yg 1 agak lembek kotorannya dan nafsu makan berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang giaman keadaan musangnya mas?
      kebanyakan kali mas ngasihnya? dan apakah kelapanya kelapa muda? jangan kelapa tua. dan usahakan jangan dingin. kalo dingin (bekas ditaro di kulkas), diamkan dulu sampe gak dingin...

      Delete
  35. Sudah mau makan dokter banyak lg makannya,,apa stress ya??dikit bgt sblmnya trus sy ajak main baru mau makan dan skg aktif bgt bgt 2 musang itu becanda trus alhamdulillah,,tp mau tanya dok untuk musang 2 bulan keatas yg udh ada gigi kecil dan makan sndiri itu jam makannya tiap brp jam sekali??trims dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis musangnya apa mas? musang pandan?
      untuk pemberian makanan, mas bisa baca artikel saya, cara memelihara anakan musang.

      fesesnya gimana? tahinya? jangan dikasih susu ya.

      biasa mas kasih makan apa?

      kalau dikasih makan 2 jam sekali, kayaknya terlalu banyak. mungkin gara2 keseringan kasih makan jadinya dia makannya dikit.

      Delete
  36. Tiap 2 jam pun sy ksh makan mau aja trus tp kadang repot jg kalau ada kegiatan diluar

    ReplyDelete
  37. Bagus dok feses padat warna pisangnya atau kadang sih coklat,,tp aktif bgt skg makan normal iya kadang 4 jam sekali seringnya dok ,ga pernah susu kok biasa pake pisang trus sampai sekarang hehe kandang selalu bersih

    Skarang makan sudah normal

    ReplyDelete
  38. Dok musang sy kayak mendengung atau mendengkur gt pas dikasih makan,,tp dimakan sih biar ga banyak,feses normal,knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya chirping.
      ungkapan rasa senang dia pas makan. sama, semua hewan kayak gitu kok. :)

      Delete
  39. Replies
    1. semua hewan kayak gitu. coba aja mas buka di youtube. search "sugar glider chirping"

      Delete
  40. Dok musang saya anakan usia 2 bulan pandan,,kasih herba fit gpp??skg lincah tp ga mau makan,,secuil bgt makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret nggak?
      mas kasih susu? jangan dikasih susu.

      coba kasih air kelapa campur sari kurma...

      Delete
  41. Fesesnya terakhir normal nah setelah ga mau makan alias makannya jd sedikit bgt bgt jd jarang buang kotoran nah trus saya kasih sari kurma sama kelapa dicampur. fesesnya jd cair tp ada padet2 kurma gt kyk bentuk sari kurma aja kental,,skg sy minumnya kasih sari kurma aja trus 2 musang saya ,yg 1 usia 3 bulan kurang (kimi) makan jg ga mau pisang sy kasih jagung capur bubur dia mau feses normal tp yg usia 2 bulan lebih ini maunya minum trus aja jd fesesnya kental kayak sari kurma gt dok,,mungkin ga dok sari kurma itu termasuk makanan di dia karena kan buah jg hehe trus rakus minumnya memang yg 2 bulan ini (joey), dikasih pepaya blender ga mau,,dikasih bubur bayi sampe semua rasa sy beli ga mau terakhir dikasih jagung rebus si joey baru mau tp dikit bgt jg sih makannya jd maunya minum trus sari kurma itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, maaf banget kalo saya salfok... tapi, hewannya mas ini sg apa musang sih? kok ada istilah joey? saya jadi bingung, hehehe....

      kalo musang, coba kasih bubur bayi promina. sg juga sama sih. kasih bubur bayi promina. yang saset ya mas, jangan yang dus. yang kemasannya kayak di sini https://lh4.googleusercontent.com/-g0_0oV5nunw/UQElAyKzVwI/AAAAAAAAD98/-MsY-ipEk_E/s800/Promina.jpg

      kalau emang dia udah mogok makan banget sampe lebih dari 2 hari, coba aja di dipipet. kalau masih mau makan, gak usah. meski sedikit juga gak apa2.
      maaf kalau saya salfok. kabari lagi.

      Delete
  42. Musang pandan dokteer namanya joey ,hehhe usia 2 bulan lebih dia td sore muntah2 dokter berbusa sama ada kuningnya,,udh 2 hari lebih makan secuil bgt bgt itu jg sekaki2nya mungkin magh ya dok,trus td saya pake dot terus aja dan mau sy paksa minum dan makan bubur bayi cerelac beras merah pake dot,,akhirnya fesesnya padet lembek tp warna coklat gt,,pengennya tidur terus dok tp aktif sih ,kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret?
      selama ini, makanannya dan minumannya mas kasih makan apa?

      sementara kasih bubur bayi aja dulu ya. jangan dikasih makanan lain. 2 hari sekali bisa kasih air kelapa pure. jangan dicampur apa2.

      nanti kirimin foto fesesnya ya mas

      Delete
  43. Nah sblmnya saya taruh diluar dia kandangnya dan skg kan musim ujan dok,,tp mulai sore td sy taruh dalem sol kebersihan setiap hari kandang selalu dicuci dan pake desinfektan byclin serta pagi sore selalu mandi pake tisu basah dok

    ReplyDelete
  44. Dok kalau tiap hari dikasih air kelapa atau sari kurma boleh??musang pandan usia 2 bulan lebih dan 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas.
      vitamin paling cukup itu aja. yang penting makanannya.

      Delete
  45. Sama ada rekomen ga dok vitamin dan kalsium untuk musang usia 2 dan 3 bulan??

    ReplyDelete
  46. Dok mau tanya bulu musang saya hairlos yg 1 dibagian leher nah yg usia 3 bulan dibagian perut,,ga ada korengan dll cuma rambutnya botak aja,, saya kasih makan bubur bayi encer tp tiap abis makan belepotan emang tp saya lap pake tisu basah trus,feses bagus

    Itu ngobatinnya gmn?dan itu jamuran atau apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian yang botak?
      pastikan gak ada jamur atau kotoran...

      saya sih yakin dia nggak jamuran atau kutuan. emang lagi mau ganti bulu aja, dari bulu bayi ke bulu anakan. biarin aja, nanti akan tumbuh bulu baru.

      pastikan nggak ada jamur atau kutu di badannya, terus seminggu sekali mas bisa kasih minyak kemiri khusus musang. udah ada artikelnya...

      Delete
  47. Dok, musang rase sya dikasih bubur kok fesesnya bentuknya kayak bubur tapi sangat kental,trus dia tidur mulu gk kayak pertama beli.itu knp y dok apakah sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas. :)
      selama fesesnya gak mencret banget dan dia masih mau makan, saya kira dia masih sehat.

      rase-nya masih bayi ya mas...?

      Delete
  48. mba dokter saya mau tanya
    musang saya kan pindah tangan yah saya boleh beli dari umur dua bulan kata yg punya nya yah eh semenjak di pegang teman saya dia kepalanya bekas kebanting ke tembok dan smlman kejang kejang abis ituh sehat lgi , tpi skrng musangnya kaya loyo gtuh klo di taro cuma klo di angkat kakinya gerak lincah bngt cuma klo di bawah dia loyo dan mencari tempat pojok pojokan ituh knpa yah dok

    ReplyDelete
  49. Mau tanya dok,..
    Knpa musang rase susah makan nya,...?
    Badan nya lemes, klo dikasih makan sun di muntahin lagi,...
    Minta saran nya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.