Cara Memelihara Wolverine | Drh. Fira Sovica

Hah?

Memelihara Wolverine?

Nggak salah? Kalau saya menyebut Wolverine, yang ada di dalam kepala pembaca sekalian pasti Hugh Jackman. Bukan, Wolverine yang saya maksud di artikel ini bukan Wolverine yang anggota X-Men. Artikel ini akan membahas cara memelihara Wolverine, sejenis ferret berukuran besar. Sama halnya seperti musang marten, wolverine berasal dari keluarga mustelidae. Hewan ini biasa disebut skunk bear (beruang sigung). Habitat wolverine mencakup wilayah Canada, tundra alaska, negara-negara nordic eropa, bagian barat rusia dan siberia.
Cara Memelihara Wolverine
Foto anakan wolverine (listsurge.com)


Seperti yang saya tulis di atas, Wolverine tidak hidup di wilayah katulistiwa. Untuk memelihara wolverine, anda membutuhkan izin export yang agak ribet. Nah, kita umpamakan saja anda sudah mengimpor wolverine secara legal ke Indonesia, lalu bagaimana cara merawat wolverine sebagai hewan peliharaan? Berikut adalah cara memelihara wolverine:
  1. Wolverine adalah hewan pemakan daging. Meski demikian, di alam hewan mamalia ini juga memakan telur burung, buah-buahan hutan, larva serangga, dan akar pohon yang manis. Namun, anda bisa memberikan daging ayam rebus segar atau daging ayam rebus yang dicacah sebagai makanan utama, dan buah-buahan seperti pepaya dan pisang sebagai makanan mingguan.
  2. Anakan wolverine semi-dewasa (zooborns.com)
  3. Secara prinsip, wolverine adalah hewan buas. Berdasarkan keterangan di wikipedia, wolverine kadang membunuh beruang kutub. Lalu, bagaimana cara menjinakkan wolverine? secara prinsip, wolverine yang masih anakan cenderung lebih mudah dijinakkan dibandingkan wolverine yang dewasa.
  4. Seperti halnya keluarga ferret lain, Wolverine memiliki kelenjar bau yang berguna untuk menandai wilayah kekuasaan dan untuk menarik lawan jenis ketika musim kawin. Kelenjar bau wolverine terletak di bagian analnya.
  5. Wolverine adalah hewan yang terbiasa hidup di lingkungan dingin, dan setahu saya, belum ada orang indonesia yang memelihara wolverine. Wolverine memiliki bulu yang agak panjang dan agak berminyak. Maka dari itu, jaga kebersihan bulu wolverine, terutama dari kotoran dan debu yang menempel. Lap kotoran dan sisa makanan yang menempel di bulu wolverine setiap habis makan, dan mandikan wolverine minimal 2 kali seminggu untuk menjaga kebersihan kandang dan badannya.
Demikian adalah artikel singkat tentang

cara memelihara wolverine

. Semoga artikel singkat di atas bisa sedikit menambah wawasan anda dalam memelihara hewan. Terima kasih banyak. (FS)

11 Responses to "Cara Memelihara Wolverine"

  1. Kalo honey badger pernah denger ada yg pelihara ga dok di indonesia?
    Misalkan temen saya dari afrika ngirim honey badger, gimana cara perawatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, saya pernah handle beberapa minggu, waktu study banding ke johannesburg. mungkin nanti saya publish artikelnya... tunggu aja... :)

      Delete
    2. Gimana dok apa sama kaya binturong besar nya?
      Saya penasaran gimana handle nya hehe

      Delete
    3. iya, mirip. cuma lebih agresif aja mas.
      binturong agak lebih kalem dibandingkan honey badger....

      Delete
  2. Oia dok, saya dari dulu penasaran pengen tau apa perbedaan antara mink sama weasel? Kalo di indonesia sendiri ga ada kan, paling jg ada marteen ya dok

    Ehhh request dong artikel tentang cara memelihara primata, saya susah nyari referensinya. Kebetulan sya pelihara monyet pantai sama beruk

    Maaf banyak tanya dok hehe. Makasih

    ReplyDelete
  3. Dok maaf nih asal komen, musang saya 1 bulan ada katarak bisa di sembuhin gak, kataraknya usia 2-3 dari post ini saya buat terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, asalkan mas focus ke makanannya aja.
      seperti yang saya jawab di pertanyaan mas di komen artikel mengobati katarak pada musang.

      Delete
  4. Iya dok bisa tolong komen di sini aja gak, soalnya yang di katarak gak bisa di buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, asalkan mas focus ke makanannya aja. selengkapnya, baca artikel cara mengobati katarak pada musang. lakukan yang saya tulis di artikel itu...

      Delete
  5. Iya dok, terima Kasih banyak, udah sabar nuntun saya, tapi kawan kecil saya udah gak bisa di tolong, tadi pagi dia pergi pas di bawa ke dokter, karna flu tapi itu tiba tiba, pas malem masih main dan masih kuat minum susunya, tapi pas saya mau berangkat sekolah dia udah lemes dan gak bisa nafas dari hidung, pas sampe di dokter katanya udah gak bisa di tolong 😂😂😹

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih, mas....
      buat pelajaran aja buat kedepannya...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.