Monday, December 5, 2016

Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat | Drh. Fira Sovica

Cara menjaga kesehatan burung hantu agar tetap sehat

memang bisa dilakukan dengan cara menjaga pola makan, suhu tempat memelihara, dan kebersihan makanan. Cukup lakukan 3 poin itu agar burung hantu sehat. Namun ada suplemen untuk menambah daya tahan tubuh burung hantu. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari tahinya.


Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat
Image taken from lovethisgif.com
  • Nah, apa suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh burung hantu agar sehat terus?
  • Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat
    Image taken from kicaumania.xyz
    Bagi anda yang sering mengunjungi blog ini mungkin sudah mengetahuinya karena suplemen penambah daya tahan tubuh burung hantu tersebut sudah sering saya rekomendasikan kepada pengunjung blog ini. Cara agar burung hantu peliharaan anda tetap sehat yakni dengan melakukan 3 poin pemeliharaan yang saya sebutkan di atas dan memberikan suplemen penamabah daya tahan tubuh burung hantu yaitu super-n. Anda bisa membeli super-n di toko makanan burung terdekat.
  • Anda bisa memberikan super-n setiap hari sebanyak satu tetes. Buka mulut burung hantu secara perlahan, lalu teteskan setetes super-n ke dalam mulutnya.
  • Saya ingatkan lagi bahwa 3 poin pemeliharaan burung hantu yang paling utama yaitu menjaga pola makan, suhu tempat memelihara, dan kebersihan makanan adalah hal terpenting dalam memelihara burung hantu. Super-n akan bekerja maksimal bila 3 poin pemeliharaan burung hantu lainnya sudah terpenuhi.
Demikian adalah

cara agar burung hantu tetap sehat

yaitu dengan memberikan suplemen super-n. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu para owlry dalam menjaga kesehatan burung peliharaannya. Terima kasih. (FS)

64 comments

Dok..mersi kucing saya bis melahirkan..boleh g ibu nya saya mandikan setelah melahirkan.soalnya badan nya sudah terlihat kotor.trimakasih

kucingnya gampang stress nggak? bagusnya sih jangan dulu. tunggu aja seminggu atau 2 minggu ke depan.. :)

Oh gitu ya udah ditunggu sampe dua mingguan deh klo begitu..trimakasih ya dok

dok punya contact atau saran tempat untuk memelihara celepu yang masih kecil domisili jakarta timur? terima kasih

dok saya masih baru melihara burung hantu baru aja beli tadi, biasanya ksih makanya berapa kali ya dalam sehari dok, saya kasih makanya pake jangkrik. maksih seblumnya dok :)

kalau yang memelihara celepuk di jakarta timur, silakan gabung aja ke grup pecinta burung hantu di facebook, mas. cari yang regional jakarta. :)

kalau belinya, di jatinegara kayaknya banyak...

tergantung burung hantunya apa.
coba mas baca artikel saya yang judulnya makanan burung hantu...

dr saya mau tanya,saya sekarang pelihara brown hawk owl,saya udah lama pelihara bop jadi tau brown itu kesulitannya medium,tp karena pindah ke kosan baru disana di protes karena saya kan pelihara tikus buat pakannya bho,taro diluar karena kalau taro di dalam bau tikusnya menganggu karena kamar saya kecil cukup burhannya aja yg didalam,nah buat pengganti tikus boleh ga buat brown hawk owl pakai daging sapi,disaranin pake daging kodok tp disini susah nyarinya,jadi makanan utama jangkrik,daging sapi untuk sabtu dan minggu supaya ga jenuh bisa ga kira kira dok? untuk pengganti tiput
boleh ga ?

sebenernya gak masalah kalau diganti pakai daging sapi atau daging emprit. cuma jangan terlalu besar2 potongannya. cacah kecil2 aja. terus jangan ada bahan kimianya.... bahaya....

kalau toh dingin, misalnya abis ditaro di freezer, rendem dulu di dalam air hingga gak beku lagi, terus dicacah, baru deh dikasih...

kenapa gak coba kasih emprit, mas?

ok dok makasih jadi ganti daging sapi aja,dari dulu gatau kenapa dari pas juve awal,skrg kan dah mature setiap dikasih emprit di matiin abis itu ga dimakanan paling dilepeh lg tp pas dikasih tikus sama jangkrik mau makan dok aneh

kalau di pasar pasar biasanya ada ga ya dok daging burung emprit atau daging burung puyuh bho saya bosenan jadi mau di selang seling menunya,kalau burung emprit hidup pasti dilepeh ga di makan tp kalau tikus dia mau gatau aneh dari juve awal udah kaya gitu dok

dipasar burung ada kok yang jual emprit atau puyuh. kalau dia pas makan malah dilepeh, jangan diliatin, mas. karena kadang ada owl yang emang begitu kalo pas makan diliatin. tinggal aja....

fesesnya gimana? cek artikel saya: parameter kesehatan burung hantu

dok mau nanya, burhan saya celepuk, akhir akhir ini bulu dia sering pada rontok, aplg bulu kakinya pada rusak parah gtu :( gtu dok kira kira knpa ya?, terus kmren temen saya ada yang ngerokok gtu dikamar bahaya gak sih dok bau rokok buat burhan? makasih sebelumnya

iya, asap rokok bahaya buat burung hantu...
bulu kakinya bagian mana mas? bagian paha?
bisa saya liat fotonya? coba aja foto, terus upload ke postimage.org, terus linknya taro di sini....

fesesnya gimana mas? normal? coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu...

kabari lagi...

iya bagian mau kepaha jga dok ini dok https://postimg.org/image/d7xkzidmp/ terus bulunya juga akhir akhir ini serih patah rontok gtu dok, knpa ya T_T

fasesnya normal dok gak ada yang aneh kalau liat dari artikel.

ouh iya dok yg bagian paha yg aneh itu kalau dipegang si ngikngik langsung gigit saya kaya gak mau dipegang bagian paha itu. dan itutuh kedua kakinya dok

itu di pahanya, ada merah2, kenapa ya mas?
coba cek, ada bintik2 gitu di pahanya?
dia suka garuk2 bagian pahanya?

saya tunggu kabarnya....

oh ya, coba cek artikel saya cara memandikan burung hantu...

bukan merah dok, tapi sibulunya itu tuh yg merah gtu, iya dok dia kadang suka garuk, apa harus saya mandiin aja gtu dok ?

coba aja mandikan minimal seminggu sekali. caranya udah ada di artikel yang saya sarankan... :)

ok dok makasih banyak, kalau dikeringin pake headryer gpp dok ?

jangan dikeringin pake hairdryer, mas. bisa stress. jemur aja, tapi jangan kena matahari langsung. maksudnya jemur di tempat teduh aja. kayak di beranda. istilahnya diangin2kan....

kabari ya mas

ouh iya dok waduh kmren saya pake hairdrayer untuk gak knpa knpa.
dok apa ini si ngikngik ganti bulu kali ya, tingkah, makan, sama fasesnya normal semua sih. kelakuan tetep gila loncat loncat terbang ke saya kek bgitu gak murung, tetep berisik, tetep jail sering eein saya terus kabur :v

jangan, mas. jangan lagi dipakein hair dyer.
banyak bulu yang rontok gak?
kalo dia sering gigit2, itu artinya dia bilang terima kasih sama kita...

bulu di pahanya gimana?

iya dok gkan pakai lagi.
gak bgitu banyak tapi suka ada aja yg rontok, jadi bulunya tuh kayak patah gtu dok,
iya dok dia sering terbang ke pundak saya, kadang suka gigit kuping kadang suka gigit rambut gtu :v
udah lumayan tumbuh bulu-bulu sih dok dari yg bentuk kek patah gtu kluar buku bulu.

sebelumnya maaf karena baru balas. saya kemaren keluar kota bareng keluarga. :D

sekarang gimana keadaan owlnya? sehat? :)

Dok mau tanya,, celepuk saya bubu usianya branch awal kayanya deh ..
Kok sama jangkrik di liatin doang yaa??
Trus ada jangkrik sama tangan dya malah gigitin tangan saya..
Nih wajar ga sih ..
Trus kan dya masih di kardus nih udah mulai loncat tp masih blom bisa keluar kardus mau di taro luar masih takut sama kucing cuz belom bisa terbang..
Enaknya gmn yaa ??

jangkriknya disodorin ke paruhnya, jangan cuma ditaro di kandangnya. :)

coba baca artikel saya, cara memelihara celepuk

Maksud saya gmn caranya biar dya mau ngejar jangkrikπŸ€”
Apa emang belom sampe tahap itu yah si bubu πŸ€”πŸ€”

nanti, kalau dia sudah percaya sama masnya, baru dia mau mengejar mangsa yang mas taro...
secara prinsip, burung hantu suka mangsa yang keliatan lemah. dan jangkrik gak keliatan lemah kalo menurut burung hantu. coba kasih bayi tikus yang masih merah. dia pasti mau makan karena bayi tikus keliatan lemah...

kalau jangkrik, kita harus nunggu dia percaya dulu sama kita, mas... :)

maaf karena baru balas. sekarang gimana owlnya? sehat? :)

sehattt banget dok alhamdullilah, rupanya emang tumbuh bulu baru sekrang bulu kakinya lebat, makin lincah hehe.

wah, kabar baik untuk hari ini. :D
kabari terus mas. :)

Maksudnya percaya gmn yaa dok ??
Soalnya yg ngurusin gotong royong dok ,, dri ade keponakan emak bapak rame dah ..
Dan waktu saya juga ga banyak ,, gmn jalin kepercayaan nya yaa ??
Alhamdulillah sehat dok ,, nd baru bisa loncat 😁
Makasih bgd buat sarannya nd maap kalo curhat πŸ˜—

saya malah seneng bisa bantu masnya, karena emang itulah tujuan blog ini.. :D
agak susah menjelaskan maksud dari 'percaya' itu. secara prinsip, semua hewan sebenernya gak mempercayai manusia. manusia dianggap makhluk yang gak bisa dipercaya. terbukti kan, kerusakan alam dan ekosistem rata2 karena ulah manusia? nah itulah kenapa hewan kadang gak percaya sama manusia. karena ulah manusia itu sendiri....

nah sekarang yang jadi PR kita selaku 'orangtua asuh' hewan adalah berusaha agar hewan peliharaan kita percaya sepenuhnya sama kita. percaya kalau kita gak bakalan menyakitinya.

caranya gimana? lakukan terus pemberian pakan, ajak main, elus2, dan banyakin interaksi. kalau saya dulu saya ajak ngobrol juga, sambil diliat matanya, karena saya percaya, setiap hewan sebenernya paham omongan kita. dia ngerti apa yang kita omongin. dan dia bisa baca pikiran kita, mas. kuda misalnya, bisa baca pikiran orang yang menungganginya. ular dan reptil lain, bisa baca pikiran dari elusan manusia. kalau burung hantu dan BOP, mereka bisa tahu apa isi pikiran kita lewat kontak mata.... :)

Kalo itu saya setuju nd percaya sama bu dokter πŸ˜†
Berarti tinggal saya tungguin aja ..
Mau nanya lagi dung ,, ada ga mainan untuk burhan ??
Nd mulai umur berapa burhan udah boleh di mandiin ,, udah mulai bau 😷
Thx

udah bisa dimandikan mulai brancher, tapi pake semprotan burung aja. semprot beberapa kali, terus lap... :D

maaf baru balas... :D

gak ada mainan sih buat owl, palingan flute (periwitan) buat latihannya dia... itupun gak harus karena seumur2 saya pelihara owl, saya malah ngebiasain si errol kenal sama suara saya.... kadang kalo dia lagi cari makan diluar rumah kalo malam, saya cukup panggil dia dari balkon "errol! pulang", dia nyamperin sendiri, hehehehe. kadang sambil pamer bawa anak tikus di mulutnya... :D

sama kayak kucing, kalo dapet mangsa biasanya dipamerin dulu sama masternya... :)

Ok dok ,, saya punyaa semprotan bekas kispray boleh kan yaa ??
Kalo flute kayanya saya lebih seneng manggil nama dya dok ..
Sekarang dya juga udah ngerti kali di panggil pasti nyamperin πŸ˜‚
Oiyaa si bubu ini kalo makan ga mau berenti dok ,, saya takut kebanyakan kata orang ga bagus kebanyakan makan menurut dok gmn yaa ?
Salam yaa dok buat errol nd padma πŸ˜‡

boleh, tapi jangan masih yang wangi ya mas.
emang bagusnya pake suara aja... :)
coba aja mas baca artikel saya porsi makan burung hantu... :)

dok mau nanya kan ngikngik jenis celepuk kalau dksih temen barn owl gpp dok, cuman rencana aja sih, hehe.

sebaiknya diawasi dulu selama beberapa hari setelah disatukan. yah, namanya hewan kan mereka mengandalkan insting. meski kecil kemungkinan saling serang, tapi mending jaga2, ya diawasi... :)

gak jadi keknya dok tadi liat di youtube celepuk ada yg diserang bo tkt saya hihi. niatnya buat temen si ngikngik pas kalau saya kuliah gtu sih hehe

amannya, emang bagusnya sih sendiri. mas.
tapi saya dulu nyatuin si errol sama si belang (celepuk) aman2 aja.. :)

Dok, dua hari lalu saya dikasih barn owl sama temen saya. (Mungkin) WC bukan piara dari kecil, dia dapet beli katanya tapi ga sanggup ngerawat akhirnya ditawarin ke saya buat dirawat.
Singkatnya saya bawa pulang BO nya, sampe dirumah kok jd pendiam sama sekali ga bersuara. Dikasih makan respon, tp terlalu anteng dok.
Itu gejala dan stress atau ada problem lain dok biasanya?

Makasih sebelumnya dok :)

cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. buat nambah daya tahan tubuh owlnya, cek obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat....

ouh iya gtu dok, gak pernah digimana gimana celepuknya. tapi kayknya hrus BO dulu biar BOnya jinak baru celepuk kali yak jdi BOnya udah akrab.

iya, bener. secara ego, sebenernya makin besar burung hantunya, makin besar egonya. mereka ingin dianggap 'superior' dibandingkan yang lain. untungnya, dulu celepuk saya gak songong sama si errol, hihihihi.... jadinya si errol juga sayang sama dia. waktu si celepuk sekarat karena sakit, si errol yang jagain. dia teriak2 manggil saya, tapi karena waktu itu saya ada di luar kota, jadinya gak bisa handle..... orang rumah yang cerita...

wahhh kerenn dok ampe sahabatan wahhhhh, trus sekarang celepuknya dah gak ada dok u_u ?. jadi pengen kek bgituu, tapi tar aja dah soalnya ini aja melihara celepuk di dalam kosan sih, dan setiap jam 4 shubuh suka bangunin saya dteng ke kasur :v kalau lagi maen laptop suka liatin dipinggir mouse, kebayang BO kek begitu hihihi tapi keren sih kalau ampe bisa sahabatan 2 burung hantuu.

wah, saya juga dulu sering kayak gitu. bedanya si errol banguninnya dengan cara eek di muka saya. hahaha.

dulu hampir semua hewan di rumah kenal sama errol. as you know, keluarga saya semuanya pelihara burung pemburu. cuma saya aja yang gak cocok sama BOP, tiap kali pelihara elang, mati mulu. klopnya sama burung hantu ternyata. hihihi....


kalo lebaran, rumah kami rame. ada yang bawa doggy, kucing, burung pemburu (mayoritas), si errol dan padma cuma menclok di atas pohon, ngeliatin kami. mereka takut sama doggy, hahaha...

Dok mau tanya burung hantu barn owl saya sepertinya keseleo bagian leher jadi kya tengeng gitu dok . Kalau pakan selalu doq dan masih lahab . Feses nya putih sama item dikit . Itu gimana dok :(

waduhh dieekin lah banguninya hahaha XD. kalau si ngikngik suka teriak samping kuping kalau gak ngigit rambuttt XD.

wahh seruu yaa pecinta BOP semua. hihi sampe diem diatas pohon lah tk doggy hahah XD.

ouh iya dok kalau errol sama padma itu proses biar bisa gak kabur diluar gmna? saya juga suka sih di ajak keluar diem dipundak saya tapi suka khawatir soalnya kadang pas pintu kosan dibuka di suka keluar diem diatas spion motor langsung aja saya bawa masuk lagi kedalam soalnya msih takut. soalnya ksian juga kalau diem dikamar trus tuh hihi

saya latih di dalam ruangan dulu mas. intinya sih sebenernya bonding sama imprint. kalo 2 hal itu udah 100% ada, ya otomatis dia mau pergi kemana aja, pasti balik lagi dan mau kita lepas di luar ruangan juga pasti balik lagi ke kita....

lumayan lama buat imprint dan bonding, karena si errol dan padma kan 22nya burung hantu liar. dan saya juga dapet mereka udah tua. :)

susah berdiri juga? bener? apa cuma tengkleng doang? dia suka nenggak ke atas? cek nafasnya. saya sih khawatir dia kena tetelo. coba mas baca artikel cara mengobati tetelo pada burung hantu. untuk obatnya, coba aja kasih super-n. baca artikel saya: cara agar burung hantu tetap sehat.

dok mau nanya kan dikosan saya tuh rada banyak nyamuk nah saya mau pake obat nyamuk elektrik, si owl saya gkan apa apakan kalau saya pasang obat nyamuk elektrik. tktnya knpa knapa seblum saya pasang ?

sebelumnya maaf karena saya baru balas..
sebaiknya hindari, mas... meski namanya obat nyamuk elektrik, tapi partikelnya tetep nyebar di udara... :)

Warsi abas,lain kali sebulan sebelum lahiran,mandiin,dan disisir rutin,bersiin mata dll.Emang baiknya stlh melek anaknya,induk dimandiin.Tp sy pernah seminhgu mandiin,liat kondisi kucing. Oya,3 hari seblum lahiran,ksih induknya molocco b12 setengah butir 1xsehari,sampe kitten sebulan.ASi bakal lancar,prosentase sehat anaknya bs 100%.Sejak kawin,kasih dryfood kitten dgn protein tinggi spt proplan kitten atau royal canin queen,di stok 24 jam makan mnum jg.

Waaah, makasih banyak atas sharing knowledge-nya mas.

Mas Warsi bisa ikutin saran mas agus

dok mau tanya burhat saya kan masih anakan . siang malam matanya merem terus . masih loloh . saya kasih jangkrik . kira-kira berapa tetes ya trus berapa hari sekali ngasih nya . makasih dok

boleh minta conteckan nya dok biar bisa shering masalah burung hatu soal nya saya masih awal . no wa 085600767662 .pin D27C547D

tahinya gimana mas?
mencret?
coba mas baca artikel saya, PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU.

sayangnya mas nggak ngasih tau jenis burung hantunya apa.
untuk langkah pertama pengobatan, mas bisa kasih obat yang saya tulis di artikel atas... :)

saya gak membuka jalur pribadi untuk konsultasi, mas. langsung aja tulis di sini. :)

Mau nanya dok, sy baru adopt Buffy fish 3 hari yg lalu skrg masih sy karantina di gudang spy cpt nyetel sama master dan lingkungan barunya. Dianya udah jinak sih tp biasanya sy masih takut soalnya dia masih pasang mata waspada sm saya tp kalo sy elus kepalanya dia langsung leleh gitu. Pertanyaan sy, kira2 kapan boleh sy keluarin doi Dr tempat karantina ? Apa nunggu dianya bener2 jinak total sm saya. Btw nama Buffy sy Buffon dok :D

Dok kenapa burung hantu saya akhir2 ini suka memejamkan mata nya ya dok

makannya gimana? fesesnya gimana?
cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu...

kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

permisi dok mau tanya,,apa harus burung hantu diberi multivitamin/suplemen tsb?soalnya di alam liar burung hantu tdk mndptkan itu?cuma saya udh ngelakuin 3 point utama yg anda jelaskan di atas..mohon penjelasannya dik
terimakasih


Silakan upload gambar.