Jangan Beli Sugar Glider Umur 1 Bulan! | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya, umur sugar glider yang sudah bisa dijual atau dipisahkan dari induknya pernah saya bahas sekilas di artikel siklus hidup sugar glider. Artikel jangan beli sugar glider dibawah umur 1 bulan ini akan membahas lebih lanjut kriteria sugar glider yang sudah boleh dijual atau yang bisa dipisahkan dari induknya. Bagi anda yang mau beli sugar glider, saya punya daftar orang yang jual sugar glider.

Jangan Beli Sugar Glider Umur 1 Bulan
Image taken from furrybutts.wordpress.com
  • Sugar glider yang sudah bisa dijual atau sugar glider mulai bisa dipisahkan dari induknya saat berumur 3,5 bulan  atau 4 bulan karena pada usia ini sang joey sudah benar-benar lepas susuan dari induknya. Joey sugar glider dibawah 2 bulan biasanya masih sangat tergantung pada nutrisi susu dari induknya. Joey sugar glider yang dijual dibawah sebelum umur 1 bulan sangat rentan kekurangan nutrisi bahkan kerap memiliki gangguan pada fungsi saluran cerna. 
  • Saya kadang tidak habis pikir kenapa para seller sugar glider yang ada sekarang bisa (baca: tega) menjual joey sugar glider yang bahkan belum genap satu bulan. Apakah mereka hanya berorientasi pada keuntungan semata? Saya tidak tahu. Hanya saja, saya berharap pembaca terutama yang akan membeli sugar glider bisa lebih jeli akan hal ini. Sama seperti memelihara hewan lain, memelihara sugar glider butuh komitmen dan kesungguhan, bukan hanya soal uang, tapi juga kesehatan dan kesejahteraan hewan yang kita pelihara. Bagi anda yang berniat memelihara sugar glider, saya sarankan anda membaca artikel cara memelihara sugar glider.

Semoga artikel

jangan beli sugar glider umur 1 bulan

ini bisa sedikit membuka mata para seller sugar glider dan para calon buyer sugar glider. Terima kasih. (FS)

38 Responses to "Jangan Beli Sugar Glider Umur 1 Bulan!"

  1. dok kalo beli SG yg umurnya 1.5 bulan gimana boleh atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 1,5 bulan juga sebaiknya tidak diadopsi manusia dulu.
      usia ideal sg bisa mulai dijual atau boleh dibeli silakan baca di artikel di atas... :)

      Delete
  2. Dokter, umur 1 bulan yang dimaksud itu setelah joey oop ya? Berarti umur joey yg bisa mencapai 70-90 hari (sesuai artikel "Siklus Hidup Sugar Glider") ketika ip tdk dihitung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. 1 bulan setelah oop.
      waktu ketika ip tidak dihitung.

      minimal sugar glider bisa dipisahkan dengan induknya pada usia 3 atau 4 bulan...

      Delete
  3. Jika ekor joey sudah nongol dikit dari kantong induknya, apa itu sudah dihitung oop? Atau dihitung jika joey sudah keluar seluruh badannya dari kantong induk...?
    Terimakasih penjelasannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau joey sugar glider belum keluar sepenuhnya, itu belum dikatakan OOP. silakan baca artikel saya siklus hidup sugar glider....

      Delete
  4. Dok bagaimana jika sudah terlanjur membeli yang berusia 1 bulan ?? Apa harus diberi makan menggunakan pipet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sugar glidernya udah bisa makan sendiri, gak perlu dipipet, mas...

      kalau sgnya gak bisa makan sendiri, ya mau gak mau mas harus pipet.... :)

      usahakan ini yang terakhir ya mas. kedepannya, jangan beli sg umur sebulan lagi. rentan lumpuh karena kurang kalsium...

      Delete
    2. Terus biar gak lumpuh gimana?? Harus makanan yg banyak kalsium kah dok?? Contohnya apa??

      Delete
    3. bubur bayi sebenernya cukup kalsiumnya, jadi sebaiknya jaga betul2 pola makan. bisa mas kasih sari kurma juga sebagai tambahan bubur bayinya... :)

      saya tunggu kabarnya terus...

      Delete
  5. Menurut dokter ini sg umu brp ya dok? Sellerny gatau umur sg ini dok
    http://i.imgur.com/zaMr0YG.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak lebih dari 3 bulan. kemungkinan 2,5 bulan. :)

      Delete
    2. oke dok hahha sgny ud bisa makan sndiri si dan makanny lahap hahaha cpt abis buburny,,aku an buat buburny encer dok, jd apakah perlu minum air lg? do botol hamster gtu

      Delete
    3. taro aja, gak apa2. kasih madu atau sari kurma di airnya... :)

      Delete
  6. Dok ini umur berapa ya? Baru beli dan gatau ini umur pastinya berapa, soalnya pertama kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kirim gambarnya kemari? upload aja di bagian upload gambar, terus linknya taro di sini...

      Delete
  7. Replies
    1. gak lebih dari 3 bulan, kemungkinan besar 2 bulan, mbak... :)

      silakan baca2 artikel saya mengenai sugar glider di sini...

      Delete
  8. Dok mau nanya, sg saya d reject sama induknya terpaksa d pisah..
    Lha kok g mau makan knp ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya: cara handraise sugar glider

      Delete
  9. Dok kira kira ini umur brp?
    https://i.imgur.com/m6XE7fM.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih dari sebulan, tapi belum 3 bulan. sekitaran 2 bulanan lah....

      Delete
  10. Dok mau curhat masalah sg saya, begini dok sg yg indukan barusan saya pisah dengan anknya yg berumur 2bln lalu yg jantan kayak ingin kawin dengan betina yg baru saja saya pisah dengan anknya, sebaiknya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. tapi kalau saya boleh saran, mending pisahkan aja dulu jantannya. minimal 2 minggu. pisahin tapi taro kandangnya sebelahan sama yang betina. :)

      Delete
  11. dok saya punya sg 1.5 bulan, sebelumnya saya tidak tahu kalo tidak boleh di pisahkan.
    cara merawatnya gimana dok?bisa bales ke email saya saja fachridirgantara@gmail.com

    terimakasih atas bantuan dan sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah terlanjur dibeli ya nggak apa2. rawat aja.
      kasih makan pake bubur bayi. dia udah bisa makan sendiri kan?

      Delete
  12. SG saya galaknya bukan main dok dan suka kagetan, bgmn mngatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sgnya umur berapa? sering diajak main aja mas.... :)
      atau, gini aja, masnya merokok? kalau gak merokok, taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di kandangnya.... dan tetep ajak main juga dia... :)

      Delete
  13. Dok, sy bru bli SG. Umr 1bln kt yg jual in bs d jinakkan.
    Tp crabbing terus tiap sy pegang. Sy suapin tdk mw. Ap artinya tdk bs bs habdfeed?bgmn cra mengakrbkn drinya?kaget n crabbing tiap lihat org.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. karena crabbing itu bukan tanda dia jinak atau nggak. sg yang sudah jinak juga sering crabbing,,,

      masih sangat bisa dijinakkan. kalau dia crabbing, mbak elus aja biar dia tenang.... kasih makan dengan cara sodorin pake tangan... :)

      Delete
  14. Kak. Aku kemaren beli sg umur 1,5 bulan dr toko sg yang lumayan ternama. Ini kan ke 3 kali nya saya beli sg umut segitu cm yang kali ini lepas dateng bener” kecil banget kyk masi bayi. Udh bulu nya rada kotor lepas dateng. Kalo makan lahap banget kak kayak di tempat sebelumnya jarang makan. Perut nya sempet buncit bgt trs ku batesin makan nya. Abis itu dia bener” tidur mulu. Bangun cm buat makan. Untuk makan ku ksh bubur sun , tomat buat penambah cairan sm telor rebus putih nya buat penambah protein. Wajar kan ya dok sg joey tidur trs ? Karena sebelum nya 2 sg saya yang lain malem langsung aktif. Itu foto lepas awal dateng. Sekarang udh sedikit lebih membesar

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya bahas di artikel kenapa sugar glider tidur melulu. :)
      coba mbak cek artikel saya tersebut... :)

      Delete
  15. Dok cara mengatasi sugar gliserol hissing mulut menyentuh lubang anus.itu knpa ya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.