Daging Sapi Sebagai Makanan Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Apakah daging sapi bisa digunakan sebagai makanan burung hantu?

Kan di alam burung hantu tidak memangsa sapi, dok. Tapi kok banyak yang memberi daging sapi sebagai makanan burung hantu? Demikian beberapa pertanyaan yang diajukan pengunjung blog ini kepada saya. Bagi anda yang ingin membaca artikel jenis makanan untuk burung hantu, anda bisa membaca artikel macam-macam makanan burung hantu.
Daging Sapi Sebagai Makanan Burung Hantu
Image taken from valewildlife.org.uk


Sepertinya, nenek-nenek juga tahu bahwa burung hantu tidak memburu sapi di habitat aslinya. Iya. Mungkin sampai kiamat pun, burung hantu tidak akan memangsa sapi sebagai mangsa alaminya. Namun secara tekstur, daging sapi mirip dengan daging mamalia kecil seperti tikus dan dan kelinci, hewan yang menjadi mangsa BOP dan burung hantu di alam.
  • Daging sapi juga sudah umum dipakai sebagai pakan BOP dan burung hantu yang dipelihara oleh pecinta burung hantu di barat dan di Indonesia. Selama ini, tidak ada masalah karena pemberian daging sapi sebagai makanan burung hantu ini. Daging sapi juga biasa digunakan sebagai tidbits.
  • Namun kembali lagi ke kesanggupan anda sebenarnya. Jika anda merasa mampu memberikan tikus putih atau bayi tikus putih (pinkies) sebagai pakan hidup burung hantu dan BOP, itu lebih bagus. Saya sendiri sangat jarang memberikan daging sapi sebagai makanan Errol dan Padma, burung hantu saya. Biasanya saya menggunakan daging sapi sebagai makanan burung hantu jika memang diperlukan atau jika keadaan mendesak saja. Beruntung saya tinggal bersama keluarga yang nyaris semuanya falconer, jadi sangat mudah bagi saya mendapatkan pakan hidup berupa tikus putih.
Demikian artikel singkat mengenai

daging sapi sebagai makanan burung hantu

. Semoga artikel ini bisa membuka wawasan para owlry dan falconer dalam memelihara BOP dan memelihara burung hantu. Terima kasih. (FS)

39 Responses to "Daging Sapi Sebagai Makanan Burung Hantu"

  1. Berapa kali sehari Andaikan kita memberi makan burhan anak ayam atau burung kecil itu dok karna selama ini saya hanya memberi makan owie saya ( oriental bay owl) jangkrik saja. Karena disini sulit untuk mencari tikus putih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk oriental bay owl, jangkrik saja sudah cukup.
      kasih anak ayam atau burung emprit bisa seminggu sekali aja. :)

      Delete
  2. selamat pagi dok,
    burhan saya kemarin makan cicak 2 ekor(dia buru sendiri dok ) mungkin kelaparan karna saya tinggal seharian . sejauh ini sih blum terlihat ada yg aneh . burhan masih aktif dan nafsu makan masih baik . apa cicak tidak berbahaya untuk burhan ?

    info penjual tikus putih daerah bogor utara ding dok . terimakasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ciccaknya tidak makan yang aneh2 dan tidak terkontaminasi sesuatu, harusnya sehat2 aja... :)
      info penjual tiput daerah bogor bisa cari di grup jual beli bop...

      Delete
  3. dok untuk pemberian daging sapi jenis bubo usia br belajar terbang gt sehari brp kali baiknya? dan banyaknya kira2 brp? thx

    ReplyDelete
  4. dok untuk pemberian daging sapi jenis bubo usia br belajar terbang gt sehari brp kali baiknya? dan banyaknya kira2 brp? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa 3 atau 4 kali pemberian. dagingnya dicacah aja kecil2, lalu disodorkan ke mulutnya... :)

      Delete
  5. Dok, kalo untuk yang seumur chick,burhan oriental bay, kasih minumnya gimana dok ? Kalo pakannya sehari berapa kali ? Sekali makan diberi potongan daging berapa banyak ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo oriental bay owl, caranya sama seperti cara memelihara celepuk. silakan baca dlu artikelnya. :)

      Delete
  6. Malem dok..
    Si Allfie udh 3 hari ini saya kasih makan daging sapi sehari sekali karna lg ditraining fof.. jd mau nyambernya cuma malem doang..kalo pagi atau sore suka ga mau nyamber
    Apa gak akan kenapa"dok si allfie nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya masih normal?
      kalau emang fesesnya masih normal, kayaknya wajar, mas...

      dia masih mau makan, kan? :)

      Delete
    2. Allhmdullilh makan sama fesesnya masih normal...
      oiya dok si allfie kan madih batting masih suka terbanh terbang kalo saya deketin,,trus kalo saya saya tangkap dan dbawa outdoor tiap sore hari ga apa"dok ?
      apa nunggu jinak dulu baru bawa outdoor ?
      ini kq Notify nya engga ngaruh yaa..
      udah saya centang tapi ga ada pmberitahuan engga kaya yg di artikel laen

      Delete
    3. kalau mau nunggu dibawa outdoor sebenernya gak apa2., bawa aja outdoor. hanya saja, awasi saat di outdoor ya mas..

      sekarang keadaan owlnya gimana? sehat? aktif? matanya gak merem?

      bagus kalau dia udah mulai mengeluarkan pelletsnya. sepertinya di alfie batting karena emang belum kenal aja sama masnya, yah pelan2 pasti bisa. dulu saya juga agak lama agar si errol kenal sama saya, wajar kok...

      yang penting adalah sehat, itu aja. sama jangan lupa sering2 ajak main dan ajak ngobrol... :)

      salam dari errol dan padma ya mas... :)

      Delete
  7. maaf dok.. soal notify me trnyata sinkronisasinya yg off..jd kesalahan bukan di artikelnya :D
    dan soal ga mau makan sore atau pagi hari sepertinya dkarnakan belum mengeluarkan peletnya,,karna tadi waktu mau dkasih makan prosesnya agak lama juga,,tapi saya coba terus biar mau makan,, ehh ternyata si Allfie langsung nyamber setelah ngluarin peletnya ditangan saya :)
    kalo soal batting saya masih ragu dok,,si Allfie kan saya lepas dkamar tanpa leash dan kalo mau dkasih makan ya trpaksa jesse nya saya pegangin jd kalo trbang ktahan angklet sampai akhirnya dia nemplok dech di glove...
    apa dengan cara bgitu dia akan terus"an batting dok kalo saya deketin ?
    kayanya agak maksa juga dok biar dia mau nemplok di glove..

    ReplyDelete
  8. Iya wlkmsllm..
    Alhmdllh dok kalo diliat peses dan keadaannya sich sehat
    Nafsu makannya juga bagus,, semalem ajah makan 2 ekor tiput sama 3 potong daging sapi yg lebih besar dari tiput..emang sengaja saya kasih potongan daging yg besar biar dia potong sendiri dagingnya :)
    Ok dok makasih yaa info nya..
    Salam juga dari Allfie dok...

    ReplyDelete
  9. Siap dokter.... :)
    Tapi udah sebulan lebih si allfie belum kenal juga sama saya ya dok..!
    Sekarang si allfie saya pindahin ke gudang dok saya mau coba dari tahap karantina ajjh dok,,mungkin cara nya yg salah dari awal saya bawa kerumah..
    Cuma saya karantina 2 hari dkamar mandi trus saya pindahkan ke kamar tmpat saya tidur tp langsung saya pakein les karna dari prtama beli emang udah dpakein angklet sama jesse dr sana nya dok
    Trus cara kasih makannya juga salah,,saya biarin dia nangkep sendiri tiputnya jadi ga dikasih makan sama tangan saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas ajak ngobrol, dan kalau mas mau tidur, mas bawa aja si alfie ke kamar mas, biarkan dia liat mas tidur. biar dia lebih percaya sama masnya. dulu juga si errol ya mirip alfie gini, keras kepala. soalnya saya keras kepala juga mas, hehehe. kadang owl emang mencerminkan sifat buruk kita. :)

      ajak ngobrol dan biarin dia liat kita tidur... :)

      Delete
  10. kalo di ajak ngobrol mh tiap hari dok..
    malah kalo lg baca"artikel dokter juga suka sama allfie ddepan rumah,,jd baca nya kaya lg ngajakin dia ngobrol :D
    cuma cara nangkap dia nya ajjh agak maksa biar dia mau nangkring di glove,,caranya saya pegangin jessenya jd kalo mau trbangkn ketahan trus nemplok dech,,tp kalo udah nemplok trus saya elus"sich diem melototin saya :)
    si allfie juga emang selama ini ditempatin dkamar tmpat saya tidur,,cuma prtamanya saya pakein lesh,,kira" baru 2 mingguan saya lepas leshnya jd dia bisa trbang"bebas dkamar..sampai kemaren cara nangkapnya tetap sama agak maksa dok,,takutnya dengan cara gitu dia jd ga mau percaya sama saya..
    dan yg saya bingung sampai saat ini,,si Allfie gak pernah mau bersuara sama gak pernah mau matuk/ngigit saya..
    dia cuma defense,hising dan cliking doang kalo dh cape trbang"ngjauhin saya :D
    tapi kalo udah di elus ya diem sampai merem" :)

    ReplyDelete
  11. Dok daging sapinya dikasi mentah / matang? Mau dikasi ke celepuk juve saya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mentah, mas. dan kalau untuk celepuk, cacah2 kecil dulu biar dia gampang makanannya. sebenernya sih celepuk lebih bagus kasih jangkrik...

      Delete
  12. Salam buat Errol dan Padma Dokter, karena kesibukan dan kondisi tempat tinggal saya, Lullaby (BWK) kesayangan Tuan Puteri ku selalu diberikan daging sapi. Kemaren Lullaby tidak mau makan samasekali, berkat Artikel Dokter, kita pancing nafsu makannya dengan Pinkies, amaaannn... Lullaby kembali aktif, terima kasih Dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow! salam kenal kembali dari errol dan padma. silakan mas baca artikel2 saya yang lain, terutama artikel PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU... :)

      Delete
  13. Hallo dokter fira. Saya saya pelihara barn owl. Dan baru selasa kemren saya plihara. Dan du hri rabu ternyata kotorannya warna hijau (gejala tetelo) saya langsung berikan super-N. So far sih kondisinya ok, tpi brusan dia bersin langsung saya bersihkan pake tisu, dan kotorannya wana putih dok. Apa kah itu tetelo, kalau iya gimana supaya sembuh. Apakah hrus ksih air daun sirih yg di rebus seperti yg dokter fira sarankan dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kasih air daun sirih. dan tetep kasih super-n. setetes sehari aja. makanan pastikan fresh ya mas... bagusnya kasih daging puyuh...

      Delete
  14. Untuk puyuh mgkin gk bsa nih dok. Soalnya berisik. Plus saya ksih tikus segar. Super-N nya gk hrus dicampurbair dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kasih tikus juga boleh aja. yang kecil aja ya mas. super-n langsung tetes...

      Delete
  15. Ok. Thanks dok atas infonya lagi

    ReplyDelete
  16. Dok, saya mau tanya.kan lucca jenisnya barn owl nah kemarin itu saya kasih daging sapi, karna kemarin habis di kasih puyuh, terus stok ratsnya habis... Terus di kasih daging sapi sama saya... Pertama lahap dianya, tapi pas paginya kog pelletnya daging sapinya ya dok, klo udah daging ngapain di keluarin, kan biasanya yg di keluarin kan tullang ama bulu biasanya. .. Itu kenapa ya dok lucca saya? ?? Apa gk cocok di kasih daging sapi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu gede kasih daging sapinya. dicacah dulu sampe kecil2. dia muntah lagi makanannya karena mas ngasihnya terlalu gede... atau terlalu banyak...

      Delete
  17. Dok klo daging sapinya di taruh di freezer biar awet apa nggak masalah ya dok
    Soalnya temen saya Naruhito daging buat makan owl nya di kulkas katanya sih biar awet
    Sudah dok mungkin sekian dulu pertanyaan saya
    Ada salam dari pedro(Burhan temen) buat errol dan Padma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok maaf yg Naruhito itu sebenernya menaruh daging

      Delete
    2. nggak apa2 mas ditaro di freezer. ntar kalau mau makan, potong sedikit, rendem di air akua/air mineral, diamkan sampe gak beku dan gak dingin lagi, setelah itu potong2, baru berikan ke owlnya... :)

      salam balik buat pedro...

      oh ya mas. jangan lupa kasih super-n :)

      Delete
  18. Dok, saya lagi sedih nih. Si Feto gak mau makan pinkies, cuma jangkrik aja maunya. Udah saya coba kasih makan pagi aja, biar dia lapar bgt, baru malamnya saya kasih pinkies, gak dimakan2 jg, udah saya tinggal beberapa jam masih utuh aja. Terus saya kasih jangkrik, lahap bgt, itu pun ga saya suapin, saya sebar gt aja jangkriknya. Apakah instinct berburunya melemah ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan emang instingnya melemah. kalau saya dulu, saya beli pingkies, terus saya lukain sedikit biar ada darahnya.... awalnya sih kayak nggak tega gitu sih, tapi lama-lama biasa kok ngelukain pingkies... kalo udah luka, darahnya udah keluar, taro deket dia...

      kalo pake cara itu nggak bisa juga, biasanya saya tetesin darah tikus putih anakan atau dewasa ke mulutnya dia...

      Delete
  19. permisi dok mau tanya, saya rencana mau pelihara brun hantu antra bubo sumatranus/buffy, tp saya sbnernya ga tega kasih mkan pakan hdup kya emprit/pinkies, klo tiap hari dikasih daging sapi segar ngaruh ga ke kesehatannya dok?

    ReplyDelete
  20. Salam kenal Dok saya punya celepuk di tangan saya sdah 1 minggu dan mulai jinak. hnya masalahnya tidak mau makan takutnya sdah lama kelaparan. Ahirnya saya paksain dgn cara masukan lngsung ke paruhnya daging merpati yg saya potong dagingnya kecil kecil. fasesnya awalnya normal tapi baru tadi malam saya cek. Fasesnya berubah ubah kadang putih dgn hitam. Kadang wrnanya agak kuning. Kemudian normal lagi. Lalu lain lagi kadang sampai wrnanya hitam. Tdk lama keluar lagi yg putih. Dan juga dia muntain semua makanannya secara utuh. Dagingnya keluar utuh. Dan mata sering pejam... mw kedokter g.ada dokter hewan. Minta solusinya dok. Kasian saya liatnya.

    ReplyDelete
  21. Salam kenal Dok saya punya celepuk di tangan saya sdah 1 minggu dan mulai jinak. hnya masalahnya tidak mau makan takutnya sdah lama kelaparan. Ahirnya saya paksain dgn cara masukan lngsung ke paruhnya daging merpati yg saya potong dagingnya kecil kecil. fasesnya awalnya normal tapi baru tadi malam saya cek. Fasesnya berubah ubah kadang putih dgn hitam. Kadang wrnanya agak kuning. Kemudian normal lagi. Lalu lain lagi kadang sampai wrnanya hitam. Tdk lama keluar lagi yg putih. Dan juga dia muntain semua makanannya secara utuh. Dagingnya keluar utuh. Dan mata sering pejam... mw kedokter g.ada dokter hewan. Minta solusinya dok. Kasian saya liatnya.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.