Cara Memandikan Musang Rase | Drh. Fira Sovica

Cara memandikan musang rase

agak sedikit berbeda dengan memandikan musang jenis lain seperti memandikan musang pandan. Hal ini karena bulu musang rase terkenal rapuh dan sangat rawan rontok. Bagi anda yang ingin mengikuti artikel cara memandikan musang pandan, anda bisa membaca artikel saya cara memandikan musang pandan. Memandikan musang rase agak sedikit mirip dengan cara memandikan bayi musang.


Seperti saya ungkap barusan, bulu musang rase sangat mudah rontok. Kadang, sisa makanan yang menempel di bulu musang rase juga dapat menyebabkan kerontokan itu sendiri. Untuk itu, sebaiknya anda membersihkan sisa makanan musang rase yang menempel di bulu sesaat setelah makan. Mau coba pelihara musang rase? Anda bisa membaca artikel cara memelihara musang rase dan cara menjinakkan musang rase.
Image taken from kaskus.co.id
Balik lagi ke topik utama kita. Cara memandikan musang rase bisa anda lakukan dengan beberapa cara berikut:
  1. Siapkan semprotan air (spray), dan isi dengan air bersih hingga penuh. Set spray dengan mode semprot menyebar.
  2. Pegang musang rase dengan tangan kiri, lalu semprot musang rase dengan menggunakan spray hingga bulu rase setengah basah dengan tangan kanan. Pastikan semua bagian bulu dan tubuh musang rase basah, lalu lap dengan handuk kering hingga kering. 
  3. Lakukan poin 2 beberapa kali hingga musang rase benar-benar bersih.
  4. Keringkan bulu musang rase dengan cara diangin-anginkan di ruangan bersirkulasi udara baik sambil diberi makan. Tunggu hingga badan musang rase benar-benar kering. Anda juga bisa menjemur musang rase dibawah sinar matahari sebelum jam 9 selama 5 menit sambil diawasi. Segera pindahkan musang rase yang sedang dijemur jika musang rase sudah terlihat kepanasan.

Demikian adalah

cara memandikan rase

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan dan sebagai orang yang pernah memelihara musang. Semoga artikel di atas bisa menjadi acuan serta penambah wawasan bagi anda para pecinta musang rase. Terima kasih. (FS)

5 Responses to "Cara Memandikan Musang Rase"

  1. lucu juga bos hewannya. tapi kalo saya pengennya melihara Kucing Hutan.

    www.belonomi.com

    ReplyDelete
  2. dok saya punya musang rase masih kecil sekali,,saya berikan dia susu dancow dan sun,,setiap makan berantakan moncong dan dagu nya,,saya mau mandikan tapi saya takut karna masih kecil sekali,,jadi sampai musang rase saya bulu dagu nya mengering dan kasar,,pertanyaannya : apa boleh musang yg masih bayi sekali di mandikan?? saya dapat dari tetangga,masih kecil,kemungkinan usia seminggu.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dimandikan. bisa hipotermia (mati kedinginan).
      mending lap aja dengan kain yang dibasahi air hangat tiap habis makan.

      agak beresiko juga sih kalau pelihara rase yang masih bayi banget. kudu bener2 telaten dan gak boleh telat makan. dulu ada rase milik sahabat saya yang 'wassalam' karena telat kasih makan... :)

      coba cek fesesnya. bau dan bentuknya seperti apa. saya tunggu ya mas/mbak.. :)

      Delete
  3. Dok saya mau tanya musang rase saya di fesesnya banyak cacing pita nya. Cara mengobatinya pakai apa ya dok?

    ReplyDelete
  4. Kalo umur 2 bulan boleh di mandi in

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.