Cara Menjinakkan Musang Rase | Drh. Fira Sovica

Menjinakkan musang rase

dibutuhkan ketekunan, apalagi bila rase yang dijinakkan adalah jenis musang rase dewasa hasil tangkapan liar. Maka dari itu, tidak ada yang namanya cara menjinakkan musang rase dengan mudah. Cara memelihara musang rase sendiri pernah saya bahas di artikel cara merawat rase.
Cara Menjinakkan Musang Rase
Image taken from zainuriindo.blogspot.com
Seperti yang sudah saya tulis di paragraf satu, cara agar musang rase jinak tidak bisa dilakukan secara instan. Sifat dasar rase sendiri cenderung lebih agresif dibandingkan musang bulan maupun musang pandan. Karakter musang rase sendiri dikenal lebih 'keras kepala' sehingga dibutuhkan waktu agak lama agar rase bisa jinak. Dan berikut adalah beberapa poin-poin dalam menjinakkan rase:


  1. Sediakan kandang berukuran besar. Kandang yang disarankan adalah kandang berukuran 3 kali panjang tubuh rase. Hal ini agar rase tersebut lebih nyaman dan merasa
    aman di kandangnya karena rase galak umumnya juga sangat rentan stress. Kandang yang digunakan sebaiknya tidak diganti dan tidak dipindah-pindahkan selama 2 bulan ke
    depan. Kandang sebaiknya ditempatkan di ruangan tertutup dan tenang. Hindari suara berisik yang masuk.
  2. Langkah pertama dalam menjinakkan musang rase cukup berinteraksi di luar kandang. Sebaiknya lakukan saat pemberian pakan. Cukup duduk di depan kandang sambil
    menatap mata rase. Tunjukkan bahwa anda tidak mengganggunya dan berniat ingin menyayanginya. Lakukan terus hingga rase tidak panik atau defend di dalam kandang ke arah
    anda. Langkah pertama ini bisa berlangsung lama. Bisa berlangsung hingga 2 sampai 4 minggu, tergantung karakter musang rasenya itu sendiri.
  3. Saat rase mulai tenang, anda bisa mulai menyentuhnya. Anda bisa membebat tangan anda dengan kaus bekas pakai saat mengelusnya. Awal-awal, anda bisa mengelusnya
    satu atau dua kali di bagian punggung, dada, dan dagu musang rase anda. Lakukan hingga rase merasa bahwa anda tidak membahayakan dirinya.
  4. Jangan sesekali menggoda rase, sengaja mempermainkan, mengelusnya dengan kasar, membuat gerakan tiba-tiba, atau membuat rase peliharaan anda kaget. Langkah ini
    bisa dilakukan terus hingga rase benar-benar nyaman.
  5. Saat rase sudah tenang dengan elusan anda, anda bisa lebih sering menyentuh dan mengajaknya berinteraksi di dalam kandang. Sesekali, anda bisa berbicara kepada
    musang rase anda.
    Bukan berarti karena mereka hewan lalu mereka tidak bisa mengerti yang anda katakan. Selalu saya katakan bahwa hewan kadang lebih pandai daripada
    yang kita kira. Termasuk musang rase.
  6. Harap diingat bahwa musang rase kadang berusaha melarikan diri atau berontak di dalam kandangnya. Hal ini kerap terjadi pada musang yang stress. Disinilah
    kesabaran anda diuji. Sebaiknya awasi musang rase anda dari luar kandangnya dengan agak menjaga jarak.
  7. Lakukan langkah-langkah diatas minimal 2 bulan. Pun jika dalam 2 bulan musang rase masih belum menunjukkan tanda-tanda dia bisa dipegang, lanjutkan terus proses
    penjinakkan sampe dia benar-benar bisa dipegang. Itulah kenapa saya bilang menjinakkan musang rase bukan perkara mudah bagi mereka yang kurang sabar.
  8. Saat rase mulai tenang, anda bisa mengeluarkannya dari kandang. Ikuti kemana rase berjalan di dalam ruangan. Atau paling tidak awasi. Rase kadang menggoda anda
    dengan mengigit-gigiti anda. Jangan terpengaruh, dan jangan kaget. Cukup berikan elusan halus kepada musang rase anda. Biarkan rase di dalam ruangan tersebut bersama anda minimal 45 menit setiap hari. Anda juga bisa memberinya makan di luar kandang. Lakukan langkah ini selama beberapa minggu hingga rase terbiasa dengan anda.
  9. Jika dia mulai tenang dengan kehadiran anda, anda bisa pasangkan harness pada musang rase anda. Memasangkan harness pada musang sangat disarankan oleh profesiobal. Untuk itu, sebaiknya mintalah bantuan pada teman atau sahabat yang lebih berpengalaman dalam memelihara rase. Anda bisa bergabung dengan komunitas pecinta musang di kota anda.
  10. Sangat mungkin rase akan stress saat awal-awal anda memasangkan harness di tubuhnya. Di sini, kesabaran anda akan diuji lagi. Biarkan dia di luar kandang dengan harness terpasang di tubuhnya. Jika anda ingin meninggalkannya, cukup kembalikan dia ke dalam kandang dengan harness masih terpasang, dan lihat kembali musang rase anda di dalam kandangnya saat anda kembali untuk mengecek bila ada hal-hal yang tidak seharusnya.
  11. Jika rase mulai tenang dengan harnessnya, anda bisa mulai mengenalkannya ke dunia luar. Anda bisa mengeluarkan rase dari ruangan dengan harness terpasang. Harap diingat bahwa rase bukan tipe musang yang suka memanjat. Sebaiknya anda tidak memaksakan menggendong musang rase. Fatal akibatnya jika rase sampai jatuh dari gendongan anda karena kaki rase sendiri didesign untuk berjalan di atas permukaan tanah. Dan sebaiknya hindari suara keras saat mengajak rase anda jalan-jalan.
Demikian adalah

cara menjinakkan musang rase

. Semoga artikel singkat mengenai menjinakkan rase di atas bisa menjadi acuan serta penambah wawasan bagi anda yang ingin memelihara musang rase. Saran, komentar, dan kritik serta konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

50 Responses to "Cara Menjinakkan Musang Rase"

  1. Dok, terimakasih atas infonya. Saya mau sharing ni, saya punya rase jantan namanya bira yg sudah saya pelihara 2 bulanan. Usianya sekitar 3-4 bln. Manja sekali dengan saya dan suka pijat2 sambil ngenyot baju saya gitu. Wajar ga sih dok tingkahnya begitu?
    Awal saya pelihara tidak begitu, hanya seminggu sudah nemplok dan selalu pilih tidur dekat saya. Bira juga sering jilatin luka atau air mata saya pas saya nangis dan suka tiba2 jilat muka. Bahaya ga sih dok air liurnya?
    Berhubung interaksi kami sering jadi saya rajin mandikan bira, 2 hari sekali pakai air anget. Saya ga suka dia bau sedikit saja. Kalo kayak gitu apakah akan ada masalah? So far dia baik2 saja sih dan bulunya halus bagus.
    Tapi untuk makanan dia aga pilih2. Buah hanya mau pisang. Untuk protein saya beri ayam dan jangkrik. Dia suka serangga2 gitu dan pernah nangkep anak biawak terus dimakan sampe ludes se tulang-tulangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya lagi ada di luar negeri sekarang, lagi dinas. :)

      wajar kok perilaku si bira. umur segitu emang lagi deket2nya dengan ownernya.

      selama bira dirawat dengan baik dan kebersihan kandang dan bira-nya dijaga, saya kira liurnya juga aman. :)

      selama ini nggak ada gejala bulu bira rontok?
      kalo gak ada gejala rontok, bisa lanjut terus perawatannya.

      untuk makanannya juga gak masalah (y)

      fesesnya gak mencret kan?

      kabari terus. dan sekali lagi, maaf karena baru balas.

      Delete
    2. Dok, kenapa ya kadang2 musang rase saya bira aga kek bau anyir gitu di sekitar ekor and duburnya. Kotorannya bagus sih dan ga bau anyir. Sempat saya pikir krn makan daging trs dia ga bersih tp setelah saya kasih pisang aja, kadang2 baunya muncul juga. Padahal mandi rajin lho dia 2 hari sekali. Bulunya bagus dan wangi2 aja kepala and mulutnya. Tdk ada tanda2 darah atau ambein sih. Cuman memang pas lagi bau gitu kadang suka jilat2 duburnya.
      Makanan utamanya pisang dok. Proteinnya sy kasih jangkrik, ayam rebus, belalang, anak ayam hidup (tp baru 2 kali ngasih sih dan happy bgt dia).

      Delete
    3. itu emang marking scent-nya dia mas.
      kan emang rase punya kelenjar bau untuk menandai daerah kekuasaannya dia...

      kasih bedak bayi aja.... pastikan bulunya kering pas dikasih bedak bayi...

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Dok, saya mau nanya rase saya baru adopt 5hari kalo di elus* sih oke tapi kalo saya pegang mau saya angkat berontak. Apakah kedepan.e bisa anteng dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. coba lebih sering lagi diajak main, mas. umur rasenya berapa?
      jangan dikasih susu ya...

      Delete
  4. Umur 2bln dok, knp dok gag boleh kasih susu ? Kalo saya kasih jangkrik buat cemilan agar bonding boleh gag dok ? :)

    ReplyDelete
  5. Umur 2bln dok, knp dok gag boleh kasih susu ? Kalo saya kasih jangkrik buat cemilan agar bonding boleh gag dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau toh mau dikasih susu, kasih susu sgm llm atau susu non laktosa lain. karena kalo susu mengandung laktosa bisa bikin musangnya mencret.

      bisa kasih jangkrik. sambil kasih jangkrik sambil ajak main, biar dia kenal sama masnya...

      Delete
  6. dok saya mau tanya, cara nanganin rase yg gak mau diem/pengen keluar kandang terus gimana yah?apa karena stress?
    dan knapa yah tiap malem musang rase saya bersuara terus, bagaimana cara menanganinnya?soalnya baru kemaren saya beli musang rasenya dok
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya masih anakan? kalo musangnya masih anakan, wajar kok. malah mas harusnya bersyukur, artinya dia sehat. kalo musang rase diem terus di kandang, khawatirnya malah dia sakit... begitu juga dengan rase bersuara terus... :)

      jangan dikasih susu ya mas. malah sakit nantinya.

      masnya merokok? kalau nggak merokok, taro aja kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di kandangnya. biar dia kenal bau tubuh mas... :)

      Delete
  7. dok saya mau tanya, cara nanganin rase yg gak mau diem/pengen keluar kandang terus gimana yah?apa karena stress?
    dan knapa yah tiap malem musang rase saya bersuara terus, bagaimana cara menanganinnya?soalnya baru kemaren saya beli musang rasenya dok
    terimakasih.

    ReplyDelete
  8. Iya dok terima kasih dok :)
    Kalo fesesnya warna hitam karena makan jangkrik itu normal kah dok ?

    ReplyDelete
  9. Nggak mencret kok dok, makasih dok maaf ngerepotin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. :)
      sekarang gimana keadaan musangnya? Kabari lagi. :)

      Delete
  10. dok saya mau tanya

    rase saya umur kurleb 3 bln ambil kemarin sore keadaannya jinak.tapi tadi pagi kenapa ya jadi galak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo umur segitu emang masih 'labil', mas.
      wajar banget kok.
      jinakin aja.

      makan lancar? fesesnya gak mencret? jangan dikasih susu ya mas.

      Delete
  11. Dok musang saya udah gag ngegigit apakah itu bisa dikatakan jinak ? Tapi masih berontak kalo sya pegang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksud mas 'jarang' gigit ya.
      jarang gigit doang sebenernya bukan jadi acuan jinak sih mas. karena ada juga musang yang karakternya labil: sebentar2 jinak, eh nggak lama dia galak. semacam itu.

      jadi yang namanya jinak bukan cuma satu waktu aja, tapi jangka panjang. kalo sekarang jinak, tapi besok ternyata galak, nggak bisa dikatakan jinak... :)

      Delete
  12. Dok saya punya rase masih bayi, ayah saya nyuruh ngasi makanan utamanya buah. Apa itu baik buat rasenya? Soalnya takut nanti rasenya agresif

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih bayi, kasih makan bubur bayi promina aja, mas.
      buah bisa dikasih seminggu dua kali. bisa kasih pisang atau pepaya yang diancurin... :)

      ngasih makan buah atau nggak, sebenernya gak ngaruh ke karakter rasenya. kalau emang dasarnya jinak, mau dikasih daging tiap hari juga akan tetep jinak kok... :)

      Delete
    2. Btw saya perempuan dok :v
      Oke dok makasih infonya, tapi rasenya kok gak mau dikasih makan sama mami saya ya? Rasenya cuma mau makan sama saya dan ayah saya nih... Gimana solusinya dok?

      Delete
    3. oh, sorry-sorry. :D
      rasenya belum bisa makan sendiri? coba ajarin aja makan sendiri. taro makanan di kandangnya. diamkan. kalau sampe sejam kemudian gak dimakan, baru suapi...

      untuk kasus "cuma mau makan sama mbak dan ayam saja", mungkin dia belum kenal sama ibu mbak. triknya bisa kasih makan dengan cara disepet pake pipet... :)

      Delete
    4. Dok kemarin musang saya luka sampe kukunya copot 2, solusinya gimana ya? Saya kasian dia sampe GK nafsu makan

      Delete
    5. sekarang gimana? udah mau makan?
      makanannya dibuat agak lembut dulu, jadi cacah halus...

      buat obatnya, mbak bisa beli paracetamol di apotik. satu tablet paracetamol di potong jadi 8 bagian sama besar. ambil satu bagian. tumbuk halus. kasih satu sendok makan air mineral. aduk. minumkan ke musangnya....

      sementara lukanya kasih betadine aja... dan jaga kebersihan lukanya

      kabari terus

      Delete
    6. Ini sudah mau makan dok tapi belum banyak, kukunya apa bisa numbuh lagi dok?

      Delete
    7. Dok musang saya kakinya patah 😭

      Delete
    8. kenapa bisa patah mbak? :(
      parah nggak?

      kalau emang parah, sampe pincang dan gak bisa jalan, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
    9. Saya gk tau dok, kemarin saya pergi yg rawat ayah saya. Tapi sekarang sudah gk pincang... Cuma dia gk mau makan dok, matanya sayu berair terus.. saya harus gimana dok?

      Delete
    10. sekarang gimana keadaannya, mbak?

      untuk sementara, kasih makanan yang lembut aja dulu. kayak bubur bayi promina. kalau dia gak mau makan, bisa di sepet (pake suntikan yang ada selang kecilnya, beli aja di toko makanan burung. biasanya ada yang jual).... pelan2 aja kasih makan pake suntikannya....

      kabari lagi...

      Delete
    11. Dok fasesnya kok hitam ya? Baunya juga GK enak, saya kasih bubur sama buah yang saya lembutin terus minumnya susu tapi kok baunya gk enak ya dok? Nafsu makannya makin turun, lemes banget dok

      Delete
    12. Stop susunya. jangan dikasih susu dulu.

      ganti pake air kelapa campur sari kurma aja.

      sistem pencernaannya lagi gak bagus dia itu.... :(

      kabari terus

      Delete
    13. Aduhhh saya salah ya dok? Maaf dok oke saya kasih air kelapa dok, gimana cara menyembuhkan musang dari distemper dok?

      Delete
    14. iya, mending jangan dikasih susu. :)

      untuk musang distemper, mbak bisa baca artikel saya CARA MENGOBATI DISTEMPER PADA MUSANG.

      untuk obatnya, bisa kasih RAMUAN KESEHATAN MUSANG.

      silakan baca 2 artikel saya di atas... :)

      Delete
  13. Trus knpa ya dok kalo saya ajak main masih takut sama saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena dia belum percaya betul sama masnya.
      memelihara hewan erat kaitannya dengan rasa percaya hewan ke ownernya...

      sangat wajar kok, karena pada dasarnya, semua hewan menganggap manusia itu nggak bisa dipercaya. :(

      Delete
  14. Dok.. rase saya kemarin kabur dari rumah.. dan masih semi galak.. nah tiba tiba dia pulang ke rumah dalam keadaan pincang.. bagai mana cara mengetahui pincang karna kekurangan kalsium atau karna trauma fisik.. karna rase saya belum terlalu jinak untuk di pegang

    ReplyDelete
  15. Dok musang tremor obatnya apa ya?
    Maaf saya nanya lagi dok hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, saya malah seneng kok, hehehe...
      musangnya jenis apa mbak?
      musang rase?
      masih anakan ya?

      nafsu makannya gimana?

      sementara kasih sari kurma aja dulu, bisa campur air kelapa.

      kabari lagi

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. dok mau cerita dikit yah,
    saya beli rase liar anakan hampir sebulan ini, dia uda ga hissing kaya pas awal, uda ga berusaha gigit juga tapi masih sulit dielus kecuali kalo ngantuk aja pas pagi/siang, terus malemnya agresif gitu, muter2 kandang terus.. emang gitu ya dok?
    trs saya kasih makan bubur sun pisang dan ga ganti2, soalnya kata yg jual dikasih bubur aja.. dan saya juga baru tau kalo rase karnivora 😂😂, itu pengaruh ngga ya dok sama kesehatannya?
    makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo musang hasil tangkapan liar emang gitu, suka muter2 di kandangnya. wajar kok.
      gak apa2 sementara kasih bubur bayi dan pisang aja. nanti kalau mau dikasih daging, pas usianya remaja. aman kok.

      hmm, cuma anakan rase gak bisa telat kasih makan. jangan sampe telat kasih makan. anakan musang rase juga sangat gampang mati... silakan baca artikel saya DAFTAR HEWAN PELIHARAAN GAMPANG MATI

      Delete
  18. Dok musang rase saya umur 3-4bulanan dok. Saya udah merawat selama sebulan lebih .. Udah jarang bgt gigit.. Tpi kalo mau tak elus gx mau dok .. Itu gmna yah dok?

    ReplyDelete
  19. boleh kah musang rase taruh d kamar yg be ac umur 2 bln tolong masukannya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sih, asal jangan terlalu dingin. karena bagaimanapun, suhu dingin bisa dibilang musuhnya anakan musang.

      atau taro aja kain-kain gitu di kandangnya, biar kalo kedinginan, dia bisa menyusup ke dalam...

      Delete
  20. Dok mau tanyak
    Saya punya musang ukuran 3 bulan, udh jinak sih, tapi agak masih galak kalok di ajak keluar yg ramai org, kalok dengar kebisingan gitu dya muter2 di bahu saya dok, itu gak papa dok?
    Cara mandikan ya boleh pakek handuk hangat kan dok?
    Terus musangnya jarang mau minum susu, padalan saya kasihnya teratur dok,
    Bagaimana itu dok?
    Tolong bantu ya dok.
    Terimakasih kasih dok😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih belum terbiasa dengan orang ramai. gak apa2, biarin aja dan biasakan terus dengan kehadiran manusia. elus2 aja kalo dia lagi cemas akibat banyak orang... :)

      kalau udah 3 bulan, bisa dimandikan pake air hangat dan sampo bayi. pelan2 aja. :)

      biasanya dikasih makan apa? jangan dikasih susu... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.