Cara Memandikan Bayi Musang | Drh. Fira Sovica

Memandikan anakan musang

atau memandikan bayi musang tentu berbeda dengan memandikan musang yang sudah dewasa. Hal ini dikarenakan, memandikan bayi musang sangat beresiko atas kesehatan anak musang itu sendiri. Artikel cara memandikan bayi musang ini berkaitan dengan artikel cara merawat bayi musang yang masih merem dan artikel cara memandikan musang dewasa.
Cara Memandikan Bayi Musang
Image taken from reptileforums.co.uk


Memandikan bayi musang sangat beresiko, bahkan dapat menyebabkan kematian karena musang yang masih bayi sangat rentan terhadap suhu dingin. Bayi musang yang mengalami kedinginan biasanya akan stress, kehilangan daya tahan tubuhnya, dan jika tidak dilakukan pertolongan, maka bayi musang akan mati.
Teknik memandikan bayi musang juga harap dilakukan dengan sangat hati-hati. Beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum memandikan bayi musang adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan jam masih dibawah jam 9 pagi dan matahari sedang bersinar terang (tidak mendung atau hujan).
  2. Poin pertama ini nantinya untuk memastikan bahwa bayi musang bisa dijemur setelah dimandikan.
  3. Pastikan bahwa bayi musang yang akan dimandikan sehat (sedang tidak dalam keadaan sakit).
  4. Saya samasekali tidak menyarankan anda untuk memandikan bayi musang yang sedang sakit. Bayi musang yang sedang sakit memiliki daya tahan tubuh yang sangat rentan, dan memandikan bayi musang yang sedang sakit bisa memperparah sakitnya.
  5. Pastikan bayi musang yang akan dimandikan memang sudah benar-benar kotor, atau sekira akan membuat kesehatannya menurun jika tidak dimandikan.
  6. Pastikan kandang musang sudah dibersihkan sebelum memandikan bayi musang, sehingga saat prosesi pemandian selesai, musang tidak lagi ditempatkan dalam kandang yang kotor.
  7. Pastikan anda mengetahui teknik memandikan bayi musang terlebih dahulu.
Hal ini karena banyak diantara pengunjung blog ini yang hanya membaca judul artikel saya saja tanpa melihat atau membaca isi artikelnya, lalu menghakimi saya seenak jidat mereka seperti terjadi di beberapa komentar di artikel saya.

Oke, sampai dimana kita tadi? Oh ya. Cara memandikan bayi musang bisa dilakukan dengan teknik memandikan bayi musang sebagai berikut:

Peralatan memandikan bayi musang:
  • air hangat-hangat kuku. Jangan terlalu panas karena akan membuat bayi musang kesakitan. Ukuran hangat yang disarankan adalah jika anda memasukkan tangan anda kedalamnya, tangan anda terasa nyaman di dalam air. Tidak dingin juga tidak panas.
  • spray yang biasa digunakan untuk memandikan burung.
  • handuk kering dan bersih.
  • kain kering dan bersih.
Cara memandikan bayi musang:
  1. Angkat bayi musang dari kandangnya, lalu bersihkan kotoran-kotoran fisik yang bisa diraba dengan tangan. Pastikan semua kotoran fisik di tubuh bayi musang sudah dibersihkan secara menyeluruh.
  2. Masukkan air hangat ke dalam spray, lalu tutup spray seperti biasa. Atur metode penyemprotan air dengan mode menyebar dengan memutar ulir pengaturnya.
  3. Angkat bayi musang dengan tangan kiri yang dilapis kain. Menghindari bayi musang jatuh dari tangan, sebaiknya anda melakukan poin ketiga ini sambil duduk. Jaga agar bayi musang tidak berontak di tangan anda.
  4. Angkat spray dengan tangan kanan, lalu semprotkan air ke bagian atas (punggung musang) sebanyak 3 kali penyemprotan.
  5. Lap bagian yang basah dengan handuk hingga bulu bayi musang kering.
  6. Lakukan poin 4 dan poin 5 sebanyak 3 kali, setelah itu balikkan musang hingga bagian perut berada di atas. Jaga agar musang tidak berontak.
  7. Semprotkan air ke bagian perut dan kaki musang sebanyak 3 kali penyemprotan.
  8. Lipat bagian handuk yang sudah digunakan sebagai lap hingga handuk yang sudah digunakan tidak digunakan lagi, dan lap bagian perut dan kaki dengan bagian handuk yang baru hingga kering.
  9. Lakukan poin 7 dan 8 hingga 3 kali.
  10. Semprot bagian atas kepala musang lalu langsung lap dengan handuk. Lakukan sebanyak 2 kali.
  11. Semprot bagian ekor, lalu langsung lap dengan handuk. Lakukan sebanyak 2 kali.
  12. Letakkan spray, lalu bawa bayi musang dengan kedua tangan. Bawa bayi musang ke luar, lalu jemur bayi musang dibawah sinar matahari selama 5 menit. Hindari sinar matahari langsung ke arah mata musang, cukup jemur bagian punggung musang.
  13. Setelah 5 menit, bawa kembali musang ke tempat teduh, diamkan selama beberapa menit. Lalu pindahan bayi musang ke dalam kandang yang sudah dibersihkan.
Itulah

cara memandikan bayi musang

atau memandikan bayi musang dan anakan musang. Semoga artikel cara memandikan bayi musang ini berguna bagi anda para owner bayi musang. Terima kasih. (FS)

58 Responses to "Cara Memandikan Bayi Musang"

  1. Dr memandikan nya apa boleh pake sabun baby

    ReplyDelete
  2. dok kalo pake sabun bayi efeknya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel di atas sudah saya jelaskan resikonya apa... :)

      Delete
  3. Dok musang saya pingsan kepanasan , sekarang dia cuman bisa geleng geleng kepala aja , itu masih bisa hidup ? , gimana cara ngobatinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih air kelapa.
      dan jangan sampai kepanasan lagi ya mas.... fatal akibatnya....

      Delete
  4. Dok saya baru beli musang 5 hari yang lalu umurnya 1,5blnan .. nah sekarang dia sakit.
    Idungnya basah..air liurnya kadang keluar. napsu makan kurang. Sekali pun saya paksa dia muntah.. klo pupnya encer berlendir dok...
    Padahal kemaren mah sehat sempet mau makan sendriri terus gigit becanda. Itu kenapa ya dok... saya kasian ngeliat dia susah makan tidur mulu.. lemes.. saya takut tar tidur selamanya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya balas di komentar mas yang satu lagi... :)

      Delete
  5. dok bayi musang saya bau pesing
    saya sudah sering memandikan pakai cara diatas tp baunya ga hilang hilang
    apakah bayi musang umur dua bulan sudah bisa memakai hair lotion bayi atau cologne untuk bayi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musangnya musang rase, jangan pake hair lotion atau baby cologne. pake minyak kemiri aja, tapi jangan banyak2....

      kalau selain musang rase, bisa kasih hair lotion.. tapi bagusnya sih kasih minyak kemiri aja... lebih alami... :)

      Delete
  6. Artikel yg sangat membantu, trims bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak... :)
      kalau ada yang ingin ditanyakan, tulis aja di kolom komentar...

      Delete
  7. Dok umur musang saya baru 6 mingguan apa boleh di elap" pake mitu baby / tisu basah Dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. bagusnya sih lap pakai handuk yang dibasahi air hangat aja mas... :)

      Delete
    2. Makasih Bu dok sarannya ,, Oia muspan saya ko mata kirinya kaya beraer gitu ya dok beda sama yg kanan apa itu ada masalah dok ??
      Maaf Bu dok sebelumnya klo saya banyak nnya.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. tujuan blog ini emang buat bantu2 kok, mas. makanya saya seneng kalo ada yang nanya...

      dia suka garuk2 matanya? kalo cuma berair, mungkin cukup jaga kebersihan aja. kalo dia suka garuk2 matanya + matanya suka belekan, kasih makan buah aja. (jangan makanan lainnya). itu juga kalo suka garuk2 dan belekan ya. kalo gak, ya gak usah... :)

      Delete
    5. Makasih Bu dokter sebelumnya, klo dikandang saya kurang memperhatiin dok tapi klo lagi saya handel sih tidak perna garuk" matanya dan matanya cuman beraer doang dok gak sampe belekan, saya cuman takut kenapa" aja dok sama muspan saya soalnya kasian diliat matanya beraer sebelah.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. kalau gak sampe mengeluarkan kotoran mata, gak masalah. normal kok... :)

      Delete
  8. Dok. Saya anwar punya baby muspan 1.5 bulan. Kulit saya lecet (tidak apaapa) tapi suka gatal gatal kalau kena kukunya. Apa itu termasuk alergi dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ada riwayat alergi bulu atau cakar hewan, nggak? :)
      kalau nggak ada, kayaknya bukan...

      dulu juga saya gitu kok. cuci tangan aja pake sabun setelah di tergores kukunya... :)

      Delete
  9. Dok. Saya anwar punya baby muspan 1.5 bulan. Kulit saya lecet (tidak apaapa) tapi suka gatal gatal kalau kena kukunya. Apa itu termasuk alergi dok.

    ReplyDelete
  10. Dok saya punya baby musang 1.5 bulan.tapi saya seorang pegawai .bagai mana cara ngasih makannya.saya kerjs berangkat pagi pulang sore.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya udah bisa makan sendiri? kalau udah makan sendiri, kasih aja makanan di kandangnya sebelum mas pergi. taro bubur bayinya di kandang, terus tinggal. itupun sebenernya saya gak yakin bisa aman.
      jadi kalau bisa sih selama mas kerja, ada yang ngeliatin juga. minimal 2x selama mas pergi, ada yang bisa liat musangnya dan bisa ganti makanannya....

      kalau belum bisa makan sendiri, nah ini agak susah. mau gak mau mas harus nyuruh orang buat kasih makan musangnya...

      Delete
  11. Dok, mau tanya, Musangku (Moly) umurnya 3 bulan, dia kok sering garuk2 ya, trus makannya kok cuma sedikit, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kulitnya, apakah ada yang mencurigakan (bintik2, kerak, atau ketombe)? kalau ada, coba mandikan aja rutin dengan air hangat yang dicampur dettol antiseptik. pastikan juga cuacanya lagi bagus mas mandikan musangnya. :)

      Delete
  12. Itu dia kali habis garuk2 ky ada bintik item yg berjatuhan dok, dettol antiseptik bisa buat musang jg ya dok, trus umur segitu makannya emang sedikit2 ya dok?

    ReplyDelete
  13. Dok musang ku umur 2bln up dia suka garuk" solusinya gimana ya dok katanya musang umur segitu blm boleh dimandiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma garuk2 badan, belum tentu dia kutuan. karena musang emang suka grooming (garuk2 dan jilat2 bulunya untuk membersihkan bulunya). jadi mas bisa pastiin dulu, dia kutuan atau tidak... :) sementara lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat + dettol antiseptik... itu udah cukup.. :) maaf karena baru balas... kabari lagi...

      Delete
  14. Saya mahu tanya kalau bayi musang baru umor 8 hari sudah boleh di mandikan atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo efa. :)
      bisa guna hand-spray water dengan isi air hangat (warm water), 3 or 6 spray, then dried the furr with clean towel...

      jangan dimasukkan ke dalam air karena bisa hipotermia... :)

      Delete
  15. mau tanya dok. musang umur 3 bulan boleh di kasih susu sgm yang 0 s/d 6 bulan. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      bagusnya sih SGM LLM yang nonlaktosa. itu juga kalau abis dikasih, dia gak mencret. kalau abis dikasih susu itu dia mencret, mending stop karena itu indikasi pencernaannya lemah...

      bagusnya sih jangan samasekali, mas. mas bisa pake sari kurma aja....

      Delete
  16. Aslamualaikum Musang umur1,3bulan (baru beli) bagusnya kasih minumnya apaya dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. air campur sari kurma aja.
      jangan dikasih susu ya mas....

      Delete
  17. Dok kalau ada luka di kaki musang(kena jerat mungkin)apakah itu berbahaya bagi musang dan bagaimana cara mengobatinya... Apakah perlu penanganan khusus

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersihkan lukanya dengan dicuci pakai air campur dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh), lap dan biarkan hingga kering. setelah kering, mas bisa kasih betadine di lukanya. terus biarkan lagi hingga kering. :)

      untuk obatnya, mas bisa kasih amoxicillin. udah ada artikel DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN, harus sesuai dengan dosis di artikel itu ya mas...

      kabari lagi....

      Delete
  18. Dok kira2 apasih yang membuat baby musang susah makan dan apasih penangananya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya mas, apakah fesesnya mencret?
      kalau iya, cek makanannya. kalo mas kasih susu, stop susunya.
      kasih bubur bayi promina...

      Delete
  19. malem dok, mau tanya makanan sama minuman muspan 1,5 bulan, bagusnya dikasi apa ya dok?

    ReplyDelete
  20. Dok mau tanya musangku umur 2 minggu bagusnya masih di kasih susu apa bubur promina

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum,dok saya baru beli musang,jenis nya musang akar kelaminnya sepertinya betina umurnya sekitaran 6-8 bulanan kondisinya cukup memperhatikan di tempat penjualan hewan dia hanya di beri makan pada sore hari dan sepertinya tidak pernah di beri minum dan ada alat kelaminnya seperti keluar dan menonjol kira-kira kenapa ya dok dan apaya penanganan yang tepat dok....

    ReplyDelete
  22. .dok musang saya umur a 2.5 buln dia bru 3 hari di saya tp ko dia makan a sdikit trus idung a kluar air dan sring garuk2 ap boleh di mandiin dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja, tapi pakai air hangat dan caranya ikutin di atas... abis dimandikan, langsung lap pake handuk kering...

      Delete
  23. dok kalo di mandikannya dengan tisu basah bayi gapapa dok musang umur 4bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah 4 bulan, nggak apa2 pake air hangat aja mas.... tapi jangan langsung dicemplung. disiram aja pelan2. sampoin pake sampo bayi yang nggak perih di mata... terus bilas...

      Delete
  24. Dok mau tanya saya baru beli musang dan matanya itu belekan trus kadang kaga kebuka kalau gk dibantuin ama kita cara ngobatinnya gimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa?
      jangan kebanyakan lemak dan protein. coba ubah makanannya, kasih pepaya yang dijus (airnya dikit aja), jangan dikasih gula. kasih itu aja.

      musangnya masih bayi ya?

      lakukan apa yang saya perintahkan di atas ya mas...

      Delete
  25. Dok. Aku ada masang umur 1blan .kok dia g bisa makan sndiri ya dok.
    Tiap pagi siang sore mesti aku siapin. Padahal udah aku kasih pepaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya emang umur segitu belum bisa makan sendiri dan harus disuapin/diloloh...

      Delete
  26. Dok umur 3minggu bisa dimandikan? Karena bauk pesing bulu dekat perutnya

    ReplyDelete
  27. Dok baby muspan qq umur 2bln tp dy msh suka bersin2 klo di pegang, gmn yy dok biar si jenny cpet jinakx?? Trs di ksh mkn nasi apa boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering diajak main terus aja mas... :)

      boleh dikasih makan nasi...

      Delete
  28. Dok,saya ingin bertanya,saya ada musang liar,trs kepengen d pelihara kalau makananya di kasih susu doang gmana dok.
    Giginya juga masih pendek belum bisa makan sendiri.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.